Jurnal Enterpreneur

Bundle Produk untuk Membuat Produk Gabungan dengan Satuan Berbeda

Apa itu bundle? Bundle atau bundling produk adalah strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan untuk mengelompokkan produk pelengkap menjadi satu kesatuan dan menetapkan harga yang lebih rendah dibandingkan jika dijual secara individual.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk meningkatkan volume penjualan dan nilai pesanan rata-rata serta menghemat uang untuk promosi.

Apa itu bundle? Bagaimana strategi yang tepat untuk melakukan product bundling? Apa manfaatnya bagi bisnis? Simak penjelasan lengkap di Blog Jurnal by Mekari.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola inventaris perusahaan termasuk membuat bundle produk. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Apa itu Bundle?

Bundle atau Bundling produk adalah teknik di mana beberapa produk dikelompokkan bersama dan dijual sebagai satu unit dengan satu harga.

Strategi ini digunakan untuk mendorong pelanggan agar membeli lebih banyak produk. McDonald’s Happy Meals adalah contoh bundel produk.

Alih-alih menjual burger, soda, dan kentang goreng secara terpisah, keduanya dijual sebagai kombinasi, yang menghasilkan lebih banyak penjualan daripada menawarkannya secara terpisah.

Selain itu, cara ini sangat umum digunakan oleh bisnis eCommerce, restoran cepat saji, dan juga industri perhotelan.

Kenapa Perusahaan Melakukan Bundle Produk?

Saat ini, hampir setiap merek menawarkan paket, kombo, atau bundle kepada kliennya berdasarkan kebutuhan dan preferensi.

Pelanggan membeli set seperti itu karena mereka membantu mereka menghemat uang dan mencoba produk baru dengan risiko rendah karena merek menggabungkan produk terlaris dengan barang dengan penjualan rendah.

Dengan teknik ini, perusahaan dapat meningkatkan nilai pesanan rata-rata, penjualan, pendapatan, menghemat uang untuk mempromosikan dan mendistribusikan produk individual, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Baca juga: Gunakan Invoice Online Mulai Sekarang dan Dapatkan 4 Manfaat Ini!

Manfaat Bundling Produk

Berikut adalah beberapa manfaat bagi perusahaan yang menggunakan strategi bundling produk:

1. Nilai Pesanan Rata-Rata Meningkat

Katakanlah, Anda memiliki toko kecantikan dan nilai pesanan rata-rata Anda adalah Rp 150,000. Produk terlaris Anda adalah sabun pembersih wajah.

Untuk meningkatkan nilai pesanan Anda, tawarkan kepada pelanggan Anda untuk membeli satu bundle set perawatan kulit yang terdiri dari sabun terlaris Anda, toner, dan krim hanya seharga Rp 350,000. Ingatlah untuk memilih produk yang saling melengkapi dan bekerja secara efektif dalam kombinasi.

2. Volume Penjualan Meningkat

Volume penjualan adalah jumlah produk yang terjual selama periode tertentu. Ukuran ini menunjukkan kesehatan bisnis Anda secara umum dan kinerja strategi pemasaran Anda secara khusus.

Menemukan metrik ini akan membantu Anda menemukan teknik penjualan yang paling efektif dan menentukan tenaga penjualan berkinerja tinggi.

Beberapa produk Anda yang tidak terjual dapat kekurangan promosi yang memerlukan anggaran, jadi menggabungkan item tersebut dalam satu paket dengan produk yang paling laris akan meningkatkan volume penjualan Anda secara signifikan dan memungkinkan klien untuk menjelajahi produk baru.

Kelola Marketplace dan Lacak Semua Transaksi dengan Lebih Mudah dengan Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

3. Mengurangi Stok Mati di Gudang

Setiap perusahaan memiliki beberapa stok mati di gudangnya. Barang-barang seperti itu mandek di rak-rak yang menghalangi stok baru.

Anda dapat memberikan ruang dengan menggabungkan barang-barang ini dengan produk paling laris yang akan saling melengkapi.

4. Lebih Hemat Uang untuk Promosi dan Distribusi

Setiap produk membutuhkan promosi. Promosi membutuhkan biaya. Jika pemasar mempromosikan setiap barang yang mereka hasilkan, pendapatan mereka mungkin tidak menutupi biaya ini karena selalu ada beberapa barang yang terjual lebih buruk daripada yang lain.

Jadi, jika Anda memiliki 5 produk terlaris, gabungkan dengan inventaris Anda yang bergerak lambat dan jual dengan harga lebih murah.

