Daftar Isi
6 min read

Peran Kunci Pemakaian Informasi Akuntansi dalam Keberhasilan Bisnis

Tayang 02 Feb 2024
Diperbarui 27 Maret 2024

Dalam dunia bisnis yang dinamis, informasi akuntansi menjadi sebuah aspek krusial yang memainkan peran utama dalam pengelolaan keuangan perusahaan.

Informasi akuntansi tidak sekadar sebatas catatan angka, tetapi juga mencakup interpretasi dan analisis data keuangan untuk mendukung pengambilan keputusan yang bijak.

Secara sederhana, informasi akuntansi dapat diartikan sebagai kumpulan data keuangan yang terstruktur dengan tujuan memberikan gambaran menyeluruh tentang kinerja keuangan suatu entitas bisnis.

Artikel ini akan menjelaskan secara rinci konsep informasi akuntansi, pentingnya, serta bagaimana implementasinya membantu perusahaan dalam mencapai tujuan finansial dan operasionalnya.

Pengenalan Informasi Akuntansi

Informasi akuntansi memegang peranan sentral dalam dunia bisnis modern, menjadi landasan yang memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat dan berkelanjutan.

Dalam konteks bisnis, informasi akuntansi merujuk pada data keuangan dan non-keuangan yang dicatat, dianalisis, dan disajikan secara sistematis untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan strategis.

Pentingnya informasi akuntansi terletak pada kemampuannya untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang kesehatan keuangan suatu entitas, memungkinkan pemangku kepentingan, seperti pemilik, investor, dan kreditur, untuk menilai kinerja perusahaan secara objektif.

Peran Kunci Pemakaian Informasi Akuntansi dalam Keberhasilan Bisnis

Selain itu, informasi akuntansi juga berperan dalam membantu perusahaan memenuhi kewajiban perpajakan dan regulasi pemerintah.

Data akuntansi ini mencakup neraca, laporan laba rugi, dan arus kas, yang mencerminkan posisi keuangan perusahaan pada suatu periode waktu tertentu.

Informasi akuntansi seringkali mencakup lebih dari 70% informasi laporan keuangan suatu perusahaan.

Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang apa yang dimaksud dengan informasi akuntansi sangat krusial bagi para pemimpin bisnis dan profesional akuntansi

Simak lebih lanjut: Sistem Informasi Akuntansi: Pengertian, Fungsi, Contoh

Manfaat Informasi Akuntansi

Informasi akuntansi memegang peran yang sangat penting dalam mengelola bisnis dan membuat keputusan strategis karena memberikan landasan yang kuat bagi pemahaman tentang kondisi keuangan perusahaan.

Adapun, beberapa manfaat yang dapat dirasakan 0leh bisnis, antara lain:

1. Menggambarkan kondisi kesehatan keuangan dengan akurat

Pertama-tama, informasi akuntansi menyajikan gambaran yang jelas tentang kesehatan finansial entitas bisnis, mencakup aspek pendapatan, pengeluaran, aset, dan kewajiban.

Melalui pencatatan transaksi bisnis yang terperinci, informasi akuntansi memberikan pemahaman yang jelas tentang posisi finansial suatu entitas bisnis.

Di sisi lain, hal ini juga membantu pemilik bisnis dan manajemen dapat mengidentifikasi tren, memproyeksikan kinerja masa depan, serta menilai keberlanjutan target pertumbuhan.

2. Sarana evaluasi perusahaan

Selain itu, informasi akuntansi juga berperan dalam mengevaluasi efisiensi operasional perusahaan berbasis informasional dan fakta.

Melalui analisis biaya, manajemen dapat mengidentifikasi area yang memerlukan peningkatan efisiensi atau penghematan, sehingga memungkinkan pengelolaan sumber daya secara optimal.

Informasi akuntansi juga memberikan dasar untuk merancang dan mengimplementasikan strategi bisnis yang tepat.

Dengan memahami dengan baik sumber daya finansial yang tersedia, pemangku kepentingan dapat membuat keputusan strategis yang lebih informasional, seperti ekspansi bisnis, investasi, restrukturisasi, atau memanfaatkan peluang bisnis yang muncul.

3. Transparansi dan akuntabilitas perusahaan

Selanjutnya, informasi akuntansi juga mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam perusahaan.

Dengan menyediakan laporan keuangan yang jelas dan terstruktur, perusahaan dapat memenuhi persyaratan peraturan dan standar akuntansi

Selain itu, perusahaan dapat menjaga kepercayaan pemangku kepentingan, termasuk investor, karyawan, dan mitra bisnis.

Keseluruhan, peran kunci informasi akuntansi tidak hanya terletak pada pencatatan angka, tetapi juga pada kemampuannya sebagai alat yang memberdayakan pengambilan keputusan strategis untuk mencapai tujuan bisnis jangka panjang.

Kepercayaan ini sangat penting untuk memastikan kelangsungan bisnis dan mendukung akses perusahaan terhadap sumber daya finansial yang diperlukan.

Pemakai Informasi Akuntansi

Informasi akuntansi memiliki relevansi bagi berbagai pemakai, baik internal maupun eksternal, yang memiliki kepentingan terhadap kinerja finansial dan operasional suatu entitas bisnis.

Pemakai internal dan eksternal membutuhkan informasi akuntansi untuk berbagai tujuan dan pengambilan keputusan.

Pemakai Internal Informasi Akuntansi

1. Manajemen

Manajer di berbagai tingkatan membutuhkan informasi akuntansi untuk mengelola operasi harian, memantau kinerja departemen, dan merumuskan strategi bisnis.

Informasi ini membantu mereka membuat keputusan operasional dan taktis yang mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

Salah satu contohnya dapat terlihat ketika manajemen hendak mengontrol persediaan gudangnya.

Melalui informasi akuntansi, manajer gudang dapat memantau persediaan bahan baku dan produk jadi.

Kemudian dapat menghindari kelebihan persediaan yang dapat menimbulkan biaya penyimpanan yang tidak perlu.

Lalu, bagaimana tips dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat? Simak artikelnya di sini: Tips Mengambil Keputusan Bisnis yang Tepat & Efektif

2. Pemilik bisnis

Pemilik atau pemegang saham perusahaan menggunakan informasi akuntansi untuk mengevaluasi kinerja investasi mereka, melacak pertumbuhan perusahaan, dan memastikan efisiensi penggunaan sumber daya.

Contohnya sebagai berikut, ketika pemilik bisnis ingin mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan, pemilik bisnis dapat menggunakan informasi lapoan keuangan untuk mengevaluasinya.

Secara komprehensif, dapat melihat laba bersih, margin keuntungan, dan tingkat pengembalian investasi untuk menilai apakah perusahaan mencapai tujuan keuangan yang ditetapkan.

Pemakai Eksternal Informasi Akuntansi

1. Karyawan

Karyawan dapat memanfaatkan informasi akuntansi untuk memahami kinerja keuangan perusahaan dan kontribusi mereka terhadap keseluruhan tujuan organisasi.

Salah satunya dapat digunakan ketika ingin meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Karyawan dapat menggunakan informasi akuntansi dapat memberikan wawasan tentang biaya akuisisi pelanggan dan retensi.

Karyawan dapat menggunakan data ini untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mempertahankan pelanggan atau menarik pelanggan baru.

2. Investor

Pihak investor membutuhkan informasi akuntansi untuk membuat keputusan investasi. Laporan keuangan yang disusun dengan baik dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kinerja keuangan perusahaan, risiko, dan potensi imbal hasil bagi investor.

3. Kreditur

Institusi keuangan dan kreditur lainnya memerlukan informasi akuntansi untuk menilai kelayakan pinjaman dan risiko kredit.

Laporan keuangan membantu mereka mengidentifikasi apakah perusahaan dapat memenuhi kewajiban keuangannya.

4. Instansi pemerintah

Pihak berwenang, seperti badan pajak dan otoritas regulasi, menggunakan informasi akuntansi untuk memastikan kepatuhan perusahaan terhadap peraturan perpajakan dan hukum keuangan.

Laporan keuangan juga dapat digunakan sebagai dasar untuk perhitungan pajak.

5. Masyarakat umum

Informasi akuntansi memberikan transparansi terhadap aktivitas bisnis dan dampak sosial perusahaan.

Masyarakat umum, termasuk pelanggan dan pemasok, dapat memanfaatkan informasi ini untuk membentuk pandangan mereka terhadap perusahaan.

6. Otoritas pajak

Otoritas pajak menggunakan informasi akuntansi untuk menghitung jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

Laporan keuangan dan informasi lainnya membantu dalam proses pemungutan dan pengawasan pajak.

Simak lebih lanjut: Akuntansi Perpajakan: Fungsi, Sifat, dan Klasifikasi

7. Lembaga keuangan

Lembaga keuangan, seperti bank, menggunakan informasi akuntansi untuk menilai kredit dan risiko bisnis.

Laporan keuangan membantu mereka memahami kondisi keuangan perusahaan sebelum memberikan pinjaman atau fasilitas kredit.

8. Mitra bisnis

Dengan demikian, informasi akuntansi menjadi alat komunikasi yang esensial, menghubungkan entitas bisnis dengan berbagai pihak yang memiliki kepentingan beragam dalam keberlangsungan dan kesuksesannya.

9. Pemasok

Pemasok dapat menggunakan informasi akuntansi dari pelanggan untuk mengevaluasi kredibilitas dan kemampuan pelanggan dalam membayar utang tepat waktu.

Ini membantu pemasok mengelola risiko kredit dan memutuskan syarat pembayaran yang sesuai.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, informasi akuntansi bukan hanya sekadar alat untuk mencatat transaksi keuangan, melainkan fondasi yang memberikan wawasan mendalam tentang kesehatan finansial perusahaan.

Dengan pemahaman yang baik tentang informasi akuntansi, para pemimpin bisnis dapat membuat keputusan strategis yang cerdas, merencanakan pertumbuhan yang berkelanjutan, dan menjaga stabilitas serta keberlanjutan perusahaan dalam pasar yang kompetitif.

Agar dapat mengelola informasi akuntansi dengan tepat dan akurat pada laporan keuangan, segera gunakan software akuntansi Mekari Jurnal sekarang.

Melalui sistem akuntansi yang sudah berbasis online, pengelolaan informasi dalam praktik akuntansi akan semakin akurat karena sudah berbasis otomatis.

Ekplorasi berbagai fitur unggulan Mekari Jurnal lainnya dengan berkonsultasi dengan tim Mekari Jurnal melalui tombol di bawah ini.

Baik, Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

Semoga artikel ini bermanfaat!

 

 

 

Referensi:

Especia, “What is Accounting Information ?”

Chron, “General Uses of Accounting Information”.

Pubmed, “Optimization and Analysis of Intelligent Accounting Information System Based on Deep Learning Model’.

Kategori : Internal Audit
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal