Apakah memulai bisnis terasa sulit bagi Anda? Ternyata memulai bisnis tidak terlalu sulit dibanding mempertahankan dan mengembangkan bisnis. Sebagai pengusaha baru, pasti Anda akan tergiur dengan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor sulitnya mempertahankan sebuah bisnis. Di mana, dengan kondisi modal yang dianggap masih cukup membuat beberapa pengusaha terhipnotis untuk mengerahkan semua modal yang mereka miliki untuk mengembangkan bisnisnya. Di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips sukses bagi Anda yang ingin terus mengembangkan bisnis.

 

Pisahkan Keuangan Bisnis & Pribadi

Banyak sekali pengusaha pemula yang mengabaikan masalah ini. Di mana mereka akan menganggap keuangan bisnis sama dengan keuangan pribadi. Padahal, dengan mencampur keuangan bisnis dan pribadi hanya dapat membuat mereka sulit untuk mengetahui angka pasti mengenai pemasukan ataupun pengeluaran bisnis. Jadi, jika Anda ingin bisnis Anda bertahan dan berkembang, cobalah mulai dengan memisahkan keuangan bisnis dan pribadi. Dengan begitu, semua transaksi bisnis Anda akan lebih rapi dan mudah terdeteksi.

 

Lebih Efisien dalam Pengeluaran Bisnis

Efisien di sini bukanlah pelit ataupun iri, tapi sebagai pengusaha Anda haruslah mampu menahan diri dan memilih pengeluaran yang perlu dan tidak perlu. Anda juga harus mulai dengan memisahkan antara keinginan dan kebutuhan bisnis. Setelah itu, cobalah hitung secara matang berapa pengeluaran biaya tetap dan tidak tetap yang dibutuhkan bisnis.

 

Buat Anggaran atau Rencana Keuangan

Membuat anggaran atau rencana keuangan merupakan salah satu tips penting yang harus Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis. Dalam membuat anggaran keuangan, cobalah untuk mengutamakan pengeluaran tetap Anda. Jika kas bisnis masih mencukupi, Anda baru bisa menggunakan kas tersebut untuk biaya yang tidak tetap, seperti membeli laptop baru, membeli mobil untuk dinas, dan sebagainya. Anda bisa memanfaatkan Jurnal, software akuntansi online untuk membuat anggaran atau budgeting keuangan bisnis. Selain membuat anggaran bisnis, Anda juga dapat memonitor keuangan dengan lebih mudah dan cepat.

 

Perhatikan Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia atau karyawan merupakan salah satu aset perusahaan yang tidak bisa Anda lupakan. Jadi, jika bisnis Anda ingin berjalan dan berkembang, cobalah untuk memerhatikan mereka. Jika mereka memiliki kinerja yang baik, janganlah pernah ragu untuk memberi mereka bonus atau intensif. Selain itu, perhatikan juga tunjangan kesehatan atau hari tua mereka, termasuk uang lembur yang menjadi hak ketika mereka menghabiskan waktu lebih banyak untuk bisnis Anda. Dengan begitu, mereka akan lebih loyal terhadap bisnis Anda yang secara otomatis dapat membantu bisnis Anda berkembang di masa mendatang.

 

Bayar & Tagih Tepat Waktu

Utang dan piutang merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi keberhasilan suatu bisnis. Di mana, bisnis yang memiliki keuntungan berlipat-lipat juga akan mengalami kegagalan jika mengabaikan utang-piutang. Jadi, cobalah mulai sekarang untuk tidak pernah lagi menunda dalam pembayaran tagihan, mulai dari pinjaman, asuransi, listrik, pajak, dan sebagainya. Selain itu, cobalah untuk secara rutin melakukan penagihan terhadap piutang yang telah Anda berikan kepada pelanggan. Anda bisa memanfaatkan fitur invoice reminder dari Jurnal untuk mengirimkan email pengingat kepada pelanggan Anda sebelum atau sesudah tanggal jatuh tempo.

 

Konsultasi dengan Ahlinya

Jika Anda masih pemula dalam menjalankan bisnis, Anda bisa melakukan konsultasi bisnis kepada ahlinya. Anda bisa memanfaatkan forum bisnis, seminar bisnis, ataupun bertanya langsung kepada pengusaha lain yang sudah terlebih dulu terjun ke dunia bisnis. Jika hal ini dianggap belum cukup, Anda juga bisa berkonsultasi dengan menyewa tenaga ahli yang lebih berkompeten. Jika Anda membutuhkan tenaga ahli di bidang keuangan, Anda bisa memanfaatkan partner keuangan dan pembukuan dari Jurnal. Selain membantu dalam pengelolaan keuangan bisnis, partner Jurnal juga membantu Anda membuat laporan keuangan hingga membantu Anda menyelesaikan masalah keuangan bisnis. Temukan partner bisnis Jurnal di sini.