Anggaran Penjualan: Definisi, Manfaat, dan Cara Membuat

Apa itu anggaran penjualan (sales budget)? Apa saja manfaat yang dimiliki serta bagaimana cara membuat anggaran penjualan? Blog Mekari Jurnal akan mengulasnya di sini!

Setiap perusahaan membutuhkan rencana penjualan.

Tanpa adanya rencana, perusahaan akan kehilangan jejak tujuan penjualan, kehilangan momentum, dan akhirnya, kehilangan uang.

Nah, agar perusahaan lebih mudah dalam menyusun rencana penjualan yang konkret dan mempermudah manajemen penjualan, maka diperlukan anggaran penjualan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu anggaran penjualan, manfaatnya, hingga panduan cara membuatnya untuk bisnis Anda.

Apa Itu Anggaran Penjualan (Sales Budget)?

Anggaran penjualan adalah perkiraan unit yang diharapkan yang ingin dijual oleh perusahaan selama periode waktu tertentu dan pendapatan yang akan dihasilkan darinya.

Anggaran ini menjadi dasar untuk mempersiapkan laporan laba rugi dalam sebuah bisnis.

Umumnya, pihak manajemen menyusun anggaran ini dengan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Di antaranya lingkungan bisnis, kondisi ekonomi secara keseluruhan, intensitas persaingan di pasar, kapasitas produksi, dana yang tersedia, dan lain-lain.

Dalam bisnis, sales budget bertindak sebagai tolak ukur untuk mengevaluasi kinerja perusahaan.

Jenis anggaran ini berguna sebagai pengingat untuk memenuhi rencana dan target.

Juga, jika kinerja aktual perusahaan tidak sesuai dengan angka yang dianggarkan, perusahaan dapat mengambil tindakan korektif tepat waktu.

Sales budget bisa dikatakan sebagai dasar di mana anggaran lain disiapkan dalam sebuah organisasi.

Oleh karena itu, persiapannya harus Anda lakukan dengan penuh ketelitian.

Misalnya, perusahaan bisa menggunakan sales budget untuk membantu menyiapkan anggaran produksi karena produksi bergantung pada jumlah penjualan yang direncanakan.

Begitu juga dengan anggaran pembelian atau anggaran SDM yang akan secara langsung bergantung pada kuantitas yang ingin dijual.

Jika prediksi anggaran penjualan ternyata gagal memenuhi harapan, itu bisa jadi bencana bagi perusahaan.

Apalagi jika hal tersebut terjadi ketika telah melakukan pembelian yang sesuai atau mempekerjakan tenaga tambahan untuk memenuhi angka penjualan.

Sebaliknya, dengan prediksi anggaran yang rendah, maka perusahaan mungkin akan kekurangan bahan dan tenaga kerja sehingga menyebabkan turunnya peluang penjualan.

Baca juga: 5 Tips Mengembangkan Bisnis dengan Anggaran Ketat

Manfaat Anggaran Penjualan

pengertian cara membuat anggaran penjualan adalah

Sebuah perusahaan perlu menyusun sales budget karena terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memprediksi Jumlah Produksi

Manfaat pertama dari menyusun anggaran penjualan adalah dapat memberikan jawaban atas pertanyaan penting seperti jumlah produksi.

Selain itu, anggaran ini juga menetapkan target bagi karyawan untuk menjual dan menghasilkan pendapatan.

Dengan begitu, karyawan bisa lebih termotivasi dan bekerja keras untuk mencapai tujuan dan target produksi tersebut.

Anggaran ini juga membantu manajemen secara tepat mengalokasikan sumber daya ekonomi yang terbatas untuk barang, jasa, dan wilayah yang direncanakan.

2. Estimasi Biaya Overhead dan Penyusunan Anggaran

Anggaran penjualan juga berguna dalam membantu memperkirakan biaya overhead yang terkait dengan administrasi dan penjualan.

Biaya tersebut tidak termasuk biaya produksi dan harus dianggarkan dengan benar.

Dengan demikian, manajemen dapat menyiapkan anggaran untuk belanja administrasi, iklan dan publisitas, belanja distribusi, rekrutmen, dan departemen sumber daya manusia.

3. Estimasi Arus Kas

Sales budget juga bermanfaat untuk membantu manajemen memastikan total pendapatan yang diharapkan dari aktivitas penjualan selama periode anggaran.

Dengan begitu, manajemen bisa terbantu dalam mengawasi posisi likuiditas perusahaan.

4. Ukuran Kontrol

Sangat penting untuk mengukur kinerja tim penjualan dan angka penjualan adalah pilar di mana semua divisi lain bergantung.

Manajemen dapat terus memeriksa angka penjualan aktual dari angka yang dianggarkan.

Dengan demikian, pengecekan penyimpangan dari anggaran bisa dilakukan tepat waktu, sehingga dapat mengambil tindakan yang efektif untuk mengisi kesenjangan tersebut.

Cara Membuat Anggaran Penjualan

anggaran penjualan adalah

Terdapat tujuh langkah dasar untuk mempersiapkan atau membuat anggaran penjualan, yaitu adalah sebagai berikut:

1. Pilih Periode yang Tepat

Pertama, Anda harus memutuskan periode penganggaran. Jangka waktu ini biasanya bulanan, triwulanan, atau tahunan.

Periode yang Anda pilih akan tergantung pada apa yang dijual dan dibutuhkan oleh bisnis Anda.

Jika produk Anda konsisten sepanjang tahun, maka anggaran bulanan bisa jadi periode terbaik yang bisa Anda pilih.

Akan tetapi jika produk Anda berubah-ubah tergantung musim, maka anggaran triwulanan mungkin akan lebih cocok.

2. Cek Persediaan dan Harga

Untuk memprediksi penjualan di masa depan, Anda perlu mengetahui tentang ketersediaan produk dan harganya apakah akan berubah atau tidak.

Periksa kondisi dan ketersediaan produk serta pertimbangkan apakah harganya lebih baik tidak berubah, dinaikkan, atau diturunkan.

Pastikan juga apakah Anda akan mendapatkan produk baru atau tidak.

Pertimbangan-pertimbangan inilah yang akan membantu Anda memprediksi penjualan yang diharapkan dengan lebih akurat.

3. Periksa Data Penjualan Anda di Periode Sebelumnya

Langkah selanjutnya dalam membuat anggaran penjualan adalah meninjau data dari periode sebelumnya yang cocok dengan periode sales budget Anda saat ini.

Cara ini tidak hanya membuat prediksi Anda lebih mudah tetapi juga membuatnya lebih realistis.

Katakanlah Anda menyusun sales budget untuk periode saat ini dan dua periode sebelumnya menunjukkan peningkatan penjualan kurang dari 2%.

Nah, supaya lebih realistis sebaiknya Anda tidak memprediksi peningkatan penjualan terlalu jauh (misal 10%) untuk periode mendatang.

4. Bandingkan Data Anda dengan Industri Saat Ini

Penting untuk menyelaraskan data sales budget Anda dengan pasar dan persaingan saat ini.

Dengan membandingkan data penjualan Anda dengan data perusahaan serupa lainnya, Anda dapat memperoleh perspektif tentang penyesuaian tujuan penjualan Anda

5. Konsultasikan dengan Tim Penjualan dan Pelanggan Anda

Supaya memperoleh feedback yang berharga untuk menginformasikan sales budget, ada baiknya konsultasikan hal ini dengan tim penjualan dan pelanggan Anda.

Tim penjualan notabenenya lebih dekat dengan pelanggan Anda, sehingga mereka dapat memberi tahu Anda lebih banyak tentang harapan, kekecewaan, dan keinginan pembeli.

Selain itu, orang yang menggunakan produk Anda juga akan memiliki wawasan untuk dibagikan.

Jadi, mintalah umpan balik pelanggan agar Anda bisa mempelajari kebutuhan, keinginan, dan kesulitan yang dialami pelanggan.

Berkomunikasi dengan pelanggan Anda juga meningkatkan kepercayaan pada perusahaan Anda dan merupakan strategi penjualan sosial yang cukup efektif.

6. Menilai Tren Pasar Saat Ini

Terkadang, sulit untuk mengendalikan pasar agar sesuai dengan bisnis Anda.

Apalagi karena pandemi begitu berdampak pada bisnis, sales budget 2021 dan 2022 perlu mempertimbangkan faktor tambahan.

Misalnya, biaya yang mungkin Anda perlukan untuk pengiriman jika pembelian di toko tetap rendah.

Ingatlah bagaimana peristiwa terkini dapat memengaruhi bahkan pelanggan Anda yang paling loyal.

7. Buat Anggaran Penjualan

Setelah mempertimbangkan dan menyelesaikan semua langkah di atas, Anda bisa mulai membuat anggaran penjualan.

Metode yang biasa digunakan untuk menyusun anggaran penjualan adalah dengan mengikuti perencanaan bottom-up.

Teknik perencanaan ini menyiratkan bahwa setiap kepala divisi akan bertanggung jawab untuk menyediakan angka penjualan masa depan dan prediksi pendapatan yang diharapkan.

Data laporan ini kemudian diberikan ke divisi penjualan pusat yang akan menyelesaikan sales budget perusahaan.

Baca juga: 4 Tahapan Penyusunan Anggaran Belanja Perusahaan

Rencanakan Anggaran Penjualan dengan Menggunakan Software Akuntansi Mekari Jurnal

contoh budget management

Untuk merencanakan anggaran bisnis, Anda bisa memanfaatkan aplikasi untuk keuangan Mekari Jurnal.

Jurnal merupakan software as a service yang menyediakan layanan akuntansi bisnis mulai dari rekapitulasi laporan transaksi keuangan, pembuatan invoice, laporan keuangan, manajemen persediaan stok barang, rekonsiliasi bank, hingga manajemen anggaran.

Coba gratis Jurnal selama 14 hari atau segera jadwalkan demo langsung dengan tim sales dengan menekan tombol di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, itu dia informasi seputar anggaran penjualan yang penting untuk Anda ketahui.

Dengan menyusun sales budget yang akurat, maka penentuan kebijakan bisnis perusahaan di masa depan juga bisa lebih bijak.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo