Bagi orang-orang yang mulai beralih ke Jurnal dari software berbasis desktop yang beredar di pasar, kemampuan mengakses akuntansi kapan saja dan di mana saja merupakan keuntungan yang cukup keren! Informasi penting mengenai kelebihan software pembukuan akuntansi dari segi sistem keamanan yang tentunya selain membuat pekerjaan menjadi lebih simple namun juga memberikan ketenangan dalam menjalankan aktivitas bisnis.

Software online seperti Jurnal menggaransi keamanan dari kehilangan atau kerusakan, dan bahkan pencurian data. Keuntungan ini dimungkinkan bahwa faktanya, informasi bisnis Anda dapat disimpan dengan aman di server Jurnal, dibandingkan dengan menyimpannya pada drive Anda sendiri. Dan itu harus membuat Anda tertarik untuk lebih mengetahui tentang kualitas keamanan data bisnis. Ada beberapa saran yang harus diingat untuk jasa online pada umumnya dan Jurnal secara khusus.

3 Pilar dalam Keamanan Online

Penyimpanan data

Karena kita semua telah akrab dengan menyimpan data pada file komputer. Hal pertama yang kebanyakan orang pikir adalah:
Dimana Anda menyimpan data saya? Aplikasi online yang baik mempunyai server yang terlindungi secara aman baik dari segi fisik maupun digital. Secara fisik, apakah server dikunci rapat dan diamankan dalam bangunan yang hanya boleh dimasuki oleh yang berwenang? Secara digital, apakah itu aman dari hacker? Apakah ada backup server ketika server utama bermasalah?

Oleh Jurnal, tentu saja server kami secara fisik diamankan di sebuah lokasi yang rahasia dan aman; secara elektronik dijamin; dan data Anda akan di backup sehingga tidak perlu khawatir akan kehilangan data bisnis Anda yang berharga.

Transit Data

Hal ini tidak terlintas dalam benak banyak orang, mungkin Anda juga belum menyadarinya. Hal ini tekait dalam keamanan online untuk melindungi data Anda ketika bergerak bolak balik dari komputer Anda ke server. Pada dasarnya, yang dimaksud disini adalah bagaimana keamanan data Anda dijaga saat berpindah dari komputer ke server, begitu juga sebaliknya. Ketika Anda mendengar sesuatu seperti “enkripsi 128 bit”, artinya orang sedang berbicara tentang data dalam transit. Kebanyakan perbankan dan layanan belanja online menggunakan enkripsi 256 bit untuk menyimpan dan transit informasi Anda (nomor kartu kredit, misal). Enkripsi pada dasarnya berarti kode, dan semakin tinggi jumlah bit maka akan semkin sulit untuk memecahkan kode untuk mendapatkan data Anda. Maka apa yang harus dilakukan? Saat Anda akan mengirim atau menerima informasi sensitif dan berharga ke situs atau layanan online, pastikan untuk menyelidiki enkripsi yang digunakan, Di Jurnal, kami menggunakan sistem engkripsi 256 bit dengan kunci yang dibuat khusus untuk setiap pengguna. Semua data Anda tersimpan aman karena kami meng-encrypt setiap data yang bisa dikenal sebagai milik pelanggan. Jaringan komunikasi antara Anda dan Jurnal juga diamankan dengan teknologi SSL untuk memastikan data aman.

Faktor Manusia

Hal apapun yang dilindungi secara online dan dilengkapi dengan password, merupakan hal penting untuk menjaga agar password Anda tetap aman. Jika Anda hanya menuliskan kata sandi pada catatan kecil dan meletakknya diatas meja kerja, atau bahkan dimonitor komputer Anda, sudah jelas Anda mempermudah orang lain untuk mengakses data Anda dan (mungknin) bertindak jahat. Hal ini juga sama seperti tidak menyimpan nomor PIN kartu ATM Anda dalam dompet, Jika dompet Anda dicuri, Anda sudah bisa menebak apa yang terjadi, bukan?
Simpan password Anda secara aman, dan buat sesulit mungkin untuk ditebak oleh orang lain. Jangan berbagi password, mengubah sandi setiap beberapa bulan. Dan sama pentingnya, bila Anda menggunakan layanan sperti Jurnal yang memungkinkan beberapa kolaborator dalam satu akun, pastikan semua kolaborator Anda mengambil langkah langkah keamanan juga.

Keberlangsungan Bisnis

Harus mengambil tindakan pencegahan mungkin terdengar menyusahkan. Tapi kami menciptakan Jurnal sebagai Simple Online Accounting Software karena ada manfaat yang sangat besar dibandingkan dengan software akuntansi berbasis desktop yang ada. Berikut mungkin bisa dipertimbangkan:

  • Dengan sistem akuntansi Anda saat ini, jika kantor Anda mengalami bencana, atau jika komputer Anda rusak, hilang atau dicuri, akankah Anda memiliki backup untuk data Anda?
  • Jika informasi akuntansi Anda dibackup, kapan terakhir kali Anda melakukan itu?
  • Dan terakhir, apakah backup Anda ada di lokasi yang sama dengan komputer Anda? Misalnya, jika ada banjir atau masalah yang sama di kantor Anda, akan komputer dan backup Anda akan hancur?

Dengan Jurnal, data pengguna akan selalu dibackup secara otomatis. Dengan cara itu, keamanan dan kelangsungan informasi bisnis dengan layanan online seperti Jurnal daripada menggunakan software yang harus diinstall di komputer. Jurnal menggunakan metode encryption AES-256 dengan kunci yang dibuat khusus untuk setiap pengguna. Jaringan komunikasi antara pengguna dan Jurnal juga diamankan dengan teknologi SSL untuk memastikan data aman. Tunggu apa lagi?

Author