Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, dan Penerapan

Berikut ini adalah pengertian akuntansi manajemen, fungsi, contoh penerapan dalam sebuah perusahaan, dan perbedaan yang dimiliki dengan akuntansi keuangan yang akan diulas oleh Blog Mekari Jurnal.

Akuntansi dan manajemen adalah dua hal yang berkaitan. Meskipun kelihatannya membicarakan hal yang sama sekali berbeda, tetapi keduanya tetap berada di ranah yang sama.

Akuntansi manajemen adalah sebuah sistem akuntansi yang memiliki kaitan dengan penggunaan informasi akuntansi oleh tingkat manajerial suatu organisasi.

Manfaat dari jenis ilmu akuntansi ini akan memberikan dasar pembuatan keputusan dan strategi bisnis sehingga pihak management bisa lebih siap untuk mengelola dan melakukan fungsi pengontrolan.

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Pengertian Akuntansi Manajemen

Menurut Chartered Institute of Management Accountants (CIMA), akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, dan komunikasi informasi yang digunakan oleh manajemen untuk merencanakan, mengevaluasi, dan pengendalian dalam suatu entitas dan untuk memastikan sesuai dan akuntabilitas penggunaan sumber daya tersebut.

Hal ini juga meliputi penyusunan laporan keuangan untuk kelompok non-manajemen seperti pemegang saham, kreditur, badan pengatur dan otoritas pajak.

Menurut Mulyadi (2001), definisi dari akuntansi manajemen adalah sebuah informasi keuangan yang didapatkan dari berbagai tipe akuntansi manajerial, yang digunakan terutama oleh pengguna internal sebuah perusahaan.

Sedangkan Halim dan Supomo (2000) mengatakan bahwa akuntansi manajemen adalah kegiatan atau proses yang menghasilkan informasi dengan bentuk keuangan bagi manajemen, berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi dalam menjalankan fungsi manajerial.

Fungsi & Penerapan Akuntansi Manajemen

Perbedaan Akuntansi Manajemen Dan Akuntansi Keuangan Dari Tipe Informasi Adalah Sebagai Berikut
Di bawah ini adalah beberapa fungsi dan penerapan akuntansi manajemen dalam perusahaan:

a. Menghasilkan informasi keuangan untuk kepentingan manajemen atau pihak internal perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan

Informasi tersebut dibutuhkan manajemen sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan dan menilai hasil yang telah dicapai.

Misalnya pada departemen produksi, manajer di bagian produksi akan membutuhkan data akuntansi manajemen mengenai rincian biaya produksi, berapa harga pokoknya, sampai informasi detail mengenai harga produk per unit.

Ini nantinya juga bisa digunakan sebagai panduan perencanaan operasional terkait berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi inti dan berapa banyak biaya overhead yang sekiranya harus dibayarkan demi menunjang operasional tersebut.

b. Mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi keuangan dalam bentuk suatu laporan keuangan yang sistematis, transparan dan detail

Ini memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan suatu informasi tersebut di mana titik sentralnya bagi pihak-pihak dalam suatu organisasi perusahaan.

Misalnya kalkulasi biaya produk, kalkulasi biaya suatu kegiatan, kalkulasi biaya suatu departemen.

c. Untuk menyajikan suatu laporan sebagai satu kesatuan usaha

Untuk kepentingan pihak internal dalam rangka menjalankan proses manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Siapa Saja yang Membutuhkan Akuntansi Manajemen?

Berikut ini adalah beberapa pihak yang dapat menerima manfaat dari akuntansi manajemen:

  • Manajer Keuangan

Membutuhkan akuntansi manajemen untuk memperoleh informasi perusahaan yang berkaitan dengan modal kerja, beban biaya, tingkat pengembalian investasi, tingkat pengembalian modal, dan berbagai macam jenis informasi untuk keputusan pengelolaan keuangan perusahaan.

  • Manajer Produksi

Membutuhkan data informasi mengenai laporan harga pokok produksi seperti total biaya produksi, biaya per unit produk, beban tenaga kerja langsung, serta biaya overhead lainnya yang secara langsung berperan dalam proses produksi.

  • Manajer Pemasaran

Membutuhkan data informasi seluruh komponen biaya terkait dalam penetapan harga jual produk, penentuan sistem penjualan secara kredit atau tunai, beban komisi penjualan, marketing fee, serta informasi nilai diskon untuk produk tertentu dalam rangka peningkatan volume penjualan.

Baca juga: Pengertian Akuntansi Biaya, Fungsi dan Klasifikasinya

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Definisi Akuntansi manajemen adalah? definisi Akutansi keuangan adalah? Apa perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan? Untuk menjawab topik terkait perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, disini blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya. Baca sampai selesai!

Dunia bisnis tentu erat kaitannya dengan proses akuntansi, terutama dalam hal menyajikan informasi keuangan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan.

Informasi tentang posisi keuangan perusahaan pada laporan keuangan sederhana, prediksi laba, hingga strategi perusahaan ke depannya dapat dilaporkan dan diputuskan dengan bijak menggunakan ilmu akuntansi.

Pada dasarnya, akuntansi dapat dibedakan menjadi dua yaitu akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Akuntansi keuangan biasanya digunakan oleh orang-orang di luar perusahaan atau organisasi, sedangkan sebaliknya, akuntansi manajemen digunakan oleh orang-orang dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Kedua jenis akuntansi tersebut tentu memiliki tujuan, karakteristik, serta jenis output dan input yang berbeda.

Terkadang, hal ini membingungkan beberapa orang.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai beberapa perbedaan dari akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Perbedaan Berdasarkan Tujuan

Tujuan dari akuntansi keuangan adalah menghasilkan laporan keuangan yang menggambarkan kondisi dan performa perusahaan pada periode tertentu.

Akuntansi keuangan membantu pihak eksternal untuk membuat keputusan terkait ekonomi dan investasi sehingga dapat dilakukan evaluasi kinerja manajemen dalam menjalankan bisnis.

Sedangkan, tujuan akuntansi manajemen adalah untuk menghasilkan laporan secara spesifik dan detail, mengidentifikasi masalah yang timbul serta menyelesaikan masalah tersebut.

Selain itu, akuntansi ini bermanfaat bagi pihak internal perusahaan karena berisi informasi terkini dan akan datang dari perusahaan, seperti penganggaran, evaluasi kinerja, optimalisasi operasional, dan sebagainya.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Manajamen Berdasarkan Pengguna Laporan

Akuntansi keuangan digunakan untuk menyajikan informasi keuangan perusahaan bagi pengguna yang berada di luar perusahaan (pihak eksternal) dan tidak digunakan untuk mengambil keputusan tentang perusahaan.

Misalnya para pemegang saham, pemerintah (instansi pemerintah, dirjen pajak), kreditur, ataupun analis keuangan.

Sedangkan, akuntansi manajemen digunakan untuk menyediakan informasi keuangan bagi keperluan pihak manajemen atau pihak internal perusahaan.

Informasi yang dihasilkan nantinya akan dipakai sebagai bahan evaluasi dan sarana pengambilan keputusan untuk perusahaan.

Misalnya para manajer, eksekutif, sales, karyawan administrasi, ataupun supervisor.

Baca juga: Mengupas Lebih Dalam Perbedaan Pembukuan dan Pencatatan

Perbedaan Jika Dilihat Dari Ruang Lingkup Penggunaan

Laporan dari akuntansi keuangan menyajikan informasi keuangan mengenai perusahaan secara keseluruhan, misalnya neraca keuangan, laporan laba rugi, dan yang lain.

Sedangkan laporan akuntansi manajemen memberikan informasi yang bertujuan untuk melaporkan hanya pada suatu bagian yang ada dalam perusahaan.

Misalnya bagian pemasaran, bagian produksi, dan bagian lainnya.

Perbedaan Rentang Waktu

Akuntansi keuangan menghasilkan laporan keuangan yang kurang fleksibel serta hanya bisa mencakup rentang jangka waktu tertentu.

Misalnya pada periode satu tahun, setengah tahun, atau bulanan.

Sedangkan akuntansi manajemen memiliki rentang waktu yang jauh lebih fleksibel dibanding dengan akuntansi keuangan, misalnya harian atau mingguan.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Manajamen Dilihat Dari Fokus Informasi

Akuntansi keuangan fokus pada informasi masa lalu dengan memberikan gambaran pertanggungjawaban manajemen perusahaan atas pengelolaan dana perusahaan.

Sedangkan akuntansi manajemen cenderung berorientasi kepada masa yang akan datang.

Perbedaan Tipe Informasi

Akuntansi keuangan hanya mengukur mengenai keuangan saja dan berpedoman pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku.

Sedangkan akuntansi manajemen mengukur keuangan dan operasional serta pengukuran fisik proses, supplier, teknologi, kompetitor, dan juga pelanggan.

Laporan ini juga tidak memiliki batasan pada prinsip akuntansi.

Selama prinsip-prinsip yang digunakan itu memberikan manfaat bagi pihak manajemen, baik dalam hal pengukuran dan perhitungan, maka hal tersebut masih wajar diterapkan.

Baca Juga : 4 Jenis Laporan Keuangan yang Penting untuk Bisnis Anda

Perbedaan Berdasarkan Sifat Informasi

Sifat informasi dari akuntansi keuangan membutuhkan tingkat ketepatan yang tinggi, obyektif, bisa diuji kebenarannya, serta akurat.

Biasanya pihak manajemen mempergunakan layanan jasa pihak ketiga yang independen untuk hal ini.

Sifat informasi pada akuntansi manajemen harus mampu membantu manajemen dalam pengambilan suatu keputusan baik keputusan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengendalian.

Oleh karenanya tak hanya mengandalkan satu disiplin ilmu akuntansi tetapi juga mengambil disiplin ilmu yang lain seperti disiplin ilmu manajemen.

Hasil dari laporan akhir manajemen bersifat tertutup dan tidak dipublish kepada pihak luar perusahaan.

Anda sebagai pebisnis harus mengetahui dengan seksama mengenai kedua hal tersebut agar dapat menjalankan proses akuntansi perusahaan dengan baik.

Manfaatkan Software Akuntansi Jurnal untuk Manajemen Keuangan Lebih Baik

Agar lebih mudah dalam pelaksanaan akuntansi, perusahaan bisa mengandalkan program akuntansi. Mekari Jurnal, adalah program akuntansi untuk perusahaan yang memiliki berbagai fitur akuntansi otomatis.

Anda akan mendapat kemudahan dalam pengelolaan keuangan dan memberikan berbagai informasi keuangan yang dibutuhkan perusahaan.

Melalui Jurnal, kebutuhan informasi keuangan akan dapat diperoleh secara mudah kapan pun dan di mana pun, sehingga memudahkan koordinasi dari berbagai manajer divisi untuk membuat keputusan bagi perusahaan.

Hanya dengan meng-input seluruh transaksi bisnis, Jurnal akan mengelolanya hingga menjadi laporan keuangan yang detail dan akurat sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Dengan begitu Anda dapat dengan mudah melihat kondisi keuangan perusahaan.

Melalui aplikasi kas dari Jurnal, Anda juga dapat mengelola aset perusahaan hingga stok barang dengan mudah.

Jurnal juga merupakan program inventaris barang yang tepat dan terbaik. Anda juga dapat dengan mudah melakukan pembukuan toko melalui Jurnal.

Jadi tunggu apa lagi? dapatkan kemudahan akuntansi manajemen perusahaan, coba jurnal sekarang secara gratis hingga 14 hari!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Nah, di atas telah diulas topik terkait pengertian, manfaat, dan perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

Setelah membaca tulisan tersebut, Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait topik seperti :

  • Perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen adalah?
  • Perbedaan yang terjadi seharusnya bukan diakibatkan penerapan akuntansi keuangan merupakan pemahaman dari apa?

Ikuti sosial media Mekari Jurnal untuk informasi lain seputar bisnis, akuntansi, dan keuangan.

Kategori : AkuntansiBisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo