Jurnal Enterpreneur

Contoh Template Invoice Format Excel dan Word, Download Yuk!

Download contoh template invoice atau faktur format excel (xls), word (doc), dan pdf sekarang juga gratis dengan design yang menarik di Blog Jurnal by Mekari!

Ketika sebuah bisnis ingin dibayar untuk menyediakan produk atau layanan, mereka akan mengeluarkan invoice atau faktur.

Invoice adalah dokumen yang berisi semua detail pembelian, seperti deskripsi produk, jumlah total terutang, tanggal jatuh tempo, dan informasi lainnya.

Dokumen ini sangat penting untuk bisnis dari berbagai ukuran karena memungkinkan Anda menerima pembayaran untuk produk atau layanan Anda.

Selain itu, di sisi klien, dokumen ini bertindak sebagai bukti hukum bahwa suatu pengeluaran telah terjadi, yang diperlukan untuk membuat catatan akuntansi yang akurat.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa Itu Invoice?

Invoice adalah dokumen yang mencantumkan produk dan layanan yang diberikan bisnis Anda kepada klien yang memberi informasi tentang kewajiban di pihak klien untuk membayar bisnis untuk produk dan layanan tersebut.

Dokumen ini sangat penting untuk usaha kecil, karena invoice adalah dokumen bisnis yang memungkinkan perusahaan mendapatkan bayaran untuk layanan mereka.

Cara paling mudah untuk membuat invoice adalah dengan menggunakan template baik dalam format word, excel, atau pdf yang bisa Anda download secara gratis.

Baca juga: Hindari Piutang Tak Tertagih dengan Invoice Reminder dari Jurnal

Template yang disediakan dapat menghemat waktu Anda sehingga Anda tidak perlu mengisi ulang informasi yang sama setiap kali Anda membuat faktur.

Anda juga bisa menggunakan software akuntansi online seperti Jurnal by Mekari yang menyediakan 11 template invoice profesional yang bisa Anda kostumisasi sesuai dengan kebutuhan.

Tidak hanya itu, banyak fitur lain yang bisa Anda nikmati seperti:

  • Integrasi transaksi ke dalam laporan keuangan secara otomatis
  • Mengirimkan reminder kepada pelanggan untuk membayar tagihan invoice
  • Melakukan pembayaran secara otomatis sesuai dengan tanggal jatuh tempo melalui bank yang telah terintegrasi dalam Jurnal by Mekari.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda membuat dan mengelola invoice perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

template online invoice

Apa Saja Fungsi Faktur?

Invoice digunakan sebagai dokumen sumber untuk akuntansi bisnis. Faktur berguna untuk mencatat semua transaksi penjualan yang dilakukan bisnis dengan kliennya.

Untuk usaha kecil, faktur membantu mempercepat proses pembayaran dengan memberikan pemberitahuan kepada klien tentang pembayaran yang jatuh tempo.

Untuk klien, faktur menyediakan catatan pengeluaran yang terorganisir dengan perincian terperinci, dan dapat membantu pencatatan.

Baca juga: Download File Template Nota Kosong, Format Word dan Excel

Faktur digunakan oleh bisnis untuk berbagai tujuan, termasuk:

  • Meminta pembayaran tepat waktu dari klien
  • Melacak transaksi penjualan
  • Melacak inventaris, untuk bisnis yang menjual produk
  • Meramalkan penjualan masa depan menggunakan data historis
  • Mencatat pendapatan bisnis untuk pengajuan pajak

Kelola Usaha Mikro Kecil secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa Saja Komponen dalam Sebuah Template Invoice?

Invoice memiliki manfaat di mana dapat mempermudah pengelolaan produk dan jasa yang telah diterima oleh pelanggan.

Dokumen ini juga penting karena akan digunakan untuk menghitung laba bisnis.

Anda bisa menyesuaikan jenis dan format invoice sesuai dengan transaksi dan bisnis yang dijalankan. Namun, pada umumnya komponen invoice mengandung beberapa hal berikut:

  • Nomor urut invoice
  • Purchase order/ nomor order
  • DO/ SJ atau kode nomor transaksi DO/ SJ
  • Detail barang
  • Sub Total
  • Diskon (bila ada)
  • Biaya pengiriman (bila ada)
  • Biaya PPN
  • Total Biaya

Baca juga: Jurnal Pay: Cara Cepat Terima Pembayaran Pelanggan Secara Online

Download Contoh Template Invoice dalam Format Excel, Word, dan Pdf

Di bawah ini adalah contoh invoice dengan bentuk atau format excel, word, dan pdf yang bisa Anda download!

Download Contoh Template Invoice Format Excel

download file template contoh invoice excel

[ Download Format Template Contoh Invoice Excel

 

Download Contoh Template Invoice Format Word

download format contoh invoice word

 

[ Download Format Template Contoh Invoice Word

 

Download Contoh Template Invoice Format PDF

download format template contoh invoice pdf

download format template contoh invoice pdf excel word

download format template contoh invoice pdf excel word

 

[ Download Format Template Contoh Invoice PDF ]

 

Manfaatkan Aplikasi Pembuatan Invoice Jurnal by Mekari!

Aplikasi invoice atau faktur saat ini bisa dikatakan menjadi salah satu aplikasi yang banyak digemari pemilik toko atau pebisnis.

Hal ini dikarenakan, invoice adalah salah satu hal yang paling dekat dengan transaksi dalam sebuah bisnis dan kadang pembuatan faktur menghabiskan waktu yang tidak sedikit.

Sehingga banyak pemilik bisnis yang memilih untuk memanfaatkan aplikasi faktur untuk mengefektifkan proses pembuatan faktur ini, khususnya bagi bisnis online dimana transaksi antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung dalam kegiatan jual-beli.

Penggunaan aplikasi faktur dalam membuat faktur online memiliki berbagai manfaat, antara lain:

1. Membuat Faktur Berulang Secara Otomatis dan Terjadwal

contoh faktur penjualan

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan bila memanfaatkan aplikasi faktur dalam membuat faktur secara online adalah Anda dapat dengan mudah membuat faktur secara berulang.

Faktur-faktur akan transaksi berulang dapat dibuat secara otomatis dan terjadwal sehingga mengefisiensikan pekerjaan Anda.

Dengan fitur ini meminimalisir adanya transaksi tanpa faktur yang akan menyulitkan Anda dalam membuat laporan keuangan setiap periodenya.

Karena pada dasarnya selain sebagai bukti transaksi, faktur juga berfungsi sebagai salah satu dokumen pelengkap dalam laporan keuangan.

2. Melakukan Monitor Saldo Pelanggan

Hutang dan Piutang merupakan unsur yang pasti ada dalam transaksi sebuah bisnis.

Oleh karena itu, fungsi template invoice yang bisa Anda download yang berperan sebagai bukti transaksi menjadi penting untuk tetap bisa memaksimalkan proses jual beli.

Anda dapat memaksimalkan pembuatan invoice dalam memonitor saldo pelanggan dan menangani faktur klien yang belum dibayarkan agar memastikan Anda dibayar tepat waktu.

Note: Bentuk faktur memang tidak diatur secara baku, sehingga perusahaan dapat membuat dan atau mengubah bagian-bagian dari faktur sesuai dengan keperluan mereka. Baca selengkapnya Manfaat dan Cara Membuat Faktur Penjualan untuk Bisnis Anda

3. Melakukan Perhitungan Pajak Secara Otomatis

Pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi setiap warga negara.

Hal ini karena pajak memiliki banyak fungsi mulai dari fungsi anggaran hingga fungsi redistribusi pendapatan.Pada dunia bisnis sendiri, biasanya disebut dengan pajak usaha.

Setidaknya ada 3 (tiga) jenis pajak yang diterapkan pada suatu bisnis yaitu PPN (Pajak Pertambahan Nilai), PPh (Pajak Penghasilan), dan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah).

Ketiga jenis pajak usaha tersebut ditetapkan akan kegiatan transaksi jual beli yang dilakukan. Dengan aplikasi faktur Anda dapat melakukan perhitungan persentase pajak dari setiap faktur transaksi Anda secara otomatis.

Baca juga: Template Pembukuan Excel yang Bisa Anda Contoh dan Download

4. Membuat Retur Penjualan dengan Lebih Mudah

Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan dengan membuat template contoh invoice secara online menggunakan aplikasi faktur adalah bila terdapat retur penjualan dalam transaksi jual beli Anda, maka dapat dilakukan dan dilacak dengan mudah.

Retur penjualan sendiri dapat diartikan sebagai penerimaan barang oleh pihak penjual yang dikembalikan oleh pihak pembeli.

Dengan aplikasi invoice yang bisa Anda download dengan template dalam format word, excel, dan pdf secara gratis pun dapat melakukan pengelolaan piutang dan menjaga inventory tetap ter-update.

Jurnal Jadikan Proses Bisnis Lebih Efisien melalui Tools Terintegrasi. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

5. Melakukan Duplikasi Faktur pada Transaksi Terakhir

Aplikasi faktur toko dapat menghindari Anda melakukan pekerjaan berulang dalam membuat faktur.

Hal ini karena template invoice ang dibuat pada aplikasi faktur bersifat online dan tetap dapat disimpan dalam bentuk softcopy maka Anda dapat melakukan duplikasi faktur dengan lebih mudah, khususnya faktur pada transaksi terakhir.

6. Memperbarui Laporan secara Instan

Aplikasi faktur memiliki fitur yang memungkinkan faktur setiap transaksi penjualan maupun pembelian terintegrasi secara otomatis dengan laporan keuangan bisnis Anda.

Oleh karena itu, dengan memanfaatkan template contoh invoice maka toko Anda dapat dengan mudah mendapatkan update laporan keuangan bisnis Anda secara instan.

Tentu saja ini menguntungkan karena laporan keuangan yang akurat merupakan kunci dari keberhasilan dan menentukan langkah bisnis selanjutnya.

Software akuntansi Jurnal merupakan salah satu aplikasi faktur yang memiliki memungkinkan Anda membuat invoice secara online.

Jurnal dapat mempermudah Anda dalam membuat faktur online dengan adanya fitur faktur.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau coba free trail langsung selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Di atas adalah informasi dan contoh template invoice yang bisa Anda download dalam format word, excel, maupun pdf secara gratis!

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo