Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

5 Strategi Penjualan agar Sukses di Bisnis e-Commerce

Tayang 15 Jul 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Bagaimana strategi penjualan yang seharusnya dilakukan via e-commerce agar bisa meraih lebih banyak keuntungan? Simak penjelasannya di Blog Mekari Jurnal!

Di era digital ini sudah semakin banyak penjual yang memperluas target pasarnya lewat bisnis e-commerce.

Baik pengusaha kecil, pengusaha startup maupun perusahaan besar, semua membuka jalur penjualan produknya lewat e-commerce dengan tujuan menjangkau pasar yang lebih luas.

Kenali Strategi Penjualan Bisnis E-Commerce

Melakukan penjualan via e-commerce adalah pilihan yang tepat karena dengan semakin berkembangnya e-commerce di Indonesia, menjadi peluang yang cukup besar bagi bisnis.

Selain itu, berjualan lewat e-commerce juga lebih mudah dibandingkan harus membangun website sendiri yang akan membutuhkan waktu lama dan biaya cukup besar.

Ada juga perbedaan-perbedaan antara berjualan lewat e-commerce dan konvensional, misalnya seperti jenis pelanggan.

Saat berjualan dengan e-commerce, pelanggan mungkin tidak melihat dan menyentuh produk secara langsung dibandingkan dengan cara konvensional yang langsung memegang dan melihat produk.

Baca juga: 15 Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik Pilihan Pebisnis!

Untuk itu, bisa diatasi dengan menyertakan deskripsi dan gambar yang jelas dalam e-commerce agar pelanggan tetap bisa percaya bahwa barang yang akan dibeli cukup bagus.

Hal lain yang berbeda adalah trafik. Jika berdagang dengan cara konvensional, trafik menjadi tantangan tersendiri.

Contohnya ketika toko berada di lingkungan yang jauh serta cuaca yang tidak memungkinkan bagi pelanggan untuk mengunjungi toko.

Hal tersebut berbeda dengan berjualan lewat e-commerce.

Pelanggan hanya perlu melihat toko lewat smartphone dan transaksi lebih mungkin terjadi tanpa adanya kendala seperti di atas.

Strategi Penjualan di Bisnis E-Commerce

Untuk bisa berjualan di e-commerce biasanya tidak diperlukan biaya.

Penjual hanya perlu mendaftar dan memasukkan data yang diperlukan.

Modal yang dibuat untuk membuka toko di e-commerce juga tidak mahal.

Berbeda dengan membuka toko secara konvensional, prosesnya juga lebih cepat dan mudah.

Namun, berjualan di bisnis e-commerce memerlukan strategi agar pelanggan tertarik dengan produk Anda.

Berikut ini adalah strategi penjualan di bisnis e-commerce yang bisa Anda terapkan:

Good Service

Dalam setiap bisnis, pelayanan yang baik adalah salah satu cara agar pelanggan tetap senang dengan toko kita, tidak terkecuali dengan bisnis di e-commerce.

Memberikan pelayanan yang tanggap dan cepat bisa membuat pembeli senang dengan pelayanan Anda merupakan strategi penjualan bisnis e-commerce yang efektif.

Hal ini bisa dilakukan dengan menanggapi pertanyaan pembeli dengan tanggap.

Setiap e-commerce memiliki fitur chat yang mampu membuat pembeli dan penjual saling berkomunikasi satu sama lain.

Dari sini, penjual bisa menjawab pertanyaan pembeli dengan cepat.

Baca juga: 8 Manfaat Download Aplikasi Pembukuan Toko Excel 

Gunakan Newsletter

Newsletter mungkin terkesan kuno dan sangat mengganggu, tetapi penyusunan newsletter yang tepat bisa memberikan kesan yang baik bagi pembeli.

Sehingga pembeli akhirnya tertarik kepada produk dan memutuskan untuk membeli produk. Pastikan Anda menyusun newsletter secara menarik.

Upsell Produk

Pasti Anda sering mendengar kalimat “apakah Anda ingin meng-upgrade pesanan Anda?”

Strategi upsell produk adalah strategi meningkatkan produk agar pembeli melakukan pembelian yang lebih banyak.

Strategi ini bisa dilakukan lewat bisnis e-commerce dengan cara membuat etalase produk baru tetapi dengan versi yang ditingkatkan dari produk sebelumnya.

Baca juga: Forstok x Jurnal: Integrasi Marketplace Untuk Bisnis Online Anda

Retargeting Iklan

Meskipun melakukan bisnis lewat e-commerce, tetapi Anda juga perlu melakukan iklan untuk beberapa hal sebagai strategi penjualan.

Ada bermacam-macam bentuk iklan di internet, tetapi Anda bisa menggunakan jenis iklan lewat google atau social media dan bahkan lewat e-commerce itu sendiri agar lebih mudah.

Salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah retargeting iklan.

Dengan melakukan retargeting audience iklan, maka akan ada kemungkinan Anda mendapatkan target pasar baru yang lebih luas.

Pengelolaan bisnis e-commerce juga memerlukan pengelolaan keuangan yang tepat dan andal.

Untuk membantu proses pengelolaan ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Mekari Jurnal.

Software ini dilengkapi dengan fitur software akuntansi akan membantu pemilik bisnis mengelola akuntansi bisnis dengan cermat.

Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Untuk info software inventory selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan jika tertarik untuk berjualan dengan model bisnis e-commerce. Semoga bermanfaat bagi Anda!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal