Mekari Jurnal
Daftar Isi

10 Prinsip Dasar Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui

Tayang 07 Apr 2022
Diperbarui 25 Januari 2024

Apa saja 10 prinsip prinsip dasar akuntansi yang berlaku di Indonesia? Blog Mekari Jurnal akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan prinsip dasar akuntansi, tujuan serta penerapannya.

Dalam menghasilkan laporan keuangan yang valid dan akurat, para akuntan harus menjalankan prinsip dasar akuntansi dengan baik, terstruktur, sesuai prosedur serta adalah memenuhi standar yang diterima umum.

Tujuan dari penggunaan prinsip akuntansi tersebut adalah untuk menciptakan kesesuaian antara pengguna akuntansi satu dengan lainnya sehingga informasi keuangan yang dihasilkan dapat diperbandingkan dan memenuhi kebutuhan dari pengguna informasi tersebut.

Tidak hanya itu saja, dengan penerapan prinsip dasar akuntansi yang baik, maka perusahaan dapat menyiapkan laporan keuangan yang akurat sehingga dapat dimanfaatkan oleh seorang manajer, pengambil kebijakan dan pihak yang berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur atau pemilik.

prinsip prinsip akuntansi

Apa itu Prinsip Dasar Akuntansi?

Pengertian prinsip dasar akuntansi adalah sebuah pedoman atau tata cara yang dijadikan dasar atau acuan dalam melaksanakan proses akuntansi, termasuk  penyusunan informasi dalam laporan keuangan.

Pemakaian prinsip ini memunculkan penilaian secara objektif terhadap produk akuntansi sehingga tidak menyebabkan terjadinya perbedaan atau permasalahan.

Selain itu, laporan keuangan sebagai produk akuntansi haruslah bisa dibaca dan dipahami oleh semua pihak.

Karena itu perlu adanya penyeragaman pada prosedur akuntansi. Beda negara, maka beda pula prinsip akuntansinya.

Hal itu disesuaikan dengan kebutuhan dan faktor-faktor lain yang ada di masing-masing negara.

Di Indonesia, prinsip akuntansi diatur oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).

IAI adalah sebuah badan yang mengatur peraturan dan kebijakan akuntansi yang berlaku di Indonesia.

Baca juga: Apa itu Persamaan Dasar Akuntansi, Fungsi, dan Contohnya?

Apa saja 10 Prinsip Prinsip Dasar Akuntansi yang Ada di Indonesia?

prinsip akuntansi adalah

Quiz: Sebutkan dan jelaskan apa saja prinsip prinsip dasar akuntansi? 

Adapun prinsip prinsip dasar akuntansi yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Prinsip Entitas Ekonomi (Economic Entity Principle)

Prinsip entitas ekonomi atau dapat diartikan sebagai konsep kesatuan usaha.

Dengan kata lain akuntansi menganggap bahwa perusahaan merupakan sebuah kesatuan ekonomi yang berdiri sendiri dan terpisah dengan entitas ekonomi lain bahkan dengan pribadi pemilik.

Dengan begitu konsep akuntansi ini dapat memisahkan dan membedakan seluruh pencatatan transaksi baik kekayaan maupun kewajiban perusahaan dengan pribadi pemilik perusahaan.

Quiz: Apa manfaat prinsip entitas ekonomi bagi akuntansi?

Jawaban: Manfaat dari prinsip entitas ekonomi bagi akuntansi adalah untuk memisahkan dan membedakan seluruh pencatatan transaksi baik kekayaan maupun kewajiban perusahaan dengan pribadi pemilik perusahaan.

2. Prinsip Periode Akuntansi (Period Principle)

Prinsip dasar periode akuntansi atau kurun waktu adalah penilaian dan pelaporan keuangan perusahaan yang dibatasi oleh periode waktu tertentu.

Misalnya sebuah perusahaan menjalankan usahanya berdasarkan periode akuntansi, mulai pada tanggal 1 Januari hingga tanggal 31 Desember.

3. Prinsip Biaya Historis (Historical Cost Principle)

Prinsip ini mengharuskan setiap barang atau jasa yang diperoleh kemudian dicatat berdasarkan semua biaya yang dikeluarkan dalam mendapatkannya.

Misalnya ketika perusahaan hendak membeli bangunan yang di iklannya terpasang harga 150 juta namun setelah dinego hanya 100 juta maka yang dinilai atau dicatat adalah harga yang menjadi kesepakatan yaitu 100 juta.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Tentang 8 Konsep Dasar Akuntansi

prinsip dasar akuntansi

4. Prinsip Satuan Moneter

Pada prinsip dasar akuntansi ini, pencatatan transaksi hanya dinyatakan dalam bentuk mata uang dan tanpa melibatkan hal-hal non kualitatif.

Semua pencatatan hanya terbatas pada segala yang bisa diukur dan dinilai dengan satuan uang.

Transaksi non kualitatif (mutu, prestasi, dan sebagainya) tidak bisa dilaporkan atau tidak bisa dinilai dalam bentuk uang.

5. Prinsip Kesinambungan Usaha (Going Concern)

Prinsip ini menganggap bahwa sebuah entitas ekonomi atau bisnis akan berjalan secara terus-menerus atau berkesinambungan tanpa ada pembubaran atau penghentian kecuali terdapat peristiwa tertentu yang bisa menyanggahnya.

6. Prinsip Pengungkapan Penuh (Full Disclosure Principle)

Laporan keuangan harus mempunyai prinsip pengungkapan penuh dalam menyajikan informasi yang informatif serta dimaklumkan sepenuhnya.

Apabila terdapat informasi yang tidak dapat disajikan dalam laporan keuangan maka diberi keterangan tambahan informasi, berupa catatan kaki atau lampiran.

Kelola Pajak Secara Langsung Cukup dengan Sekali Klik, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

7. Prinsip Pengakuan Pendapatan (Revenue Recognition Principle)

Pendapatan timbul akibat kenaikan harta yang dihasilkan oleh kegiatan usaha seperti penjualan, penerimaan bagi hasil dan yang lainnya.

Pendapatan diakui ketika ada kepastian tentang jumlah atau nominal baik besar/kecil yang bisa diukur secara tepat dengan harta yang diperoleh dari transaksi penjualan barang maupun jasa.

Quiz: Jelaskan prinsip dasar akuntansi pengakuan pendapatan

Jawaban: Prinsip pengakuan pendapatan adalah aliran masuk harta-harta (aktiva) yang dihasilkan oleh kegiatan usaha seperti penyerahan barang atau jasa, penerimaan bagi hasill, penjualan yang dilakukan oleh suatu unit usaha selama suatu periode tertentu. Dasar yang digunakan untuk mengukur besarnya pendapatan yaitu jumlah kas atau ekuivalennya yang diterima dari transaksi penjualan dengan pihak yang bebas.

8. Prinsip Mempertemukan (Matching Principle)

Maksud dari prinsip mempertemukan (matching) dalam akuntansi dasar adalah biaya yang dipertemukan dengan pendapatan yang diterima dengan tujuan menentukan besar/kecilnya laba bersih setiap periode.

Contohnya pada transaksi pendapatan diterima di muka.

Prinsip ini sangat tergantung pada penentuan pendapatan, jika pengakuan pendapatan ditunda maka pembebanan pada biaya juga tidak bisa dilakukan.

prinsip akuntansi

9. Prinsip Konsistensi (Consistency Principle)

Prinsip konsistensi diartikan sebagai prinsip akuntansi dasar yang digunakan dalam pelaporan keuangan tetap dan digunakan secara konsisten (tidak berubah-ubah metode dan prosedur).

Tujuannya agar laporan keuangan yang dihasilkan dapat dibandingkan dengan laporan keuangan pada periode sebelumnya sehingga bisa memberikan manfaat lebih bagi penggunanya.

10. Prinsip Materialitas

Prinsip akuntansi mempunyai tujuan untuk menyeragamkan seluruh aturan.

Namun kenyataannya tidak semua penerapan akuntansi itu mentaati teori yang ada, maka tak jarang terjadi pengungkapan informasi yang sifatnya material atau immaterial.

Maksudnya, setiap informasi akuntansi memiliki nilai nominal dan bisa dijual.

Semuanya diterapkan sesuai dengan ranah akuntansi yang orientasinya kepada pengguna laporan keuangan.

prinsip prinsip dasar akuntansi

Apa Saja Tujuan dari Penggunaan Prinsip Dasar Akuntansi?

Tujuan diberlakukannya prinsip dasar akuntansi yaitu adalah agar:

  • Terciptanya kesesuaian antara pengguna akuntansi satu dengan yang lainnya.
  • Laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan dapat memenuhi standar pengungkapan yang memadai.
  • Objektivitas pada persepsi dan pandangan terhadap produk akuntansi agar terhindar dari permasalahan yang berkelanjutan.

Mekari Jurnal Hadirkan Fitur Software Terlengkap di Indonesia

Informasi Dalam Proses Akuntansi yang Harus Diperhatikan Pengusaha

Agar data keuangan dapat dimanfaatkan secara baik oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan, maka data tersebut harus disusun dalam bentuk-bentuk yang sesuai.

Informasi akuntansi dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Informasi Operasi, yang menyediakan data mentah bagi informasi akuntansi keuangan dan informasi akuntansi manajemen. Biasanya terdapat pada perusahaan manufaktur meliputi informasi produksi, informasi pembelian dan pemakaian bahan baku, informasi penggajian, informasi penjualan, dan lain sebagainya.
  • Informasi Akuntansi Manajemen, yang digunakan dalam 3 fungsi manajemen perencanaan, implementasi dan pengendalian. Biasanya dihasilkan oleh sistem pengolahan informasi keuangan yang disebut akuntansi manajemen.
  • Informasi Akuntansi Keuangan, yang digunakan oleh manajer maupun pihak eksternal perusahaan. Tujuannya adalah untuk menyediakan informasi terkait posisi keuangan, kinerja serta perubahan keuangan perusahaan yang bermanfaat bagi sebagian besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Baca juga: 8 Prinsip Bisnis yang Dapat Menjadi Motivasi untuk Sukses & Berkembang

Bagaimana Penerapan Prinsip Dasar Akuntansi dalam Menjalankan Proses Akuntansi?

Prinsip prinsip dasar akuntansi yang telah disebutkan di atas menjadi acuan penting dalam penyusunan laporan keuangan.

Dengan mengetahui prinsip-prinsip tersebut, Anda bisa menerapkannya dalam tahapan proses akuntansi seperti:

  1. Mencatat data transaksi – proses pengumpulan, analisis, dan pencatatan transaksi ke dalam tahapan pembuatan jurnal umum dan contoh jurnal khusus.
  2. Mengelompokkan transaksi sesuai dengan kategoti masing-masing akun.
  3. Menyusun laporan – neraca saldo, neraca percobaan, ayat jurnal penyesuaian hingga laporan keuangan.
  4. Menutup buku – diperlukan untuk menutup akun sehingga saldo menjadi nol agar akun pendapatan dan beban terakumulasi tidak tercampur pada periode selanjutnya.
  5. Menyesuaikan kembali dengan neraca saldo setelah penyesuaian agar seluruh saldo berada dalam kondisi yang seimbang.
  6. Analisis laporan keuangan – informasi seperti laba rugi, arus kas, dan lain-lain digunakan sebagai bahan analisis dan evaluasi kondisi keuangan perusahaan.

Baca juga: Mengenal Pengertian, Contoh dan Cara Membuat Jurnal Penyesuaian

Mekari Jurnal, Software Akuntansi yang Mengikuti Prinsip Dasar Akuntansi

Prinsip akuntansi di atas harus dipelajari dan dipahami oleh akuntan dengan baik agar dapat menjalankan proses akuntansi dengan mudah.

Selain itu, membuat laporan keuangan memakai software akuntansi yang tepat juga merupakan hal mendasar dalam menerapkan prinsip dasar akuntansi.

Sekarang, Anda dapat membuat laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi dari Mekari Jurnal.

Anda dapat menggunakannya untuk membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, dan terperinci.

Dengan berbagai fitur lain yang dimilikinya, software ini sangat cocok untuk bisnis Anda.

Adapun fitur-fitur lain yang terdapat dalam Mekari Jurnal adalah:

  • Pencatatan arus kas
  • Aplikasi stok barang atau produk
  • Rekonsiliasi bank
  • Mengelola biaya dan anggaran

Dengan menggunakan aplikasi Mekari Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Silakan coba aplikasi Mekari Jurnal secara gratis selama 7 hari!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Di atas adalah penjelasan mengenai prinsip prinsip akuntansi yang perlu diketahui bagi Anda yang ingin menjadi seorang akuntan.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal