Memilih Cara Akuntansi yang Simple untuk Bisnis Ritel

Bagaimana cara memiliki akuntansi yang simple untuk bisnis ritel, apa saja hal yang perlu diperhatikan dan bagaimana penggunaan software yang tepat dapat membantu Anda?

Ada berbagai jenis operasi bisnis ritel, dari eCommerce, order manual, katalog dan masih banyak lagi. Sebagai pemilik usaha mungkin pemilik akan menggunakan lebih dari satu jenis, tergantung pada kebutuhan produk yang akan dijual.

Tapi seperti yang peritel pahami, sukses harus melibatkan lebih dari sekedar bertukar barang untuk menghasilkan uang.

Pebisnis perlu memahami merchandise produk, iklan dan pemasaran, kontrol stok, layanan pelanggan, riset pasar, negosiasi pemasok dan banyak lagi.

Pengecer yang baik akan berpikir hati-hati tentang bagaimana dan kapan produk mereka masuk ke dalam gaya hidup konsumen.

Mereka menggunakan pengetahuan itu untuk memasarkan produk mereka, contohnya produk musiman.

Dan kemudian ada rekening, arus kas, gaji, pajak, buku besar perusahaan dan sebagainya.

Semua harus dilacak dengan hati-hati. Dengan uang yang masuk dan keluar sepanjang waktu, Anda tidak akan ingin membiarkan apa pun menyelinap melalui celah-celah.

Semua ini berarti bahwa pemilik usaha tidak dapat menjalankan bisnis ritel yang sukses tanpa menjaga catatan yang rinci.

Dan di situlah software akuntansi berkualitas baik dapat membantu.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal.

Akuntansi dalam Bisnis Ritel

Akuntansi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah bisnis jenis ini. Yaitu untuk mengelola data secara akurat yang dapat membuat bisnis tersebut dapat berkembang.

Pada umumnya, akuntansi diartikan sebagai suatu kegiatan untuk mengukur, menjabarkan serta memberikan informasi penting yang dapat digunakan untuk membantu manajer, investor, otoritas pajak dan beberapa pihak penting lainnya untuk mengambil keputusan.

Secara singkatnya, akuntansi dapat mendisiplinkan finansial bisnis Anda supaya selalu tertata rapi, baik dari segi pemasukan, pengeluaran, kerugian, keuntungan dan lain sebagainya.

Akuntansi adalah bagian penting yang harus dimiliki oleh setiap bisnis karena memiliki banyak peran yang dapat membantu bisnis untuk berkembang.

Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini adalah beberapa peran penting akuntansi dalam sebuah bisnis ritel:

  1. Sebagai penyedia informasi. Berbagai data yang berhubungan dengan keuangan akan dicatat dalam sistem akuntansi. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk mengawasi laporan keuangan bisnis ritel.
  2. Sebagai alat pengendali keuangan. Anda dapat mengetahui semua data keuangan dengan memanfaatkan akuntansi. Dari data tersebut, Anda dapat mengetahui berbagai informasi mengenai bisnis ritel seperti keuntungan dan kerugian. Serta mengetahui terjadinya kekurangan pembayaran transaksi dan lain sebagainya.
  3. Membantu stakeholder dalam pengambilan keputusan dengan lebih mudah.

Membuat Rencana Sebelum Memulai

Akan sangat menggoda untuk menyelam langsung ke bisnis ritel, terutama jika Anda berpikir telah menemukan celah di pasar. Tapi itu akan masuk akal untuk dilakukan jika bisnis telah terencana dengan baik, seperti:

  • Pilih struktur perusahaan.
  • Pilih lokasi bisnis. Apakah Anda memiliki toko fisik, atau secara online? Ada banyak pilihan. Ingatlah bahwa toko fisik pun memerlukan kehadiran online juga. Tanpa ini, Anda akan kehilangan pelanggan potensial.
  • Pikirkan tentang pendanaan. Hati-hati menghitung berapa banyak modal yang akan diperlukan untuk memulai bisnis. Menggunakan software akuntansi yang berkualitas akan memberikan perkiraan dan prediksi.
  • Pikirkan tentang manajemen persediaan. Ini adalah salah satu tantangan terbesar dalam ritel. Salah pilih, dan produk Anda akan terabaikan dengan banyak saham yang tidak terjual, atau kehabisan produk yang diinginkan pelanggan.

Baca juga: 3 Manfaat Aplikasi Accounting untuk Bisnis Ritel

Manfaat Software Akuntansi Online untuk Bisnis Ritel

Faktur, tagihan, utang, pendapatan, pengeluaran, kerugian, dan transaksi lainnya akan berjalan terus.

Stok lama keluar dan masuk. Rak persediaan yang terus mengisi kembali, uang tunai disimpan, tagihan dibayar, uang masuk dan uang keluar.

Semua ini akan terus terjadi dalam aktivitas bisnis. Dan kemudian ada pajak, jenis pajak, tarif yang berbeda dari pajak untuk produk yang berbeda dan layanan yang berbeda. Ini daftar lain yang terus berputar.

Dengan begitu banyaknya variabel dalam menjalankan usaha ini, tentu tanggung jawab yang begitu besar seharusnya dijalankan oleh orang yang teratur dalam bisnis.

Akan menjadi masalah besar ketika ini menjadi tanggung jawab satu atau dua orang, di dalam bisnis yang hanya diajalankan oleh orang yang itu-itu saja (seperti toko ritel kecil yang dijalankan oleh 1 sampai 2 orang).

Jika tidak dilakukan secara teratur, maka pemilik dapat dengan cepat kehilangan rekam transaksi bisnisnya.

Kebanyakan pengecer bergantung pada beberapa bentuk software pembukuan untuk melacak posisi keuangan bisnis mereka.

Software pembukuan memungkinkan pengecer mengatur penjualan mereka, pembelian dan faktur nyaman, di salah satu tempat di mana mereka dapat mengakses angka yang mereka butuhkan serta melihat secara sekilas bagaimana bisnis mereka berjalan.

Keuntungan utamanya adalah memungkinkan pemilik untuk mengakses akunnya dari mana saja.

Dulu, peritel hanya bisa mengaksesnya dari desktop atau laptopnya dan memeriksa, menambahkan, atau merubah angka yang diperlukan.

Selain itu, dengan software pembukuan tradisional hanya dapat diakses melalui komputer yang telah diinstal program.

Jika komputer tidak dapak diakses, entah itu karena rusak atau hilang maka pemilik tidak dapat mengakses datanya sama sekali.

Ketika software pembukuan diakses secara online, data itu akan tersimpan di server secara aman.

Risiko jauh lebih sedikit data yang hilang saat menggunakan cloud, daripada ketika itu semua disimpan pada sebuah komputer.

Pengolahan data pada server online menggunakan komputer atau perangkat lokal memberikan manfaat lebih. Perangkat hanya perlu cukup kuat untuk menjalankan web browser dan penyimpanan data tidak akan menjadi masalah sama sekali.

Ini berarti lebih ringan, lebih murah, perangkat pemilik efektif digunakan, serta menghemat uang.

Disisi lain, software akuntansi tradisional mungkin memakan biaya jutaan yang perlu dibayar dimuka.

Untuk pengecer yang lebih kecil dengan sumber daya terbatas, ini mungkin tidak menjadi pilihan bahkan menjadi pilihan yang sulit.

Software pembukuan online didasarkan pada apa yang disediakan sebagai layanan, berarti pebisnis hanya akan membayar biaya bulanan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Bagaimana Software Akuntansi Dapat Membantu Bisnis Ritel Anda?

Software akuntansi saat ini dapat dihubungkan ke banyak aplikasi lainnya. Itu memberi Anda potensi untuk bergabung dengan sistem lainnya untuk membantu mengelola bisnis ritel.

Saat memilih software akuntansi, berikut adalah beberapa hal untuk dipertimbangkan:

  • Apakah itu dirancang sesuai kebutuhan ritel?
  • Apakah perangkat lunaknya bekerja dengan baik untuk pengecer?
  • Apakah ia memiliki beberapa tingkat akses? Hal terbaik adalah memiliki berbagai tingkat izin untuk pemilik, manajer dan lain-lain dengan otorisasi khusus. Anda tidak akan ingin semua orang di lantai toko memiliki akses penuh ke rekening Anda.
  • Bisakah mencatat transaksi dan mengelola gaji? Hampir semua software akuntansi menangani transaksi, tapi gaji mungkin hanya tersedia sebagai upgrade. Periksalah sebelum membeli.
  • Bisakah melacak inventaris?
  • Apakah berbasis cloud? Jika demikian, itu akan memberikan akses ke akun Anda dari mana saja dan kapan saja, biaya dukungan yang lebih rendah, backup otomatis serta koneksi yang mudah ke aplikasi lain.

Saat melacak penjualan, pembelian, serta faktur untuk bisnis ritel pebisnis, perangkat pembukuan online membuatnya lebih mudah guna mendukung perkembangan usaha.

Jika Anda seorang peritel dan mencari pembukuan yang simple untuk memudahkan kebutuhan pembukuan dan akuntansi, mengapa tidak mulai penggunaan gratis Jurnal di sini.

Apapun software akuntansi ritel yang Anda pilih, pastikan untuk menyimpan semua informasi penting secara aman.

Ini termasuk penjualan catatan, laporan kredit, informasi bank dan data pajak. Di sisi lain, akuntansi berbasis cloud mungkin mempermudah untuk memasukkan transaksi dan faktur setiap hari.

Dengan lebih fokus pada keuangan pebisnis setiap hari, mereka akan memiliki lebih banyak informasi ke dalam bisnis, memiliki kemampuan untuk membuat keputusan keuangan yang lebih akurat, dan memiliki semua transaksi yang terorganisir.

Kembangkan bisnis lebih cepat dengan pembukuan dan proses akuntansi yang lebih efisien dan sederhana dari sekarang dengan menggunakan Jurnal!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo