Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Pentingnya Sistem Terintegrasi untuk Akuntansi Perusahaan

Tayang 06 Jan 2022
Diperbarui 02 April 2024

Saat ini banyak perusahaan yang mempercayakan kebutuhan sistem akuntansi mereka pada jenis sistem akuntansi terintegrasi. Berkat bantuan sistem perangkat lunak tersebut, tentunya akuntansi perusahaan dapat lebih mudah dan berjalan lebih optimal.

Oleh karena itu tidak heran jika perusahaan dengan arus kas yang cukup tinggi lebih banyak memilih penggunaan hal tersebut daripada menggunakan tenaga manual untuk melakukan perhitungan akuntansi.

Tentunya masih banyak orang awam yang belum memahami seperti apa bentuk dari software akuntansi terintegrasi tersebut pada umumnya. Kebanyakan masih mengandalkan pembukuan manual dengan bantuan perangkat Microsoft Excel.

Keuntungan Memilih Software yang Terintegrasi

Namun tidak semua cukup familiar dengan penggunaan sistem yang saling terintegrasi satu dengan yang lain tersebut. Untuk mengetahui lebih jelas seperti apa sistem ini dijalankan, lalu bagaimana integrasi yang dimaksudkan, berikut ini beberapa penjelasan singkat mengenai hal tersebut.

Tentang Akuntansi Terintegrasi

Banyak yang pasti merasa penasaran seperti apa yang dimaksud dengan software akuntansi terintegrasi ini. Sebenarnya ini merupakan software yang secara umum bermanfaat untuk mempermudah sistem akuntansi perusahaan, seperti Jurnal. Penggunaannya tentu saja sesuai namanya melibatkan sejumlah perangkat lunak yang dapat digunakan baik melalui PC, laptop, dan bahkan smartphone. Sehingga penggunaan sistem tersebut dinilai lebih efektif dan efisien bagi sejumlah perusahaan.

Mekanisme penggunaan sistem akuntansi ini memiliki arti bahwa input data yang dilakukan nantinya akan membuat sistem lainnya yang terkait sekaligus menyesuaikan. Sehingga adanya integrasi ini tentu membuat perusahaan tidak perlu mengulang-ulang kegiatan berkali-kali. Namun dengan satu kali input saja maka sudah dapat menghasilkan analisa dan hasil yang diinginkan perusahaan di berbagai hal.

Manfaat Akuntansi Terintegrasi

Tentu saja menggunakan sistem akuntansi terintegrasi ini dapat memberikan banyak manfaat. Meskipun salah satu kelemahan yang mungkin terjadi yaitu apabila kerusakan sistem terdeteksi, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi seluruh sistem terkait di dalamnya. Namun sebanding dengan resiko tersebut, ada beberapa manfaat penting yang bisa diperoleh dari penggunaan sistem yang satu ini.

Memberikan Hasil Lebih Cepat

Penggunaan software sudah pasti akan mendukung hasil yang lebih cepat dibandingkan menggunakan pekerjaan manual. Terutama jika memakai sistem yang saling terkait dan terintegrasi. Tidak perlu menunggu lama untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Hanya dalam hitungan detik dan menit maka seluruh kepentingan perusahaan dalam sistem akuntansi akan diperoleh dengan mudah dan cepat. Sehingga tentu saja secara tidak langsung langkah ini akan menghemat biaya dan waktu kerja hingga tenaga para staff perusahaan terkait yang menggunakannya.

Langkah Kerja Sistematis Dan Praktis

Penggunaan sistem yang saling berintegrasi satu dengan yang lain otomatis menjadi langkah kerja yang lebih praktis maupun sistematis. Saat melakukan input pada satu hal maka hal lain terkait akan melakukan optimasi atau pembaruan secara otomatis juga. Sehingga tidak perlu melakukan input satu demi satu pada sistem yang berbeda. Cukup lakukan dari satu sumber saja, maka akan secara otomatis memberikan hasil pada sistem yang lain yang diinginkan.

Menghasilkan Laporan yang Tepat dan Akurat

Kelebihan dan manfaat lain dari sistem ini yaitu hasilnya yang bisa dikatakan tepat dan akurat. Sebuah sistem dirancang untuk memberikan hasil yang akurat tanpa kesalahan. Tidak seperti pengerjaan manual yang dapat beresiko mengalami kesalahan atau error yang lebih tinggi. Dengan adanya sistem yang lebih baik, otomatis resiko kesalahan dan error ini juga bisa diminimalkan atau bahkan dihilangkan. Berganti dengan hasil yang selalu tepat guna dan akurat saat dibutuhkan, baca detailnya disini monitor keuangan bisnis.

