5 Kesalahan Fatal dalam Memilih Aplikasi Akuntansi Online

Era digital merupakan era yang mempermudah banyak sekali aspek kehidupan. Salah satunya adalah menjalankan bisnis. Saat ini tersedia banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan oleh pelaku bisnis untuk mengelola bisnis yang mereka jalankan.

Mulai membangun produk hingga memasarkan produk, setiap aplikasi telah dibuat untuk fungsi dan tujuan tersebut. Sayangnya, tidak jarang banyak pelaku usaha yang tidak mengerti tentang setiap aplikasi tersebut. Sehingga banyak diantara mereka yang mengalami kerugian karena tidak paham memilih aplikasi yang tepat.

Termasuk juga dalam memilih aplikasi akuntansi online. Tidak jarang ada juga perusahaan yang mengalami kesalahan dalam memilih aplikasi akuntansi dan melakukan beberapa kesalahan kecil yang berdampak cukup besar untuk perusahaan.

Note: Apa urgensi para pengusaha menggunakan aplikasi akuntansi? Baca artikel Pentingnya Memahami Aplikasi Akuntansi untuk Pengusaha

5 Kesalahan Fatal Dalam Memilih Aplikasi Akuntansi Online Perusahaan

Gelombang Kedua Virus Corona? Ini 5 Cara Bisnis Bertahan!

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemilik usaha dalam hal memilih aplikasi akuntansi merupakan kesalahan yang sangat sederhana. Bahkan kesalahan yang dilakukan bisa dibilang sepele. Tetapi justru berakibat paling fatal terhadap berjalannya usaha.

Berikut adalah 5 kesalahan fatal dalam memilih aplikasi akuntansi perusahaan yang harus Anda hindari:

1. Tidak Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Dalam setiap proses akuntansi perusahaan, pasti terdapat kebutuhan yang berbeda juga. Misalnya saja kebutuhan untuk menaikan pendapatan, menyeimbangkan laba, hingga menghitung aset perusahaan.

Memilih aplikasi akuntansi tidak bisa seenaknya tanpa memperdulikan kebutuhan dan tujuan tersebut. Dengan memahami kebutuhan tersebut, Anda bisa mulai mencari aplikasi akuntansi yang memiliki fitur untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan Anda. Jadi penggunaan aplikasi akuntansi akan lebih efektif.

2. Tidak Memeriksa Kinerja Aplikasi Komputer Akuntansi

Kinerja aplikasi akuntansi juga harus rutin diperiksa. Banyak kesalahan terjadi karena pemilik usaha terlalu mempercayakan proses akuntansi pada aplikasi tersebut. Sehingga tidak mau tahu apakah proses sudah benar atau tidak.

Meskipun human error akan sangat kecil terjadi dengan aplikasi akuntansi, melakukan review atau pemeriksaan kinerja aplikasi akuntansi juga diperlukan. Hal ini bisa meningkatkan kinerja team dengan melakukan peningkatan kerja aplikasi akuntansi.

3. Memilih Solusi yang Paling Murah

Tidak sedikit pemilik usaha yang memilih aplikasi akuntansi dengan harga yang paling murah. Biasanya mereka memilih aplikasi yang murah namun memiliki solusi yang paling lengkap untuk fitur-fiturnya. Ini bisa menjadi kesalahan yang cukup fatal dalam jangka panjang.

Aplikasi akuntansi yang memiliki harga murah biasanya hanya murah di awal, tetapi service atau pelayanannya bisa jadi kurang baik yang berakibat kinerja berantakan dan Anda harus membayar lebih lagi untuk memperbaiki kesalahan yang sudah terjadi.

4. Memilih Aplikasi On-Premise

Yang dimaksud dengan aplikasi on-premise adalah aplikasi yang sistemnya tidak tersimpan di cloud system atau sebuah aplikasi yang sistemnya hanya bisa diakses oleh orang yang bersangkutan.

Ini menyulitkan kinerja team yang berhubungan dengan aplikasi akuntansi perusahaan. Aplikasi akuntansi harusnya bisa diakses dengan cepat dan mudah. Kemudahan akses akan menghasilkan kecepatan kinerja yang efektif.

5. Mengabaikan Keamanan Aplikasi

Keamanan aplikasi adalah hal yang sangat penting. Dalam aplikasi tersebut akan menyimpan data-data penting perusahaan yang tidak seharusnya dibocorkan oleh siapapun. Keamanan aplikasi harus menjadi pertimbangan penting dalam memilih aplikasi akuntansi.

Note: Menggunakan aplikasi akuntansi memang dirasa tepat demi kelangsungan bisnis. Anda Mau Beli Software Akuntansi? Pertimbangkan 4 Hal Ini!

Anda akan memilih aplikasi akuntansi yang merekam setiap data keuangan perusahaan Anda. maka dari itu, pemeriksaan keamanan aplikasi harus dilakukan dengan cara yang tepat agar data Anda tidak mudah bocor ke orang lain dan berakibat fatal untuk perusahaan Anda.

Untuk mempermudah jalannya bisnis Anda,  juga dapat ditingkatkan dengan penggunaan aplikasi laporan keuangan seperti Jurnal by Mekari. Dengan fitur yang jurnal lengkap, maka proses akuntansi dan pelaporan keuangan dapat dilakukan secara otomatis.

Dapatkan percobaan gratis Jurnal selama 14 hari untuk memahami bagaimana penggunaan Jurnal.


PUBLISHED20 Jul 2020
Desy
Desy


Kategori : Bisnis