Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Biaya Kualitas Dalam Akuntansi Manajemen

Tayang 19 Oct 2023
Diperbarui 28 Maret 2024

Biaya kualitas dalam akuntansi manajemen pada dasarnya turut menjadi hal penting yang sudah seharusnya diperhatikan oleh perusahaan.

Biasanya biaya kualitas ini disebut juga dengan istilah quality cost yang umumnya dimiliki oleh setiap perusahaan manufaktur karena cukup berkaitan dengan produksi dan quality control.

Oleh karena itu, perusahaan memang harus turut memberikan anggaran untuk cost quality ini sehingga kualitas barang bisa dipertahankan atau diperbaiki dengan tepat.

Memahami bagaimana biaya kualitas bekerja tidak hanya mempengaruhi output dari nilai barang yang diproduksi saja, namun juga berkaitan dengan manajemen dalam praktik akuntansi.

Simak selengkapnya dalam artikel blog by Mekari Jurnal berikut ini.

Apa Itu Biaya Kualitas Dalam Akuntansi

Gambaran mengenai biaya kualitas dalam akuntansi manajemen mungkin sudah Anda dapatkan.

Biaya kualitas mengacu pada biaya yang secara khusus diperuntukkan untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan kualitas produk.

Pada dasarnya, kualitas barang haruslah menjadi fokus perhatian utama karena kualitas barang yang baik dapat menjamin kepuasan pelanggan.

Oleh karena itu, pengecekan kualitas barang haruslah selalu dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejak awal mengenai kondisi barang apakah baik ataukah ada yang gagal.

Jika ada produk gagal maka disinilah biaya kualitas berguna, yaitu untuk membuat semua barang yang gagal ini tetap bisa dipertahankan dengan menjalankan percobaan dan perbaikan (trial and error).

Biaya Kualitas Dalam Akuntansi Manajemen

Jadi, bisa dibilang pula bahwa biaya kualitas barang atau quality cost ini muncul dengan tujuan untuk menangani semua masalah yang berkaitan dengan kualitas produk.

Seperti yang telah digambarkan sebelumnya bahwa quality cost muncul karena adanya kualitas produk yang buruk atau produk gagal dan dinilai butuh perbaikan.

Dalam hal ini, produk yang tergolong cacat dapat diperbaiki sehingga kualitasnya menjadi baik seperti produk lainnya yang sempurna.

Tujuan perbaikan produk yang cacat ini pada dasarnya adalah untuk melakukan penjualan produk sehingga perusahaan akan tetap memperoleh pendapatan atau keuntungan.

Namun, tentunya melakukan perbaikan produk membutuhkan adanya anggaran biaya tersendiri.

Oleh karena itu, sejak awal perlu turut dianggarkan quality cost yang sewaktu-waktu nantinya bisa digunakan untuk memperbaiki produk yang cacat.

Baca Juga: Biaya Produksi (Cost of Production) dalam Pelaporan Keuangan

Jenis Biaya Kualitas Dalam Akuntansi Manajemen

Mengutip dari Accountingtools, biaya kualitas juga mempengaruhi total pengeluaran dalam suatu unit bisnis.

Namun, pengeluaran ini tidak begitu terlihat (hidden cost) dalam pencatatan biaya karena biasanya kurang memberikan perhatian penuh pada masalah kualitas akhir produk.

Oleh karena itu, salah satu solusi untuk dapat meningkatkan profitabilitas bisnis adalah dengan memahami jenis-jenis biaya kualitas.

Ada beberapa jenis biaya kualitas dalam akuntansi manajemen perusahaan pada umumnya.

Anda harus mengetahui berbagai jenis-jenis tersebut dan memahaminya agar tidak salah dalam menerapkannya.

Adapun jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Biaya Pencegahan (Prevention Costs)

Salah satu jenis biaya kualitas dalam akuntansi manajemen yang mungkin selama ini tidak diketahui oleh masyarakat awam adalah biaya pencegahan atau yang juga biasa disebut dengan istilah prevention costs.

