5 Peluang Bisnis Produk Kecantikan dengan Keuntungan Besar

Kecantikan adalah salah satu hal penting yang menjadi kebutuhan wanita. Karena itulah, bisnis produk kecantikan bisa dijadikan salah satu peluang bisnis yang harus Anda ambil. Bagi Anda yang menyukai dan mengerti kecantikan, menjalankan bisnis ini pasti tidaklah sulit, apalagi jika Anda mengetahui kebutuhan para wanita dan tren kecantikan yang sedang digandrungi mereka. Berikut adalah beberapa peluang bisnis kecantikan yang bisa Anda ambil.

 

Jual Produk Kecantikan Melalui Online

Berjualan secara online kini lebih menarik dan lebih ramai dibanding berjualan secara offline. Produk kecantikan adalah salah satu produk yang banyak dijual dan dicari secara online. Dengan menjualnya secara online, Anda juga dapat lebih mudah melakukan pemasaran kepada target yang lebih luas, bahkan hingga ke luar negeri. Bukan hanya itu, menjual produk kecantikan melalui online juga dapat menghemat pengeluaran, di mana Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya sewa. Meski begitu, Anda harus bisa memanfaatkan Internet dan sistem online dengan baik, dari mulai pemilihan media hingga marketplace yang ingin Anda gunakan. Menjual produk melalui online sangat cocok bagi Anda yang memiliki modal terbatas dan ingin segera berjualan.

 

Menjadi Reseller atau Dropshipper

Jika Anda tidak memiliki modal namun tetap ingin menjalankan bisnis kecantikan, Anda bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper produk kecantikan. Untuk menjadi reseller/dropshipper, Anda harus mempertimbangkan produk apa yang ingin dijual. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara melakukan riset kecil-kecilan melalui marketplace dengan cara melihat produk apa yang dijual di marketplace tersebut. Setelah tahu produk apa yang ingin dijual, perhatikan juga tren kecantikan yang sedang berkembang dan pilih supplier yang memiliki kualitas produk yang baik dengan harga yang terjangkau.

 

Buka Toko Produk Kecantikan

Buat Anda yang memiliki modal yang cukup, Anda bisa mencoba membuka toko produk kecantikan di pusat perbelanjaan. Meski banyak konsumen yang lebih suka berbelanja online, namun ada beberapa produk kecantikan yang harus dilihat dan dicoba secara offline seperti lipstik, foundation, bedak, eye liner, maskara, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin membuka toko offline, pastikan toko Anda memiliki produk kecantikan dengan berbagai merek, sehingga konsumen lebih mudah memilih merek sesuai keinginan. Dan jangan lupa, perbanyak pengetahuan Anda tentang produk tersebut, karena beberapa konsumen pasti akan menanyakan keunggulan suatu merek. Pastikan Anda maupun karyawan Anda dapat menjawabnya dengan tepat, sehingga konsumen akan puas dan akan terus melakukan pembelian secara berulang.

 

Bisnis Spa Kecantikan

Jika Anda telah memiliki pengetahuan yang luas mengenai dunia kecantikan, membuka spa kecantikan bukanlah hal yang sulit. Namun, Anda juga harus memerhatikan berbagai hal seperti modal, dekorasi interior dan eksterior, target market, dan lain sebagainya. Dengan membuka bisnis spa, Anda juga harus memiliki perencanaan bisnis yang matang, terutama saat ingin memilih karyawan. Cobalah buat training khusus bagi semua karyawan yang ingin Anda rekrut dan buatlah promosi bisnis. Misalnya, ketika bisnis baru mulai berjalan, Anda bisa memberikan promo diskon. Dan ketika bisnis Anda sudah berjalan dengan stabil, Anda juga bisa membuat promo paket. Di mana, konsumen akan mendapatkan harga yang lebih murah dibanding harus membayar jasa spa satu per satu.

 

Bisnis Salon Kecantikan

Sama halnya dengan bisnis spa, bisnis salon juga membutuhkan modal yang tidak kecil. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda juga harus memiliki perencanaan yang matang, mulai dari target market yang ingin Anda tuju hingga jasa apa saja yang ingin Anda jual. Biasanya wanita pergi ke salon kecantikan untuk melakukan perawatan seperti potong rambut, makeup dan rias wajah, rias rambut, creambath, dan sebagainya. Memulai bisnis salon berarti Anda juga membutuhkan karyawan yang handal dan update mengenai tren kecantikan. Tidak ada salahnya memberikan training rutin untuk karyawan Anda.

 

Itulah kelima peluang bisnis kecantikan yang bisa Anda ambil. Dengan menjalankan bisnis kecantikan, Anda harus paham bagaimana tren kecantikan di masa kini dan harus memahami apa keinginan dan kebutuhan masing-masing konsumen. Namun, hal penting lain dalam menjalankan bisnis adalah mengelola keuangan. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, apapun bisnisnya pasti tidak akan berjalan lama dan tidak akan bisa berkembang.

Oleh karena itu, sebagai pengusaha yang baik, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan bisnis dengan bijak. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan baik dan akurat. Jurnal juga akan menyediakan laporan keuangan secara realtime dan dapat Anda akses di mana pun dan kapan pun. Nikmati free trial hingga 14 hari untuk pendaftaran bisnis Anda sekarang juga! Info lebih lanjut mengenai fitur Jurnal lainnya dapat dilihat di sini.


PUBLISHED12 Dec 2017
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: