5 Strategi Penjualan agar Sukses di Bisnis e-Commerce

Di era digital ini sudah semakin banyak penjual yang memperluas target pasarnya lewat e-commerce. Baik pengusaha kecil, pengusaha startup maupun perusahaan besar, semua membuka jalur penjualan produknya lewat e-commerce dengan tujuan menjangkau pasar yang lebih luas. Lalu bagaimana strategi penjualan yang seharusnya dilakukan via e-commerce?

Melakukan penjualan via e-commerce adalah pilihan yang tepat karena dengan semakin berkembangnya e-commerce di Indonesia, menjadi peluang yang cukup besar bagi bisnis. Selain itu, berjualan lewat e-commerce juga lebih mudah dibandingkan harus membangun website sendiri yang akan membutuhkan waktu lama dan biaya cukup besar.

Ada juga perbedaan-perbedaan antara berjualan lewat e-commerce dan konvensional. Misalnya seperti jenis pelanggan.

Saat berjualan dengan e-commerce, pelanggan mungkin tidak melihat dan menyentuh produk secara langsung. Dibandingkan dengan cara konvensional yang langsung memegang dan melihat produk.

Untuk itu, bisa diatasi dengan menyertakan deskripsi dan gambar yang jelas dalam e-commerce agar pelanggan tetap bisa percaya bahwa barang yang akan dibeli cukup bagus. Hal lain yang berbeda adalah trafik. Jika berdagang dengan cara konvensional, trafik menjadi tantangan tersendiri.

Contohnya ketika toko berada di lingkungan yang jauh serta cuaca yang tidak memungkinkan bagi pelanggan untuk mengunjungi toko. Hal tersebut berbeda dengan berjualan lewat e-commerce. Pelanggan hanya perlu melihat toko lewat smartphone dan transaksi lebih mungkin terjadi tanpa adanya kendala seperti di atas.

Strategi Penjualan di Bisnis E-Commerce

Untuk bisa berjualan di e-commerce biasanya tidak diperlukan biaya. Penjual hanya perlu mendaftar dan memasukkan data yang diperlukan. Modal yang dibuat untuk membuka toko di e-commerce juga tidak mahal. Berbeda dengan membuka toko secara konvensional. Prosesnya juga lebih cepat dan mudah.

Namun, berjualan di bisnis e-commerce memerlukan strategi agar pelanggan tertarik dengan produk Anda. berikut ini adalah strategi penjualan di bisnis e-commerce yang bisa Anda terapkan:

Good Service

Dalam setiap bisnis, pelayanan yang baik adalah salah satu cara agar pelanggan tetap senang dengan toko kita. Tidak terkecuali dengan bisnis di e-commerce. Memberikan pelayanan yang tanggap dan cepat bisa membuat pembeli senang dengan pelayanan Anda.

Hal ini bisa dilakukan dengan menanggapi pertanyaan pembeli dengan tanggap. Setiap e-commerce memiliki fitur chat yang mampu membuat pembeli dan penjual saling berkomunikasi satu sama lain. Dari sini, penjual bisa menjawab pertanyaan pembeli dengan cepat.

 

Gunakan Newsletter

Newsletter mungkin terkesan kuno dan sangat mengganggu, tetapi penyusunan newsletter yang tepat bisa memberikan kesan yang baik bagi pembeli. Sehingga pembeli akhirnya tertarik kepada produk dan memutuskan untuk membeli produk. Pastikan Anda menyusun newsletter secara menarik.

Baca Juga: Ketahui Model dan Jenis Penjualan via e-Commerce

Upsell Produk

Pasti Anda sering mendengar kalimat “apakah Anda ingin meng-upgrade pesanan Anda?”

Strategi upsell produk adalah strategi meningkatkan produk agar pembeli melakukan pembelian yang lebih banyak. Strategi ini bisa dilakukan lewat bisnis e-commerce dengan cara membuat etalase produk baru tetapi dengan versi yang ditingkatkan dari produk sebelumnya.

 

Retargeting Iklan

Meskipun melakukan bisnis lewat e-commerce, tetapi Anda juga perlu melakukan iklan untuk beberapa hal. Ada bermacam-macam bentuk iklan di internet, tetapi Anda bisa menggunakan jenis iklan lewat google atau social media dan bahkan lewat e-commerce itu sendiri agar lebih mudah.

Salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah retargeting iklan. Dengan melakukan retargeting audience iklan, maka akan ada kemungkinan Anda mendapatkan target pasar baru yang lebih luas.

Pengelolaan bisnis e-commerce juga memerlukan pengelolaan keuangan yang tepat dan andal. Untuk membantu proses pengelolaan ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Jurnal by Mekari. Software ini dilengkapi dengan fitur akuntansi akan membantu pemilik bisnis mengelola akuntansi bisnis dengan cermat.

Baca Juga: Perubahan Perilaku Konsumen saat PSBB Fase 2

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal.

Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.


PUBLISHED28 Sep 2020
Lavinda
Lavinda

SHARE THIS ARTICLE: