Mekari Jurnal
Daftar Isi

10 Jenis Anggaran Perusahaan Jasa yang Perlu Anda Ketahui

Tayang 06 Jul 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Apa saja jenis anggaran serta contoh yang perlu diketahui oleh perusahaan jasa? Sebut saja seperti anggaran induk atau perubahan modal? Berikut penjelasannya di Blog Mekari Jurnal.

Anggaran adalah suatu rencana perusahaan yang disusun secara tertata dan dijelaskan dalam satuan unit moneter pada periode waktu yang sudah ditentukan.

Anggaran dalam perusahaan biasanya digunakan untuk mengendalikan, mengawasi dan mengestimasi keuangan perusahaan. Anggaran biasanya disusun pada awal periode atau sebelumnya untuk jangka waktu satu tahun atau lebih.

Suatu bisnis atau perusahaan wajib memiliki perencanaan anggaran, baik perusahaan jasa, manufaktur, dagang atau jenis perusahaan lainnya.

Umumnya, jenis anggaran yang dibuat sama. Namun, ada beberapa jenis anggaran yang dibuat berbeda.

Misalnya, pada perusahaan dagang tidak ada kas untuk bahan baku, sementara pada perusahaan manufaktur ada anggaran untuk bahan baku.

Perbedaan ini dibuat berdasarkan kegiatan utama dari suatu perusahaan atau industri. Lalu apa saja jenis-jenis anggaran yang ada atau harus dibuat oleh perusahaan jasa?

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola anggaran keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jenis-Jenis Anggaran Pada Perusahaan Jasa

Berikut ini merupakan jenis serta contoh anggaran yang ada pada perusahaan jasa.

1. Anggaran Penjualan Perusahaan Jasa

Secara definisi, anggaran penjualan adalah suatu anggaran berisi informasi secara detail tentang penjualan perusahaan untuk masa yang akan datang.

Didalamnya terdapat informasi seperti jenis barang, jumlah, harga, waktu dan tempat penjualan. Anggaran penjualan merupakan anggaran yang sangat penting karena merupakan dasar untuk menyusun jenis anggaran lainnya.

2. Anggaran Tenaga Kerja Langsung

contoh anggaran perusahaan jasa adalah

Anggaran ini berisi informasi mengenai taksiran biaya tenaga kerja langsung selama satu periode anggaran. Anggaran tenaga kerja langsung juga merupakan dasar untuk menyusun anggaran kas dan anggaran laba rugi.

Untuk menyusun anggaran ini, biasanya menggunakan dua perhitungan dasar yaitu upah per jam dan upah unit per produk.

3. Anggaran Biaya Overhead Pabrik

Seperti halnya anggaran tenaga kerja langsung, anggaran biaya overhead pabrik juga merupakan dasar untuk menyusun anggaran kas dan anggaran laba rugi.

Anggaran overhead pabrik menjelaskan taksiran atau perkiraan biaya overhead pabrik selama satu periode kedepan.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Akuntansi Penganggaran dan Manfaatnya untuk Perusahaan

4. Anggaran Pengeluaran Modal

Anggaran pengeluaran modal adalah anggaran berupa informasi rencana perubahan aktiva tetap perusahaan selama periode anggaran.

Anggaran ini dibuat berdasarkan anggaran penjualan. Anggaran pengeluaran modal biasanya dijadikan dasar untuk membuat anggaran kas, anggaran overhead pabrik dan anggaran biaya non produksi.

5. Anggaran Beban Langsung Pelatihan Perusahaan Jasa

Anggaran beban langsung pelatihan adalah keseluruhan biaya yang dapat dianalisis atau ditelusuri dengan mudah yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pelatihan.

Beban-beban langsung pelatihan. Beban langsung pelatihan ini sangat berpengaruh terhadap keuntungan yang akan didapatkan oleh sebuah perusahaan jasa.

Diperlukan efisiensi dalam pengeluaran biaya pelatihan, namun tetap mendapatkan sebuah hasil yang maksimal.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

6. Anggaran Beban Tidak Langsung Pelatihan

Anggaran beban tidak langsung pelatihan adalah keseluruhan beban atau biaya yang harus dikeluarkan demi kelangsungan pelatihan.

Namun, biasanya anggaran ini sulit untuk dianalisis atau ditelusuri hingga kegiatan pelatihan.

Baca juga: 14 Macam Anggaran Keuangan yang Harus Dimiliki Perusahaan

7. Anggaran Kas Perusahaan Jasa

Anggaran kas merupakan perkiraan sumber penerimaan dan penggunaan kas selama satu periode.

Anggaran kas dapat dibuat menggunakan informasi dari anggaran operasi dan anggaran pengeluaran modal karena kas merupakan salah satu aset penting untuk perusahaan, maka menyusun atau membuat anggaran kas adalah hal yang penting.

Dengan membuat anggaran kas maka artinya perusahaan menjaga likuiditasnya.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

8. Anggaran Laba Rugi

contoh anggaran perusahaan jasa adalah

Anggaran laba rugi berisi informasi mengenai jumlah laba yang ingin dicapai oleh perusahaan atau rugi yang ditanggung perusahaan selama satu periode anggaran.

Untuk membuat anggaran laba rugi, Anda dapat menggunakan dasar informasi dari anggaran operasi, penjualan, biaya operasional dan biaya overhead.

9. Anggaran Neraca Perusahaan Jasa

Anggaran neraca menjelaskan rencana posisi keuangan seperti aktiva, utang dan modal perusahaan pada awal dan akhir periode anggaran.

Untuk membuat anggaran neraca saldo, Anda membutuhkan informasi dari anggaran kas dan anggaran laba rugi. Selanjutnya, anggaran neraca nantinya akan digunakan untuk menyusun anggaran posisi keuangan perusahaan.

Baca juga: 5 Tips untuk Mengembangkan Bisnis dengan Anggaran yang Ketat

10. Anggaran Perubahan Posisi Keuangan

Seperti namanya, anggaran perubahan posisi keuangan menjelaskan tentang rencana perubahan aktiva, modal serta utang selama periode anggaran.

Anggaran perubahan posisi keuangan berbeda dengan anggaran neraca, di mana anggaran ini menekankan informasi mengenai perubahannya.

Baca juga : Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Anggaran Perusahaan Dagang

Pantau Anggaran Perusahaan Jasa dengan Software Akuntansi Jurnal

Itulah beberapa jenis serta contoh anggaran yang ada pada perusahaan jasa. Sebuah anggaran akan mudah dibuat jika didukung dengan pengelolaan keuangan yang baik sehingga hasil dari kegiatan penganggaran akan akurat dan mendekati dengan realitas.

Untuk memudahkan dalam mengelola keuangan dan pembuatan laporan, Anda juga harus paham mengenai mengetahui siklus akuntansi pada perusahaan jasa dengan bantuan Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang mempermudah Anda dalam mengelola keuangan. Jurnal memiliki beberapa fitur yang mampu mempermudah anda menajalankan bisnis, seperti aplikasi gudang, aplikasi stok barang, pembukuan usaha, dan lain sebagainya.

Jurnal sebagai aplikasi akuntansi keuangan juga dilengkapi dengan fitur Manajemen Anggaran yang mempermudah Anda membuat anggaran keuangan bisnis, serta membandingkannya dengan transaksi rill yang dapat Anda lihat dalam Laporan Anggaran Laba-Rugi.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang aplikasi pembukuan usaha Jurnal, dapat Anda dapatkan di sini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Itulah penjelasan tentang jenis serta contoh anggaran yang harus dikelola dalam perusahana jasa. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal