Banyaknya jumlah likes di Fan Page Facebook, followers di Instagram, serta besarnya kunjungan ke website, tidak bisa menjadi tolok ukur bahwa penjualan akan meningkat dan bisnis berkembang lebih baik. Hal ini, karena pengunjung hanya sekedar window shopping di toko online Anda.

 

Banyak faktor yang bisa menyebabkan pengunjung hanya sekedar window shopping di toko online Anda, salah satunya karena design toko online Anda tidak eye-catching dan user friendly. Toko online, sebagai elemen penting dalam bisnis Anda harus dipelihara dan diperbaharui secara berkala. Karena kekuatan bisnis Anda ada di sana. Berikut ini ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli dalam bisnis online:

 

Design Toko Online yang Menarik

Design toko online sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis. Jadi, sebagai pemilik toko online, Anda harus membuat design semenarik mungkin, agar pengunjung tertarik untuk membeli produk di toko online Anda. Tinggalkan design yang monoton atau berisi teks atau hanya memamerkan foto produk Anda dengan foto yang ala kadarnya. Buatlah tampilan yang segar dan eye-catching.

 

Sediakan Varian Warna Produk

Pilihan varian warna produk juga menjadi faktor lain yang dapat mengubah pengunjung menjadi pembeli. Terkadang keterbatasan varian warna dapat menjadikan pengunjung tidak tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Misalnya, Anda memiliki toko online yang menjual jilbab, warna yang Anda tawarkan hanya 2 warna, yaitu hitam dan putih tiap serinya. Sedangkan calon pembeli terkadang menyukai berbagai warna, seperti cokelat, hitam, kuning, dan sebagainya. Jika varian warna yang mereka inginkan tidak tersedia di toko Anda, maka mereka akan mencari toko online lain yang menyediakan berbagai pilihan warna.

 

Buatlah Deskripsi Produk dengan Jelas

Pembuatan deskripsi yang jelas dan mudah dimengerti sangat diperlukan. Karena penjual dan pembeli tidak bertemu langsung tetapi transaksi dilakukan secara online. Jadi, saat memasarkan produk, cobalah tambahkan deskripsi produk secara lengkap, mulai dari ukuran, warna, bahan yang digunakan, dan sebagainya. Jika deskripsi produk dibuat seadanya dan asal-asalan, pengunjung toko online pun akan malas melihat, yang tadinya ingin membeli, tetapi karena informasi produk tidak jelas, mereka akan mengurungkan niatnya.

 

Foto Produk yang Berkualitas

Foto produk juga menjadi faktor yang dapat mengubah pengunjung toko online Anda menjadi pembeli. Sebaiknya gunakan foto dengan kualitas HD (High Definition) agar hasil foto terlihat jelas dan bagus. Foto yang  jelas akan memperlihatkan detail produk dan warna produk mirip dengan aslinya. Ambilah beberapa angle foto dari beberapa sudut untuk memperlihatkan detail produk Anda dari sudut yang berbeda. Hal ini merupakan service atau layanan yang harus Anda berikan kepada pengunjung, yang kemungkinan akan menjadi calon pembeli Anda.

 

Gunakan Fitur Live Chat

Bins online tidak seperti toko offline yang memungkinkan pengunjung dapat bertanya langsung kepada pegawai toko. Oleh karena itu, Anda harus memberikan fitur live chat sebagai pengganti dari pegawai toko Anda. Dengan layanan tersebut, pengunjung dapat dengan mudah menanyakan berbagai hal mengenai produk yang Anda jual. Hal ini sangat penting dalam dunia e-commerce, karena menjawab pertanyaan pelanggan dapat memperbesar peluang Anda untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli yang berdampak pada peningkatan penjualan.

 

Buatlah Kondisi Urgensi

Ini merupakan strategi jitu membuat pengunjung toko online Anda menjadi pelanggan. Anda harus mampu menggiring pengunjung toko online untuk menjadi pembeli dengan menetapkan jangka waktu promosi sebuah produk. Buatlah kesan seolah-olah calon pembeli akan dirugikan jika tidak membeli produk Anda saat itu juga. Misalnya, dengan membuat penawaran bonus atau potongan harga jika calon pembeli melakukan transaksi saat itu juga, jika transaksi di hari lain bonus dan potongan harga tersebut tidak berlaku lagi.

 

Sediakan Pilihan Pembayaran

Kemudahan dalam pembayaran dapat membuat pengunjung tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Maka dari itu, Anda harus menyediakan opsi pembayaran sebanyak mungkin untuk mempermudah pembeli melakukan transaksi pembayaran di toko online Anda. Karena terkadang kesulitan dalam hal pembayaran akan membuat calon pembeli berpikir kembali untuk menyelesaikan transaksinya.

Untuk memudahkan Anda menerima pembayaran dari pelanggan dan  pencatatan pembukuan secara otomatis dan mudah, Jurnal hadir dengan aplikasi Jurnal Pay. Dengan Jurnal Pay, Anda bisa mendapatkan pembayaran lebih cepat melalui virtual account (bank transfer) dan kartu kredit dengan biaya minimal dan sekali pengaturan. Dengan Jurnal Pay, pelanggan akan lebih mudah melakukan pembayaran. Anda juga akan segera mendapatkan notifikasi secara otomatis ketika pelanggan telah melakukan pembayaran, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan pengecekan pembayaran secara manual. Untuk info lebih lanjut mengenai Jurnal Pay dan berbagai fitur lainnya mengenai Jurnal, klik di sini.