Biaya pencegahan ini digunakan dengan tujuan untuk mencegah setiap kesalahan yang bisa saja terjadi pada produk.

Dengan kata lain, biaya ini digunakan untuk mencegah terjadinya masalah yang mungkin saja terjadi pada produk.

Jika dilihat secara keseluruhan, biaya jenis ini sebenarnya tergolong sebagai jenis biaya yang paling murah.

Biaya ini umumnya meliputi beberapa hal di perusahaan, seperti misalnya biaya pelatihan karyawan dan bisa riset pasar serta biaya perencanaan kualitas dan terakhir adalah biaya proses kontrol.

apa saja jenis-jenis biaya kualitas dalam akuntansi manajemen

2. Biaya Penilaian (Appraisal Costs)

Jenis yang kedua dari quality cost adalah biaya penilaian atau appraisal costs.

Biaya ini sebenarnya sama dengan point yang sebelumnya, yaitu biaya dikeluarkan dengan tujuan untuk menjaga kualitas barang agar tidak sampai mengalami suatu masalah.

Jadi, biaya ini dikeluarkan dengan maksud agar seluruh barang nantinya dapat dibuat dengan hasil yang memuaskan.

Semua barang yang diproduksi diharapkan agar bisa sempurna tanpa ada masalah atau kegagalan.

Untuk itu, perlu dilakukan upaya yang sekiranya dapat mencegah produk gagal dengan menggunakan biaya penilaian ini.

Umumnya biaya penilaian di perusahaan meliputi inspeksi bahan baku untuk menguji bahan baku tersebut agar bisa dijamin dalam proses produksi.

3. Biaya Kegagalan Internal (Internal Failure Costs)

Selanjutnya quality cost terdiri pula dari biaya kegagalan internal atau internal failure costs.

Berbeda dengan dua jenis biaya sebelumnya, biaya jenis akan digunakan jika hasil produksi terindetifikasi mengalami kegagalan.

Biaya kegagalan internal akan keluar terutama pada saat produk yang dihasilkan sudah tak lagi sesuai dengan kualitas produk yang ditentukan.

Dalam hal ini, produk gagal atau produk yang tidak sesuai dengan standar kualitas ini tentunya haruslah mengalami perbaikan.

Upaya perusahaan menggunakan biaya jenis ini umumnya sebagai tindakan perbaikan produk yang rusak dan juga biaya scrap atau downtime, tepatnya sebelum pembeli menerima produk yang dipesan.

4. Biaya Kegagalan Eksternal (External Failure Costs)

Bukan hanya biaya kegagalan internal saja yang perlu disediakan oleh perusahaan, namun ada pula biaya kegagalan eksternal.

Biaya ini juga termasuk ke dalam anggaran quality cost karena berhubungan pula dengan proses menjaga atau memperbaiki kualitas produk.

Biaya kegagalan eksternal disebut juga dengan istilah external failure costs yang umumnya biaya ini dikeluarkan saat pembeli menerima produk dengan kualitas yang tergolong buruk.

Pengeluaran yang termasuk ke dalam biaya jenis ini antara lain biaya untuk garansi dan penggantian produk serta biaya untuk penyelidikan keluhan.

Perbedaan Biaya Kualitas dan Biaya Mutu

Secara konsep, baik biaya kualitas (Quality Cost) dan Biaya Mutu (Cost of Poor Quality – COPQ) adalah dua konsep yang memiliki kaitan dalam manajemen kualitas, tetapi mereka memiliki fokus yang berbeda dalam mengukur berbagai aspek kualitas dalam suatu produk.

Perbedaan tersebut dalam terlihat ada tabel berikut:

Biaya Kualitas Biaya Mutu
Biaya kualitas adalah total biaya yang dikeluarkan oleh sebuah unit usaha dalam mencapai tingkat kualitas yang ideal dalam produk atau layanan jasa yang mereka jual. Biaya mutu mengacu pada total biaya yang timbul karena adanya kecacatan atau kesalahan pada produk atau layanan yang tidak memenuhi standar kualitas organisasi.
Mencakup semua biaya yang keluar untuk mencegah adanya kecatatan sejak awal produksi. Hal ini mencakup pelatihan, perencanaan, pengujian, dan perbaikan proses. Mencakup biaya yang terjadi ketika produk dengan kualitas yang buruk telah mencapai pelanggan dan menyebabkan keluhan, retur produk, atau kerugian citra. Contohnya biaya garansi, penggantian produk, atau kehilangan pelanggan.
Mencakup biaya pada saat mengidentifikasi kecatatan dalam produk atau layanan, seperti inspeksi, pengujian, dan pemantauan kualitas. Mencakup biaya yang timbul ketika produk yang tidak memenuhi standar kualitas harus diperbaiki atau dibuang. Contohnya seperti biaya perbaikan produk cacat atau biaya scrap.

Manajemen Biaya Kualitas Dalam Akuntansi Manajemen

Biaya kualitas atau quality cost seperti yang telah diketahui bersama menjadi suatu jenis anggaran yang harus dibuat oleh tiap perusahaan terutama perusahaan manufaktur.

Namun, sama seperti anggaran lain, tentunya pengeluaran biaya sudah seharusnya dilakukan dengan manajemen yang baik.

Sebaiknya biaya kualitas dipergunakan dengan bijak sesuai dengan rencana yang telah dibuat dan jangan sampai biaya kualitas ini melebihi anggaran rencana biaya perusahaan.

Untuk itu, dalam membuat anggaran biaya kualitas diperlukan perhitungan biaya yang tepat.

Perhitungan biaya secara tepat akan menjadi salah satu upaya utama dari manajemen biaya kualitas sehingga pengeluaran perusahaan untuk aksi antisipasi dan mitigasi produk gagal mencapai overbudget.

Baca Juga: Manajemen Anggaran (Budget Management): Panduan Lengkap

Kesimpulan

Biaya kualitas dalam akuntansi manajemen menjadi hal yang tak kalah penting bila dibandingkan dengan berbagai biaya yang lainnya.

Dengan adanya biaya kualitas ini, nantinya produk barang yang berkualitas buruk bisa diperbaiki hingga menjadi sempurna dan siap untuk dipasarkan bersama dengan produk lainnya.

Biaya kualitas dalam akuntansi manajemen memang berkaitan dengan biaya yang digunakan untuk dapat menangani masalah berkaitan dengan kualitas barang.

Jadi, rencanakan dengan tepat anggaran untuk mengendalikan komponen cost quality ini agar perkembangan perusahaan semakin efektif.

Mekari Jurnal, Solusi Tepat Kelola Anggaran Biaya

Kini melakukan manajemen keuangan yang mudah sudah tidak lagi menjadi hal sulit baik bagi Anda terutama yang bekerja sebagai akuntan perusahaan ataupun di bagian finansial.

Hal itu dikarenakan pekerjaan yang sudah terbantu dengan menggunakan software akuntansi dengan sistem yang telah terautomasi, sehingga pekerjaan dapat berjalan menjadi lebih efisien.

Salah satu rekomendasi software akuntansi terbaik di Indonesia adalah Mekari Jurnal. Melalui fitur Biaya & Anggaran, dapatkan kemudahan pengelolaan anggaran biaya dengan cepat, mudah, dan tidak overbudget.

Anda juga dapat menyusun anggaran dengan lebih tepat karena terdapat fitur yang dapat mengkomparasikan laporan anggaran pada periode sebelumnya untuk mendapatkan tren dan anomali pengeluaran yang lebih dalam, sehingga dapat memantau biaya kualitas yang biasanya tidak begitu terlihat dalam pencatatan pengeluaran biaya.

Selain itu, temukan berbagai fitur-fitur unggulan lainnya yang dapat menjawab berbagai masalah akuntansi dan keuangan bisnis usaha Anda di Mekari Jurnal!

Coba sekarang juga dengan mendaftarkan bisnis/perusahaan Anda atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim kami dengan klik tombol di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi Gratis dengan Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Dapatkan free trial version untuk merasakan fitur-fitur terbaik Mekari Jurnal dan rasakan manfaatnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal