Jurnal Enterpreneur

Mengenal Arti, Fungsi dan Bagian Sistem Informasi Akuntansi

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sistem yang dirancang untuk mengumpulkan dan menampilkan informasi akuntansi sehingga akuntan dan eksekutif perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat.

Sistem ini dianggap sebagai komponen penting dari kantor keuangan di seluruh dunia. Sistem ini sebagian besar berbasis perangkat lunak dan dapat diterapkan sebagai bagian dari solusi teknologi informasi perusahaan.

Pentingnya Sistem Informasi Akuntansi Bagi Perusahaan

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal! Sistem Informasi Akuntansi Online Terpercaya, Coba Gratis Sekarang Disini!

pengertian sistem informasi akuntansi adalah

Sistem informasi akuntansi (SIA) sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan yang bergerak di bidang apapun.

Alasannya karena mengandung sebuah proses untuk melaporkan kondisi keuangan perusahaan secara akurat dan benar untuk semua pihak yang membutuhkan.

Proses tersebut berkaitan dengan teknologi informasi untuk memajukan usaha atau bisnis. SIA akan memudahkan perusahaan melakukan sebagian besar kegiatan perusahaan.

Dengan memberikan informasi yang tepat dan akurat, biaya produksi dapat ditekan dan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan Sistem Informasi Akuntansi?

Jika Anda pernah menggunakan program akuntansi, pasti Anda lebih familiar dengan istilah-istilah akuntansi, simak pengertian dan fungsinya di bawah ini!

Apa itu Sistem Informasi Akuntansi (SIA)?

Menurut Mulyadi, SIA adalah adalah pengaturan formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen, guna memudahkan pengelolaan perusahaan (2001).

Sedangkan, menurut Nugroho Widjajanto (2001), Pengertian Sistem Informasi Akuntansi atau SIA adalah susunan formulir, catatan, dan peralatan.

Termasuk di dalamnya adalah komputer dan perlengkapannya serta alat komunikasi, tenaga pelaksanaannya dan laporan yang terkoordinasi secara erat.

Kemudian didesain untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi yang dibutuhkan manajemen.

Dari sini dapat disimpulkan, bahwa Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu sistem yang terdiri dari berbagai formulir, catatan dan laporan yang telah disusun dan menghasilkan suatu informasi keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Pengertian sistem akuntansi SIA adalah

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) melibatkan pengumpulan, penyimpanan, dan pemrosesan data keuangan dan akuntansi yang digunakan oleh pengguna internal untuk melaporkan informasi kepada investor, kreditor, dan otoritas pajak.

Umumnya merupakan metode berbasis komputer untuk melacak aktivitas akuntansi dalam hubungannya dengan sumber daya teknologi informasi.

SIA menggabungkan praktik akuntansi tradisional dengan sumber daya teknologi informasi modern.

Dengan demikian manajemen perusahaan dapat melihat keuangan dengan jelas melalui sistem tersebut. Selain itu, manajemen juga dapat mengontrol kinerja dari sistem yang digunakan.

Dahulu pencatatan akuntansi menggunakan cara manual, tetapi seiring berkembangnya zaman, saat ini sebagian besar SIA menggunakan proses otomatisasi akuntansi.

Kelola usaha mikro kecil secara efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Fungsi Sistem Informasi Akuntansi

Sistem keuangan yang menyediakan informasi memiliki beberapa fungsi dalam keberlangsungan usaha.

Berikut beberapa fungsi dari Sistem Informasi Akuntansi adalah:

  • Mengumpulkan semua data kegiatan bisnis perusahaan dan menyimpan data tersebut secara efektif dan efisien. Selain itu, SIA juga dapat mencatat semua sumber daya yang berpengaruh terhadap usaha tersebut dan semua pihak yang terkait. Dengan fungsi ini, tidak akan ada suatu hal dalam perusahaan yang tidak tercatat.
  • Mengambil data yang diperlukan dari berbagai sumber dokumen yang berkaitan dengan aktivitas bisnis. Data yang sudah tersimpan akan lebih mudah diambil karena setiap detail dari data sudah terekam dengan SIA.
  • Membuat dan mencatat data transaksi dengan benar ke dalam jurnal-jurnal yang diperlukan dalam proses akuntansi sesuai dengan urutan dan tanggal terjadinya transaksi. Pencatatan ini bertujuan untuk mempermudah pihak-pihak yang membutuhkan dalam pengecekan semua transaksi sehingga jika terjadi suatu kesalahan dapat dikoreksi dengan mudah dan dapat diketahui penyebabnya dengan cepat.
  • Mengubah sekumpulan data menjadi informasi keuangan yang dibutuhkan perusahaan. Informasi ini berbentuk laporan keuangan baik secara manual maupun secara online yang diperlukan oleh semua pihak.
  • Sebagai suatu sistem pengendali keuangan, agar tidak terjadi suatu kecurangan. Dengan sistem ini, keuangan perusahaan dapat dilacak dengan pasti karena sistem pertanggungjawaban yang detail. Fungsi ini dapat menjaga aset perusahaan dan mengurangi risiko untuk penggelapan aset oleh semua pihak terkait.

Meskipun informasi yang terkandung dalam sistem bervariasi antara industri dan ukuran bisnis, SIA mencakup data yang berkaitan dengan:

  • Pendapatan
  • Pengeluaran
  • Data pelanggan
  • Data karyawan
  • Informasi pajak
  • Invoice

Baca juga: Cara Pembukuan Akuntansi untuk Bisnis Retail

Data, Laporan, dan Fitur dalam Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Akuntansi Informasi menyediakan dua tipe dasar pencatatan akuntansi yaitu Jurnal dan Buku Besar Pembantu.

Jurnal

Ada dua jenis jurnal yaitu jurnal umum dan jurnal khusus.

Semua entri jurnal dapat dicatat di jurnal umum, yang mengharuskan setiap debit dan kredit dimasukkan secara manual.

Jurnal khusus digunakan untuk mencatat jenis transaksi serupa. Sistem informasi akuntansi biasanya memiliki empat jurnal khusus:

  • Jurnal penjualan untuk mencatat penjualan kredit
  • Jurnal penerimaan kas untuk mencatat semua transaksi yang memiliki debit menjadi kas
  • Jurnal pembelian untuk mencatat semua pembelian yang dilakukan secara kredit (kredit ke hutang dagang)
  • Jurnal pengeluaran kas untuk mencatat semua transaksi pengkreditan kas

Buku Besar Pembantu (Subsidiary Ledger)

Fitur umum kedua dari sistem informasi akuntansi adalah penggunaan buku besar pembantu.

Buku besar pembantu adalah daftar semua transaksi yang membentuk akun buku besar umum.

Dua dari buku besar pembantu yang paling umum adalah:

  • Buku besar piutang dagang, di mana transaksi dengan setiap pelanggan individu dicatat
  • Buku besar hutang dagang, dimana transaksi dengan vendor individu dicatat

Jurnal dan buku besar pembantu ini adalah komponen untuk banyak laporan lainnya, contohnya:

Cara Membuat Laporan Arus Kas ( Cashflow ) dengan Jurnal

Contoh Laporan dalam Sistem Informasi Akuntansi Jurnal

Dengan beberapa informasi tambahan yang ditangkap di tempat lain dalam sistem, informasi penting seperti pelanggan dan profitabilitas produk, hutang dagang dan umur piutang, dan proyeksi arus kas, dan pembukuan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Selain itu, sistem pembukuan dapat menghasilkan laporan keuangan seperti laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas atau cash flow, serta laporan pengembalian pajak.

Informasi akuntansi dapat diurutkan berdasarkan berbagai kriteria, memberikan wawasan penting bagi manajemen tentang operasi bisnis, sehingga dapat mengambil keputusan dengan tepat.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Bagian SIA adalah

  • People : Mengoperasikan sistem dan melakukan berbagai fungsi.
  • Procedure : Mengumpulkan, memproses dan menyimpan data yang berhubungan dengan aktivitas organisasi.
  • Data : Kegiatan atau proses bisnis.
  • Software : Memproses data yang ada di organisasi.
  • Infrastruktur Informasi Teknologi : komputer dan peralatan lainnya.
    Keandalan Sistem

Menurut American Institute of CPA (AICPA) dan Canadian Institute of Chartered Accountants (CICA), terdapat lima prinsip dasar yang penting bagi keandalan sistem ini, yaitu :

  • Keamanan – Akses ke sistem dan datanya dikontrol dan dibatasi hanya untuk yang berwenang.
  • Kerahasiaan – Perlindungan informasi sensitif dari pengungkapan yang tidak sah.
  • Privasi – Pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan informasi pribadi tentang pelanggan dilakukan dengan cara yang tepat dan privat.
  • Memproses integritas – Pemrosesan data yang akurat, lengkap, dan tepat waktu dilakukan dengan otorisasi yang tepat.
  • Ketersediaan – Sistem ini tersedia untuk memenuhi kewajiban operasional sesuai kontrak.

Jika perusahaan menerapkan SIA adalah dengan baik, diharapkan semua laporan dapat disajikan tepat waktu. Jadi semua pihak internal maupun eksternal dapat mengambil keputusan dengan baik mengenai perkembangan perusahaan.

Penggunaan SIA yang efektif akan membantu perkembangan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Untuk mendukung sebuah usaha yang memiliki sebuah SIA yang baik tentunya butuh sistem pencatatan dan pelaporan yang baik pula.

Baca juga : Peran Penting Sistem Informasi Akuntansi Dalam Perusahaan

Bagaimana? Apakah Anda telah memahami pengertian Sistem Informasi Akuntansi dan manfaat SIA untuk menentukan strategi bisnis Anda?

Dengan adanya SIA, laporan keuangan di setiap akhir periode akuntansi akan lebih mudah dilakukan. Selain mudah, ketepatan dalam pembuatan laporan pun lebih efektif.

SIA membuat kinerja perusahaan maksimal dan proses kinerja perusahaan lebih efektif dan efisien. Kemudahan SIA kini bisa didapat dengan mudah dengan Jurnal.

Sebagai sebagai salah satu platform penyedia layanan akuntansi online yang dapat memenuhi hal tersebut, Jurnal menyediakan  sistem informasi akuntansi online. Sehingga, sistem akuntansi perusahaan Anda akan lebih teroptimalisasi dan terotomatisasi.

Selain itu, Jurnal juga merupakan salah satu software inventory Indonesia yang dapat diandalkan dalam mendukung proses inventarisasi perusahaan yang lebih optimal.

Dengan memilih menggunakan Jurnal sebagai dukungan  dalam mengelola pencatatan keuangan usaha, maka secara tidak langsung perusahaan akan memiliki SIA yang tertata dengan rapi dan kredibel yang dapat digunakan oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah itulah kurang lebih pengertian Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dan penjelasan tentang fungsinya. Pastikan Anda menggunakan sistem yang terpercaya seperti Jurnal.

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo