Jika berbicara tentang keuangan atau akuntansi, maka yang ada dipikiran kita tentu angka-angka maupun perhitungan yang rumit. Dapat dibayangkan jika Anda bekerja dalam sebuah perusahaan dan harus mengelola keuangan perusahaan secara manual, maka Anda akan merasa sangat kesulitan. Pada zaman teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini, Anda sudah dapat memanfaatkan software keuangan untuk membantu pekerjaan Anda. Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa cara dalam memilih software keuangan yang tepat untuk perusahaan Anda.

 

Pilih Software yang Kredibel

Memilih software keuangan yang kredibel memang tidak mudah, dibutuhkan waktu, usaha yang sungguh-sungguh, ketelitian, dan kebijaksanaan dalam memilih software yang tepat. Keputusan dalam memilih software keuangan akan berpengaruh terhadap berbagai aspek, mulai dari aspek administrasi, keuangan, dan seluruh aktivitas perusahaan. Bila saat ini Anda salah dalam mengambil keputusan untuk memilih software keuangan, maka beberapa tahun ke depan kemungkinan besar Anda harus mengeluarkan dana lagi untuk mengganti software keuangan yang baru. Untuk itu, memilih software yang kredibel sangat diperlukan.

 

Memenuhi Standar Indonesia

Program dalam software keuangan harus menghasilkan laporan keuangan yang memenuhi standar laporan keuangan di Indonesia. Software keuangan juga seharusnya tersedia dalam bahasa Inggris maupun Indonesia, mengingat kebutuhan perusahaan yang sifatnya join venture antara pengusaha Indonesia dan pengusaha asing.

 

Memahami Kebutuhan Keuangan

Sebelum memilih software keuangan, Anda harus terlebih dulu menganalisis kebutuhan, baik dari aspek finansial maupun manajerial. Tidak perlu terburu-buru, luangkan waktu agar analisis kebutuhan Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul terkait dengan keuangan. Penuhi diri Anda dengan informasi mendasar tentang keuangan. Hal ini akan membantu Anda dalam pemilihan software yang tepat.

 

Menggunakan Teknologi Terkini

Pilihlah software keuangan yang menggunakan bahasa pemrograman yang terkenal alias tidak jadul. Software keuangan yang dipilih juga harus up to date serta tidak ketinggalan zaman sehingga user dapat dengan mudah mengoperasikannya. Dengan menggunakan teknologi terkini, setidaknya software tersebut akan dapat dipakai minimal lima tahun ke depan atau bahkan lebih. Namun, di era sekarang, Anda bisa memilih software akuntansi yang telah menggunakan teknologi berbasis Cloud.

 

Harga yang Ditawarkan

Jangan memilih software yang terlalu murah, namun tidak perlu juga memilih yang sangat mahal. Karena, software keuangan yang murah umumnya tidak memiliki fitur yang lengkap. Berbeda dengan software yang cukup mahal, umumnya fiturnya cukup lengkap. Tetapi software yang cukup mahal, biasanya digunakan untuk perusahaan-perusahaan skala besar dan jumlah transaksi yang terjadi pada perusahaan pun sudah cukup banyak. Sehingga sangat tepat untuk memilih software yang sesuai budget dan juga fitur yang dipakai sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda.

 

Jurnal merupakan software keuangan yang dapat membantu Anda melakukan proses akuntansi dengan tepat. Dengan Jurnal, seluruh data keuangan perusahaan Anda akan tersimpan dengan aman dan sesuai dengan standar keuangan Indonesia. Hanya dengan Rp149 ribuan, Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam mengelola keuangan. Jurnal juga telah menggunakan teknologi berbasis Cloud yang memberikan kemudahan dalam menyimpan data keuangan hingga kemudahan dalam memonitor keuangan kapan saja dan di mana saja. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dengan Jurnal dan nikmati free trial 14 hari. Info lebih lanjut, klik di sini.

Author