Jurnal Enterpreneur

Memilih Cara Akuntansi yang Simple untuk Bisnis Ritel

Ada berbagai jenis operasi ritel, dari eCommerce, order manual, katalog dan masih banyak lagi. Sebagai pemilik usaha mungkin pemilik akan menggunakan lebih dari satu jenis, tergantung pada kebutuhan produk yang akan dijual.

Tapi seperti yang peritel pahami, sukses harus melibatkan lebih dari sekedar bertukar barang untuk menghasilkan uang. Pebisnis perlu memahami merchandise produk, iklan dan pemasaran, kontrol stok, layanan pelanggan, riset pasar, negosiasi pemasok dan banyak lagi.

Pengecer yang baik akan berpikir hati-hati tentang bagaimana dan kapan produk mereka masuk ke dalam gaya hidup konsumen. Mereka menggunakan pengetahuan itu untuk memasarkan produk mereka, contohnya produk musiman.

Dan kemudian ada rekening. Arus kas, gaji, pajak, buku besar dan sebagainya. Semua harus dilacak dengan hati-hati. Dengan uang yang masuk dan keluar sepanjang waktu, Anda tidak akan ingin membiarkan apa pun menyelinap melalui celah-celah.

Semua ini berarti bahwa pemilik usaha tidak dapat menjalankan bisnis ritel yang sukses tanpa menjaga catatan yang rinci. Dan di situlah software akuntansi berkualitas baik dapat membantu.

Membuat Rencana Sebelum Memulai

Akan sangat menggoda untuk menyelam langsung ke bisnis ritel, terutama jika Anda berpikir telah menemukan celah di pasar. Tapi itu akan masuk akal untuk dilakukan jika bisnis telah terencana dengan baik, seperti:

  • Pilih struktur perusahaan.
  • Pilih lokasi bisnis. Apakah Anda memiliki toko fisik, atau secara online? Ada banyak pilihan. Ingatlah bahwa toko fisik pun memerlukan kehadiran online juga. Tanpa ini, Anda akan kehilangan pelanggan potensial.
  • Pikirkan tentang pendanaan. Hati-hati menghitung berapa banyak modal yang akan diperlukan untuk memulai bisnis. Menggunakan software akuntansi yang berkualitas akan memberikan perkiraan dan prediksi.
  • Pikirkan tentang manajemen persediaan. Ini adalah salah satu tantangan terbesar dalam ritel. Salah pilih, dan produk Anda akan terabaikan dengan banyak saham yang tidak terjual, atau kehabisan produk yang diinginkan pelanggan.

Bagaimana Software Akuntansi untuk Ritel Dapat Membantu

Software akuntansi saat ini dapat dihubungkan ke banyak aplikasi lainnya. Itu memberi Anda potensi untuk bergabung dengan sistem lainnya untuk membantu mengelola bisnis ritel. Saat memilih software akuntansi, berikut adalah beberapa hal untuk dipertimbangkan:

  • Apakah itu dirancang sesuai kebutuhan ritel?
  • Apakah perangkat lunaknya bekerja dengan baik untuk pengecer?
  • Apakah ia memiliki beberapa tingkat akses? Hal terbaik adalah memiliki berbagai tingkat izin untuk pemilik, manajer dan lain-lain dengan otorisasi khusus. Anda tidak akan ingin semua orang di lantai toko memiliki akses penuh ke rekening Anda.
  • Bisakah mencatat transaksi dan mengelola gaji? Hampir semua software akuntansi menangani transaksi, tapi gaji mungkin hanya tersedia sebagai upgrade. Periksalah sebelum membeli.
  • Bisakah melacak inventaris?
  • Apakah berbasis cloud? Jika demikian, itu akan memberikan akses ke akun Anda dari mana saja dan kapan saja, biaya dukungan yang lebih rendah, backup otomatis serta koneksi yang mudah ke aplikasi lain.

Apapun software akuntansi ritel yang Anda pilih, pastikan untuk menyimpan semua informasi penting secara aman. Ini termasuk penjualan catatan, laporan kredit, informasi bank dan data pajak. Di sisi lain, akuntansi berbasis cloud mungkin mempermudah untuk memasukkan transaksi dan faktur setiap hari.

Dengan lebih fokus pada keuangan pebisnis setiap hari, mereka akan memiliki lebih banyak informasi ke dalam bisnis, memiliki kemampuan untuk membuat keputusan keuangan yang lebih akurat, dan memiliki semua transaksi yang terorganisir.

Tips Awal Bisnis Fashion Modal Kecil Untuk Pemula

Kembangkan bisnis lebih cepat dengan pembukuan dan proses akuntansi yang lebih efisien dan sederhana dari sekarang!

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo