Mekari Jurnal
Daftar Isi

Cara Simple Pembukuan dan Akuntansi Bisnis Kecantikan

Tayang 26 Jun 2019
Diperbarui 11 Januari 2024

Temukan bagaimana cara membuat pembukuan akuntansi untuk Anda yang menjalankan bisnis atau usaha kecantikan di Blog Jurnal by Mekari.

Jika Anda memiliki salon ataupun berbagai bisnis kecantikan lainnya, Anda harus bertanggung jawab dalam menangani beberapa hal, termasuk melayani klien, mengelola bisnis Anda beserta keuangannya.

Apakah Anda memiliki perawatan rambut, kuku, spa, tanning atau salon kecantikan, Anda menerima pendapatan atas layanan yang diberikan. Anda mungkin juga menerima penghasilan untuk produk, penyewaan booth dan juga komisi.

Kewajiban keuangan tambahan mungkin termasuk biaya sewa, gaji, biaya produk, biaya peralatan, asuransi dan mungkin lisensi.

Anda memerlukan metode pembukuan yang membuat pendapatan dan pengeluaran terkelola secara optimal. Atau gunakan aplikasi pembukuan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Metode Pembukuan Bisnis Kecantikan: Cash atau Accrual?

Dua metode akuntansi yang dapat digunakan untuk menyimpan pembukuan Anda berbasis cash ataupun accrual basis.

Dalam basis akuntansi cash, Anda mencatat transaksi keuangan ketika uang berpindah tangan.

Dalam basis akuntansi accrual, Anda mencatat transaksi keuangan ketika Anda melakukan transaksi.

Metode basis akuntansi accrual menunjukkan gambaran yang lebih jelas dari profitabilitas perusahaan Anda jika dibandingkan dengan metode cash karena menganut prinsip pencocokan: Anda mencatat pengeluaran dan pendapatan yang mereka hasilkan dalam periode akuntansi yang sama.

Cash basis adalah pilihan untuk salon Anda jika Anda hanya memberikan layanan dan tidak untuk produk.

Jika Anda menyediakan produk, seperti perawatan rambut, perawatan kulit atau perawatan kuku produk, Anda disarankan untuk menggunakan sistem akuntansi berbasis accrual.

Bagaimana Metode Ini Bekerja?

Untuk menggambarkan bagaimana setiap metode bekerja, katakanlah bahwa Anda memesan sampo dan conditioner dari pemasok Anda.

Pemasok Anda memenuhi pesanan dan mengirimkan tagihan untuk persediaan yang jatuh tempo dalam 30 hari.

Dalam basis akuntansi akrual, transaksi dimulai ketika pemasok memenuhi pesanan. Ketika Anda mendapatkan tagihan, rekap transaksi ini dalam jurnal untuk menunjukkan Anda berutang uang untuk pesanan ini.

Ketika Anda membayar tagihan, catat transaksi dalam jurnal untuk menampilkan bahwa Anda telah membayar tagihan dan tidak lagi berutang.

Dalam akuntansi berbasis kas, Anda merekam satu transaksi jurnal ketika Anda membayar tagihan karena ini adalah ketika uang tunai berpindah tangan.

Anda merekam jurnal transaksi untuk menunjukkan Anda telah membayar persediaan tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Pembukuan Usaha Fashion dengan Mudah & Praktis

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan

Tinjau bisnis Anda untuk menilai waktu dan uang yang Anda butuhkan untuk mengelola keuangan Anda.

Anda perlu mengetahui layanan bisnis yang Anda tawarkan, produk bisnis yang Anda jual, dan berapa banyak pekerja di salon Anda.

Jika pekerja lainnya bekerja di salon Anda, status mereka sebagai karyawan atau freelance akan menentukan bagaimana Anda mengatur kewajiban pajak Anda.

Upah karyawan mungkin memerlukan lebih banyak waktu dan software akuntansi yang lebih canggih dalam pengelolaannya.

Baca juga: Contoh Pembukuan dalam Akuntansi, Temukan di Sini!

Software yang Tepat untuk Pembukuan dan Akuntansi Bisnis Kecantikan

Minta akuntan Anda untuk membantu menentukan kebutuhan pembukuan sehingga Anda dapat memilih perangkat lunak yang tepat untuk bisnis Anda.

Fitur yang Anda mungkin perlu dalam perangkat lunak akuntansi Anda termasuk gaji, persediaan (inventory), komisi, faktur, pembayaran dan laporan.

Jurnal menawarkan manfaat untuk menjalankan bisnis di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.

Dengan ini, pemilik bebas untuk berbisnis di tempat dan waktu yang mereka inginkan tanpa kehilangan kendali atas bisnis mereka meskipun sedang tidak berada di kantor.

Semua dokumen seperti invoice, PO (Purchase Order), dan kwitansi pun bisa dibuat secara otomatis dan disimpan dengan aman.

Ditambah fitur seperti manajemen aset otomatis, inventory & multi-gudang, serta beragam fitur lainnya untuk menunjang kinerja pebisnis agar lebih profesional sehingga relasi dan kepercayaan dengan pelanggan dan juga pemasok dapat dengan mudah dijalin.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal