Mekari Jurnal
Daftar Isi

Akuntansi Perbankan: Pengertian dan Prinsip Dasar

Tayang 16 Jun 2019
Diperbarui 15 Januari 2024

Apa itu akuntansi perbankan serta prinsip dasar apa saja yang perlu Anda pahami? Simak penjelasan lengkapnya di Blog Mekari Jurnal!

Bank merupakan lembaga keuangan yang sudah sangat kita kenal. Keberadaannya banyak di sekitar kita. Bahkan di kegiatan kita setiap harinya, berhubungan dengan perbankan.

Mulai dari Bank Indonesia sebagai bank sentral yang mengedarkan uang, tabungan, bahkan pengeluaran uang yang kita keluarkan melalui bank.

Terlebih lagi pada zaman sekarang di mana transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan sistem online, jasa perbankan menjadi sangat penting untuk kehidupan manusia.

Merujuk kepada pengertiannya, bank termasuk dalam lembaga keuangan.

Maka dari itu, terdapat kewajiban bagi perbankan untuk melakukan pelaporan keuangan. Artinya perbankan juga harus melakukan proses akuntansi.

Namun, jenis kegiatan jasa perbankan yang berbeda dengan perusahaan lain pada umumnya juga membuat akuntansi pada perbankan berbeda. Untuk mengenal lebih dalam tentang akuntansi perbankan, berikut penjelasannya.

Definisi Akuntansi Perbankan

Akuntansi adalah suatu kegiatan mulai dari mencatat, menganalisa, dan melakukan pelaporan dari transaksi keuangan yang terjadi.

Tidak berbeda dengan akuntansi yang dilakukan oleh perusahaan lain, secara umum proses akuntansi pada perbankan juga

sama.
Perbedaanya adalah pada aliran kas yang masuk dan keluar pada perbankan tidak sama dengan jenis perusahaan lainnya.

Ini dikarenakan jenis kegiatan dari sendiri menghimpun dan menyalurkan kembali uang telah mereka peroleh.

Selain itu, beberapa istilah yang terdapat pada akuntansi perbankan juga berbeda. Perbedaan yang sangat mencolok dapat dilihat dari harta bank, utang bank, dan modal.

Tidak seperti pengertian harta pada umumnya, harta pada perbankan seperti penempatan dan penyimpanan dana dalam kredit, penanaman dana aktiva tetap dan dana lainnya juga berbeda.

Sementara modal bank meliputi modal saham, premium saham, laba ditahan dan laba tahun berjalan. Dan hutang bank meliputi dana pinjaman, dana masyarakat dan dana lainnya.

Untuk menyusun laporan keuangan atau akuntansi perbankan, Anda dapat menggunakan Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI).

PAPI mengatur khusus transaksi perbankan. Adapun dasar hukum PAPI adalah Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/4/DPNP.

Baca juga: Akuntansi Sektor Publik: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Praktiknya

Prinsip Dasar Akuntansi Perbankan


Berdasarkan sedikit penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan sebenarnya akuntansi perbankan sama dengan akuntansi pada umumnya hanya terdapat beberapa penyesuaian untuk beberapa hal.

Terdapat 2 prinsip akuntansi perbankan yang perlu Anda pahami, yaitu adalah:

Pencatatan Pendapatan Berbasis Cash

Seperti yang diketahui bersama, pendapatan utama perbankan berasal dari kredit yang disalurkan kepada masyarakat.

Pendapatan bank memiliki hubungan berbanding lurus antara waktu dan tingkat bunga.

Jadi semakin lama waktu penggunaan kredit dan semakin besar tingkat bunga yang ada maka pendapatan bank juga semakin besar. Hukum tersebut juga berlaku ceteris paribus atau sebaliknya.

Ironisnya, praktek perkreditan di Indonesia masih banyak mengalami kemacetan. Jika dibiarkan akan menjadi risiko yang besar.

Untuk itu, pihak bank memerlukan kegiatan pencegahan.

Cara yang dilakukannya adalah dengan mencatat pendapatan tersebut menggunakan kas basis.

Sehingga saat bank belum menerima secara tunai, mereka akan mencatatnya sebagai tagihan bukan pendapatan.

Baca juga: Akuntansi Penggajian (Payroll Accounting), Ini Dia Tahapannya!

Pencatatan Biaya berbasis Akrual

Berbeda dengan pencatatan pendapatan yang berbasis kas, pencatatan biaya pada perbankan dilakukan secara akrual. Salah satu jenis biaya yang ada adalah biaya dana.

Biaya dana merupakan biaya terbesar yang ada di bank. Besar kecilnya biaya dana ditentukan dari waktu untuk menggunakan biaya tersebut dan tentu saja tingkat bunga yang berlaku.

Selain biaya dana, juga terdapat biaya lain yakni prepaid expense dan deffered changes.

Kedua biaya tersebut digolongkan dalam biaya operasional perusahaan.

Oleh karena itu pencatatan sistem akuntansi yang digunakan untuk mencatat biaya adalah sistem akrual (accrual basis).

Dengan penjelasan dan pengertian seputar akuntansi perbankan, Anda akan memahami bahwa akuntansi perbankan mengatur sistem keuangan pada perbankan.

Jika perusahaan Anda bergerak pada bidang perbankan, maka pahamilah prinsip akuntansi perbankan yang dijelaskan di atas. Dua prinsip akuntansi perbankan hampir mirip dengan akuntansi biasa.

Hanya saja terdapat sedikit perubahan untuk perbankan.

Jika Anda ingin memiliki laporan akuntansi yang baik seperti akuntansi perbankan, namun mengalami kesulitan untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan software akuntansi online.

Penggunaan software akuntansi online ditujukan untuk memudahkan Anda mengelola laporan keuangan bisnis yang tengah dibangun.

Perkembangan teknologi yang kini semakin maju menjadi kesempatan Anda untuk memperbaiki laporan keuangan mingguan sebelumnya berantakan, menjadi rapi dan akurat sehingga terhindar dari berbagai kesalahan yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Banyak software akuntansi online yang bisa digunakan, salah satunya Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang mudah dan dapat membantu Anda.

Jurnal menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti menginput penjualan, pembelian, mencetak faktur, pencatatan persediaan dan laporan keuangan secara mudah, cepat, aman dan otomatis.

Anda tidak perlu khawatir lagi untuk urusan pengelolaan keuangan karena hadirnya Jurnal sebagai software akuntansi terbaik.

Jurnal memiliki sistem yang sudah terintegrasi dan memungkinkan proses pembuatan laporan keuangan menjadi lebih cepat serta akurat.

Selain itu, Jurnal juga dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Menarik bukan? Nikmati juga kesempatan free trial selama 14 hari.

Kesempatan Anda untuk beralih ke aplikasi stock barang dari Jurnal sebagai software akuntansi online yang memiliki banyak manfaat.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal