Jurnal Enterpreneur

Cara Pembukuan dan Akuntansi Simple untuk Bisnis Online Anda

Perkembangan bisnis online sangat menunjukkan peningkatan secara kasat mata dalam pembukuan dan akuntansi. Besarnya keuntungan yang menerima para pelaku bisnis menjadi salah satu bukti bahwa bisnis online berpotensi untuk bisa mengembangkannya.

Banyak orang memiliki ide-ide tentang apa yang bisa mereka kerjakan sebagai sebuah bisnis baru. Salah satu kendala terbesar untuk memulai bisnis sendiri adalah pengelolaan keuangan yang tepat dalam bisnis. Penggunaan software akuntansi terutama aplikasi pembukuan sudah menjadi hal wajib yang harus dimiliki untuk mempercepat roda bisnis.

Hal ini tampak seperti sebuah gunung yang tidak mungkin untuk mendaki dalam pembukuan dan akuntansi, tetapi Anda harus melakukannya.

Hal di bawah ini mungkin menjadi pertimbangan betapa pentingnya manjemen keuangan untuk bisnis online, yaitu:

  1. Alat ukur dalam pembuatan anggaran. Terbilang penting bagi Anda untuk memperkirakan besarnya anggaran yang membutuhkan untuk menjalankan bisnis online.
    Hal ini meliputi biaya, profit, hingga strategi promosi serta penjualan yang menjalankan untuk aktivitas bisnis. Dengan demikian, pebisnis online mampu memperkirakan kebutuhan dana untuk menjalankan bisnis online Anda.
  2. Pengontrol arus kas bisnis. Peran penting manajemen keuangan yang dirasa penting adalah mengetahui arus keuangan usaha dan transaksi yang terjadi dalam bisnis online.
    Umumnya, transaksi pembelian dalam bisnis online melakukan secara tidak langsung (pedagang tidak bertatap muka dengan calon pembelinya), maka penting bagi pebisins online untuk mengendalikan arus dana yang masuk dan keluar dari rekening mereka.
  3. Acuan dalam pengambilan keputusan bisnis. Pebisnis online sering menghadap dengan keputusan yang tak terhitung jumlahnya di setiap saat.
    Informasi keuangan mampu memberikan masukan seperti data untuk keputusan ini, yang dapat meningkatkan pengambilan keputusan dalam jangka panjang dalam pembukuan dan akuntansi.

Memulai Bisnis Dengan Keuangan Terbatas

Ini bukanlah hal biasa untuk mencoba dan memulai bisnis dengan jumlah uang yang sedikit. Ada beberapa cara untuk membatasi jumlah uang yang Anda habiskan dan tetap sesuai dengan anggaran:

  • Gunakan sumber daya yang gratis atau lebih murah. Jika Anda dapat bekerja dari rumah, atau di sebuah kedai kopi pinggir jalan atau perpustakaan, Anda dapat menghindari investasi di tempat usaha yang lebih mahal.
  • Membayarnya di muka. Artinya membuat pelanggan Anda untuk membayar di muka dapat membantu secara signifikan dalam peningkatan arus kas bisnis Anda. Setidaknya, itu adalah ide yang baik untuk meminta deposit yang sesuai untuk layanan Anda.
  • Manfaatkan saran untuk bisnis yang bersifat gratis. Anda akan kagum pada betapa banyaknya nasihat bisnis yang bersifat gratis di luar sana (dari teman, internet, seminar, atau sumber lain).

Bagaimana Jurnal Membantu Anda mengorganisir Pengeluaran Sebuah Bisnis Online pada Pembukuan dan Akuntansi

Jurnal adalah perangkat yang memungkinkan pemilik usaha untuk melacak pengeluaran dan arus kas dengan software akuntansi berbasis cloud yang akan membuat pembukuan Anda lebih sederhana dan mudah.

Jurnal memungkinkan Anda untuk menghubungkan rekening bank Anda ke sistem mereka yang pada dasarnya akan menghilangkan entry data secara manual. Adanya jurnal juga memiliki kemampuan untuk membuat transaksi secara otomatis dan menempatkan transaksi tersebut ke dalam kategori berdasarkan preferensi bisnis Anda.

Ditambah, setiap transaksi dapat menandainya. Artinya setiap transaksi (pengeluaran atau pemasukan) dapat menandainya sesuai dengan projek/divisi terkait dalam pembukuan dan akuntansi.

Sehingga hal ini memungkinkan untuk melacak transaksi bisnis yang lebih detail dan terorganisir. Selain beberapa tips di atas, Anda juga dapat mengelola aplikasi pembukuan dan aplikasi akuntansi lebih mudah dengan sistem terintegrasi dari Jurnal.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo