Memilih software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan memang mempunyai tantangan tersendiri. Anda sebagai pemilik usaha harus ekstra hati-hati dalam memilih. Karena perhitungan ini menjadi hal yang krusial untuk melihat kesehatan keuangan perusahaan. Perhitungan yang cukup kompleks namun butuh keakuratan dan ketelitian dengan proses yang singkat serta efisien. Dan untuk memenuhi tujuan ini, perusahaan membutuhkan sebuah software akuntansi yang mumpuni. Salah perhitungan yang dilakukan bisa mengakibatkan masalah yang menjalar terhadap strategi perusahaan selanjutnya.

Perkembangan zaman menuntut manusia untuk mengubah cara hidup yang tradisional menjadi lebih modern dan otomatis. Begitu juga di dunia bisnis yang mengharuskan semua orang yang berperan didalamnya untuk bergerak lebih cepat. Banyak bidang usaha ataupun perusahaan yang berlomba-lomba untuk menyempurnakan layanan dan produk serta berinovasi untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen.

Selain itu perusahaan juga berusaha memperbaiki sistem didalamnya agar bisa berjalan beriringan. Ini juga berlaku pada cara perusahaan memilih software akuntansi yang dibutuhkan. Dewasa ini masih banyak yang menggunakan software akuntansi offline sebagai media perhitungan akuntansi untuk perusahaan.

Padahal software akuntansi online memberikan banyak kemudahan baik dari proses maupun hasil. Banyak sekali vendor yang bermunculan dan menawarkan keunggulannya masing-masing. oleh karena itu dibutuhkan ketelitian Anda sebagai pemilik perusahaan sebelum memilih. Jika Anda bingung menentukan pilihan software mana yang seharusnya digunakan, ada baiknya melihat beberapa tips berikut ini.

Fitur Lengkap

Tips Memilih Software Akuntansi yang Baik untuk Perusahaan Sebelum memilih software akuntansi tertentu, sebaiknya Anda menentukan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari bisnis kecil, menengah hingga skala besar. Sebaiknya pilih yang memiliki fitur lengkap sesuai dengan kebutuhan. Untuk bisnis berskala besar, pilihlah software akuntansi yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan kompleks. Berikut adalah fitur yang harus ada dalam software akuntansi Anda.

  1. Membuat faktur berulang
  2. Perhitungan pajak otomatis
  3. Memonitor saldo pelanggan
  4. Update laporan terakhir
  5. Menyimpan dan meninjau bukti pembayaran dan slip biaya serta kemudahan melihat kategori biaya
  6. Melacak penjualan produk
  7. Mengelola pelanggan dan pemasok
  8. Mengelola aset
  9. Mendapatkan pemberitahuan dan kalkulasi persediaan barang secara langsung
  10. Perhitungan laporan keuangan lengkap seperti neraca keuangan, laba rugi, arus kas, perubahan ekuitas dan rekonsiliasi bank
  11. Menyocokkan transaksi secara otomatis
  12. Melakukan audit atas data yang dimasukkan
  13. Berbasis Cloud

Customize Sesuai Keinginan

Tips Memilih Software Akuntansi yang Baik untuk PerusahaanSetelah fitur yang lengkap, software akuntansi yang baik juga melayani permintaan customize sesuai dengan jenis usaha. Ini dibutuhkan karena dunia bisnis terus bergerak yang mengakibatkan strategi yang aplikasikan pun harus terus menyesuaikan. Untuk mengimbanginya dibutuhkan software akuntansi yang juga bisa terus berubah untuk mengakomodasi kebutuhan bisnis Anda.

Keamanan Data

Tips Memilih Software Akuntansi yang Baik untuk PerusahaanBanyak pebisnis yang masih memilih menggunakan software akuntansi offline karena ragu akan kualitas keamanan data. Padahal saat ini software akuntansi online merupakan solusi untuk pebisnis agar dapat mengakses semua data-data di mana pun dan kapan pun. Anda tidak perlu khawatir karena vendor biasanya telah memiliki tim ahli dan teknologi terbaru yang mampu menyimpan, melindungi dan mengelola keamanan data Anda. Pastikan untuk bertanya dan berkonsultasi terlebih dahulu mengenai perlindungan ini sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu vendor. 

Sistem Terintegrasi

Tips Memilih Software Akuntansi yang Baik untuk PerusahaanIntegrasi membantu Anda untuk menghubungkan software akuntansi Anda dengan aplikasi lain yang berkaitan. Contohnya saja software akuntansi dari Jurnal yang bisa diintegrasikan banyak software seperti POS (Point of Sales), payroll, e-commerce, perpajakan dan lainnya.

Biasanya software, baik itu online maupun offline menggunakan spreadsheet sebagai tempat menuangkan laporan keuangan. Oleh karena itu pilihlah software yang mempunyai fasilitas back up data ke spreadsheet. Karena selain lebih mudah digunanakan dan lebih mudah dibaca, spreadsheet juga bisa dibuka di software apa saja. Integrasi ini juga berhubungan dengan back up  data. Integrasi dengan aplikasi atau software lain akan sangat membantu Anda ketika terjadi bug.

User Friendly

Tips Memilih Software Akuntansi yang Baik untuk PerusahaanBanyak pemilik usaha ataupun staf yang dipekerjakan bukan dengan latar belakang di bidang akuntansi. Oleh karena itu software akuntansi yang dipilih haruslah mudah dipahami dan mudah diaplikasikan oleh pengguna. Sebaiknya memilih software dengan user interface yang cukup sederhana dan efisien agar lebih mudah dimengerti. Apabila software yang digunakan semakin user friendly, maka akan semakin mudah pula untuk mengoperasikannya. Ini akan sangat membantu pemilik usaha karena selain menghemat biaya pelatihan, tujuan usaha Anda pun akan semakin mudah dicapai dalam waktu yang cukup singkat.

Akses Mudah

Tips Memilih Software Akuntansi yang Baik untuk PerusahaanSelain user friendly, software yang nyaman bagi penggunanya adalah yang mudah diakses dari mana saja. Kini banyak software akuntansi yang berbasis cloud  sehingga bisa diakses dimanapun dan kapanpun selama Anda terkoneksi dengan jaringan internet. Selain itu, software akuntansi Anda juga sebaiknya bisa diakses dari platform dan gadget apapun.

Didukung oleh Customer Support

Tips Memilih Software Akuntansi yang Baik untuk PerusahaanSebaik apapun software akuntansi yang ditawarkan, pasti ada masanya software ini mengalami kendala dan membutuhkan perbaikan. Di sini peran customer support sangat dibutuhkan. Ketika pengguna memiliki pertanyaan dan masalah yang ahrus diselesaikan. Anda bisa menguji baik atau tidaknya layanan customer support dengan menghubungi nomor yang biasanya tertera di laman website vendor. Perhatikan bagaimana cara mereka merespon dan menawarkan bantuan kepada Anda. Semakin ramah dan semakin cepat solusi yang diberikan kepada Anda maka semakin baik.

Perhatikan Harga & Biaya Tambahan

Tips Memilih Software Akuntansi yang Baik untuk PerusahaanTidak bisa dipungkiri, semakin tinggi harga yang ditawarkan maka semakin banyak dan semakin baik juga software akuntansi yang akan Anda miliki. Namun tidak perlu khawatir karena kini sudah banyak vendor yang menawarkan software akuntansi dengan harga yang cukup terjangkau. Ini pun semakin dibantu dengan sistem pembayaran bulanan. Selain pembayaran awal dan angsuran perbulan, perhatikan juga biaya lainnya. Jangan sampai ada biaya tambahan tersembunyi yang mungkin munculkarena Anda harus melakukan update software dan perawatan lainnya.

Sesuaikan jenis usaha serta budget Anda dengan software akuntansi yang dibutuhkan. Jangan sampai Anda mengeluarkan biaya besar namun banyak fitur yang tidak berguna atau tidak mendapatkan manfaat yang cukup banyak.

Software akuntansi Anda seharusnya membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan efisien, bukan sebaliknya. Oleh sebab itu dibutuhkan berbagai alasan yang tepat mengapa Anda harus memilih software tersebut. Di tengah banyaknya pilihan software akuntansi yang ditawarkan, Anda bisa menggunakan kedelapan tips yang telah disebutkan tadi untuk mempertimbangkan mana yang menjadi pilihan.

Salah satu software yang bisa menjadi pilihan terbaik adalah Jurnal. Jurnal menyediakan software akuntansi online yang memiliki berbagai fitur layanan yang cukup lengkap seperti perhitungan pajak otomatis, perhitungan keuangan, pengelolaan aset, audit terhadap data serta berbagai fitur lengkap lain yang dibutuhkan untuk sebuah software akuntasi yang baik.

Jurnal juga sangat cocok untuk berbagai skala perusahaan mulai dari kecil, menengah hingga besar karena memberi penawaran harga yang cukup bervariasi dan menarik. Penawaran ini akan membantu Anda untuk memilih software yang  sesuai dengan tingkatan kebutuhan perusahaan Anda.

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai keamanan data perusahaan Anda. Karena Jurnal telah menggunakan sistem berbasis Cloud yang mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis kapan dan di mana saja. Jurnal juga telah tersertifikasi ISO 27001 yang menjamin data Anda tersimpan dengan aman. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga di Jurnal dan dapatkan free trial selama 14 hari.

Author