Mekari Jurnal
Daftar Isi

Pengertian Kas dan Setara Kas dalam Akuntansi

Tayang 13 Apr 2022
Diperbarui 26 Desember 2023

Berikut ini adalah pengertian uang kas (cash) maupun setara kas menurut para ahli serta jenis-jenisnya dalam akuntansi. Berikut ulasan lengkapnya di Blog Mekari Jurnal!

Anda pasti sudah tidak asing mendengar tentang kas dalam sebuah perusahaan.

Cash atau kas dalam akuntansi merupakan uang tunai yang dibayar secara langsung tanpa berutang.

Namun, cash memiliki arti yang lebih luas lagi dalam dasar dasar akuntansi atau pun yang lainnya.

Ia merupakan salah satu kelompok aset yang sifatnya paling liquid (lancar).

Semakin besar nominalnya, maka semakin liquid sifat dari uang cash ini.

pengertian kas dan setara kas

Pengertian Kas Menurut Beberapa Ahli

Pengertian kas atau cash dalam akuntansi adalah aktiva perusahaan yang berbentuk uang tunai (uang kertas, uang logam, wesel, cek dan lainnya) yang dipegang oleh perusahaan ataupun disimpan di bank dan dapat digunakan untuk kegiatan umum perusahaan.

Sedangkan menurut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), kas meruapakan sebuah investasi yang dapat bersifat sangat liquid, memiliki jangka pendek dan dapat dengan cepat dijadikan cash dalam jumlah tertentu tanpa menghadapi risiko atas perubahan nilai yang signifikan.

Lebih lanjut, IAI menyebutkan bahwa kas terdiri dari saldo cash on hand, rekening giro atau setara kas.

Dalam akuntansi, cash berperan penting dalam laporan keuangan suatu perusahaan.

Di neraca, muncul sebagai item pertama di atas karena ini adalah aset paling likuid perusahaan.

Perusahaan sering kali memasukkan “setara kas” atau cash equivalent dalam kategori ini, yaitu reksadana pasar uang dan investasi jangka pendek lainnya yang dengan mudah dapat diubah menjadi uang tunai.

Pengertian dari kas adalah uang tunai yang paling likuid termasuk seluruh alat pembayaran yang dapat digunakan dengan segera seperti uang kertas, uang logam, dan saldo rekening giro di bank. Sedangkan setara kas adalah investasi berjangka pendek, dan dengan cepat dapat dijadikan kas dalam jumlah tertentu tanpa menghadapi risiko atau perubahan nilai yang signifikan.

Agar lebih memahaminya, berikut ini adalah pengertian ataupun definisi kas menurut para ahli:

  • Thomas Sumarsan

Disini Thomas Sumarsan berpendapat dan juga menjelaskan bahwa pengertian kas adalah suatu aset lancar yang sifatnya sangatlah likuid dan juga bisa dimanfaatkan secara langsung untuk keberlangsungan kegiatan bisnis perusahaan.

  • Zaki Baridwan

Zaki memiliki pendapat bahwa pengertian kas adalah suatu alat tukar dan bisa digunakan dalam suatu bentuk ukuran dalam bidang akuntansi.

  • Rudianto

Definisi kas adalah suatu alat pembayaran ataupun pertukaran milik perusahaan dan langsung bisa digunakan untuk kegiatan transaksi perusahaan ketika memang dibutuhkan oleh suatu perusahaan.

  • Theodorus M. Tuanakotta, AK

Menurut ahli akuntansi Theodorus M. Tuanakotta, AK, cash merupakan seluruh uang dan juga simpanan yang disimpan di bank.

Dimana uang ini secara langsung bisa dicairkan kapan saja setiap waktu tanpa mengurangi nilai dari simpanannya tersebut.

Kas disini bisa dibedakan menjadi kas kecil atau dana kas dalam bentuk lain, misalnya seperti penerimaan uang tunai, serta berbagai jenis cek untuk diserahkan pada pihak bank keesokan harinya.

  • Dwi Martani

Pengertian kas adalah dijelaskan sebagai suatu aset keuangan yang paling likuid dan bisa digunakan setiap hari untuk kegiatan keberlangsungan perusahaan dan memenuhi kewajiban perusahaan.

  • Menurut Munawir

Dalam buku yang ditulis Munawir menjelaskan juga menerangkan bahwa pengertian kas adalah sejumlah uang tunai yang bisa digunakan untuk mendanai kegiatan operasional perusahaan.

Dimana yang termasuk uang kas dan setara kas ini adalah termasuk cek yang diterima dari konsumen, juga uang simpanan perusahaan yang ada di bank dalam bentuk giro maupun demand deposit.

  • Rizal Effendi

Disini Rizal Effendi menjelaskan bahwa apa itu pengertian kas adalah seluruh uang atau kekayaan perusahaan yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran dan untuk melunasi kewajiban perusahaan.

Beberapa hal yang bisa dikategorikan sebagai kas menurut Rizal Effendi adalah rekening giro bank, dan uang kas yang terdapat di dalam perusahaan itu sendiri.

Rizal Effendi juga menyebutkan kalau cash yang terdapat di dalam sebuah perusahaan adalah harta yang paling lancar karena neraca di dalamnya akan ditempatkan pada bagian atas dalam kelompok teratas.

  • Standar Akuntansi Keuangan ( SAK )

Standar Akuntansi Keuangan (SAK) menjelaskan maksud dari  kas adalah seluruh alat pembayaran yang siap dan bebas digunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan.

Untuk merekonsiliasi perubahan jumlah selama suatu periode, akuntan dapat menggunakan cara membuat laporan arus kas, yang menunjukkan semua uang yang dihasilkan dan dikonsumsi oleh bisnis, diakhiri dengan perubahan bersih uang di bagian bawah.

Untuk contohnya bisa Anda temukan seperti pada gambar tangkapan layar dari aplikasi akuntansi Mekari Jurnal dibawah ini atau Anda bisa mencobanya langsung dengan menekan tombol di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

contoh tabel arus kas

Contoh Tabel Arus Kas Yang Dibuat Menggunakan Aplikasi Mekari Jurnal

 

Karakteristik Kas

Untuk membedakan cash dengan aset lain, Anda dapat melihatnya dengan memahami karakteristik atau ciri-cirinya, yaitu:

  • Aset perusahaan yang paling liquid.
  • Standar pertukaran yang paling umum.
  • Dapat menjadi basis perhitungan dan pengukuran.

Jenis-Jenis Uang Kas

Seperti yang telah disinggung di atas, cash dapat dibagi menjadi beberapa bagian.

Adapun pembagian tersebut bertujuan untuk mempermudah pengawasan dan proses pemeriksaaan yang berhubungan dengan distribusi dari aliran cash.

Anda dapat menemukan pembagian cash ini pada buku besar perusahaan dagang.

Berikut adalah jenis-jenis kas dalam akuntansu:

1. Petty Cash (Kas Kecil)

Pengertian petty cash atau kas kecil adalah uang yang disediakan oleh perusahaan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan tidak ekonomis jika dibayarkan dengan menggunakan cek.

2. Kas di Bank

Kas di bank adalah uang perusahaan yang berada di rekening suatu bank.

Biasanya digunakan untuk pengeluaran yang jumlahnya relatif besar dan tidak mungkin diberikan secara langsung dalam transaksi karena jumlah nya yang besar dan rawan dari segi keamanannya.

Ini selalu berhubungan dengan rekening koran dari bank untuk perusahaan.

3. Pelaporan Kas

Meskipun pelaporan cash dapat langsung dilakukan, tetapi terdapat masalah juga dalam pelaporan.

4. Cash Equivalents

Cash equivalents, atau biasa disebut setara kas adalah kelompok aset perusahaan yang memiliki maturity kurang dari tiga bulan.

Ini akan sangat bermanfaat saat digunakan pada kondisi ekonomi yang sedang susah, tidak stabil.

Adapun contoh dari cash equivalents adalah surat utang negara (SUN) dan treasury bill.

5. Restricted Cash

Pengertian dari restricted cash atau kas terbatas adalah merupakan cash yang sengaja disisihkan untuk kewajiban di masa depan yang jumlahnya signifikan.

Berikut ilustrasi contoh dari restricted cash untuk memperjelas pemahaman Anda:

Perusahaan memiliki kewajiban membayar kerusakan lingkungan sebesar 15 juta rupiah untuk lima tahun yang akan datang, atas dasar kondisi tersebut maka perusahaan menyisihkan 15 juta rupiah ke akun restricted cash.

jenis jenis kas

6. Bank Overdrafts

Bank overdrafts adalah perusahaan mengeluarkan cek yang nilainya lebih besar dari saldonya di bank.

Sebagai contoh mengenai bank overdrafts, Perusahaan Maju Sejahtera mengeluarkan cek sebesar 120 juta, padahal saldo rekening Maju Sejahtera di bank hanya sebesar 100 juta. Maka 20 juta yang ada masuk ke utang jangka pendek.

Contoh Kas

Yang termasuk dalam contoh kas adalah sebagai berikut:

  • Uang tunai. Ini adalah uang yang bisa digunakan dalam bentuk wujud kertas dan logam yang berlaku untuk pembayaran.
  • Travellers check. Ini adalah cek yang dikeluarkan oleh bank umum dimana bisa digunakan untuk melayani pihak nasabah yang ingin melakukan perjalanan atau traveling dalam waktu tertentu dengan jarak yang jauh.
  • Wesel pos. Yang dimaksud dengan wesel pos adalah dokumen yang bisa digunakan sebagai uang tunai ketika sewaktu waktu ingin digunakan.
  • Cek. Cek adalah sebuah dokumen yang bisa diterima sebagai pembayaran dari pihak lain.
  • Uang perusahaan. Uang perusahaan yang memang tersimpan di dalam bank yang bisa diambil sewaktu-waktu bisa diketegorikan sebagai uang kas dan setara kas.
  • Kasir cek. Yang dimaksud dengan kasir cek adalah cek yang dibuat dan juga ditandatangani oleh suatu bank dimana bisa ditarik oleh bank tersebut untuk melakukan pembayaran pada pihak lainnya.

Sedangkan yang tidak termasuk di dalamnya adalah:

Misalnya seperti perangko, post date check atau cek mundur, deposito berjangka dengan penjelasan sebagai berikut dibawah ini.

  • Perangko, merupakan alat bukti pembayaran pengiriman jasa-jasa pos.
  • Deposito berjangka atau time deposite, adalah uang yang tersimpan pada bank dan uang ini hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu saja.
  • Post date check atau cek mundur, uang yang tidak bisa dikategorikan sebagai kas sebelum jangka waktu post date check atau cek mundur tiba.
  • Uang untuk tujuan tertentu. Jenis uuang yang memang disediakan untuk tujuan tertentu seperti uang pensiun atau jenis uang untuk tujuan tertentu lainnya.

Kelola Kas Perusahaan Jadi Lebih Mudah dengan Menggunakan Software Akuntansi Jurnal

Untuk kesuksesan dan kelancaran bisnis, Anda tentu juga harus didukung  perencanaan keuangan yang baik.

Melakukan penghitungan, pelaporan dan analisis keuangan merupakan kegiatan pendukung.

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi online dengan berbagai macam fitur yang memudahkan proses akuntansi, mulai dari membuat laporan keuangan, menghitung biaya dan anggaran, mengelola stok dan pelaporan pajak menjadi lebih mudah.

Cek juga fitur aplikasi kas ini untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnis Anda ke Jurnal sekarang juga dan nikmati free trial 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Melalui penjelasan di atas Anda bisa memahami tentang apa itu kas, jenis-jenis, dan apa saja yang tidak termasuk di dalamnya dan juga setara kas. Semoga bermanfaat!

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal