Tutorial Cara Pemakaian Software Akuntansi Buat Pemula Ingin menggunakan software akuntansi tapi masih bingung harus mulai dari mana? Pelajari tutorial cara pemakaian software akuntansi yang akan dijelaskan secara lengkap di artikel ini! Saat ini banyak perusahaan yang telah meninggalkan cara manual dan beralih ke software akuntansi untuk melakukan pencatatan keuangan perusahaan. Anda dapat menemukan berbagai jenis software dengan berbagai macam fitur dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Bagi Anda yang ingin mengadopsi penggunaan software akuntansi, ada baiknya mencari software yang mudah untuk dipelajari. Bagaimana cara menemukan software akuntansi yang tepat? Ada banyak software akuntansi terbaik yang beredar di Indonesia, baik itu dalam bentuk offline maupun online. Fitur yang ditawarkan juga berbeda-beda, begitu juga dengan harganya. Semakin lengkap fitur yang ditawarkan, tentu harga yang perlu dibayarkan juga semakin mahal. Tetapi, jika dibandingkan dengan waktu dan tenaga kerja yang bisa Anda hemat, maka software akuntansi merupakan investasi yang sepadan. Salah satu software akuntansi yang cocok untuk digunakan pemula adalah Mekari Jurnal. Software akuntansi berbasis cloud ini memiliki interface yang sangat gampang digunakan serta memiliki fitur yang sangat lengkap. Jurnal dapat diakses kapan saja dan di mana saja secara real-time, sehingga memudahkan Anda untuk memonitor aktivitas keuangan secara langsung. Baca lebih lanjut karena artikel ini akan menjelaskan tutorial penggunaan dan cara pemakaian software akuntansi Mekari Jurnal. Apa saja fitur yang harus dimiliki oleh software akuntansi? Sebelum menentukan software akuntansi mana yang ingin Anda gunakan, sebaiknya cari tahu dulu fitur-fitur yang ditawarkan. Adapun fitur-fitur penting yang wajib dimiliki oleh software akuntansi yaitu: Pembuatan laporan keuangan otomatis. Semua transaksi yang diinput dalam akun secara otomatis akan direkam dan menghasilkan contoh laporan keuangan baik itu jurnal umum, buku besar, laporan laba rugi, hingga arus kas. Budgeting. Pantau biaya dan perhitungan anggaran untuk melakukan forecasting keuntungan atau kerugian yang didapat pada satu periode aktivitas. Purchasing and invoicing. Lebih mudah membuat invoice penagihan melalui template yang telah disediakan lengkap dengan metode pembayaran yang terintegrasi. Pengelolaan utang piutang. Pantau segala utang piutang yang akan jatuh tempo agar arus kas perusahaan tidak tersendat. Inventory. Pengelolaan stok persediaan di gudang, pencatatan barang masuk dan keluar lebih akurat hingga proses stok opname. Rekonsiliasi Bank. Pencocokan jumlah nominal pada laporan bank sesuai dengan jumlah dalam rekening kas perusahaan. Fitur-fitur yang terdapat dalam software akuntansi Jurnal Tutorial cara pemakaian software akuntansi Mekari Jurnal Langkah 1 – Daftar atau Masuk di Jurnal Masuk ke https://my.jurnal.id/id/users/sign_up untuk mendaftar akun Jurnal (free trial selama 14 hari) Sistem Jurnal dapat diakses melalui browser apapun, namun lebih direkomendasikan untuk menggunakan Chrome. Langkah 2 – Siapkan dan Masukkan Database Perusahaan Lengkapi data-data berikut ini yang dapat Anda input secara manual atau import: Setting perusahaan Anda (nama perusahaan, logo perusahaan, alamat, email, no.telp, fax, website perusahaan dan akun bank perusahaan). Daftar akun. Saat membuat akun baru di Jurnal, Anda perlu memilih kategori akun terlebih dahulu sebelum mengisikan nomor akun. Daftar kontak (customer, supplier dan lain-lain). Isi informasi umum seperti nama, tipe kontak, nomor handphone, email, detail perusahaan, informasi bank dan juga pemetaan akun. Ilustrasi cara pemakaian software akuntansi Mekari Jurnal Siapkan daftar produk. Isi informasi seperti nama produk, kode, kategori, deskripsi, harga beli/jual. Anda juga bisa mengaktifkan fungsi untuk memonitor persediaan barang. Siapkan informasi rekening bank perusahaan Anda untuk pendaftaran Mekari Pay. Anda juga dapat menyiapkan data-data opsional lain termasuk daftar pengguna, saldo awal neraca (jika ada), daftar hutang dan piutang yang belum lunas (jika ada), aset tetap, pajak, dan sebagainya. Langkah 3 – Memulai Pencatatan Transaksi Harian di Jurnal Setelah Anda melengkapi database dalam Jurnal, Anda dapat mulai menggunakan Jurnal untuk menginput transaksi harian. Input penjualan atau pembelian . Isi informasi tentang pelanggan, detail transaksi, produk, dan informasi tambahan lainnya. Input biaya. Di bagian ini Anda bisa mencatat biaya yang langsung lunas ataupun yang akan dijadikan hutang, seperti biaya pengeluaran operasional seperti langganan internet, listrik, air, promosi dan lainnya. Input Kas dan Bank. Anda bisa melihat rincian transaki kas & bank, melakukan transfer uang, dan juga rekonsiliasi bank. Input jurnal umum. Isi data-data seperti nomor transaksi, tanggal transaksi, mata uang, akun, keterangan, saldo kredit atau debit. Untuk belajar cara pemakaian software akuntansi bisa coba gratis Mekari Jurnal sekarang! Nah, sudah dijelaskan bagaimana cara menggunakan software akuntansi Jurnal, khususnya bagi Anda yang masih pemula. Seluruh informasi tentang panduan atau tutorial cara pemakaian software akuntansi Jurnal dapat Anda akses melalui help center Jurnal. Tidak hanya itu saja, Anda bisa mengikuti sesi pelatihan khusus bersama trainer Jurnal gratis melalui link pendaftaran ini. Jika masih ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim kami.