Selain itu, Anda akan menghemat uang untuk pengemasan karena Anda hanya membutuhkan satu kotak untuk mengirim satu set produk.

Baca juga: Monitor Keuangan Bisnis Anda Dalam Satu Genggaman

Jenis-Jenis Strategi Bundle atau Bundling Produk

  • Bundel murni (Pure Bundle). Campuran produk yang hanya dapat dibeli dalam satu bundel dan tidak ada barang yang dijual terpisah. Jenis bundling ini sering digunakan oleh perusahaan monopoli yang membatasi pilihan klien mereka. Misalnya, penyedia TV kabel menawarkan paket dengan saluran yang tidak dapat dijual satu per satu; penyedia tur bus menawarkan tur kepada klien mereka termasuk transfer, akomodasi hotel, tur jalan kaki berpemandu, dan headphone.
  • Mix and Match Bundling. Memilih beberapa produk yang tersedia untuk kemasan sehingga pelanggan dapat memilih item yang diperlukan dan membuat bundel khusus. Hal ini membuat mereka merasa seolah-olah memiliki kendali penuh atas transaksi tersebut.
  • Cross-sell Bundling . Artinya menawarkan produk yang melengkapi pilihan awal dan seringkali produk pelengkap ini tidak dapat digunakan secara terpisah. Misalnya, pelanggan selalu ditawari untuk membeli kasing atau earphone bersama dengan telepon.
  • New Product Bundling. Jenis ini menyiratkan menawarkan barang yang baru diluncurkan bersama dengan produk yang laris. Dengan cara ini, pemasar memberikan produk baru mereka dorongan dan mempromosikannya secara gratis. Semakin baik produk yang Anda pilih sebagai produk utama, semakin besar kemungkinan klien Anda akan membeli bundel ini.
  • Bundling Paket Hadiah. Jenis bundle ini membantu pelanggan memilih hadiah untuk teman mereka.
  • BOGO bundling (Beli X Dapat Y). “Beli satu dapat satu” adalah jenis bundling  yang banyak digunakan oleh bisnis eCommerce. Perusahaan menggunakannya untuk mendorong pelanggan membeli produk dengan harga penuh untuk mendapatkan yang lain sebagai hadiah atau dengan diskon besar.
  • Bundling inventaris lama. Stok mati mencegah bisnis menginvestasikan uang untuk menghasilkan produk baru yang membuat perusahaan mandek. Dengan bundling inventaris lama, Anda dapat mengosongkan ruang inventaris, menjual barang berlebih dan barang lama, meningkatkan pendapatan Anda.
  • Bundel sesekali. Jenis bundling produk ini berfungsi sempurna selama liburan, acara khusus, kebutuhan musiman, dll. Misalnya, toko bunga dapat membuat paket yang didedikasikan untuk hari St. Valentine dan menjual set bunga yang berbeda dengan permen, cokelat, dan kartu ucapan.

Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Manfaatkan Fitur Bundle Produk Jurnal

Baru-baru ini Jurnal yang merupakan platform software akuntansi kembali mengeluarkan fitur terbarunya. Fitur yang dinamakan Bundle

Produk ini memudahkan pengguna untuk membuat bundle produk (produk gabungan) yang terdiri dari kepala dan sub produk.

Fitur ini bisa diaplikasikan pada penjualan atau pembelian produk gabungan dengan satuan yang berbeda dan juga pada simple manufacturing. Fitur terbaru ini tersedia bagi pengguna Jurnal yang memilih paket Enterprise.

Untuk mengaplikasikan fitur ini sangat-lah mudah, Anda hanya perlu masuk pada menu produk, kemudian klik “buat produk baru”.

bundling produk adalah

Untuk langkah selanjutnya adalah isi nama produk dan pilih ‘bundle’. Kemudian lengkapi data turunan dari bagian produk tersebut. i.

Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang ingin mencatatkan satu penjualan produk yang terdiri dari beberapa produk bagian.

Anda jadi tidak perlu lagi mendeskripsikan satu persatu produk. Karena sekarang dapat digabungkan dengan satuan yang berbeda.

Dengan fitur-fitur terbaru yang dikembangkan oleh Jurnal dengan beragam keunggulannya.

Tidak dipungkiri menjadi upaya untuk tetap selalu meningkatkan kepuasan pelanggan setia Jurnal dalam mengelola bisnisnya dengan cara yang mudah dan efisien.

Jadi tetap nantikan update fitur-fitur terbaru dari Jurnal yang akan semakin memudahkan proses pembukuan Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu bundle atau bundling produk serta beberapa manfaat dan jenis strategi yang bisa Anda paraktikkan dalam bisnis Anda.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo