Mekari Jurnal
Daftar Isi

Laporan Realisasi Anggaran : Pengertian dan Cara Membuat

Tayang 06 Jun 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Pengertian laporan realisasi anggaran (LRA) adalah laporan yang menyajikan informasi yang berhubungan dengan anggaran keuangan. Apa saja unsur, manfaat, serta cara membuat laporan realisasi anggaran tersebut? Cari tahu semua jawabannya di Blog Mekari Jurnal!

Dalam memenuhi kewajiban sebagaimana yang sudah diatur di dalam undang-undang, pemerintah harus membuat laporan keuangan salah satunya laporan realisasi anggaran.

Bisnis atau perusahaan pun sebaiknya memiliki laporan ini agar dapat mencocokkan antara anggaran dan jumlah yang telah direalisasikan di lapangan.

Untuk memenuhi manfaat dari laporan keuangan, laporan realisasi anggaran berfungsi sebagai penyedia informasi terkait anggaran serta realisasi entitas pelaporan pada suatu periode tertentu.

Apa yang Dimaksud dengan Laporan Realisasi Anggaran?

Pengertian laporan realisasi anggaran adalah laporan yang menyediakan berbagai informasi mengenai realisasi anggaran, pembiayaan, belanja dan lain sebagainya dan membandingkannya dengan jumlah anggaran di dalam suatu periode.

Pada umumnya, laporan tersebut menyajikan berbagai macam hal yang berhubungan dengan anggaran keuangan.

Adapun diantaranya berkaitan dengan alokasi, sumber serta penggunaan sumber daya keuangan yang biasanya dikelola pemerintah pusat maupun daerah.

Selain itu, perusahaan juga menyusun laporan ini dengan tujuan yang kurang lebih sama. Laporan ini dapat menujukkan apakah laporan keuangan yang disajikn valid dan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Unsur Laporan Realisasi Anggaran

Laporan realisasi anggaran sendiri mencakup beberapa unsur yakni pendapatan LRA, transfer, belanja dan pembiayaan.

Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pendapatan LRA

Unsur pertama yakni pendapatan laporan realisasi anggaran atau diartikan sebagai penerimaan dari Bendahara Umum Daerah/ Negara.

Bisa juga dari entitas pemerintah yang lain dengan menambah saldo untuk anggaran lebih pada suatu periode anggaran yang dimaksud serta menjadi hak pemerintah, dengan artian tidak harus dibayar kembali.

2. Belanja

Unsur berikutnya adalah belanja yang mencakup keseluruhan pengeluaran dari Bendahara Umum Daerah/ Negara.

Kegiatan belanja ini umumnya menurunkan saldo anggaran lebih  pada suatu periode anggaran yang bersangkutan.

Semua transaksi yang ada di dalam aktivitas belanja nantinya tidak diperoleh bayarannya kembali dari pemerintah.

3. Transfer

Transfer adalah penerimaan dan pengeluaran uang dari suatu entitas dengan entitas yang lain.

Termasuk didalamnya mencakup dana bagi hasil dan dana perimbangan atas suatu proyek.

Baca juga: Mengenal Anggaran Kas dan Cara Menyusunnya

4. Pembiayaan

Financing atau pembiayaan adalah setiap jenis transaksi pengeluaran atau penerimaan yang tidak akan mempengaruhi kekayaan suatu entitas.

Semua jenis pembiayaan wajib dibayar dan akan diterima lagi berdasarkan periode yang sudah ditetapkan.

Dalam anggaran pemerintah, unsur  ini bertujuan sebagai penutup defisit.

Baca juga: 10 Jenis Anggaran Perusahaan Jasa yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Laporan Realisasi Anggaran

laporan realisasi anggaran keuangan

Laporan realisasi anggaran menyajikan banyak informasi terkait pendapatan, transfer, belanja, defisit, surplus, serta pembiayaan pada suatu entitas.

Informasi ini nantinya bisa dijadikan acuan untuk mengevaluasi berbagai jenis pengambilan keputusan.

Antara lain meliputi pengalokasian sumber daya ekonomi, ketaatan entitas pelaporan pada anggaran, dan akuntabilitas.

Berdasarkan fakta tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa laporan realisasi anggaran mempunyai sejumlah manfaat, antara lain:

  1. Menyajikan informasi mengenai alokasi, sumber, dan pemakaian sumber daya ekonomi.
  2. Bisa dipakai untuk memprediksi sumber daya ekonomi untuk pendanaan kegiatan pemerintah pusat dan daerah dalam periode berikutnya.
  3. Dengan adanya data laporan tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi oleh pihak pengguna laporan terhadap keputusan yang akan dibuat. Dimana keputusan tersebut diambil ketika akan menggunakan sumber daya ekonomi, akuntabilitas, dan ketaatan dalam entitas pelaporan agar proses pengelolaan uang berjalan lancar.
  4. Hadirnya laporan realisasi dana tersebut memberikan rincian terhadap catatan kondisi keuangan secara menyeluruh. Sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai sumber informasi paling akurat untuk mengetahui efektifitas perolehan pendapatan dan realisasi dari sumber daya ekonomi.
  5. Laporan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membandingkan pendapatan dari pemakaian anggaran apakah sudah sesuai dengan peraturan UU atau belum. Laporan ini bermanfaat untuk mengambil keputusan soal alokasi sumber daya ekonomi lengkap dengan akuntabilitasnya pada periode mendatang.

Perlu diketahui, LRA uga dapat menyajikan informasi terkait berbagai perolehan dan penggunaan sumber daya ekonomi yang sudah dilaksanakan, apakah pemakaian tersebut efektif, efisien, hemat serta sesuai dengan anggaran dan peraturan dalam undang-undang atau tidak.

Baca juga: Tujuan, Manfaat, Beserta Tahapan Penyusunan Anggaran Belanja

Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran

Laporan yang baik dan benar pastinya harus bisa dipahami oleh siapa saja yang melihatnya atau membacanya.

Selain itu, laporan tersebut harus informatif. Contoh laporan yang enak dan mudah dibaca yakni laporan berbentuk chart/ grafik.

Dengan laporan yang dibuat dalam bentuk grafik ini, pastinya pembaca akan lebih mudah untuk mengerti dan memahaminya, sebab angka yang disajikan menjadi bentuk gambar terstruktur.

Adapun cara membuat laporan realisasi anggaran diantaranya berikut ini:

Membandingkan antara anggaran dan realisasi keuangan

Hal utama dalam laporan realisasi anggaran adalah perbandingan antara Realisasi Keuangan SKPD dan Anggaran SKPD.

Laporan yang disajikan dalam bentuk grafik dan tabel ini sangat penting.

Sebab laporan tersebut merupakan gambaran dari kinerja SKPD dimana laporannya selalu menjadi keutamaan Kepala Daerah.

Membandingkan antara anggaran kas dengan realisasi keuangan /pptk

Berdasarkan definisinya, anggaran kas dibuat untuk merencanakan arus khas keluar dan masuk.

Anggaran kas sangat penting karena mendukung kelancaran operasional sebuah organisasi.

Anggaran kas ini mencakup informasi mengenai rencana arus kas yang keluar dan dipakai untuk berbelanja atau keperluan lain dan juga arus kas masuk yang didapatkan dari sumber pendapatan lain.

Perbandingan komposisi anggaran dan realisasi keuangan per belanja

Perbandingan ini adalah salah satu bentuk pengolahan data nyata keuangan yang bisa dilaporkan kepada pihak atasan.

Proses perbandingan ini dilakukan dengan cara menyajikan perbandingan anggaran setiap jenis belanja.

Sehingga hal tersebut bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun anggaran pada periode laporan anggaran berikutnya.

Grafik tentang realisasi keuangan bulanan per program

Grafik yang dimaksudkan adalah untuk mengetahui tren serapan anggaran atau realisasi keuangan pada masing-masing periode.

Berdasarkan grafik tersebut, maka bisa diambil  acuan perencanaan kegiatan untuk periode laporan anggaran selanjutnya.

Baca juga: 5 Tips untuk Mengembangkan Bisnis dengan Anggaran yang Ketat

Perbandingan realisasi keuangan dengan progress fisik kegiatan

Dalam penjelasan di atas sudah diungkapkan bahwa laporan anggaran adalah salah satu ukuran kinerja.

Namun, hal tersebut menjadi lebih lengkap jika laporan realisasi keuangan disertai dengan laporan progress tentang fisik kegiatan.

Sehingga dari situlah akan terlihat jelas bagaimana progress dari kegiatan yang sedang berlangsung tersebut.

Di dalam membuat laporan realisasi anggaran, harus dicantumkan identifikasi jelas di setiap halaman laporan.

Misalnya nama dari entitas ataupun sarana entitas, mata uang yang dipakai, cakupan entitas pelaporan, periode cakupan, serta satuan angka yang digunakan.

Menyusun Laporan Realisasi Anggaran Jadi Lebih Mudah dengan Jurnal

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat laporan realisasi anggaran yang baik dan benar, Anda bisa menggunakan software akuntansi Mekari Jurnal.

Dengan Jurnal, Anda bisa membuat laporan keuangan dan juga menyusun anggaran sehingga nantinya akan memudahkan dalam membuat realisasi anggaran.

Adapun fitur dalam manajemen anggaran termasuk:

  • Biaya operasional lebih terkendali dan termonitor.
  • Lacak semua pengeluaran yang sudah atau yang harus dibayarkan berdasarkan kategori yang Anda butuhkan.
  • Mengatur anggaran beberapa bulan ke depan dengan otomatis.

Anda juga bisa membandingkan anggaran yang sudah Anda buat dengan jumlah transaksi rill pada laporan anggaran laba rugi.

Disini Anda akan mendapatkan layanan menarik mengenai pembuatan laporan realisasi anggaran serta aplikasi untuk memudahkanmu menyelesaikan tugas-tugas dengan cepat.

Jika laporan realisasi anggaran ini tidak dapat disajikan atau bahkan tidak tersedia dalam tempo waktu yang sudah ditetapkan, maka dapat menurunkan manfaat dari laporan itu sendiri.

Pelajari juga bagaimana aplikasi pembukuan android dapat membantu pekerjaan Anda.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung coba aplikasi Jurnal secara gratis selama 14 hari, atau hubungi sales kami langsung dengan menekan tombol di bawah ini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

 

 

Nah, demikian penjelasan lengkap mengenai apa itu laporan realisasi anggaran, unsur, manfaat dan cara membuat laporan ini, semoga bermanfaat!

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal