Resiko Aplikasi Gratis untuk Pekerjaan Akuntansi di PC

Menggunakan aplikasi akuntansi merupakan hal yang penting untuk mendukung laporan keuangan perusahaan yang sifatnya sistematis dan otomatis. Maka dari itu tidak heran jika ada banyak macam aplikasi akuntansi gratis untuk PC yang saat ini ditawarkan oleh banyak pihak pada banyak perusahaan yang membutuhkan.

resiko aplikasi gratis akuntansi pc

Terutama untuk perusahaan besar yang memang membutuhkan pencatatan akurat dan jelas, supaya nantinya laporan keuangan perusahaan dapat ditelusuri dan tercatat secara benar.

Akan tetapi rupanya penggunaan aplikasi akuntansi gratis untuk PC ini memiliki berbagai macam resiko tertentu bagi pengguna. Terutama dari sisi keamanan data dan sejenisnya, sehingga diperlukan solusi yang sesuai untuk menghadapi hal tersebut.

Bagi yang ingin tahu lebih jelasnya, berikut ini beberapa resiko penggunaan aplikasi akuntansi ini beserta beberapa solusi yang mungkin untuk dilakukan.

Perlu Keahlian dalam Pemasangan Aplikasi PC

Salah satu hal yang menjadi resiko dari penggunaan aplikasi akuntansi gratis untuk PC yaitu perlunya proses install aplikasi tersebut pada PC. Dimana sering kali proses install bisa jadi tidak mudah dan memakan waktu hingga memakan banyak tenaga yang diperlukan.

Akibatnya bila terjadi kesalahan dalam proses install ini maka aplikasi justru tidak dapat digunakan. Belum lagi membutuhkan banyak data yang tersedia di PC tersebut, sehingga pada akhirnya beberapa PC tidak dapat mengakomodasi kebutuhan install aplikasi tersebut.

Hal ini sebenarnya dapat disiasati dengan jalan menggunakan aplikasi akuntansi dengan basis cloud yang lebih mudah digunakan untuk di masa sekarang. Teknologi yang semakin berkembang tentu membawa langkah yang lebih mudah dan akurat juga untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sehingga aplikasi akuntansi yang sesuai ini dapat mendukung kebutuhan sistem akuntansi perusahaan yang tepat.

Beresiko Mengalami Kebocoran Data

Hal berikut yang juga merupakan resiko secara umum dari penggunaan aplikasi akuntansi gratis untuk PC ini yaitu adanya kebocoran data. Penggunaan aplikasi tanpa berbayar tentu saja tidak akan selalu menjamin keamanan pada sistem tersebut.

Sehingga hal ini dapat membuat data-data penting perusahaan terkait laporan keuangan perusahaan diketahui oleh pihak-pihak lain yang tidak diinginkan. Otomatis hal ini sama dengan kebocoran data penting dalam perusahaan yang bisa menimbulkan efek lain yang juga tidak kalah mengkhawatirkan.

Bisa jadi hal tersebut diketahui oleh perusahaan pesaing dan menimbulkan resiko kerugian pada perusahaan kedepannya.

Oleh karena itu ada baiknya untuk menggunakan aplikasi yang jelas dan aman. Contohnya menggunakan aplikasi berbasis online supaya data-data tersimpan secara online dengan akses yang terbatas. Pastikan sistem keamanan yang memadai dari aplikasi yang digunakan, sehingga tidak menimbulkan resiko lebih lanjut pada keamanan data yang dimasukkan ke dalam aplikasi tersebut.

Dengan melakukan hal ini otomatis keamanan data perusahaan akan lebih terjamin. Serta potensi kerugian lebih lanjut akibat sistem keamanan yang kurang sesuai dapat dihindari.

Resiko Terjadi Kesalahan Berantai Pada Sistem

Menggunakan aplikasi akuntansi gratis untuk PC juga memiliki resiko timbulnya kesalahan berantai pada sistem yang digunakan. Hal ini cukup mungkin terjadi pada banyak aplikasi yang dipasang pada PC. Salah satu contoh hal ini terjadi saat ada kesalahan pada satu sistem di dalam aplikasi. Kemudian kesalahan tersebut mempengaruhi sistem yang lainnya di dalam aplikasi tersebut.

Akibatnya terjadi rentetan kesalahan yang membuat data tidak akurat dan laporan keuangan tidak sesuai.

Maka dari itu gunakan aplikasi yang telah tersertifikasi dan jelas fungsinya. Supaya rantaian aplikasi yang terlibat pada sistem akuntansi yang digunakan perusahaan tidak mengalami kondisi tersebut. Dengan menggunakan sistem yang valid dan teruji otomatis hal tersebut mendukung sistem yang lebih efektif dan efisien di kemudian hari dengan kesalahan yang lebih minim.

Resiko Adanya Pemalsuan Data Yang Diinput Dalam Aplikasi

Berikutnya yang tidak kalah penting terkait resiko aplikasi akuntansi gratis untuk PC pada keamanan data perusahaan yaitu resiko terjadi pemalsuan data. Cukup sulit untuk mengidentifikasi data palsu pada sistem akuntansi yang terinstall pada PC. Karena tidak semua pihak dapat melakukan pengecekan maupun verifikasi pada data yang dimasukkan tersebut.

Sehingga kesalahan terjadi akibat data palsu dan otomatis merugikan pihak perusahaan.

Hal ini sangat penting diperhatikan karena merupakan kejadian yang banyak dialami perusahaan. Maka dari itu sebaiknya gunakan aplikasi yang lebih aman dan memiliki verifikasi serta persetujuan berjenjang terkait data yang dimasukkan tersebut.

Sehingga potensi pemalsuan data dapat dihindari lebih lanjut dan otomatis kerugian juga dapat dihindari oleh perusahaan. Dengan sistem yang aman dan valid, tentu keuangan perusahaan dapat tercatat lebih akurat dan tidak mengalami kerugian mengenai laporan keuangan yang dibuat.

Fitur Yang Tidak Maksimal Untuk Kepentingan Perusahaan

Pemakaian aplikasi akuntansi gratis untuk PC tentu saja sering kali tidak memungkinkan semua fitur untuk digunakan. Maka dari itu beberapa fitur bisa jadi tersembunyi dan tidak dibolehkan untuk dipakai oleh pengguna. Hal ini tentu saja membuat sistem tidak bekerja secara maksimal. Sehingga pada akhirnya membuat pencatatan akuntansi perusahaan juga tidak bisa berjalan dengan baik. Akhirnya berimbas pada laporan keuangan yang kurang tepat dan lengkap.

Maka dari itu hindari penggunaan aplikasi gratis yang akan memberikan fitur terbatas. Sebaiknya cari saja aplikasi akuntansi yang sesuai dengan dana dan memiliki fitur lengkap serta menarik. Agar nantinya seluruh kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi secara maksimal dalam menyajikan laporan keuangan yang tepat dan akurat. Melalui pelaporan yang tepat ini tentu saja seluruh laba rugi perusahaan dapat juga diketahui dengan cermat.

Tidak Memahami Teknologi Yang Ditawarkan Aplikasi

Salah satu resiko lainnya dari menggunakan aplikasi akuntansi gratis untuk PC yaitu risiko teknologi yang tidak dikenali. Umumnya aplikasi baru yang menawarkan sistem gratis tanpa berbayar sedang mengenalkan produk yang baru. Sehingga tidak banyak orang yang familiar dengan sistem tersebut. Akhirnya hal ini berdampak pada pengguna aplikasi yang tidak bisa memanfaatkan aplikasi tersebut secara maksimal.

Maka dari itu sebaiknya gunakan saja aplikasi yang telah terbukti dan teruji kemampuannya. Sebisa mungkin gunakan aplikasi yang mudah dan sederhana untuk dilakukan. Supaya tidak ada yang kesulitan saat harus menjalankan aplikasi tersebut. Dengan demikian maka seluruh sistem dan pencatatan keuangan perusahaan akan berjalan lancar tanpa hambatan.

Itulah beberapa resiko penggunaan aplikasi akuntansi gratis untuk PC sekaligus apa saja solusi yang dapat membantu hal tersebut. Dengan memberikan solusi yang tepat maka penggunaan aplikasi tersebut tentu saja dapat dihindari lebih lanjut. Oleh karena itu sebaiknya pertimbangkan setiap resiko di atas dan diperlukan keputusan yang tepat untuk mencapai solusi terbaik. Dengan demikian maka pencatatan akuntansi perusahaan berjalan lebih baik dan tetap lancar.

Awas Virus dan Software Jahat yang Bersembunyi

Ini adalah hal yang paling penting, berapa banyak korban virus didunia? Sangat mengerikan apalagi untuk sebuah perusahaan. Jika perusahaan top dunia saja bisa kena, apalagi kita yang notaben nya masih dibawah teknologi barat, jadi hati-hati dengan aplikasi gratisan untuk mengurus bisnis Anda.

Web Base App: Solusi Paling Tepat

Saat ini, sistem sudah beralih ke sistem Web Base atau sistem online. Sistem ini membuat pekerjaan dan monitoring termasuk untuk pekerjaan akuntansi menajdi terpusat, sangat mudah untuk melakukan audit, lakukan monitoring real-time dan yang pasti aman dan mudah diakses dan digunakan.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo