Mengenal Jurnal Penyesuaian dan Cara Pencatatannya

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam akun sehingga saldo mencerminkan jumlah yang sebenarnya. Apa contoh jurnal penyesuaian? Bagaimana cara membuat jurnal penyesuaian?

Secara umum, manfaat yang diberikan yaitu menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode, serta menghitung pendapatan dan beban selama periode tertentu.

Pengertian Jurnal Penyesuaian

Untuk memahami jurnal penyesuaian lebih komprehensif beserta cara pencatatannya, Anda dapat mengikuti kelas belajar online di Mekari University secara GRATIS. Mekari University merupakan platform penyedia layanan edukasi berbasis teknologi untuk membantu para pemilik bisnis dan profesional meningkatkan kemampuannya.

Menyesuaikan jurnal dalam buku besar perusahaan yang terjadi pada akhir siklus akuntansi untuk mencatat pendapatan atau beban yang tidak diakui untuk periode tersebut.

Ketika sebuah transaksi dimulai dalam satu periode akuntansi dan diakhiri pada periode selanjutnya, jurnal penyesuaian diperlukan untuk mencatat transaksi tersebut dengan benar.

Hal ini dapat mengacu pada pelaporan keuangan yang mengoreksi kesalahan yang dilakukan sebelumnya dalam periode akuntansi.

Tujuan jurnal penyesuaian adalah untuk mengubah transaksi tunai menjadi metode akuntansi akrual.

Akuntansi akrual didasarkan pada prinsip pengakuan pendapatan yang berusaha mengakui pendapatan pada periode perolehannya, bukan pada periode penerimaan kas.

Sebagai contoh, coba asumsikan sebuah perusahaan konstruksi memulai konstruksi dalam satu periode tetapi tidak menagih pelanggan hingga pekerjaan selesai dalam enam bulan.

Perusahaan konstruksi perlu melakukan jurnal penyesuaian pada setiap akhir bulan untuk mengakui pendapatan 1/6 dari jumlah yang akan ditagih pada titik enam bulan.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Aplikasi Akuntansi Jurnal Sekarang!

Akun yang Memerlukan Penyesuaian di Akhir Periode

Akuntansi Internasional: Perkembangan dan Klasifikasinya

Di bawah ini, terdapat beberapa penjelasan berikut cara pencatatannya.

  • Akun perlengkapan, yang memerlukan penyesuaian karena ada pemakaian.
  • Akun beban dibayar di muka, yang memerlukan penyesuaian karena waktu telah dijalani/jatuh tempo.
  • Akun aktiva tetap, yang memerlukan penyesuaian karena ada penyusutan aktiva.
  • Akun pendapatan, yaitu memerlukan penyesuaian karena ada pendapatan yang belum diperhitungkan atau penerimaan yang belum menjadi pendapatan.
  • Akun beban, yang memerlukan penyesuaian karena ada beban yang belum diperhitungkan atau pembayaran yang belum menjadi beban.
  • Akun pendapatan diterima di muka, yang memerlukan penyesuaian karena berjalannya waktu atau diserahkannya prestasi pada pelanggan.

jurnal penyesuaian adalah

Adapun hal yang perlu diperhatikan ketika membuat jurnal penyesuaian adalah:

  1. Hampir tidak pernah menyertakan kas. Tujuan jurnal penyesuaian adalah untuk membuat catatan akuntansi secara akurat mencerminkan prinsip pencocokan — mencocokkan pendapatan dan biaya selama periode operasi. Ada beberapa kasus yang jarang terjadi di mana kas perlu disesuaikan, tetapi idealnya, semua penyesuaian harus dilakukan sebelum menjalankan neraca saldo yang belum disesuaikan.
  2. Debit selalu sama dengan kredit.
  3. Memiliki satu akun neraca (aset, kewajiban, atau ekuitas) dan satu akun laporan laba rugi (pendapatan atau beban) di entri jurnal. Ingat, tujuan adalah untuk mencocokkan pendapatan dan biaya periode akuntansi.

Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian

Cara membuat jurnal penyesuaian dapat dibagi menjadi beberapa tahap sebagai berikut:

  1. Cetak neraca saldo yang belum disesuaikan.
  2. Analisa setiap akun.
  3. Cari apa saja yang hilang.
  4. Mencatat ayat jurnal penyesuaian.

cara membuat jurnal penyesuaian adalah

Contoh Jurnal Penyesuaian dan Penulisannya

Berikut adalah contoh jurnal penyesuaian dan cara penulisannya:

1. Akun perlengkapan menunjukkan saldo sementara Rp500.000. Sedangkan data akhir periode menunjukkan saldo masih ada senilai Rp200.000.

Analisis:

Akun perlengkapan (saldonya di sisi debit). Maka dihitung jumlah yang habis terpakai di sisi debit beban, yaitu Rp500.000 – Rp200.000 = Rp300.000.

Kemudian, catatlah akun beban perlengkapan Rp300.000 di sisi debit dan kurangi jumlah akun perlengkapan sejumlah Rp300.000 seterusnya dicatat di sisi kredit. Jurnal penyesuaian adalah:

Tanggal

Keterangan

Ref

Debit

Kredit

2017

Desember

Beban perlengkapan

Rp300.000

             Perlengkapan

Rp300.000

 

2. Akun asuransi dibayar di muka menunjukkan saldo sementara Rp360.000.

Data akhir periode: jumlah asuransi yang telah jatuh tempo adalah Rp120.000 yaitu untuk 4 bulan.

Analisis:

Akun asuransi dibayar di muka (saldonya di sisi debit), dicatat sebagai harta. Yang dicatat untuk penyesuaian adalah berapa jumlahnya yang sudah menjadi beban (yaitu sejumlah yang sudah jatuh tempo/sudah dijalani).

Beban asuransi sebesar Rp120.000 di sisi debit. Kemudian pada akun asuransi dibayar di muka Rp120.000 dicatat di sisi kredit. Jurnal penyesuaian adalah:

Tanggal

Keterangan

Ref

Debit

Kredit

2017

Desember

Beban asuransi

Rp120.000

            Asuransi di bayar di muka

Rp120.000

 

Baca juga: Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan F&B

3. Akun peralatan menunjukkan saldo Rp3.000.000. Pada akhir periode: peralatan disusutkan 10%.

Analisis:

Akun peralatan (saldo di sisi debit). Penyusutan peralatan 10% x Rp3.000.000 = Rp300.000 dicatat sebagai beban penyusutan peralatan, di sisi debit.

Kemudian dalam akun akumulasi penyusutan peralatan di catat Rp300.000 di sisi kredit untuk menampung setiap penyusutan peralatan setiap tahunnya. Jurnal penyesuaian adalah:

Tanggal

Keterangan

Ref

Debit

Kredit

2017

desember

Beban penyusutan peralatan

Rp300.000

       Akumulasi penyusutan peralatan

Rp300.000

 

4. Akun pendapatan jasa menunjukkan jumlah Rp1.800.000. Data akhir periode dari pendapatan tersebut sebesar Rp200.000 layanan kepada langganan belum dikerjakan.

Analisis:

Akun pendapatan jasa (saldo di sisi kredit). Jumlah pendapatan yang belum menjadi pendapatan adalah Rp200.000 karena pekerjaan/layanan kepada langganan belum dikerjakan.

Jadi kurangkan akun pendapatan jasa Rp200.000 dan dicatat di sisi debit. Kemudian catatlah ke dalam akun pendapatan diterima di muka Rp200.000 di sisi kredit karena dianggap sebagai utang. Jurnal penyesuaian adalah:

Tanggal

Keterangan

Ref

Debit

Kredit

2017

desember

Pendapatan jasa

Rp200.000

         Pendapatan diterima di muka

Rp200.000

 

Pentingnya pencatatan jurnal penyesuaian untuk melengkapi laporan akun pada buku besar, maka tidak ada salahnya jika perusahaan mempercayakan proses pengerjaannya dengan menggunakan software akuntansi online seperti Jurnal by Mekari. Melalui tampilan web dan mobile, Jurnal dapat membantu pengelolaan keuangan perusahaan secara lebih mudah dan akurat. 

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

 

Kategori : Panduan Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo