Sertifikat Akuntansi, Pengertian dan Manfaat Pentingnya Dalam Bisnis

Memiliki sertifikat akuntansi merupakan hal yang sering tidak diperhatikan oleh kebanyakan perusahaan. Padahal kepemilikan hal tersebut cukup penting, terutama untuk yang menjalankan sebuah bisnis dengan skala yang cukup besar. Memiliki sertifikat merupakan salah satu langkah untuk memastikan kredibilitas kondisi sistem akuntansi perusahaan tersebut. Lebih lanjut mengenai sertifikat akuntansi ini, baik dari segi pengertian, manfaat hingga kegunaan pentingnya dapat dilihat pada informasi berikut di bawah ini.

pengertian akuntansi pertanggungjawaban adalah

Pengertian Sertifikat Akuntansi

Sertifikat akuntansi sendiri merupakan sertifikasi yang menyatakan keahlian dan kemampuan seseorang maupun sebuah sistem dalam menjalankan tugas akuntansinya. Jika sertifikat ini diberikan pada seseorang, yaitu pada akuntan, artinya membuktikan bahwa akuntan tersebut memiliki kompetensi untuk melakukan seluruh pekerjaan dan tugas akuntansi secara baik. Sehingga bagi beberapa perusahaan besar, maka keberadaan sertifikat ini merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh para akuntannya.

Di sisi lain, sertifikat akuntansi juga dapat menjadi salah satu bukti sertifikasi dari sistem akuntansi yang digunakan di dalam perusahaan. Sering kali beberapa perusahan besar di tanah air memilih menggunakan sistem akuntansi otomatis dalam menjalankan tugas dan peran akuntansi perusahaan secara maksimal. Oleh sebab itu tidak heran jika sistem tersebut juga harus memiliki sertifikasi yang sesuai untuk memastikan bahwa nantinya sistem akan berjalan sesuai dengan fungsinya dengan tepat.

Pentingnya Sertifikat Akuntansi Dalam Akuntansi Bisnis

Tentu saja memiliki sertifikat akuntansi terutama untuk mendukung akuntansi bisnis dipandang sebagai sesuatu yang sangat penting. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika memutuskan untuk memiliki sertifikat tersebut, beberapa di antaranya yaitu manfaat berikut di bawah ini.

  • Memastikan kompetensi akuntansi baik untuk akuntan maupun sistem akuntansi perusahaan

Adanya sertifikat merupakan bukti penting yang bisa memastikan bahwa seorang akuntan maupun sistem yang digunakan akan mampu menjalankan tugas akuntansi bisnis dan perusahaan secara optimal. Sehingga dengan demikian hal ini sedikit banyak membantu meyakinkan perusahaan bahwa mereka telah memilih orang maupun sistem yang tepat untuk melaksanakan tugas akuntansi perusahaan.

  • Memastikan keahlian dalam melaksanakan tugas akuntansi secara tepat dan akurat

Adanya sertifikat akuntansi juga merupakan salah satu metode untuk memastikan keahlian seorang akuntan dalam melakukan tugas akuntansi terkait dengan akuntansi perusahaan. Demikian juga sertifikat akuntansi pada sistem akuntansi seperti misalnya software akuntansi yang dipilih untuk mendukung sistem akuntansi perusahaan. Dengan adanya sertifikat tersebut, tentunya keakuratan hasil yang diperoleh juga akan lebih terjamin. Sehingga lebih minim kesalahan dan mengurangi potensi kerugian yang bisa saja terjadi di dalam perusahaan.

  •  Memberikan kredibilitas pada akuntan maupun sistem yang digunakan

Salah satu manfaat lain yang bisa diperoleh yaitu memastikan kredibilitas akuntan maupun sistem yang digunakan pada sebuah perusahaan. Dengan memastikan adanya sertifikat akuntansi yang bersangkutan, tentunya akuntan dan sistem yang dipilih tersebut sudah pasti mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan mendukung sistem akuntansi perusahaan yang lebih optimal.

Kegunaan Sertifikat Akuntansi Untuk Bisnis dan Perusahaan

Tidak hanya mampu memberikan sejumlah manfaat seperti yang tertera di atas, namun ada juga kegunaan lain yang bisa diperoleh berkat adanya sertifikat yang memadai. Beberapa kegunaan ini tentunya memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan terutama dalam memastikan pekerjaan akuntansi yang berjalan sesuai harapan. Kegunaan tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Sebagai jaminan akuntan dan sistem akuntansi yang digunakan

Sertifikat akuntansi membantu memberikan jaminan terhadap akuntan dan sistem akuntansi yang dimiliki perusahaan. Tidak perlu pertanyaan lebih lanjut bagi akuntan dan software akuntansi yang memiliki sertifikat. Karena hal ini menjamin dapat bekerja dengan tepat sesuai dengan bidang tersebut.

  • Mengukur kemampuan teknis dalam pelaksanaan pekerjaan akuntansi perusahaan sehari-hari

Sertifikat ini juga menjadi salah satu hal yang mampu memberikan gambaran terkait dengan kemampuan akuntan dan sistem akuntansi yang digunakan pada perusahaan. Dengan adanya sertifikat secara tidak langsung memberikan informasi bidang keahlian seorang akuntan secara spesifik. Sehingga hal ini memastikan bahwa seluruh tugas akuntansi yang dikerjakan nantinya sesuai harapan dan kebutuhan perusahaan.

  • Meningkatkan efektifitas sistem akuntansi perusahaan

Memiliki sertifikat tentu saja membantu memastikan efektivitas pekerjaan akuntansi yang dilaksanakan di dalam perusahaan tersebut. Akuntan maupun software akuntansi yang bersertifikasi dengan tepat akan membantu jalannya tugas akuntansi perusahaan secara maksimal sesuai kebutuhan. Sehingga mampu mendukung laporan keuangan perusahaan yang efektif dan cepat.

  • Membantu sistem yang lebih efisien

Sertifikat ini juga merupakan salah satu cara untuk memastikan bahwa sistem yang diterapkan pada akuntansi perusahaan berjalan dengan efisien. Tidak perlu membuang banyak waktu dalam menghasilkan laporan keuangan perusahaan yang tepat dan terinci. Semua transaksi juga akan tercatat secara otomatis dan akan dilaporkan dengan akurat.

Contoh Sertifikat Akuntansi Pada Umumnya

Tentu tidak lengkap jika belum mengetahui apa saja bentuk sertifikat akuntansi yang ada di Indonesia pada umumnya. Sehingga dengan informasi ini setidaknya para akuntan profesional dapat mencoba untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Demikian pula sertifikat untuk sistem akuntansi sendiri juga penting untuk diperoleh. Antara lain bentuk sertifikasi tersebut yaitu seperti berikut ini.

  •  Sertifikat Akuntan Publik

Salah satu jenis sertifikat paling bergengsi di antara para akuntan yaitu Sertifikat Akuntan Publik. Dengan sertifikat ini maka dapat memastikan bahwa akuntan yang dimaksud memiliki kemampuan dalam menjalankan tugas akuntansi perusahaan secara maksimal dan tepat. Sehingga tidak heran jika banyak yang mensyaratkan sertifikat tersebut pada kebanyakan akuntan di perusahaan yang cukup besar di dunia.

  •  Sertifikat Auditor

Jenis sertifikat lainnya yang tidak kalah penting dan diminati yaitu sertifikat auditor. Dengan adanya sertifikat tersebut maka dapat membantu memastikan bahwa akuntan tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan audit. Misalnya pada laporan keuangan perusahaan. Dengan adanya sertifikat ini maka akuntan juga memiliki hak untuk melakukan audit pada laporan keuangan perusahaan secara mendetail dan menyeluruh. Untuk memastikan bahwa seluruh laporan keuangan perusahaan telah dibuat dengan tepat.

  • Sertifikat ISO

Untuk sistem akuntansi yang digunakan oleh kebanyakan perusahaan biasanya akan memiliki sertifikat ISO terkait kelayakan dari sistem yang dibangun tersebut. Maka dari itu biasanya kebanyakan software akuntansi akan memuat informasi tersebut supaya dapat meyakinkan pengguna akan kemampuan software tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai sertifikat akuntansi, mulai dari pengertian hingga penjelasan seperti apa pentingnya sertifikat tersebut dalam mendukung sistem akuntansi perusahaan. Terutama bagi tugas akuntansi bisnis yang merupakan hal penting dalam mengeluarkan laporan laba rugi sebuah usaha secara akurat. Dengan adanya sertifikat ini tentunya sistem akuntansi bisnis yang digunakan dalam perusahaan dapat dipastikan akurat dan memberikan laporan yang valid dan aktual. Termasuk dalam memastikan keahlian akuntan yang bertugas pada perusahaan tersebut, supaya dapat menjalankan tugas yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan akuntansi perusahaan.

Kategori : Accounting

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo