Tips Mengambil Keputusan Bisnis yang Tepat & Efektif

Dalam menjalankan bisnis, Anda tidak pernah bisa lepas dari sebuah masalah. Di mana, kesuksesan bisnis akan bergantung dari diri Anda sendiri, bagaimana Anda bisa lepas dari masalah yang sedang dihadapi. Disinilah Anda butuh sebuah keputusan bisnis yang tepat dan efektif untuk keluar dari berbagai masalah yang sedang atau akan Anda hadapi. Dan perlu diingat, masalah pada bisnis adalah awal dari kesuksesan Anda dalam menjalankan bisnis. Karena itulah, di sini kita akan membahas lebih detail mengenai apa saja yang harus Anda lakukan sebelum membuat keputusan bisnis yang tepat dan efektif.

 

Identifikasi Masalah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat keputusan bisnis adalah melakukan identifikasi masalah dengan cara mengenali apa masalah yang sedang terjadi dan mengerti setiap permasalahan yang terjadi dalam bisnis Anda. Namun, keputusan tidak hanya bisa dibuat ketika Anda dalam masalah, tapi perlu Anda buat sebagai kebutuhan atau saat Anda mencari peluang. Misalnya, ketika Anda menyadari bahwa penjualan bisnis Anda terus meningkat dan SDM yang Anda miliki tidak mencukupi. Dengan begitu, Anda bisa segera mungkin membuat keputusan bisnis, seperti menambah jumlah SDM atau memberikan bonus bagi SDM yang mencapai target produksi. Dengan melakukan identifikasi di awal, Anda dapat mengambil keputusan yang relevan dan tepat sasaran.

 

Lebih Berani & Tidak Takut

Banyak pengusaha yang tidak berani mengambil keputusan bisnis. Hal ini karena mereka menghindari risiko buruk dari setiap keputusan yang akan diambil. Namun yang perlu diingat adalah, semua pengusaha pasti pernah salah mengambil keputusan. Akan tetapi, kesalahan saat mengambil keputusan tersebut bisa menjadi bahan pembelajaran bagi mereka untuk terus mengasah kemampuannya dalam membuat keputusan selanjutnya. Di mana, setiap proses yang dialami dalam mengambil keputusan akan mendewasakan karakter dan cara berpikir Anda sebagai pengusaha. Jadi, mulai sekarang, cobalah untuk lebih berani dalam membuat keputusan dan tanggung jawab atas keputusan yang telah Anda ambil.

 

Diskusi untuk Menemukan Solusi

Terkadang ada beberapa keputusan yang tidak bisa diambil sendiri dan membutuhkan seseorang untuk berdiskusi tentang masalah yang sedang dihadapi. Cobalah ajak orang-orang yang lebih mengerti dan Anda percaya untuk diajak berdiskusi. Anda bisa meminta pendapat rekan bisnis, manajer, ataupun karyawan Anda. Semakin banyak orang yang Anda ajak berdiskusi, semakin besar pula kesempatan Anda mendapat ide-ide yang tidak terpikirkan oleh Anda selama ini. Dengan begitu, Anda akan sangat terbantu dalam membuat keputusan dengan lebih tepat dan cepat.

 

Tentukan Deadline untuk Setiap Keputusan

Semakin berat masalah yang Anda hadapi, semakin sulit juga proses pengambilan keputusan yang akan Anda hadapi. Di mana, Anda membutuhkan banyak waktu untuk mempertimbangkan dan memikirkannya matang-matang. Namun, dalam mengambil keputusan jangan pernah Anda terlalu lama dalam bersikap. Hal ini dapat membuat kesempatan Anda hilang begitu saja hanya karena telat mengambil keputusan bisnis. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah berikan deadline bagi diri Anda sendiri untuk membuat keputusan. Sehingga, Anda tidak perlu menunda dan membuang waktu dengan sia-sia.

 

Manfaatkan Laporan Keuangan

Dalam mengambil keputusan bisnis, Anda tidak hanya bisa mengandalkan insting atau perasaan, tapi Anda juga membutuhkan data dan informasi lengkap mengenai permasalahan yang harus dipecahkan. Untuk mengetahui berbagai informasi mengenai bisnis, Anda bisa menemukannya dalam laporan keuangan. Di dalam laporan keuangan, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai kondisi bisnis yang sebenarnya. Jadi, cobalah untuk membuat laporan keuangan yang tepat dengan data yang akurat. Karena data yang akuratlah yang akan membantu Anda membuat keputusan yang baik dan tepat bagi bisnis.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan secara instan dan menyediakannya secara realtime dengan data yang akurat. Mulai dari laporan laba-rugi, arus kas, neraca, perubahan modal, stok barang, aset, dan masih banyak lagi. Temukan berbagai informasi mengenai Jurnal dan fiturnya di sini.


PUBLISHED25 Jun 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: