Jurnal Enterpreneur

Tujuan, Manfaat, Beserta Tahapan Penyusunan Anggaran Belanja

Penyusunan anggaran belanja umumnya merujuk pada daftar rencana seluruh biaya dan pendapatan. Seperti apa? Blog Jurnal by Mekari akan mengulasnya disini.

Anggaran belanja merupakan konsep penting dalam ekonomi mikro yang menggunakan garis anggaran untuk mengilustrasikan penjualan antara 2 barang atau lebih.

Dengan kata lain, anggaran belanja merupakan rencana perusahaan yang dinyatakan dalam istilah moneter.

Terdapat berbagai jenis anggaran belanja, yakni anggaran belanja penjualan, belanja produksi, belanja tunai, belanja pemasaran, belanja proyek, belanja pendapatan, dan belanja ekspeditur.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Untuk lebih memahami topik ini, kita mulai dengan memahami pengertiannya.

Pengertian Anggaran Adalah Sebagai Berikut

Penyusunan anggaran atau budgeting adalah merupakan sebuah rencana yang dibuat juga disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan dalam perusahaan untuk periode dan jangka waktu tertentu di masa mendatang.

Oleh karena itu rencana budgeting yang disusun ini dinyatakan dalam bentuk unit moneter.

Maka dari itu anggaran belanja seringkali disebut juga dengan rencana keuangan.

Dalam budgeting, satuan kegiatan dan satuan uang disini menempati posisi penting dalam arti segala kegiatan akan dikuantifikasikan dalam satuan uang.

Sehingga kedepannya dapat diukur untuk parameter pencapaian efisiensi dan efektivitas dari kegiatan yang dilakukan.

Penganggaran disini juga merupakan komitmen resmi manajemen yang terkait dengan harapan manajemen tentang pendapatan, biaya dan beragam transaksi keuangan dalam jangka waktu tertentu di masa mendatang.

Baca Juga : Manfaat dan Cara Membuat Faktur Penjualan untuk Bisnis Anda

Tujuan Penyusuan Pembuatan Anggaran Belanja

Penyusunan anggaran belanja merupakan sesuatu yang krusial. Pahami tujuan, manfaat, serta tahapan penyusunan anggaran belanja berikut ini.

Di bawah ini adalah beberapa tujuan dibuatnya anggaran belanja perusahaan.

  • Menyediakan perkiraan pendapatan dan ekspeditur, yakni membangun model bagaimana bisnis dapat berjalan secara finansial jika menjalankan strategi, peristiwa, dan rencana tertentu.
  • Memungkinkan operasi keuangan bisnis yang sebenarnya untuk diukur terhadap perkiraan.

Baca juga: 14 Macam #Anggaran Keuangan yang Harus Dimiliki Perusahaan

Manfaat Penyusunan Anggaran Belanja Perusahaan Adalah Sebagai Berikut

10 Jenis Anggaran Perusahaan Jasa yang Perlu Anda Ketahui

Dengan penyusunan budgeting usaha perusahaan akan lebih banyak berhasil apabila ditunjang dengan beberapa kebijaksanaan yang terarah dan dibantu oleh perencanaan budgeting yang matang.

Perusahaan yang berkecenderungan memandang ke depan, akan selalu memikirkan apa yang mungkin dilakukannya terkait budgeting pada masa yang akan datang.

Sehingga dalam pelaksanaannya, perusahaan ini tinggal berpegangan pada semua rencana budgeting yang telah disusun sebelumnya.

Di mana, bagaimana, mengapa, kapan, adalah beberapa pertanyaan yang selalu mereka kembangkan dalam kegiatan sehari-hari.

Apabila pada suatu kesempatan hal ini ditanyakan kepada seorang General Manager yang sukses, maka sering didapatkan jawaban bahwa ide-ide untuk kegiatan pada waktu mendatang pada umumnya didasarkan pada jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas.

Dalam perusahaan perusahaan manufaktur ( pabrik) kegiatan akan dilakukan dengan lebih efisien dan tingkat keuntungan akan lebih besar apabila management memperhatikan rencana untuk aktivitas budgetingnya di masa depan.

Seperti dengan Heckerts dan Wilson yang mengatakan bahwa manfaat utama daripada anggaran bisnis adalah dapat ditentukannya kegiatan paling menguntungkan yang akan dilakukan.

Adapun manfaat dari menyusun dan penyusunan anggaran belanja perusahaan, antara lain:

  • Usaha yang dilakukan oleh perusahaan akan berjalan mulus dan berhasil karena ditunjang dengan kebijakan yang relevan serta perencanaan keuangan yang matang.
  • Membantu dan memudahkan manajer dalam mengelola dan melaksanakan setiap kegiatan perusahaan.

Baca Juga : 4 Cara Menyusun Budgeting Keuangan Perusahaan Manufaktur

Cara Penyusunan Anggaran Belanja dengan Baik

Mengenal Anggaran kas dan Cara Menghitungnya

a. Penentuan Pedoman Penyusunan Anggaran

Pedoman anggaran belanja perusahaan didasarkan pada budgeting belanja selama setahun yang telah dibuat dan dipersiapkan beberapa bulan sebelum budgeting tahun berikutnya.

Dalam penyusunan ini, dikenal manajemen puncak sebagai dasar dalam menyusun #anggaran belanja.

Kegiatan manajemen puncak antara lain:

  • Penetapan rencana besar perusahaan sebagai dasar penyusunan anggaran belanja perusahaan. Rencana besar ini disusun layaknya tujuan, asumsi, dan juga kebaikan dari anggaran belanja yang dibuat.
  • Pembentukan panitia untuk menyusun budgeting belanja perusahaan selama periode tertentu.

Baca Juga : 5 Tempat yang Cocok untuk Menemukan Inspirasi Bisnis

b. Persiapan #Anggaran

Setelah aktivitas manajemen puncak, perusahaan membutuhkan waktu untuk mempersiapkan budgeting di perusahaan.

Dalam hal ini yang melakukan persiapan tidak hanya staf di bagian keuangan saja, melainkan dibutuhkan kerja sama yang solid dari semua divisi supaya penganggaran berjalan sempurna.

Baca Juga : Cara Membuat Budgeting Piutang Secara Sederhana

c. Penentuan #Anggaran

Langkah selanjutnya adalah menentukan anggaran belanja perusahaan yang telah dibicarakan dan dipersiapkan sebelumnya oleh banyak pihak di perusahaan.

Ada 3 tahapan dalam penentuan #anggaran, antara lain:

  1. Masing-masing karyawan dari tiap bidang membicarakan dan merundingkan hasil dari persiapan yang telah dilakukan agar budgeting belanja yang disusun nantinya mampu mengakomodasi kebutuhan tiap-tiap bagian.
  2. Koordinasi dalam penyusunan dan penelaahan komponen anggaran belanja yang telah disusun.
  3. Pengesahan dan juga pendistribusian budgeting yang merata ke seluruh bagian.

Dalam tahap ini, pihak manajemen perusahaan dan direksi akan melakukan pengesahan setelah melakukan uji kelayakan dan pengkajian dari tiap anggaran belanja perusahaan yang disusun oleh tiap-tiap bagian perusahaan yang nantinya berkedudukan sebagai pengguna #anggaran.

Baca juga: Metode & Format Menyusun #Budgeting Laba Rugi untuk Bisnis Anda

d. Pelaksanaan Anggaran

Tahapan terakhir adalah pelaksanaan anggaran belanja perusahaan.

Tahapan ini merupakan langkah terakhir dari penyusunan budgeting yang kemudian akan diputus dalam keputusan tunggal.

Masing-masing pengguna budgeting di tiap bagian perusahaan akan mulai melaksanakan budgeting sebagaimana yang telah disepakati dalam anggaran belanja perusahaan.

Dalam hal ini tiap manajer akan mengawasi kemudian melaporkannya ke direksi apakah pelaksanaan anggaran sesuai dengan perencanaan yang disepakati sebelumnya atau tidak.

Itulah beberapa langkah dan tahapan yang dilakukan dalam rangka penyusunan anggaran belanja perusahaan.

Semakin cermat dan detail dalam penyusunannya, maka akan semakin mudah perusahaan untuk menjalankan kegiatan usahanya.

Supaya hal ini dapat diraih tentu saja dibutuhkan software keuangan perusahaan yang tepat.

Baca Juga : Metode & Format Menyusun Budgeting Laba Rugi untuk Bisnis

Kelola Anggaran Belanja Lebih Mudah Dengan Bantuan Fitur Aplikasi Jurnal By Mekari

Untuk membuat atau menyusun budgeting keuangan, Anda dapat menggunakan software akuntansi online Jurnal.

Dengan fitur manajemen budgeting pada software keuangan dari Jurnal, Anda dapat menyusun budgeting keuangan dengan mudah dan cepat.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Anda juga bisa membandingkan anggaran belanja yang sudah Anda buat dengan jumlah transaksi rill pada laporan keuangan Anggaran Laba Rugi.

Dapatkan informasi lengkap tentang Jurnal dan dapatkan free trial Jurnal selama 14 hari sekarang juga disini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo