Tren Mobile Mengubah Iklim Bisnis, Bagaimana Menyikapinya? Highlights Tren mobile mendorong bisnis menyediakan layanan yang cepat dan mudah diakses lewat perangkat seluler. Perubahan perilaku pelanggan memaksa pelaku usaha beradaptasi dengan gaya hidup mobile-first. Strategi pemasaran kini lebih fokus pada media sosial, aplikasi, dan iklan berbasis lokasi. Model bisnis tradisional mulai bergeser ke arah digital, termasuk sistem berlangganan dan aplikasi on-demand. Data pengguna mobile membantu bisnis mengambil keputusan lebih akurat dan personal. Tren mobile saat ini seperti smartphone dan tablet telah umum ditemukan di sekitar kita dan seolah menjadi bagian dari kebutuhan manusia sendiri. Kecenderungan ini pun mengubah bagaimana para pelaku usaha menjalankan bisnisnya dan menjalin hubungan dengan customer. Oleh karena itu sebagai seorang pelaku usaha, bagaimana Anda sebaiknya menyikapi persoalan ini? Tantangan Tren Mobile dalam Bisnis Dengan meningkatnya penggunaan perangkat mobile, pelaku usaha perlu menerapkan strategi marketing yang berbeda dengan sistem konvensional untuk mendapatkan customer baru dan mempertahankan customer lama. Misalnya adalah dengan penekanan pada marketing di media sosial, Anda sebagai pelaku usaha tentunya harus memaksimalkannya untuk mendapatkan perhatian dari para pengguna media sosial tersebut. Di sisi lain, teknologi mobile memungkinkan para pelaku usaha untuk mengelola bisnis mereka secara online kapanpun dan dimanapun melalui perangkat mobile. Bagaimana Tren Mobile Mempengaruhi Bisnis Dengan koneksi internet dan didukung platform yang user-friendly, pemilik usaha dapat memonitor pergerakan bisnis secara real-time, termasuk diantaranya adalah laporan penjualan dan kondisi inventory. Untuk memahami lebih jelas bagaimanada tren mobile dapat mengubah bisnis, perhatikan penjelasan di bawah ini: 1. Aksesibilitas dan Konektivitas Pelanggan Mobile apps dan website yang responsif sangat memungkinkan pelanggan agar dapat berinteraksi dengan bisnis kapan saja dan di mana saja. Dengan meningkatkan frekuensi interaksi dan engagement dengan brand, bisnis Anda nantinya bisa memberikan notifikasi langsung (push notifications) untuk promosi, update produk, dll. Semua itu dilakukan dengan mobile apps ataupun website bisnis Anda, yang terkoneksi dengan data email pelanggan. 2. Perubahan dalam Perilaku Pelanggan Tidak bisa dimungkiri, tren pelanggan saat ini kini lebih suka berbelanja melalui ponsel dibandingkan perangkat desktop, karena akses mobilitasnya yang mudah. Tren belanja instan dan pembayaran digital mendorong bisnis mengoptimalkan platform mobile mereka. Mobile first generation seperti Gen Z dan Milenial mengharapkan berbagai pengalaman yang cepat dan mudah diakses. Baca Juga: Konsep dan Faktor Kepuasan Pelanggan 3. Evolusi Digital Marketing Pada dasarnya, kemudahan berbentuk mobile apps kini telah memperkuat strategi digital marketing berbasis lokasi (geo-targeting). Penggunaan media sosial via mobile membuka peluang iklan yang sangat tersegmentasi. Format iklan seperti story ads, video pendek, dan influencer marketing menjadi sangat efektif saat ini. 4. Transformasi Model Bisnis Lahirnya model bisnis baru seperti on-demand economy layaknya Gojek, Grab, dan Shopee. Membuat peta persaingan dan dinamika pasar semakin mengarah pada sektor digital. Bisnis tradisional kini terpaksa harus bertransformasi secara digital untuk tetap relevan. Misalnya seperti layanan subscription based apps atau layanan berbasis aplikasi menjadi umum. Anda tentu mengenal beberapa jenis aplikasi dengan model seperti ini, misalnya Netflix, Spotify, Disney+ Hotstar, dll). 5. Pengumpulan dan Analisis Data Pelanggan Perangkat mobile sangat memungkinkan pengumpulan data secara real-time, baik itu melalui lokasi, perilaku pengguna, ataupun preferensi. Data ini akan sangat membantu Anda dalam personalisasi produk dan strategi pemasaran yang lebih efektif. 6. Efisiensi Operasional Hingga saat ini, banyak sekali bisnis yang menggunakan aplikasi mobile internal bahkan software berbasis cloud untuk manajemen operasional, logistik, hingga kolaborasi dalam tim keuangannya. Teknologi seperti mobile atau software akuntansi online bisa menjadi salah satu contoh bentuk efektifitas operasional dalam perusahaan. Mekari Jurnal adalah software akuntansi online yang menyediakan kemudahan untuk Anda dalam hal operasional keuangan perusahaan. Seperti kelola laporan keuangan, mengurus invoice, kelola pajak secara langsung, bahkan sampai bank rekonsiliasi tersedia secara real time dan terintegrasi. 7. Persaingan Global Akses mudah melalui mobile tentunya membuka pintu pasar global yang semakin besar, sehingga potensi yang didapat bukan hanya lokal, melainkan seluruh dunia. Bisnis kecil seperti UMKM sekalipun akan dapat bersaing dengan pemain besar melalui platform mobile, karena aksesibilitas yang mudah dan murah untuk setiap pelaku usaha. Pakai Mekari Jurnal untuk Operasional Keuangan Bisnis Anda Oleh karena itu, untuk membantu setiap pelaku usaha yang ada, Mekari Jurnal telah menciptakan platform akuntansi online berbasiskan cloud computing yang dapat diakses di melalui website Mekari Jurnal. Dengan memanfaatkan teknologi cloud, para pelaku usaha nantinya dapat memonitor secara langsung situasi bisnisnya melalui perangkat mobile Mekari Jurnal, yang didukung jaringan internet. Platform software akuntansi Indonesia Mekari Jurnal juga membantu para pengusaha untuk mengelola pembukuan dengan lebih praktis. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan Mekari Jurnal antara lain: Menjalani bisnis kapanpun dan dimanapun Membuat faktur penjualan,pesanan pembelian, dan surat Jalan secara otomatis Menyiapkan laporan keuangan instan hanya dengan 1-klik Yuk sekarang saatnya gunakan versi mobile Android di halaman Mekari Jurnal akuntansi Android.