5 kebiasaan penganggaran anggaran bulanan cerdas bagi pemilik bisnis kecil!
Keberadaan bisnis kecil di Indonesia menyumbang hampir 68% persen pemasukan dan penyediaan lapangan kerja.
Hal ini tentunya menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa bagi bisnis kecil yang memiliki kondisi keuangan terbatas.
Biasanya sebagai pemilik bisnis kecil, mengelola pengeluaran dan menempatkannya secara bijaksana tidaklah mudah.
5 Kebiasaan Penganggaran Bulanan Cerdas Bagi Pemilik Bisnis Kecil
Oleh karena itu, untuk mendapatkan sebuah konsep kecerdasan finansial dan pengelolaan keuangan dengan baik di situasi awal bisnis yang masih belum stabil, seorang pengusaha perlu memiliki kebiasaan penganggaran bulanan yang dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti berikut ini.
Sisihkan Dana Darurat
Pada tahap awal pendirian bisnis baru, pendapatan masih sering berfluktuasi sehingga Anda perlu rencana cadangan untuk mengimbangi kurangnya konsistensi ini.
Sangat penting untuk memiliki dana darurat untuk mempertahankan proses bisnis.
Anda mungkin tidak dapat mengendalikan pengeluaran yang tidak terduga atau penurunan nilai ekonomi, tetapi dengan memiliki sejumlah uang yang telah disisihkan, Anda telah memiliki penyangga keuangan jika ada sesuatu hal buruk terjadi dan memengaruhi bisnis serta keuangan bisnis.
Untuk itu, cobalah untuk menyisihkan biaya pengeluaran antara tiga bulan dan satu tahun untuk dana darurat bisnis di setiap bulannya.
Jika mungkin, otomatisasi proses penyisihan keuangan tersebut sehingga Anda bahkan tidak menyadari bahwa uang Anda telah disisihkan.
Uang yang telah disisihkan tersebut dapat digunakan tidak hanya untuk menambah aliran pendapatan yang mudah menguap, tetapi juga dapat digunakan untuk memungkinkan perusahaan memiliki target peluang yang lebih besar.
Tambahkan Potensi Biaya Tidak Terduga
Ketika memiliki sebuah bisnis baru, Anda cenderung memiliki banyak ide-ide baru yang cukup inovatif, datang secara tiba-tiba, dan membutuhkan biaya tak terduga.
Merencanakan lebih dulu untuk anggaran biaya tak terduga adalah sebuah rahasia keuangan cerdas.
Tambahkan 20% dari total anggaran bisnis sebagai biaya tak terduga
. Dengan memiliki anggaran biaya tak terduga, Anda pasti akan merasa nyaman untuk menyalurkan ide kreatif Anda yang datang tiba-tiba tanpa harus membebani uang bisnis.
Buat Anggaran dan Hindari untuk Menghabiskannya
Metode ini adalah cara yang baik untuk membuat diri Anda bertanggung jawab jika Anda cenderung mengeluarkan terlalu banyak uang perusahaan untuk keperluan pribadi terkait bisnis. Misalnya, Anda dapat membagikan hal-hal berikut:
- – Rp1.000.000 untuk makanan kantor dan makanan ringan.
- – Rp2.000.000 untuk perlengkapan kantor.
- – Rp3.000.000 untuk makan malam bersama klien.
Gunakan cara ini untuk merencanakan anggaran bulanan Anda dan kemudian tempelkan sebagai panduan untuk tetap dalam parameter terkait apa yang bisa dan tidak bisa Anda habiskan.
Jika Anda masih menemukan lebih banyak pengeluaran setiap bulan, gunakan kalkulator penganggaran sederhana ini untuk menentukan berapa banyak yang akan masuk, berapa banyak yang akan keluar, dan berapa jumlah pengeluaran dalam jumlah total pembelanjaan Anda.
Tempatkan fokus Anda untuk mengurangi jumlah itu setiap bulan sampai Anda tidak lagi membelanjakan lebih dari yang Anda bawa.
Lalu kembalilah ke metode penganggaran pribadi, yang akan membantu Anda mempertahankan dan meningkatkan kebiasaan belanja tersebut.
Memperbarui Catatan dengan Melacak Semua Transaksi
Keuntungan dari memiliki bisnis sendiri adalah Anda dapat menghapus pengeluaran tertentu ketika mengajukan pajak.
Misalnya ketika Anda sudah membeli barang yang terkena pajak, maka bukti pembayaran dari pembelian yang Anda simpan akan membantu perusahaan mendapatkan pengurangan pajak.
Untuk benar-benar mendapatkan manfaat dari insentif ini, Anda harus memiliki bukti yang terdokumentasi dari pengeluaran tersebut.
Jadikan ini bagian dari agenda rutin bulanan Anda saat membuat anggaran. Ikuti praktik pencatatan semua transaksi yang terjadi selama bulan sebelumnya.
Lacak dan catat semua data transaksi di perangkat lunak akuntansi Anda dan simpan tanda terima secara digital.
Jika suatu saat usaha Anda di audit, atau ada masalah, Anda akan memiliki semua dokumen yang dibutuhkan sebagai buktinya.
Secara Proaktif Mengurangi Utang
Utang adalah kenyataan bagi banyak pemilik bisnis kecil, namun memiliki terlalu banyak utang dapat membebani bisnis.
Untuk menghindari situasi yang berlarut tersebut, maka usahakan untuk secara proaktif dan konsisten mengurangi jumlah utang perusahaan dengan melakukan pembayaran lebih jika memiliki anggaran yang memungkinkan.
Jangan menunggu utang mengalami jatuh tempo.
Fokuslah terlebih dulu untuk melunasi utang dengan suku bunga tertinggi yang dapat membebani bisnis Anda dalam jangka panjang.
Menciptakan kebiasaan keuangan yang baik dan memiliki anggaran bulanan yang tepat adalah cara termudah dan paling efisien untuk membiayai semua keperluan bisnis.
Gunakan tips-tips anggaran keuangan di atas dan Jurnal sebagai software akuntansi online untuk mengontrol pengeluaran dan pemasukan bisnis Anda secara tepat dan efisien.
Jurnal dengan aplikasi AddOns Jurnal Snap-nya juga dapat memudahkan Anda untuk menyimpan semua bukti transaksi secara digital tanpa harus takut kehilangan data.
Dengan men-download Jurnal Mobile pada handphone, Anda juga dapat melacak dan mencatatkan semua transaksi keuangan dengan cepat dan mudah kapan pun dan di mana pun.
Dapatkan semua informasi penting tentang aplikasi inventaris barang maupun aplikasi pembukuan online shop dari Jurnal di sini, dan miliki kebiasaan penganggaran bulanan dengan mudah. Pelajari lebih lanjut bagaimana accounting software indonesia dapat membantu pekerjaan Anda.