Mekari Jurnal
Daftar Isi

Peran Penting Warehouse Software Pada Usaha Ritel

Tayang 13 Jul 2020
Diperbarui 16 Oktober 2023

Berbicara mengenai warehouse atau gudang tidak terlepas dari pemahaman pengelolaan warehouse secara manual, padahal sebenarnya tidak selalu seperti itu. Karena pada pengelolaan warehouse juga dapat diterapkan sistem teknologi dengan software gudang.

Dengan menggunakan software gudang yang canggih seperti aplikasi stok barang android, Anda bisa mengakses data gudang dimana pun dan kapan pun.

Khususnya pada bisnis ritel, dimana kegiatan jual-beli dilakukan langsung kepada konsumen akhir. Bisa dikatakan bahwa gudang merupakan unsur penting dalam berlangsungnya bisnis ritel.

Oleh karena itu, manajemen gudang harus benar-benar diperhatikan untuk meminimalisir tingkat kerugian.

Apa Yang Dimaksud dengan Bisnis Ritel?

Aplikasi Stok Barang: Manajemen Stok Barang Pada Bisnis

Bila diartikan secara umum, ritel adalah kegiatan pemasaran produk berupa barang atau jasa yang dilakukan secara eceran atau satuan.

Bisnis ritel sering dipahami sebagai tahapan terakhir dalam rantai distribusi. Bisnis yang berperan sebagai pihak yang menjual barang atau jasa langsung kepada konsumen.

Apa Saja Manfaat Dari Gudang/Warehouse dalam Bisnis Ritel?

Gudang atau warehouse dapat diartikan sebagai sebuah ruangan atau dengan skala lebih besar adalah sebuah bangunan yang dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan.

Dalam konteks bisnis ritel maka gudang difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang dagangan.

Sedangkan menurut Purnomo, gudang memiliki 5 (lima) manfaat utama yaitu:

  • Sebagai pendukung proses produksi atau manufacturing support. Berarti gudang memiliki peran untuk mendukung kelancaran proses produksi dalam hal sistem penyimpanan dan hal lainnya yang berkaitan diatur agar produksi mampu tetap berjalan sesuai dengan target bisnis.
  • Sebagai tempat pencampuran produksi atau production mixing. Gudang juga berperan sebagai sarana untuk melakukan proses penyortiran produk sebelum akhirnya didistribusikan.
  • Tempat perlindungan barang. Sistem keamanan yang digunakan atau diterapkan di gudang harus dirancang agar mampu menjamin keamanan produk didalamnya. Sistem keamanan gudang ini, termasuk pada sistem manajemen gudang yang juga harus profesional.
  • Sebagai tempat pemisahan produk dari pencemaran. Suatu gudang terdapat berbagai macam produk yang mungkin terbagi menjadi material berbahaya dan tidak. Sehingga harus adanya pemisahan agar tidak terjadi pencemaran yang dapat merusak produk dan menimbulkan kerugian pada bisnis.
  • Tempat persediaan.  Pada dasarnya bisnis sangat penuh dengan perubahan maka dengan adanya gudang Anda memiliki alternatif persediaan barang bila kemudian dibutuhkan. Hal ini untuk menangani perbedaan prediksi permintaan produk dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Note: Pengelolaan stok barang dilakukan dengan stock opname sebagai upaya pengendalian berkala? Baca artikel Panduan Lengkap Kelola Stock Opname untuk Bisnis Ritel

Apa Yang Dimaksud dengan Manajemen Gudang?

Secara singkat, manajemen gudang (warehouse management) adalah proses pengaturan dan pengendalian segala sesuatu yang ada di dalam gudang tersebut.

Agar gudang dapat berfungsi optimal dalam menunjang bisnis, maka diperlukan manajemen gudang yang mencakup:

  • Mengatur inventori yang ada di dalam gudang.
  • Memiliki peralatan yang dibutuhkan serta melakukan perawatan secara berkala.
  • Mengelola stok barang yang baru masuk.
  • Memilih, mengemas dan melakukan pengiriman sesuai dengan pesanan.
  • Meningkatkan kinerja gunang secara keseluruhan dan terus menerus.

Apa Manfaat Yang Dapat Diberikan Warehouse Software terhadap Bisnis Ritel?

Warehouse software berperan sebagai tool otomatis yang dapat membantu manajemen gudang lebih efektif dan efisien, sehingga hasil yang maksimal dapat dicapai dengan waktu yang minimal.

Khususnya pada bisnis ritel, pengoptimalan manajemen gudang sangat diperlukan, mengingat interaksi bisnis yang terjadi antara penjual dan pembeli sangat intens pada jenis bisnis ini.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan warehouse software adalah seperti menjaga semua kegiatan keluar-masuknya barang pada gudang lebih terorganisir serta terdokumentasi yang akan memudahkan Anda melakukan pengecekkan yang valid bila kemudian terjadi kehilangan dan selisih perhitungan barang.

Salah satu contoh warehouse software di Indonesia adalah Jurnal by Mekari.

Manajemen gudang dengan fitur stok barang pada Mekari Jurnal akan lebih mudah dilakukan karena Anda bisa mendapatkan notification bila terjadi perubahan jumlah pada persediaan produk secara langsung dan data tersebut otomatis langsung diproses pada sistem secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu repot lagi membuat laporan arus keluar-masuk barang secara manual.

Pelajari juga bagaimana aplikasi inventaris barang sekolah dapat membantu pekerjaan Anda.

Hal ini tentu saja dapat mempermudah jalannya bisnis ritel Anda, warehouse software juga dapat terhubung dengan  laporan keuangan.

Dengan fitur yang jurnal lengkap, maka keduanya terhubung secara otomatis. Dapatkan 14 hari gratis Jurnal untuk bisnis Anda.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal