Mekari Jurnal
Daftar Isi

Akuntansi Anggaran dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Tayang 01 Aug 2022
Diperbarui 14 Desember 2023

Pengertian akuntansi anggaran adalah? Apa saja unsur-unsur yang termasuk dalam jenis akuntansi ini? Simak penjelasannya di Blog Mekari Jurnal!

Menurut Governmental Accounting Standards Board (GASB), definisi anggaran (budget) adalah rencana operasi keuangan yang mencakup estimasi pengeluaran yang diusulkan dan sumber pendapatan yang diharapkan untuk membiayainya dalam periode waktu tertentu.

Akuntansi anggaran sendiri merupakan bagian dari akuntansi manajemen, di mana kegiatan ini menguraikan aktivitas keuangan dalam jangka waktu tertentu yang dijalankan melalui sistem analisa dan pengawasan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa itu Akuntansi Anggaran?

Pengertian akuntansi anggaran adalah salah satu bidang akuntansi yang berkaitan dengan perencanaan pengeluaran perusahaan yang kemudian bertujuan membandingkan dengan pengeluaran yang sebenarnya (aktual).

Dalam penerapannya pada perusahaan, akuntansi anggaran ini merupakan teknik akuntansi yang berperan untuk mencatat setiap peristiwa transaksi yang terjadi dan terdapat pada setiap anggaran yaitu mulai sejak pengesahan anggaran, dialokasikan ataupun yang dilaksanakan hingga saat penutupan buku anggaran akhir periode.

Unsur-Unsur Akuntansi Anggaran

Di bawah ini adalah beberapa unsur utama dalam akuntansi anggaran yang harus Anda ketahui:

Perencanaan

pengertian anggaran akuntansi adalah
Perencanaan merupakan penentuan terlebih dahulu tentang aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan di waktu yang akan datang dengan spesifikasi khusus, misalnya disusun secara sistematis mencakup seluruh kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam unit (satuan) moneter.

Beberapa alasan diperlukannya rencana bagi perusahaan:

  • Adanya ketidakpastian di masa yang akan datang
  • Banyaknya alternatif di masa yang akan datang
  • Rencana merupakan pedoman kerja perusahaan
  • Rencana sebagai alat koordinasi kegiatan dari seluruh bagian yang ada di perusahaan
  • Rencana sebagai alat pengawasan (control) terhadap pelaksanaan

Kegiatan Perusahaan

Unsur ini bermakna bahwa budget mencakup semua kegiatan yang akan dilakukan oleh semua bagian yang ada dalam perusahaan, (pemasaran, produksi, pembelanjaan, administrasi dan kegiatan yang berkaitan dengan sumber daya manusia).

Unit Satuan Moneter

menggunakan satuan rupiah

Budget dinyatakan dalam satuan moneter yang dapat diterapkan pada berbagai kegiatan perusahaan yang beraneka ragam, yakni satuan rupiah, mengingat satuan dari berbagai kegiatan pada dasarnya berbeda misalnya untuk bahan mentah kilogram, tenaga kerja jam kerja per minggu dan seterusnya.

Periode Waktu

Unsur ini menyatakan bahwa budget berlaku untuk masa datang dalam jangka waktu tertentu.

Dengan adanya hal ini berarti bisa dikatakan bahwa apa yang dimuat dalam budget adalah taksiran-taksiran (forecast) tentang apa yang akan terjadi serta apa yang akan dilakukan di waktu yang akan datang dalam satu periode yang telah ditentukan.

Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jenis-Jenis Anggaran

Terdapat 2 jenis anggaran, yaitu:

  • Budget strategis adalah anggaran yang berlaku untuk jangka panjang yaitu melebihi satu periode akuntansi (melebihi 1 tahun)
  • Budget taktis adalah budget yang berlaku untuk jangka pendek.

Budget yang disusun untuk 1 periode akuntansi (setahun penuh) dinamakan budget periodik (periodikal budget).

Sedangkan budget yang disusun untuk jangka waktu kurang dari satu periode akuntansi misalnya jangka tiga bulanan, dan sebagainya disebut sebagai budget bertahap (continous budget).

Anggaran (budget) yang baik haruslah mencakup seluruh kegiatan perusahaan, yang sering dinamakan budget komprehensif.

Secara garis besar isi dari budget komprehensif terdiri dari:

  • Budget Taksiran (Forecasting Budget) berisi taksiran-taksiran tentang kegiatan-kegiatan perusahaan dan keadaan (posisi) finansial perusahaan pada saat tertentu pada waktu yang akan datang.
  • Budget Variabel berisi tentang tingkat perubahan atau variabilitas biaya, khususnya biaya-biaya yang termasuk kelompok biaya ”semi-variabel” sehubungan dengan adanya produktivitas perusahaan. Analisa Statistika dan Matematika Pembantu yang dipergunakan untuk membuat taksiran-taksiran serta mengadakan penilaian (evaluasi) dalam rangka mengadakan pengawasan kerja.
  • Laporan Budget (Budget Report), yaitu laporan tentang realisasi pelaksanaan budget yang dilengkapi dengan berbagai analisa perbandingan antara budget dan realisasinya sehingga dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dan sebab-sebabnya, baik yang bersifat positif (menguntungkan) maupun negatif (merugikan), sehingga dapat ditarik kesimpulan dan tindak lanjut (follow-up) yang segera perlu dilakukan.

Kegunaan Akuntansi Anggaran

Berikut adalah kegunaan dari akuntansi anggaran:

  • Sebagai pedoman kerja. Anggaran berfungsi sebagai pedoman kerja dan memberikan arah serta target-target yang harus dicapai oleh kegiatan-kegiatan perusahaan pada waktu yang akan datang.
  • Sebagai alat koordinasi kerja. Dengan adanya anggaran semua bagian-bagian yang terdapat di dalam perusahan dapat saling menunjang dan bekerja sama dengan baik, untuk menuju pada sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
  • Sebagai alat pengawasan atau pengendalian. Anggaran berfungsi sebagai tolok ukur (alat pembanding) untuk menilai dan mengevaluasi realisasi kegiatan perusahaan pada masa yang akan datang.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Penyusunan Akuntansi Anggaran

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan akuntansi anggaran:

  • Faktor internal adalah faktor-faktor yang ada dalam perusahaan itu sendiri. Faktor-faktor tersebut antara lain berupa penjualan tahun lalu, kebijaksanaan perusahaan, modal kerja yang dimiliki, tenaga kerja yang dimiliki, kapasitas perusahaan yang dimiliki, dan lain-lain.
  • Faktor eksternal adalah faktor-faktor yang ada di luar perusahaan tapi memengaruhi kehidupan perusahaan. Faktor-faktor tersebut antara lain berupa keadaan persaingan, tingkat pertumbuhan penduduk, penghasilan masyarakat, pendidikan masyarakat, penyebaran penduduk, agama, adat-istiadat dan kebiasaan masyarakat, dan lain-lain.

Baca juga: 4 Cara Menyusun Anggaran Keuangan Perusahaan Manufaktur

Merencanakan Akuntansi Anggaran dengan Jurnal

Melalui penjelasan di atas, Anda dapat memahami tentang pengertian akuntansi anggaran dan jenis-jenisnya.

Dalam proses menghitung dan menentukan anggaran tentunya perusahaan akan lebih mudah jika telah menggunakan otomatisasi dalam bidang akuntansi dengan software akuntansi terbaik seperti Jurnal.

Dengan bantuan Jurnal, dapatkan kemudahan untuk menentukan besaran anggaran yang dibutuhkan dan mengambil keputusan penting secara cepat dan efisien kapanpun dan dimanapun.

Selain itu Jurnal juga bisa membantu program inventaris barang yang efektif. Dapatkan informasi harga software akuntansi dan fitur selengkapnya di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah kira-kira pengertian akuntansi anggaran. Sekali lagi akuntansi anggaran adalah salah satu bidang akuntansi yang berkaitan dengan perencanaan pengeluaran perusahaan.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal