Perangkat mobile (smartphone, tablet) telah umum ditemukan di sekitar kita dan seolah menjadi bagian dari kebutuhan manusia sendiri. Kecenderungan ini pun mengubah bagaimana para enterpreneur menjalankan bisnisnya dan menjalin hubungan dengan customer.

Dengan meningkatnya penggunaan perangkat mobile, enterpreneur perlu menerapkan strategi marketing yang berbeda dengan sistem konvensional untuk mendapatkan customer baru dan mempertahankan customer lama. Misalnya adalah dengan penekanan pada marketing di social media, karena mayoritas dari pengguna perangkat mobile menghabiskan waktunya dengan mengakses social media seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Di sisi lain, teknologi mobile memungkinkan para enterpreneur untuk mengelola bisnis mereka secara online kapanpun dan dimanapun melalui perangkat mobile. Dengan koneksi internet dan didukung platform yang user-friendly, pemilik usaha dapat memonitor pergerakan bisnis secara real-time, termasuk diantaranya adalah laporan penjualan dan kondisi inventory.

Untuk memahami lebih jelas bagaimana tren mobile dapat mengubah bisnis, perhatikan infografik berikut:

Untuk membantu para pengusaha, Jurnal telah menciptakan platform akuntansi online berbasiskan cloud computing yang dapat diakses di Jurnal.id. Dengan memanfaatkan teknologi cloud, para enterpreneur dapat memonitor secara langsung situasi bisnisnya melalui perangkat mobile yang didukung jaringan internet melalui platform Jurnal.id. Platform akuntansi Jurnal.id juga membantu para pengusaha untuk mengelola pembukuan dengan lebih praktis. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan Jurnal.id antara lain:

  1. Menjalani bisnis kapanpun dan dimanapun
  2. Membuat faktur penjualan,pesanan pembelian, dan surat Jalan secara otomatis
  3. Menyiapkan laporan keuangan instan hanya dengan 1-klik

Read More: 3 Alasan Menggunakan Software Berbasis Cloud