Jurnal Enterpreneur

Proses Pembuatan Invoice Bisnis Lebih Mudah Secara Online

Bagaimana cara membuat invoice online? Berikut telah dirangkum oleh Blog Jurnal by Mekari prosedur pembuatan invoice mudah secara online.

Membuat invoice tidak lagi terlihat sederhana saat jumlah invoice yang harus dibuat terlalu banyak. Baik tenaga, pikiran, dan waktu yang dibutuhkan untuk membuat invoice akan semakin besar.

Hal semacam itu kerap kali menjadi kendala bagi para account receivable. Manfaatkan software invoice online untuk bisnis lebih mudah.

“Invoice adalah suatu catatan yang menggambarkan produk yang dikirimkan kepada pembeli beserta harganya. Catatan tersebut dibuat oleh penjual dan biasanya dikirimkan kepada pembeli untuk meminta pembayaran atau hanya untuk menginformasikan tagihan jika pembayaran akan dilakukan dengan dasar kredit.”

Sugeng Hariyanto

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan termasuk membuat invoice. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Jenis Invoice untuk Meminimalisir Kesalahan

Terdapat 3 jenis faktur yang sering digunakan oleh para perusahaan atau bisnis di Indonesia. Berikut ini adalah penjelasan jenis-jenis invoice tersebut.

Invoice Biasa Invoice Proforma Invoice Konsuler
Invoice ini paling sering dan umum digunakan saat bertransaksi sederhana.

Disebut sederhana karena isi dari invoice jenis ini hanya berisi rincian item dan jumlahnya, serta harga persatuan dan harga total dari barang yang akan dibeli.

Invoice proforma bersifat sementara yang akan diberikan kepada pelanggan sebelum penjual mengirimkan semua barang pesanannya.

Invoice proforma ini sebagai invoice pengganti ketika barang dikirimkan secara bertahap.

Invoice konsuler merupakan sebuah faktur khusus yang digunakan dalam perdagangan internasional, atau kegiatan ekspor-impor.

Di dalam invoice konsuler harus terdapat pengesahan dan persetujuan pihak yang berwenang.

 

Kenapa Prosedur Pembuatan Invoice perlu Diperhatikan?

Fungsi utama invoice adalah sebagai suatu bukti penagihan terhadap pembelian produk dan jasa yang dilakukan oleh pembeli. Jika cara membuat atau prosedur pembuatan invoice dilakukan secara asal-asalan, maka akan mendatangkan dampak buruk bagi bisnis Anda.

Karena invoice memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda, maka sebaiknya cara membuat atau prosedur pembuatan invoice online harus dilakukan dengan tepat.

Selengkapnya, fungsi dari invoice online adalah sebagai berikut:

 

Menyimpan catatan penjualan

Invoice sebagai suatu dokumen yang memiliki kemampuan untuk menyimpan catatan penjualan. Di dalam invoice memuat catatan seperti waktu transaksi, identitas penagih, daftar produk atau jasa, jumlah pajak serta identitas pembeli.

 

cara membuat prosedur pembuatan invoice onlineMelindungi penjual secara hukum

Pada dasarnya, kegiatan transaksi akan dinyatakan berhasil jika pembeli sudah melunasi tagihan terhadap produk yang dibelinya.

Namun, ada perbedaan yang terjadi saat melakukan transaksi secara online, dimana pembeli dapat membayarkan tagihan jika proses pengiriman barang sudah dilakukan (Cash on Delivery).

Jika pembeli menolak untuk melakukan pembayaran padahal barang sudah sampai, sebagai penjual Anda berhak untuk menuntut balik pembeli dengan menggunakan faktur yang sudah disiapkan sejak pembeli membuat perjanjian untuk memesan barang tersebut.

Baca juga: Komponen Dalam Invoice Yang Wajib Diperhatikan

 

cara membuat prosedur pembuatan invoice onlineMenjadi dokumen untuk menganalisis bisnis

Sebagai penjual, Anda dapat menyimpulkan bagaimana pola pembelian yang banyak diminati oleh para pelanggan. Dengan begitu, Anda dapat menyiapkan strategi bisnis yang baru.

 

cara membuat prosedur pembuatan invoice onlineDapat dijadikan sebagai arsip keuangan

Faktur dapat dijadikan sebagai rujukan yang ditambahkan ke dalam bagian keuangan. Dengan demikian, Anda sebagai penjual dapat mengatur jumlah pemasukan uang atau pengeluaran secara efektif.

 

Ketentuan Prosedur Pembuatan Invoice

Contoh membuat invoice online memiliki aturan-aturan yang harus Anda penuhi. Apabila terdapat beberapa kali transaksi, maka invoice harus dibuat secara keseluruhan.

Dalam hal ini, pencatatan yang detail terkait rincian pembelian sangat dibutuhkan baik bagi pembeli maupun bagi penjual. Dengan adanya invoice, Anda dapat memantau piutang bisnis dengan. Inilah ketentuan proses pembuatan invoice:

  1. Membuat invoice online harus sesuai dengan barang yang sudah terjual. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir transaksi penolakan yang dilakukan oleh pembeli pada saat barang yang telah dikirim telah diterima.
  2. Setiap satu kali transaksi yang dilakukan oleh pembeli dituliskan dalam satu kali transaksi. Namun dapat juga dituliskan ke dalam transaksi secara bertahap.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Membuat Invoice Online, Solusi Praktis Menjalankan Bisnis

Di era digital, Anda dapat membuat invoice dengan cara online yang akan membantu Anda dan mempermudah tugas Anda maupun bagian keuangan dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, penggunaan invoice online juga bisa menjadi salah satu investasi yang cukup besar bagi bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membuat invoice online:

a. Manajemen bisnis yang lebih baik

Melalui invoice online, Anda tidak perlu repot saat mengelola invoice, karena dapat dibuat dan dikirim kapan dan di mana saja. Selain itu, invoice juga lebih mudah saat dilakukan pelacakan dan tidak perlu mencari satu per satu invoice yang belum dibayarkan.

b. Bisnis menjadi lebih profesional

Dengan membuat invoice online, Anda dapat membuat template invoice sesuai dengan kebutuhan, mulai dari menambahkan logo, alamat, dan tanda tangan didalamnya.

Selain itu, Anda dapat melihat apakah invoice telah dikirim, dibayar, ataupun belum dilakukan penagihan.

Bukan hanya itu, invoice online juga menyediakan fitur pengingat yang dapat memastikan bahwa Anda harus mengirimkan email penagihan terhadap pelanggan sebelum atau setelah tanggal jatuh tempo.

Baca juga: 6 Hal yang Dapat Mempermudah Cara Membuat Invoice

c. Mendapatkan insight yang baru

Data-data seperti berapa banyak uang yang didapatkan tahun lalu, siapa saja pembeli yang melakukan pembayaran lebih cepat, dan lain sebagainya bisa Anda dapatkan melalui invoice online tanpa perlu bantuan analis ataupun konsultan keuangan.

Dengan mengetahui seluruh informasi tersebut, maka Anda akan lebih mudah dalam membuat strategi bisnis untuk mengembangkan bisnis.

d. Jejak audit yang lengkap

Dengan menggunakan invoice online, Anda tidak perlu kebingungan saat ada audit dadakan karena seluruh data invoice akan tersimpan dengan rapi di dalam sistem.

Anda juga dapat melakukan tracking terhadap invoice dengan cepat kapan dan di mana saja.

Data tentang kapan invoice akan dikirim, apakah invoice sudah dibayar tepat waktu, dan lainnya bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui invoice online.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jurnal, Solusi Mudah Pembuatan & Pengiriman Invoice secara Online

Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda dapat membuat dan mengirimkan invoice secara online, dengan 11 desain profesional yang dapat Anda pilih sesuai dengan bisnis.

Bukan hanya itu, agar terlihat lebih profesional Anda juga dapat menambahkan logo perusahaan serta tanda tangan di dalam invoice tersebut.

Sementara untuk mendapatkan pembayaran yang lebih cepat, Anda dapat memanfaatkan fitur Jurnal Pay.

Dengan menggunakan Jurnal Pay, Anda akan mendapatkan pembayaran invoice lebih cepat dengan memberikan 2 metode pembayaran, yaitu melalui Virtual Account atau menggunakan Kartu Kredit.

Jurnal juga membantu Anda membuat invoice reminder yang akan membantu dalam melakukan penagihan invoice secara berkala kepada pelanggan sebelum atau setelah jatuh tempo.

Dengan mengaktifkan invoice reminder, maka pelanggan akan menerima email secara otomatis berupa invoice yang akan jatuh tempo. Anda dapat mengatur invoice reminder sebelum, setelah, atau pada saat tanggal jatuh tempo. Hal ini tentu saja mendukung pembukuan online bisnis yang lebih mudah dan efektif. Tunggu apalagi, daftarkan bisnis Anda sekarang juga!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah penjelasan singkat tentang cara membuat atau prosedur pembuatan invoice online dengan mudah menggunakan software akuntansi seperti Jurnal.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Accounting

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo