Daftar Isi
6 min read

4 Tahapan Penyusunan Anggaran Belanja Perusahaan

Tayang 16 May 2023
Diperbarui 3 Nov 2023

Bagaimana cara penyusunan anggaran belanja keuangan untuk perusahaan baik yang bergerak di bidang manufaktur, jasa, ataupun dagang? Berikut penjelasannya dari Blog Mekari Jurnal.

Penyusunan anggaran belanja umumnya merujuk pada daftar rencana seluruh biaya dan pendapatan.

Anggaran belanja merupakan konsep penting dalam ekonomi mikro yang menggunakan garis anggaran untuk mengilustrasikan penjualan antara 2 barang atau lebih.

Dengan kata lain, anggaran belanja merupakan rencana perusahaan yang dinyatakan dalam istilah moneter.

Terdapat berbagai jenis anggaran belanja yakni penjualan, produksi, tunai, pemasaran, proyek, pendapatan, dan ekspeditur.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Penyusunan anggaran belanja merupakan sesuatu yang krusial. Pahami tujuan, manfaat, serta tahapan penyusunan anggaran belanja berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Anggaran?

Penyusunan anggaran atau budgeting adalah merupakan sebuah rencana yang dibuat juga disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan dalam perusahaan untuk periode dan jangka waktu tertentu di masa mendatang.

Oleh karena itu, rencana budgeting yang disusun ini dinyatakan dalam bentuk unit moneter.

Maka dari itu anggaran belanja seringkali disebut juga dengan rencana keuangan.

Dalam budgeting, satuan kegiatan dan satuan uang disini menempati posisi penting dalam arti segala kegiatan akan dikuantifikasikan dalam satuan uang.

Sehingga kedepannya dapat diukur untuk parameter pencapaian efisiensi dan efektivitas dari kegiatan yang dilakukan.

Penganggaran disini juga merupakan komitmen resmi manajemen yang terkait dengan harapan manajemen tentang pendapatan, biaya dan beragam transaksi keuangan dalam jangka waktu tertentu di masa mendatang.

Baca Juga : Faktur Penjualan Adalah: Fungsi, Jenis, dan Cara Pembuatannya

Tujuan Penyusuan atau Pembuatan Anggaran Belanja

61% usaha atau perusahaan menengah kebawah belum membuat anggaran belanja formal. Tanpa penyusunan anggaran, Anda mungkin tidak memahami secara pasti bagaimana kinerja bisnis Anda bekerja.

Di bawah ini adalah beberapa tujuan dibuatnya anggaran belanja perusahaan:

  • Menyediakan perkiraan pendapatan dan ekspeditur, yakni membangun model bagaimana bisnis dapat berjalan secara finansial jika menjalankan strategi, peristiwa, dan rencana tertentu.
  • Memahami dan mengawasi berapa banyak anggaran keuangan yang dimiliki, berapa banyak yang telah dibelanjakan, dan berapa banyak diperlukan di masa depan.
  • Menjadi salah satu acuan penting dalam memutuskan keputusan penting mengenai finansial perusahaan.
  • Menjaga berjalannya finansial dan operasional perusahaan dari hutang atau mengurangi hutang yang sedang berjalan.

Baca juga: 14 Macam Anggaran Keuangan yang Harus Dimiliki Perusahaan

Manfaat Penyusunan Anggaran Belanja Perusahaan 

proses penyusunan anggaran belanja perusahan terbagi menjadi empat langkah

Dengan penyusunan budgeting usaha perusahaan akan lebih banyak berhasil apabila ditunjang dengan beberapa kebijaksanaan yang terarah dan dibantu oleh perencanaan budgeting yang matang.

Perusahaan yang berkecenderungan memandang ke depan, akan selalu memikirkan apa yang mungkin dilakukannya terkait budgeting pada masa yang akan datang.

Sehingga dalam pelaksanaannya, perusahaan ini tinggal berpegangan pada semua rencana budgeting yang telah disusun sebelumnya.

Di mana, bagaimana, mengapa, kapan, adalah beberapa pertanyaan yang selalu mereka kembangkan dalam kegiatan sehari-hari.

Apabila pada suatu kesempatan hal ini ditanyakan kepada seorang General Manager yang sukses, maka sering didapatkan jawaban bahwa ide-ide untuk kegiatan pada waktu mendatang pada umumnya didasarkan pada jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas.

Dalam perusahaan perusahaan manufaktur (pabrik) kegiatan akan dilakukan dengan lebih efisien dan tingkat keuntungan akan lebih besar apabila management memperhatikan rencana untuk aktivitas budgetingnya di masa depan.

Seperti dengan Heckerts dan Wilson yang mengatakan bahwa manfaat utama daripada anggaran bisnis adalah dapat ditentukannya kegiatan paling menguntungkan yang akan dilakukan.

Adapun manfaat dari menyusun dan penyusunan anggaran belanja perusahaan, antara lain:

  • Usaha yang dilakukan oleh perusahaan akan berjalan mulus dan berhasil karena ditunjang dengan kebijakan yang relevan serta perencanaan keuangan yang matang.
  • Membantu dan memudahkan manajer dalam mengelola dan melaksanakan setiap kegiatan perusahaan.

Tahapan Proses Penyusunan Anggaran Belanja dengan Baik

proses dan tahapan dalam menyusun anggaran belanja

a. Penentuan Pedoman Penyusunan

Tahap pertama yaitu menentukan pedoman anggaran, pedoman ini dapat Anda buat berdasarkan anggaran belanja selama satu tahun sebelumnya dengan penyesuain kegiatan tahun anggaran berikutnya.

Anggaran belanja sebaiknya dibuat dan di siapkan beberapa bulan sebelum tahun anggaran baru dimulai. Pada tahap ini, peran manajemen puncak akan sangat berpengaruh.

Manajemen puncak dapat menetapkan rencana anggaran perusahaan manufaktur sebagai dasar untuk menyusun anggaran belanja. Adapun rencana tersebut sebaiknya juga meliputi tujuan, asumsi, dan manfaat dari anggaran yang akan dibuat.

Selain itu, manajemen puncak juga harus membentuk panitia untuk menyusun anggaran belanja sehingga tugas dan tanggung jawab akan jelas.

Baca Juga : 5 Tempat yang Cocok untuk Menemukan Inspirasi Bisnis

b. Persiapan

Persiapan anggaran tidak hanya dilakukan oleh manajemen puncak dan staf bagian akuntansi saja tetapi semua divisi yang ada di perusahaan juga harus berperan.

Pada tahap ini kerjasama yang solid dari semua pihak akan sangat membantu untuk berjalannya kegiatan.

tahap persiapan dan pelaksanaan dalam perencanaan angggaran membutuhkan kerjasama yang solid dari semua pihak untuk mensukseskan berjalannya kegiatan

c. Penentuan

Tahapan selanjutnya adalah menentukan anggaran belanja perusahaan yang telah dibicarakan dan dipersiapkan sebelumnya oleh banyak pihak di perusahaan.

Ada 3 tahapan dalam penentuan anggaran, antara lain:

  1. Masing-masing karyawan dari tiap bidang membicarakan dan merundingkan hasil dari persiapan yang telah dilakukan agar budgeting belanja yang disusun nantinya mampu mengakomodasi kebutuhan tiap-tiap bagian.
  2. Koordinasi dalam penyusunan dan penelaahan komponen anggaran belanja yang telah disusun.
  3. Pengesahan dan juga pendistribusian budgeting yang merata ke seluruh bagian.

Dalam tahap ini, pihak manajemen perusahaan dan direksi akan melakukan pengesahan setelah melakukan uji kelayakan dan pengkajian dari tiap anggaran belanja perusahaan yang disusun oleh tiap-tiap bagian perusahaan yang nantinya berkedudukan sebagai pengguna anggaran.

Baca juga: Metode & Format Menyusun #Budgeting Laba Rugi untuk Bisnis Anda

d. Pelaksanaan

Bagian akhir dalam menyusun anggaran biaya belanja perusahaan adalah tahap pelaksanaan.

Tahapan ini merupakan prosedur terakhir dari penyusunan budgeting yang kemudian akan diputus dalam keputusan tunggal.

Masing-masing pengguna budgeting di tiap bagian perusahaan akan mulai melaksanakan budgeting sebagaimana yang telah disepakati dalam anggaran belanja perusahaan.

Dalam hal ini tiap manajer akan mengawasi kemudian melaporkannya ke direksi apakah pelaksanaan anggaran sesuai dengan perencanaan yang disepakati sebelumnya atau tidak.

Itulah beberapa prosedur dan tahapan yang dilakukan dalam rangka penyusunan anggaran belanja perusahaan.

Semakin cermat dan detail dalam penyusunannya, maka akan semakin mudah perusahaan untuk menjalankan kegiatan usahanya.

Supaya hal ini dapat diraih tentu saja dibutuhkan software keuangan perusahaan yang tepat.

Baca Juga : Metode & Format Menyusun Budgeting Laba Rugi untuk Bisnis

Penyusunan Anggaran Perusahaan Lebih Mudah dengan Bantuan Fitur Aplikasi Mekari Jurnal

Untuk membuat atau menyusun bujet keuangan, Anda dapat menggunakan software akuntansi online Mekari Jurnal.

Dengan fitur manajemen bujet pada software keuangan dari Mekari Jurnal, Anda dapat menyusun keuangan dengan mudah dan cepat.

Anda juga bisa membandingkan anggaran belanja yang sudah Anda buat dengan jumlah transaksi rill pada laporan keuangan jurnal dan laba rugi.

Dapatkan informasi mengenai Mekari Jurnal selengkapnya di sini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa tahapan dan prosedur dalam menyusun anggaran belanja sebuah perusahaan. Semoga bermanfaat!

Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal