Manfaat Bundling Produk yang Terbukti Berhasil! Apa itu bundle? Bundle atau bundling produk adalah strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan untuk mengelompokkan produk pelengkap menjadi suatu kesatuan. Kemudian porduk yang disatukan itu akan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan jika dijual secara terpisah. Hal ini memungkinkan bisnis untuk meningkatkan volume penjualan dan nilai pesanan rata-rata serta menghemat uang untuk promosi. Seperti apa penjelasan soal bundle? Bagaimana strategi yang tepat untuk melakukan product bundling? Lalu apa manfaatnya bagi bisnis? Simak penjelasan lengkap di Blog Mekari Jurnal. Tahukah Anda? Kalau Mekari Jurnal sebagai aplikasi akuntansi online bisa memudahkan Anda mengelola inventaris perusahaan, termasuk membuat bundle produk. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Mekari Jurnal pada banner di bawah ini. Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Apa itu Bundle? Bundle atau Bundling produk adalah teknik di mana beberapa produk dikelompokkan bersama dan dijual sebagai satu unit dengan satu harga. Strategi ini digunakan untuk mendorong pelanggan agar membeli lebih banyak produk. McDonald’s Happy Meals adalah salah contoh bundle produk yang bisa Anda temui di pasaran. Alih-alih menjual burger, soda, dan kentang goreng secara terpisah, McDonald’s justru menjual semuanya sebagai kombinasi satu bundle bernama Happy Meals. Jika ditotal, harga Happy Meals akan lebih murah dibandingkan jika Anda harus memesan menunya satu per satu. Maka hal seperti inilah yang diharapakan dari strategi bundle produk. Anda akan menghasilkan lebih banyak penjualan dari program bundle daripada menawarkannya secara terpisah. Herman Simon dan Albert Weiss dalam “Product Bundling and Pricing: A Consumer Theory Approach” (1984), menjelaskan bahwa bundling dapat digunakan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dengan menarik lebih banyak konsumen melalui paket yang lebih menarik. Cara ini juga sangat umum digunakan oleh bisnis e-Commerce, restoran cepat saji, dan juga industri perhotelan. Kenapa Perusahaan Melakukan Bundle Produk? Saat ini, hampir setiap merek menawarkan paket, kombo, atau bundle kepada kliennya berdasarkan kebutuhan dan preferensi. Pelanggan membeli set seperti itu dengan harapan dapat menggabungkan produk populer dengan produk lainnya denga harga yang lebih murah. Hal ini terbukti efektif dan bagi pebisnis tentunya jelas menguntungkan. Pasalnya strategi bundling ini bisa untuk membantu penjualan produk-produk Anda yang sudah tidak laku di pasaran. Dengan menggabungkannya dengan produk lain, maka nilai produknya tidak akan jatuh terlalu jauh atau merugi. Dengan teknik ini, perusahaan juga dapat meningkatkan nilai pesanan rata-rata, penjualan, pendapatan, menghemat uang untuk mempromosikan, mendistribusikan produk individual, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Baca juga: Gunakan Invoice Online Mulai Sekarang dan Dapatkan 4 Manfaat Ini! Manfaat Bundling Produk Berikut adalah beberapa manfaat bagi perusahaan yang menggunakan strategi bundling produk: 1. Nilai Pesanan Rata-Rata Meningkat Katakanlah Anda memiliki toko kecantikan dan nilai pesanan rata-rata Anda adalah Rp 150,000. Produk terlaris Anda adalah sabun pembersih wajah. Agar meningkatkan nilai pesanan, caranya adalah tawarkan kepada pelanggan Anda untuk membeli satu bundle set perawatan kulit yang terdiri dari sabun terlaris Anda, sekaligus toner dan krim yang hanya seharga Rp 350,000. Ingatlah untuk memilih produk yang saling melengkapi dan bekerja secara efektif dalam kombinasi. 2. Volume Penjualan Meningkat Volume penjualan adalah jumlah produk yang terjual selama periode tertentu. Ukuran ini menunjukkan kesehatan bisnis Anda secara umum dan kinerja strategi pemasaran Anda secara khusus. Menemukan standar ini akan membantu Anda untuk mengatur teknik penjualan yang paling efektif agar tenaga penjualan berkinerja dengan maksimal. Beberapa produk yang tidak laris terjual karena kekurangan promosi, akan sangat menguntungkan jika dimasukkan ke dalam bundle produk yang Anda jual. Gabungkanlah item tersebut dalam satu paket dengan produk yang paling laris, hal ini terbukti dapat meningkatkan volume penjualan Anda secara signifikan dan memungkinkan klien untuk menjelajahi produk baru. Kelola Marketplace dan Lacak Semua Transaksi dengan Lebih Mudah dengan Mekari Jurnal Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! 3. Mengurangi Stok Mati di Gudang Setiap perusahaan memiliki beberapa stok mati di gudangnya. Barang-barang seperti itu mandek di rak-rak dan menghalangi stok baru. Anda dapat memberikan ruang dengan menggabungkan barang-barang ini dengan produk paling laris yang akan saling melengkapi. Baca Juga: Apa Untung Rugi dan Kriteria Jenis Gudang Usaha? 4. Lebih Hemat Uang untuk Promosi dan Distribusi Setiap produk tentunya membutuhkan tahapan promosi, sedangkan promosi juga membutuhkan biaya. Maka apabila tim marketing atau sales harus mempromosikan setiap barangnya, budget pemasaran juga tak tentu mampu menjamin kalau produk tersebut akan pasti laku terjual semua, karena akan selalu ada saja barang yang tidak terjual dengan baik. Jadi untuk mensiasatinya, jika Anda memiliki 5 produk terlaris, gabungkanlah dengan produk Anda yang bergerak lambat dan jual dengan harga lebih murah. Baca juga: Monitor Keuangan Bisnis Anda Dalam Satu Genggaman Jenis-Jenis Strategi Bundle atau Bundling Produk Bundel murni (Pure Bundle). Campuran produk yang hanya dapat dibeli dalam satu bundle dan tidak ada barang yang dijual terpisah. Jenis bundling ini sering digunakan oleh perusahaan monopoli yang membatasi pilihan klien mereka. Misalnya, penyedia TV kabel menawarkan paket dengan saluran yang tidak dapat dijual satu per satu; penyedia tur bus menawarkan tur kepada klien mereka termasuk transfer, akomodasi hotel, tur jalan kaki berpemandu, dan headphone. Mix and Match Bundling. Memilih beberapa produk yang tersedia untuk kemasan sehingga pelanggan dapat memilih item yang diperlukan dan membuat bundel khusus. Hal ini membuat mereka merasa seolah-olah memiliki kendali penuh atas transaksi tersebut. Cross-sell Bundling . Artinya menawarkan produk yang melengkapi pilihan awal dan seringkali produk pelengkap ini tidak dapat digunakan secara terpisah. Misalnya, pelanggan selalu ditawari untuk membeli kasing atau earphone bersama dengan telepon. New Product Bundling. Jenis ini menyiratkan menawarkan barang yang baru diluncurkan bersama dengan produk yang laris. Dengan cara ini, pemasar memberikan produk baru mereka dorongan dan mempromosikannya secara gratis. Semakin baik produk yang Anda pilih sebagai produk utama, semakin besar kemungkinan klien Anda akan membeli bundel ini. Bundling Paket Hadiah. Jenis bundle ini membantu pelanggan memilih hadiah untuk teman mereka. BOGO bundling (Beli X Dapat Y). “Beli satu dapat satu” adalah jenis bundling yang banyak digunakan oleh bisnis e-Commerce. Perusahaan menggunakannya untuk mendorong pelanggan membeli produk dengan harga penuh untuk mendapatkan yang lain sebagai hadiah atau dengan diskon besar. Bundling inventaris lama. Stok mati mencegah bisnis menginvestasikan uang untuk menghasilkan produk baru yang membuat perusahaan mandek. Dengan bundling inventaris lama, Anda dapat mengosongkan ruang inventaris, menjual barang berlebih dan barang lama, meningkatkan pendapatan Anda. Bundel sesekali. Jenis bundling produk ini berfungsi sempurna selama liburan, acara khusus, kebutuhan musiman, dll. Misalnya, toko bunga dapat membuat paket yang didedikasikan untuk hari St. Valentine dan menjual set bunga yang berbeda dengan permen, cokelat, dan kartu ucapan. Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Mekari Jurnal Selengkapnya Melalui Website! Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Manfaatkan Fitur Bundle Produk Jurnal Baru-baru ini Mekari Jurnal yang merupakan platform software akuntansi kembali mengeluarkan inovasi fitur terbarunya yang dinamakan Bundle. Fitur dari Mekari Jurnal ini memudahkan pengguna untuk membuat bundle produk (produk gabungan) yang terdiri dari kepala dan sub produk. Inovasi pada fitur ini diaplikasikan pada penjualan atau pembelian produk gabungan dengan satuan yang berbeda dan juga pada simple manufacturing. Bagi pengguna Mekari Jurnal yang memilih paket Enterprise, Anda akan mendapatkan fitur ini dengan sangat leluasa. Pengaplikasian fitur ini juga sangatlah mudah, Anda hanya perlu masuk pada menu produk, kemudian klik “buat produk baru”. Langkah selanjutnya adalah isi nama produk dan pilih ‘bundle’. Kemudian lengkapi data turunan dari bagian produk tersebut. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang ingin mencatatkan satu penjualan produk yang terdiri dari beberapa produk bagian. Anda jadi tidak perlu lagi mendeskripsikan satu persatu produk, karena sekarang dapat digabungkan dengan satuan yang berbeda. Jadi tetap nantikan update fitur-fitur terbaru Mekari Jurnal dalam fitur aplikasi inventaris barang yang akan semakin memudahkan proses pembukuan Anda. Manfaatkan juga aplikasi inventory barang yang dapat membantu Anda dalam mengelola inventory. Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Itulah penjelasan singkat tentang apa itu bundle atau bundling produk serta beberapa manfaat dan jenis strategi yang bisa Anda paraktikkan dalam bisnis Anda. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi. Referensi: Simon, H., & Weiss, A. (1984). Product bundling and pricing: A consumer theory approach. The Journal of Business, 57(1), 29-42.