Satu Sistem Untuk Seluruh Kebutuhan

Manfaat baik lainnya yang akan diperoleh yaitu kemudahan penggunaan satu sistem saja untuk mengakomodasi berbagai macam kebutuhan perusahaan. Sehingga tidak perlu menyediakan banyak software untuk tiap-tiap kebutuhan. Cukup menggunakan satu sumber software maka seluruh kepentingan perusahaan dapat dilaksanakan dengan mudah. Pastinya hal ini menghemat banyak biaya terkait operasional dan juga menghemat banyak waktu pelaksanaannya.

Jenis Integrasi Pada Sistem Perusahaan

Terkait dengan software akuntansi terintegrasi ini tentu saja menyangkut integrasi atau terhubung dengan beberapa sistem lain yang ada di dalam perusahaan sendiri. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa integrasi ini memastikan sistem dalam perusahaan yang lebih efektif dan lebih mudah untuk dilaksanakan. Sehingga tidak heran jika sistem akuntansi yang digunakan akan saling terkait dengan sistem lainnya di perusahaan tersebut. Adapun beberapa hal yang biasanya akan dikaitkan oleh sistem ini antara lain yaitu sebagai berikut.

Integrasi Dengan Sistem Payroll

Integrasi pertama yang biasanya akan terhubung dengan sistem akuntansi yaitu sistem payroll atau pembayaran gaji karyawan. Hal ini sangat penting karena dengan sistem terpadu akan lebih mudah untuk menghitung gaji karyawan setiap bulannya dan besaran potongan yang perlu dilakukan. Bagi perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan, otomatis integrasi ini memberikan solusi dan kemudahan yang lebih baik untuk perusahaan. Kemungkinan kesalahan perhitungan payroll dapat dihindari dan pemberian payroll berjalan otomatis dengan cepat. Bahkan mencetak payroll dapat dilakukan secara mudah.

Integrasi Dengan Absensi Karyawan

Sistem akuntansi perusahaan ini juga pastinya akan saling terkait dengan absensi karyawan. Karena disinilah perusahaan membutuhkan informasi sumber daya perusahaan yang mampu dimaksimalkan setiap harinya. Tidak hanya itu saja namun juga absensi melibatkan perhitungan payroll yang akurat. Maka dari itu tidak akan mungkin software akuntansi terintegrasi tidak terhubung dengan sistem absensi karyawan. Berkat koneksi ini juga maka perusahaan dapat dengan mudah melakukan pemantauan karyawan kapan saja dan dimana saja secara tepat.

Integrasi Dengan Pengajuan Cuti Karyawan

Hal lain yang umumnya juga saling terkoneksi yaitu proses pengajuan cuti dan persetujuan cuti karyawan. Tidak perlu berbelit-belit memberikan surat ijin cuti secara manual dan kemudian memberikan pada satu persatu atasan yang terkait. Cukup masukkan ke dalam sistem maka pengajuan akan mendapatkan persetujuan dengan cara yang lebih mudah. Selain itu juga otomatis sisa cuti karyawan akan dihitung secara tepat dan sistem penggajian terkait juga dapat dilakukan otomatis.

Integrasi Dengan Laporan Keuangan Perusahaan

Integrasi berikutnya yang juga pasti akan terkait yaitu laporan keuangan perusahaan. Dengan adanya sistem akuntansi maka biasanya secara otomatis akan memberikan hasil berupa laporan keuangan yang sesuai dengan input dan pencatatan yang diberikan. Disini tentunya perusahaan dapat menerima laporan yang akurat dengan minim kesalahan serta terhindar dari resiko kerugian akibat pemalsuan atau penyelewengan dana perusahaan.

Demikian sedikit informasi mengenai software akuntansi terintegrasi yang mulai banyak dilirik oleh sebagian besar perusahaan di Indonesia. Rupanya dengan berbagai manfaat integrasi pada beberapa hal sekaligus, dapat membantu sistem berjalan lebih efektif dan efisien. Terutama juga membantu mempermudah pekerjaan staff keuangan maupun staff HRD perusahaan. Sehingga seluruh hal terkait dengan akuntansi perusahaan dapat berjalan dengan rapi dan teratur, serta terhindar dari resiko pemalsuan maupun kerugian.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal