Anggaran belanja umumnya merujuk pada daftar rencana seluruh biaya dan pendapatan. Anggaran belanja merupakan konsep penting dalam ekonomi mikro yang menggunakan garis anggaran untuk mengilustrasikan penjualan antara 2 barang atau lebih. Dengan kata lain, anggaran belanja merupakan rencana perusahaan yang dinyatakan dalam istilah moneter.

 

Terdapat berbagai jenis anggaran belanja, yakni anggaran belanja penjualan, anggaran belanja produksi, anggaran belanja tunai, anggaran belanja pemasaran, anggaran belanja proyek, anggaran belanja pendapatan, dan anggaran belanja ekspeditur.

 

Tujuan Pembuatan Anggaran Belanja

Di bawah ini adalah beberapa tujuan dibuatnya anggaran belanja perusahaan.

– Menyediakan perkiraan pendapatan dan ekspeditur, yakni membangun model bagaimana bisnis dapat berjalan secara finansial jika menjalankan strategi, peristiwa, dan rencana tertentu.

– Memungkinkan operasi keuangan bisnis yang sebenarnya untuk diukur terhadap perkiraan.

 

Manfaat Penyusunan Anggaran Belanja Perusahaan

Adapun manfaat dari menyusun anggaran belanja perusahaan, antara lain:

– Usaha yang dilakukan oleh perusahaan akan berjalan mulus dan berhasil karena ditunjang dengan kebijakan yang relevan serta perencanaan keuangan yang matang.

– Membantu dan memudahkan manajer dalam mengelola dan melaksanakan setiap kegiatan perusahaan.

 

Cara Menyusun Anggaran Belanja dengan Baik

a. Penentuan Pedoman Anggaran

Pedoman anggaran belanja perusahaan didasarkan pada anggaran belanja selama setahun yang telah dibuat dan dipersiapkan beberapa bulan sebelum anggaran tahun berikutnya. Dalam penyusunan ini, dikenal manajemen puncak sebagai dasar dalam menyusun anggaran belanja. Kegiatan manajemen puncak antara lain:

– Penetapan rencana besar perusahaan sebagai dasar penyusunan anggaran belanja perusahaan. Rencana besar ini disusun layaknya tujuan, asumsi, dan juga kebaikan dari anggaran belanja yang dibuat.

– Pembentukan panitia untuk menyusun anggaran belanja perusahaan selama periode tertentu.

b. Persiapan Anggaran

Setelah aktivitas manajemen puncak, perusahaan membutuhkan waktu untuk mempersiapkan anggaran. Dalam hal ini yang melakukan persiapan tidak hanya staf di bagian keuangan saja, melainkan dibutuhkan kerja sama yang solid dari semua divisi supaya penganggaran berjalan sempurna.

c. Penentuan Anggaran

Langkah selanjutnya adalah menentukan anggaran belanja perusahaan yang telah dibicarakan dan dipersiapkan sebelumnya oleh banyak pihak di perusahaan. Ada 3 tahapan dalam penentuan anggaran, antara lain:

– Masing-masing karyawan dari tiap bidang membicarakan dan merundingkan hasil dari persiapan yang telah dilakukan agar anggaran belanja yang disusun nantinya mampu mengakomodasi kebutuhan tiap-tiap bagian.

– Koordinasi dan penelaahan komponen anggaran belanja yang telah disusun.

– Pengesahan dan juga pendistribusian anggaran yang merata ke seluruh bagian.

Dalam tahap ini, pihak manajemen perusahaan dan direksi akan melakukan pengesahan setelah melakukan uji kelayakan dan pengkajian dari tiap anggaran belanja perusahaan yang disusun oleh tiap-tiap bagian perusahaan yang nantinya berkedudukan sebagai pengguna anggaran.

d. Pelaksanaan Anggaran

Tahapan terakhir adalah pelaksanaan anggaran belanja perusahaan. Tahapan ini merupakan langkah terakhir dari penyusunan anggaran yang kemudian akan diputus dalam keputusan tunggal. Masing-masing pengguna anggaran di tiap bagian perusahaan akan mulai melaksanakan anggaran belanja sebagaimana yang telah disepakati dalam anggaran belanja perusahaan. Dalam hal ini tiap manajer akan mengawasi kemudian melaporkannya ke direksi apakah pelaksanaan anggaran sesuai dengan perencanaan yang disepakati sebelumnya atau tidak.

 

Itulah beberapa langkah dan tahapan yang dilakukan dalam rangka menyusun anggaran belanja perusahaan. Semakin cermat dan detail dalam penyusunannya, maka akan semakin mudah perusahaan untuk menjalankan kegiatan usahanya.

Untuk membuat atau menyusun anggaran keuangan, Anda dapat menggunakan software akuntansi online Jurnal. Dengan fitur Manajemen Anggaran pada Jurnal, Anda dapat menyusun anggaran keuangan dengan mudah dan cepat. Anda juga bisa membandingkan anggaran yang sudah Anda buat dengan jumlah transaksi rill pada laporan Anggaran Laba Rugi. Untuk informasi selengkapnya mengenai Jurnal dan segala fiturnya, silakan klik di sini.

Author