Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Cara Pembukuan Simple Untuk Bisnis Retail, Sempurna!

Tayang 18 Mar 2023
Diperbarui 29 November 2023

Faktur, tagihan, utang, pendapatan, pengeluaran, kerugian, stok lama keluar, stok baru masuk pada bisnis retail. Semua daftar itu terus berjalan dan akan bertumpuk tanpa penggunaan pembukuan simple untuk bisnis retail.

Belum lagi pajak, jenis pajak, serta tarif pajak yang berbeda untuk produk yang berbeda dan layanan yang berbeda.

Ini adalah daftar lainnya yang terus berjalan dalam aktivitas bisnis ritel Anda

Baca juga: manfaat software pembukuan dan sistem aplikasi invoice bagi Anda yang kesulitan dalam mengelola dan mengirim faktur. Tersedia juga aplikasi pembukuan android untuk mempermudah proses pembukuan Anda.

Dengan begitu beragamnya variabel yang berbeda untuk dilacak kadang membuatnya sulit untuk menjalankan bisnis ritel.

Terutama ketika bisnis itu tergolong usaha kecil dan sebagian besar tanggung jawabnya hanya ada pada satu atau dua orang.

Seorang pengecer yang kurang teratur dapat kehilangan jejak transaksi bisnis mereka dengan cepat.

Menemukan sebuah sistem untuk melacak segala transaksi merupakan hal yang vital bagi sebuah bisnis untuk sukses.

7 Langkah Cara Pembukuan Simple Untuk Bisnis Retail

Pembukuan yang baik dan teratur sangat penting untuk bisnis retail Anda. Berikut adalah beberapa langkah dalam melakukan pembukuan sederhana untuk bisnis retail:

  1. Pisahkan keuangan pribadi dan bisnis: Pertama-tama, pastikan Anda memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Buatlah rekening bank terpisah untuk bisnis Anda dan gunakan rekening tersebut hanya untuk transaksi bisnis.
  2. Buat daftar pengeluaran dan pendapatan: Catat semua pengeluaran dan pendapatan bisnis Anda. Mulai dari pembelian inventaris, pembayaran sewa, gaji karyawan, hingga pendapatan dari penjualan. Gunakan buku kas atau software akuntansi yang sederhana untuk mencatatnya.
  3. Membuat faktur atau struk penjualan: Setiap kali Anda melakukan penjualan, buat faktur atau struk penjualan yang mencatat detail transaksi, seperti tanggal, barang yang dijual, harga, dan jumlah. Simpan salinan faktur atau struk ini dengan baik.
  4. Rencanakan stok dan inventaris: Lakukan pencatatan stok dan inventaris secara berkala. Catat barang masuk dan keluar, serta perubahan stok setiap bulan. Hal ini akan membantu Anda melacak persediaan barang dan menghindari kerugian akibat kekurangan atau kelebihan stok.
  5. Rekonsiliasi bank: Lakukan rekonsiliasi bank secara rutin. Bandingkan catatan keuangan Anda dengan laporan bank untuk memastikan bahwa semua transaksi tercatat dengan benar dan tidak ada kesalahan.
  6. Rangkum laporan keuangan: Buat laporan keuangan sederhana seperti laporan laba rugi dan neraca keuangan. Laporan ini akan memberikan gambaran tentang kinerja keuangan bisnis Anda dan membantu dalam pengambilan keputusan keuangan.
  7. Konsultasikan dengan akuntan: Jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan pembukuan, disarankan untuk berkonsultasi dengan akuntan atau ahli keuangan. Mereka dapat membantu Anda dalam mengelola pembukuan dengan lebih baik dan memberikan saran yang sesuai untuk bisnis Anda.

Dengan melakukan pembukuan yang sederhana dan teratur, Anda dapat memiliki kontrol yang lebih baik atas keuangan bisnis retail Anda.

Ini akan membantu Anda mengelola keuangan dengan efisien, membuat keputusan yang lebih baik, dan memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi bisnis Anda.

Bagaimana Cloud Mengubah Kebiasaan Pembukuan Pada Bisnis Ritel

Kebanyakan pengecer bergantung pada beberapa software pembukuan untuk melacak posisi keuangan bisnis mereka pada bisnis retail.

Software ini memungkinkan pengecer mengatur penjualan dan pembelian mereka, pemfakturan, di salah satu tempat di mana mereka dapat mengakses data bisnis yang mereka butuhkan dan melihat sekilas bagaimana bisnis mereka berjalan.

Lantas, apa yang telah mengubahnya?

  • Sistem cloud membuka informasi dan wawasan yang lebih baik dan lebih fleksibel untuk pengecer. Anda dapat melihat tingkat stok secara aktual dan penjualan dari beberapa lokasi (termasuk toko online Anda) dari perangkat mobile Anda di mana saja. Anda dapat menyesuaikan harga atau diskon pada pelanggan Anda semudah klik mouse.
  • Cloud mengurangi waktu yang Anda habiskan dalam proses pembukuan. Mengintegrasikan semua sistem yang terlibat dalam aktivitas retail, entah itu penjualan, manajemen stok, dan lain sebagainya. Semua angka penjualan Anda secara otomatis akan memasukkannya ke dalam sistem akuntansi Anda ketika selesai melakukan transaksi. Pembukuan untuk bisnis ritel semakin mudah.
  • Cloud menghilangkan kebutuhan penggunaan perangkat dan sistem operasi yang mahal. Anda hanya membutuhkan perangkat seperti tablet atau laptop dan koneksi internet. Sebuah printer faktur, scanner adalah kebutuhan yang bersifat opsional. Ini akan memberikan Anda fleksibilitas untuk menggunakan perangkat dan sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Software akuntansi dan pembukuan tergolong Software as a Service (SaaS) yang pada umumnya berbayar bulanan, bukan bayar penuh di muka, biasanya mencakup semua update, fitur baru dan backup data bisnis yang berharga.

Bagaimana Integrasi dengan Sistem Akuntansi Membuat Bisnis Lebih Baik pada Bisnis Retail

Secara garis besar, sistem aplikasi inventory barang harus dapat memantau persediaan dengan lebih baik dan memberikan akses data kepada orang-orang yang berkepentingan, serta menawarkan informasi rinci pada kegiatan bisnis.

Hal ini juga beguna untuk memberikan rekap sejarah yang akurat dari pergerakan persediaan dan penjualan dalam bisnis Anda.

Untuk efektivitas maksimum, solusi terpadu yang real-time, fleksibel, dan transparan sangat dibutuhkan.

Pengguna tidak punya waktu untuk berpikir tentang integrasi, mereka hanya ingin bekerja!

Hal ini dapat menjadi masalah ketika sistem persediaan dan sistem akuntansi mengintegrasikan.

Hal ini akan sangat membebani database (pelanggan, vendor, rekening, persediaan, riwayat transaksi, dll ).

Umumnya pebisnis hanya ingin kerja, kerja, dan kerja, sehingga kadang melupakan hal penting lain yang dapat membantu pekerjaan jadi lebih cepat dan tepat, yaitu integrasi sistem.

Hal ini akan menjadi masalah ketika sistem persediaan dan sistem akuntansi yang mengintegrasikan tidak memiliki pondasi sistem yang baik, untuk itu memerlukan solusi terpadu secara real-time, fleksibel dan transparan.

Jurnal memiliki sistem yang dapat memonitor arus keluar masuk produk secara akurat, pengelolaan persediaan barang yang modern dan mudah digunakan.

Anda dapat mengawasi atau mengeluarkan laporan produk kapan pun dan di mana pun.

Laporan inilah yang akan memberikan pertimbangan (decision) kapan Anda harus membuat pemesanan baru.

Dengan Jurnal, membuat kendali bisnis berada di tangan Anda sepenuhnya.

Dari hulu ke hilir, dari A sampai Z, Anda dapat segera mengetahui problem dan memberikan solusi bisnis dengan tepat.

Kategori : Akuntansi
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal