Jenis-jenis Investasi, Berikut Tips Kelola Keuangannya

Investasi merupakan salah satu cara untuk mengelola keuangan agar memperoleh pendapatan lebih banyak dari sebelumnya. Banyak orang yang menyadari betapa pentingnya melakukan investasi sejak dini. Terutama di kalangan milenial yang semakin sadar bahwa menanam dana adalah hal yang bermanfaat.

Investasi yang bisa juga disebut dengan penanaman modal untuk memperoleh imbal hasil memiliki banyak jenis. Setiap jenis instrumen penanaman modal memiliki manfaat masing-masing. Selain itu, masing-masing jenisnya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Ada baiknya sebelum mulai menanam modal, Anda memahami terlebih dahulu jenis-jenis instrumennya.

Baca Juga: Kenapa Program Accounting Dibutuhkan Penjual Online

Jenis Investasi yang Bisa Dipilih untuk Pemula

Software Accounting, Kapan Perusahaan Anda Membutuhkannya?

Jenis-jenis Investasi saat ini semakin beragam, mengingat perkembangan dunia yang semakin pesat. Perkembangan dunia investasi juga tidak kalah pesat. Dengan maraknya instrumen yang bisa dipilih, Anda bisa memulai dengan jenis instrumen yang mudah dan sesuai untuk pemula. Berikut adalah beberapa jenis instrumen investasi yang bisa dipilih untuk pemula:

 

Logam Mulia atau Emas

Emas atau logam mulia adalah salah satu bentuk investasi yang sudah ada sejak lama. Harga emas cenderung lebih stabil sehingga mudah mengatur kondisi investasi emas dibandingkan instrumen lain. Selain itu, risiko yang diperoleh dari kepemilikan emas tidak terlalu tinggi. Logam mulia juga masih memiliki nilai yang bagus dalam jangka panjang. Maka itu, logam mulia menjadi pilihan yang sangat cocok untuk pemula.

 

Reksa Dana

Reksa Dana adalah instrumen investasi yang menghimpun dana dari para investor untuk ditempatkan dalam portofolio efek oleh perusahaan asset manajemen tertentu. Saat ini Anda bisa melakukan pembelian dan pencairan reksa dana secara online. Jika Anda ingin membeli reksa dana, pastikan platform yang Anda gunakan aman dan terpercaya. Pastikan juga Anda mengetahui seluk beluk reksa dana yang Anda pilih agar Anda tidak mengalami kerugian.

Baca Juga: Cloud Computing dan Perannya Dorong Pertumbuhan Bisnis Anda

Valas atau Valuta Asing

Valas atau valuta asing adalah mata uang satu negara yang berbeda dengan mata uang negara pemilik. Investasi valuta asing biasanya dilakukan dengan melakukan pertukaran antara mata uang satu negara dengan mata uang negara lain untuk memperoleh imbal hasil.

Bentuk transaksi ini juga disebut dengan foreign exchange atau forex. Valas memiliki risiko tinggi karena fluktuasi mata uang negara lain dapat berubah-ubah. Jika Anda menentukan untuk menyimpan valas, ada baiknya memiliki mata uang memiliki tingkat stabilitas yang tinggi.

Selain itu, Anda juga harus bisa memperkirakan fluktuasi valuta asing dengan menyimak informasi terkait kondisi ekonomi suatu negara untuk menghindari kerugian. Jika berhasil, keuntungan instrumen valas lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

 

Saham

Saham merupakan salah satu bentuk investasi yang juga memiliki risiko tinggi. Untuk menyimpan saham, Anda harus paham seluk beluk saham, informasi terkait perkembangan bisnis serta kondisi keuangan perusahaan yang Anda beli sahamnya. Jika Anda pemula, Anda bisa dibantu dengan seorang broker untuk membaca pasar saham dan menentukan instrumen yang tepat.

 

Properti

Menanam modal pada aset properti adalah bentuk investasi yang juga memiliki keuntungan yang tinggi dan bisa dilakukan dalam jangka waktu lama. Kendati demikian, properti juga memiliki risiko tersendiri, seperti biaya perawatan yang setiap tahun semakin naik dan persaingan yang ketat.

Tips Melakukan Investasi untuk Pemula

Jika ingin investasi yang Anda lakukan lancar, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut:

Pahami Kebutuhan dan Tujuan Anda

Memahami tujuan investasi akan sangat membantu memilih instrumen yang paling cocok untuk Anda. Setiap instrumen memiliki tujuan dan digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Pahami kebutuhan, kemudian tentukan mana instrumen yang cocok.

 

Buat Rencana Investasi

Membuat rencana investasi akan memperjelas langkah Anda. mulai dari tujuan, waktu menanamkan dana, hingga imbal hasil yang akan Anda miliki.

 

Pelajari Investasi Anda

Pelajari sebelum Anda memulai investasi dan review setiap langkah yang telah Anda buat. Dengan begini Anda bisa mengetahui apakah opsi yang Anda pilih sudah tepat atau belum.

Setelah mengetahui bagaimana macam-macam instrumen dan tips mengelola dana, Anda disarankan untuk mengelola imbal hasil yang diperoleh dari hasil menanam modal tersebut dengan baik.

Baca Juga: Memahami Seluk Beluk dan Cara Kelola Bisnis Franchise

Opsi lain untuk menambah pundi-pundi selain investasi adalah berwirausaha. Sama halnya ketika menanam modal, dalam berwirausaha, Anda juga harus mampu mengelola keuangan dengan baik.

Salah satu solusi untuk memudahkan pengelolaan keuangan adalah dengan menggunakan software akuntansi online Jurnal by Mekari.  Jurnal merupakan aplikasi akuntansi yang bisa Anda gunakan secara online dengan mudah, bahkan dari smartphone sekalipun.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisa diproses dengan baik, akurat dan tentu mudah. Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan melalui beragam fitur yang tersedia.

Bagi Anda yang berlangganan Jurnal pada periode Agustus 2020 ini, Anda akan mendapat gratis berlangganan maksimal 2 bulan dan diskon hingga 25%. Tak hanya itu, dilengkapi juga dengan 4 kali free training dan free 8 users login.

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website resmi Jurnal atau mencoba demi fitur-fitur Jurnal yang tersedia secara gratis. Caranya, hanya dengan menekan banner berikut ini.

CTA promo agustus 2020

 


PUBLISHED14 Aug 2020
Desy
Desy


Kategori : Investasi