Mekari Jurnal
Daftar Isi

Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, dan Penerapan

Tayang 17 Oct 2023
Diperbarui 05 Maret 2024

Berikut ini adalah pengertian akuntansi manajemen, fungsi, contoh penerapan dalam sebuah perusahaan, dan perbedaan yang dimiliki dengan akuntansi keuangan yang akan diulas oleh Blog Mekari Jurnal.

Akuntansi dan manajemen adalah dua konteks yang pada dasarnya saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Meskipun kelihatannya membicarakan hal yang sama sekali berbeda, tetapi keduanya tetap berada di ranah yang sama.

Manfaat dari jenis ilmu akuntansi ini akan memberikan dasar pembuatan keputusan dan strategi bisnis sehingga pihak management bisa lebih siap untuk mengelola dan melakukan fungsi pengontrolan.

Apa yang Dimaksud dengan Akuntansi Manajemen?

Pengertian akuntansi manajemen adalah sebuah sistem akuntansi yang memiliki kaitan dengan penggunaan informasi akuntansi oleh tingkat manajerial suatu organisasi.

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan akuntansi manajemen, Anda bisa membaca lebih lanjut pengertian yang diutarakan oleh para ahli, seperti: 

1. Chartered Institute of Management Accountants (CIMA)

Menurut Chartered Institute of Management Accountants (CIMA), akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, dan komunikasi informasi yang digunakan oleh manajemen untuk merencanakan, mengevaluasi, dan pengendalian dalam suatu entitas dan untuk memastikan sesuai dan akuntabilitas penggunaan sumber daya tersebut.

Hal ini juga meliputi penyusunan laporan keuangan perusahaan dagang, jasa, dan manufaktur untuk kelompok non-manajemen seperti pemegang saham, kreditur, badan pengatur dan otoritas pajak.

2. Mulyadi (2001)

Menurut Mulyadi (2001), definisi dari akuntansi manajemen adalah sebuah informasi keuangan yang didapatkan dari berbagai tipe akuntansi manajerial, yang digunakan terutama oleh pengguna internal sebuah perusahaan.

3. Halim dan Supomo (2000)

Sedangkan Halim dan Supomo (2000) mengatakan bahwa akuntansi manajemen adalah kegiatan atau proses yang menghasilkan informasi dengan bentuk keuangan bagi manajemen, berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi dalam menjalankan fungsi manajerial.

4. Investopedia

Berdasarkan dari salah satu sumber informasi terbesar investasi dan keuangan di jejaring internet, Investopedia, menjabarkan bahwa akuntansi manajemen adalah praktik mengidentifikasi, mengukur, menganalisis, menafsirkan, dan mengkomunikasikan informasi keuangan kepada manajer untuk mencapai tujuan organisasi.

Perbedaan Akuntansi Manajemen Dan Akuntansi Keuangan Dari Tipe Informasi Adalah Sebagai Berikut

Baca Juga : Pengertian Akuntansi dan Pentingnya dalam Bisnis Adalah Sebagai Berikut

Apa Saja Fungsi & Penerapan Akuntansi Manajemen?

Di bawah ini adalah beberapa fungsi dan penerapan akuntansi manajemen dalam perusahaan:

1. Menghasilkan Informasi Akuntansi dan Keuangan Bisnis

Informasi tersebut dibutuhkan manajemen sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan dan menilai hasil yang telah dicapai.

Misalnya pada departemen produksi, manajer di bagian produksi akan membutuhkan data akuntansi manajemen mengenai rincian biaya produksi, berapa harga pokoknya, sampai informasi detail mengenai harga produk per unit.

Ini nantinya juga bisa digunakan sebagai panduan perencanaan operasional terkait berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi inti dan berapa banyak biaya overhead yang sekiranya harus dibayarkan demi menunjang operasional tersebut.

2. Menyusun Laporan Keuangan Secara Sistematis, Transparan dan Detail

Ini memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan suatu informasi tersebut di mana titik sentralnya bagi pihak-pihak dalam suatu organisasi perusahaan.

Misalnya kalkulasi biaya produk, kalkulasi biaya suatu kegiatan, kalkulasi biaya suatu departemen.

3. Menyajikan Suatu Laporan sebagai Satu Kesatuan Usaha

Untuk kepentingan pihak internal dalam rangka menjalankan proses manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal!

Konsultasi Gratis dengan Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Metode Penerapan Akuntansi Manajemen

Dalam menerapkan akuntansi manajemen dalam sebuah perusahaan tidak hanya, tentunya terdapat beberapa cara agar dapat mencapai tujuan dari manajemen yaitu informasi keuangan yang akurat.

Oleh karena itu, ada banyak tipe dan metode yang dapat Anda lakukan dalam mengukur berbagi varian atau faktor dalam finansial bisnis.

Agar Anda dapat menemukan metode mana yang cocok dalam mengelola akuntansi dan keuangan bisnis, berikut beberapa metode yang paling umum ditemukan pada sebuah perusahaan.

1. Inventory Turnover Analysis

Metode ini menghitung perputaran inventaris untuk membantu manajemen dalam menentukan apakah bisnis sudah berjalan secara efisien atau belum.

Perputaran inventaris menghitung berapa kali perusahaan berhasil menjual dan mengisi kembali persediaan dalam jangka waktu tertentu.

2. Manajemen Piutang Perusahaan

Metode ini juga dikenal dengan account receivable management yaitu melakukan pengendalian terhadap lamanya pelanggan berhutang kepada perusahaan.

Biasanya agar dapat terkendali dengan baik, terdapat aturan batas tenggat waktu yang berkisar antara 30, 45, 60, hingga 90 hari. Kewajiban pembayaran yang tersendat tentunya akan mempengaruhi arus pemasukan usaha dan mengganggu proses pembelian kebutuhan dan aset.

3. Cost-Volume-Profit (CVP) Analysis

CVP analysis digunakan untuk mengukur hubungan antara biaya, volume penjualan, dan laba.

Perhitungan ini dapat membantu perusahaan dalam pengambilan jangka pendek mengenai keputusan harga penjualan, volume produksi, dan titik impas.

Analisis break even point bermanfaat untuk menentukan titik harga dari suatu produk dan jasa agar dapat mencapai keuntungan keseluruhan bagi perusahaan.

4. Grenzplankostenrechnung

Grenzplankostenrechnung atau bisa disebut GPK adalah sebuah sistem akuntansi biaya yang berkaitan dengan perencanaan biaya, pengendalian biaya, dan pelaporan biaya dalam perusahaan.

GPK menganggap bahwa biaya tetap akan ada terlepas dari volume produksi atau penjualan, sedangkan biaya variabel berubah sejalan dengan perubahan volume produksi atau penjualan.

Oleh karena itu, GPK lebih menekankan pada kontribusi margin produk atau unit terhadap biaya tetap, yang dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan terkait harga, volume, dan produk.

5. Costraint Analysis

Costraint mengacu kepada masalah atau kendala yang terjadi pada proses produksi atau penjualan. Pihak perusahaan yang bertanggung jawab akan melakukan peninjauan dalam aktivitas bisnis.

Ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala apa yang muncul dan dampaknya terhadap pendapatan, laba, dan arus kas.

terdapat beberapa stakeholder yang menerima manfaat dari akuntansi manajemen termasuk Anda dan perusahaan

Siapa yang Membutuhkan Akuntansi Manajemen?

Berikut ini adalah beberapa pihak yang dapat menerima manfaat dari akuntansi manajemen:

1. Manajer Keuangan

Membutuhkan akuntansi manajemen untuk memperoleh informasi perusahaan yang berkaitan dengan modal kerja, beban biaya, tingkat pengembalian investasi, tingkat pengembalian modal, dan berbagai macam jenis informasi untuk keputusan pengelolaan keuangan perusahaan.

2. Manajer Produksi

Membutuhkan data informasi mengenai laporan harga pokok produksi seperti total biaya produksi, biaya per unit produk, beban tenaga kerja langsung. Termasuk biaya overhead yang merupakan biaya yang secara ttidak langsung berperan dalam proses produksi.

3. Manajer Pemasaran

Membutuhkan data informasi seluruh komponen biaya terkait dalam penetapan harga jual produk, penentuan sistem penjualan secara kredit atau tunai, beban komisi penjualan, marketing fee, serta informasi nilai diskon untuk produk tertentu dalam rangka peningkatan volume penjualan.

Baca juga: Pengertian Akuntansi Biaya, Fungsi dan Klasifikasinya

7 perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan

Mekari Jurnal untuk Manajemen Keuangan Bisnis yang Lebih Baik

Agar lebih mudah dalam pelaksanaan akuntansi, perusahaan bisa mengandalkan program akuntansi. Mekari Jurnal, adalah program akuntansi untuk perusahaan yang memiliki berbagai fitur akuntansi otomatis.

Anda akan mendapat kemudahan dalam pengelolaan keuangan dan memberikan berbagai informasi keuangan yang dibutuhkan perusahaan.

Melalui Jurnal, kebutuhan informasi keuangan akan dapat diperoleh secara mudah kapan pun dan di mana pun, sehingga memudahkan koordinasi dari berbagai manajer divisi untuk membuat keputusan bagi perusahaan.

Hanya dengan meng-input seluruh transaksi bisnis, Mekari Jurnal akan mengelolanya hingga menjadi laporan keuangan yang detail dan akurat sesuai dengan yang Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melihat kondisi keuangan perusahaan.

Lalu dengan menggunakan Mekari Jurnal Anda juga dapat dengan mudah melakukan pembukuan toko selain dengan menggunakan aplikasi excel.

Jadi tunggu apa lagi? dapatkan kemudahan akuntansi manajemen perusahaan, coba Mekari Jurnal sekarang secara gratis hingga 7 hari!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

Nah, di atas telah diulas topik terkait pengertian, manfaat, dan perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

Setelah membaca tulisan tersebut, Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait topik seperti :

  • Apa yang dimaksud dengan akuntansi manajemen?
  • Apa saja yang dibahas dalam akuntansi manajemen dan fungsinya?
  • Perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen adalah?
  • Perbedaan yang terjadi seharusnya bukan diakibatkan penerapan akuntansi keuangan merupakan pemahaman dari apa?

Ikuti sosial media Mekari Jurnal untuk informasi lain seputar bisnis, akuntansi, dan keuangan.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal