Daftar Isi
9 min read

15 Rekomendasi Aplikasi ERP untuk Digunakan Perusahaan

Tayang 21 Dec 2022
Diperbarui 29 Agu 2024

Ini dia 15 rekomendasi program atau aplikasi enterprise resource planning (ERP) dari blog Mekari Jurnal yang biasanya digunakan oleh perusahaan di Indonesia!

Banyak perusahaan yang telah mengadopsi penggunaan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk menunjang kegiatan operasional.

Tentunya, masing-masing aplikasi memiliki keunggulan yang berbeda.

Ada yang digunakan untuk mengelola keuangan perusahaan, otomatisasi penggajian, pemantauan biaya perusahaan, penjualan, dan juga kemampuan mengelola hubungan dengan pelanggan (CRM), mirip seperti software akuntansi.

Dengan menggunakan program ERP, maka perusahaan akan bisa mewujudkan pekerjaan yang lebih efisien dan pelayanan yang terbaik, sehingga dapat membuahkan keuntungan yang maksimal.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi aplikasi ERP yang berkualitas dan banyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia:

1. Mekari Jurnal, Aplikasi ERP Terpercaya di Indonesia

Rekomendasi aplikasi ERP pertama yang telah dipercayai oleh banyak perusahaan di Indonesia adalah Mekari Jurnal.

Aplikasi berbasis cloud ini memiliki banyak sekali fitur yang bermanfaat terutama dalam mengotomasi proses akuntansi perusahaan, beberapa di antaranya adalah:

  1. Fitur Invoice & PO, buat faktur penjualan, pesanan pembelian, dan surat jalan profesional secara otomatis.
  2. Fitur Laporan cepat & tepat, susun laporan keuangan dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Fitur Kontrol stok persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Fitur Kolaborasi real-time untuk multi cabang, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Integrasi dengan Bank, program POS, marketplace, dll.
  6. Online live chat tiap saat

Dengan adanya pelaporan keuangan yang akurat, keputusan bisnis akan lebih mudah diambil sehingga bisnis Anda pun akan semakin berkembang.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Sekarang!

2. NetSuite ERP

Selanjutnya ada NetSuite ERP, program yang memiliki fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Aplikasi ini cocok digunakan pada semua kalangan bisnis, terutama dalam perencanaan catatan keuangan, misalnya pengauditan pengeluaran industri.

NetSuite ERP dapat mengelola keuangan dan sumber daya dengan baik, serta memiliki kontrol supply chain yang berguna untuk menjaga bisnis agar tetap stabil.

Tidak hanya itu, NetSuite juga dilengkapi dengan built in intelligence system yang menawarkan sejumlah solusi industri terkemuka untuk fasilitas migrasi data.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh NetSuite diantaranya:

  • Reputasi yang sudah diakui. Sudah ada ribuan perusahaan yang telah menggunakan aplikasi ini untuk semua kebutuhan akuntansi perusahaan mereka
  • Supply chain lebih efisien.  Anda jbisa mendapatkan tampilan data yang nyata di setiap distribusi, inventaris, serta indikator pengadaan.
  • Laporan keuangan akurat. NetSuite memiliki sistem pengelolaan yang membantu Anda dalam menghitung dan membuat laporan keuangan dengan akurat berdasarkan setiap transaksi penjualan produk atau layanan yang dilakukan.
  • Penganggaran dan pengelolaan SDM yang akurat. Program ERP ini juga memiliki fitur perencanaan keuangan yang membantu dalam penganggaran bisnis perusahaan, salah satunya evaluasi berbagai skenario keuangan yang berguna untuk menetapkan target tahunan dengan lebih akurat. Tidak hanya itu, NetSuite juga memiliki sistem pengelolaan SDM yang sangat baik yaitu dengan memaksimalkan produktivitas perusahaan Anda dan menekan biaya pengelolaan.

3. Brightpearl, Aplikasi ERP untuk Bisnis Online di Indonesia

Tidak kalah dari yang sebelumnya, aplikasi ERP yang satu ini memiliki kelebihan yaitu dapat terintegrasi dengan platform toko online berskala internasional,  seperti contoh Amazon, Shopify, E-Bay, dan masih banyak lagi.

Brightpearl dapat membantu perusahaan dalam mengelola alur kerja secara back office dan juga membantu mengembangkan bisnis.

Selain itu, aplikasi Brightpearl akan menjaga pembaruan data penjualan secara berkala dan real time.

Dengan begitu Anda akan bisa mengontrol stok barang yang tersedia serta barang yang disimpan pun akan dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

rekomendasi aplikasi erp

4. Ecount ERP

Banyak bisnis kecil maupun menengah yang memilih ECount ERP untuk meningkatkan produktivitas bisnis mereka.

Ini karena sistem pada ECount ERP dapat mengintegrasikan berbagai fungsi akuntansi mulai dari faktur, sistem penggajian, manajemen pembelian, anggaran, manufaktur, dan fungsi akuntansi lainnya.

Perlu Anda ketahui juga bahwa program ECount ERP  secara penuh di-hosting dalam layanan cloud sehingga tidak membutuhkan pengaturan atau pemeliharaan yang rumit.

Tidak hanya itu, pembaruan sistem ini disinkronkan otomatis sehingga Anda tidak perlu membayar biaya tambahan hanya untuk mendapatkan versi terbaru.

Berikut beberapa kelebihan atau keunggulan ECount ERP yang bisa didapatkan oleh perusahaan Anda:

  • Fitur yang cukup lengkap. Mulai dari akuntansi, pembelian, manufaktur, inventaris, bisnis, dan juga penjualan. Anda juga bisa meningkatkan aksesibilitas semua fitur dan operasi melalui perangkat seluler Anda.
  • Pengelolaan transaksi secara efisien. Menunjukkan gambaran lengkap mengenai implementasi produk, perkiraan biaya, jadwal, juga materi yang ada. Program ini juga bisa meng-update data secara otomatis setiap adanya pembelian sehingga Anda dapat mengontrol inventaris secara penuh dan akurat dalam menangani permintaan pembelian dan penjualan.
  • Adanya sistem groupware. Memungkinkan Anda untuk memandu tim secara sinkron dan terorganisir. Dengan begitu, semua anggota tim bisa terhubung dan bisa saling berkomunikasi secara online dengan mudah.
  • Customer service yang bisa diandalkan. Anda juga akan dibantu oleh tim profesional yang memiliki pengetahuan tinggi dan sudah berpengalaman yang dapat menjawab berbagai pertanyaan Anda selama 24 jam penuh melalui email maupun nomor telepon.

rekomendasi program erp

5. gtEnterprise Suite, Rekomendasi Aplikasi ERP untuk Pengelolaan SDM Indonesia

Sama seperti sebelumnya, aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan modul yang lengkap, seperti gtCRM, gtAsset, gtHR, dan masih banyak lagi.

Dengan kelengkapan modul yang dimiliki maka aplikasi ini tidak hanya akan menonjolkan kelebihan pada aspek pengelolaan keuangan saja, melainkan juga pada perencanaan sumber daya manusia, inventory management, dan pengelolaan konsumen.

6. Sage Inttact

Salah satu rekomendasi aplikasi ERP  terbaik selanjutnya adalah Sage Inttact karena tools keuangan pada aplikasi ini telah dilengkapi dengan AICPA untuk CPA.

Bahkan di dalamnya juga terdapat panduan serta video tutorial yang dapat memudahkan pengguna yang masih tergolong pemula.

Baca juga: Jenis-Jenis Software yang Dibutuhkan Perusahaan untuk Mengembangkan Bisnis

7. Odoo ERP

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yaitu Odoo ERP yang merupakan program dengan teknologi modern yang bisa membantu mengelola perusahaan Anda secara menyeluruh.

Odoo ERP mengemas fitur penjualan, akuntansi, point of sales, investaris, dan fitur lainnya dalam unit yang terintegrasi.

Odoo ERP juga menangani terkait konektivitas dan dapat membantu Anda dalam mengembangkan potensi bisnis dengan membawa serta memanfaatkan data dari sistem lainnya.

Software ini juga memiliki perangkat MPR terpadu yang berguna untuk PLM dan pemeliharaan secara berkala, juga helpdesk yang berfungsi penuh untuk para pelanggan.

Beberapa kelebihan Odoo ERP diantaranya adalah:

  • Dapat mengelola berbagai operasi bisnis. Mulai dari manajemen proyek, CRM, serta SDM guna menginventariskan kontrol serta penjualan omnichannel.
  • Memiliki banyak fitur canggih. Ada lebih dari seribu modul yang ada dimana pengguna bebas untuk menambahkan lebih banyak fitur ketika menggunakan software ini.
  • Dapat menurunkan biaya TCO. Anda bisa memiliki alat yang modern dan canggih, terintegrasi, serta selalu update secara rutin bisa memudahkan Anda dalam mengganti sisa aplikasi BPM Anda. Tidak hanya itu, Anda juga akan mengalami pengiriman tepat waktu, biaya inventaris dan biaya administrasi yang rendah, waktu yang efisien, serta pelaporan akurat yang terus meningkat dalam perusahaan Anda.
  • Memiliki fleksibilitas yang tinggi. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang sangat spesifik dan dapat mengikuti perubahan dalam berbagai skenario bisnis perusahaan.

Baca juga: Pentingnya Aplikasi atau Software SAP ERP Bagi Perusahaan

contoh aplikasi erp open source

8. Workday

Aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnis agar lebih akurat serta fleksibel.

Sekedar informasi, aplikasi Workday merupakan sebuah aplikasi cloud yang telah berevolusi dari sistem HCM ke sistem ERP dan di dalamnya pun dilengkapi dengan banyak modul yang lengkap.

9. Oracle

Aplikasi Oracle dapat memaparkan data secara real time lengkap dengan indikator grafis, bahkan laporannya dapat Anda lihat pada dashboard serta area kerja.

Selain itu, aplikasi Oracle juga menyediakan pendekatan Cloud yang lengkap serta menyeluruh.

Baca juga: Integrasi Jurnal Dengan Berbagai Aplikasi Untuk Pengelolaan Bisnis

10. FinancialForce ERP, Aplikasi ERP yang Terintegrasi dengan CRM

FinancialForce ERP juga adalah salah satu contoh aplikasi ERP yang terintegrasi dengan CRM Salesforce.

Sistem ini lebih menonjolkan pada sisi pengelolaan keuangan serta customers.

Dengan demikian, proses pengelolaan akan menjadi lebih mudah serta menghemat waktu.

11. Compiere

Aplikasi yang satu ini sangat cocok dipilih bagi Anda yang menginginkan sistem atau software ERP modern serta simpel namun dengan biaya yang lebih terjangkau.

Dengan merogoh saku yang tidak terlalu dalam, Anda sudah bisa memperoleh fitur yang terbilang lengkap untuk manajemen bisnis.

Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan dalam perencanaan sumber daya manajemen gudang.

Berbeda dari lainnya, aplikasi ini dapat diakses secara gratis oleh pelaku UMKM.

12. SAP S/4 HANA

Aplikasi ini dapat menjadi sistem usaha yang terbaru dan komprehensif sehingga akan membantu Anda dalam proses pengelolaan bisnis, misalnya seperti memaparkan menyajikan nilai bisnis.

Ranah bisnis dan teknologi tersebut akan terus menerus dibentuk pada cloud, mobile dan teknologi in memory.

Dengan adanya aplikasi ERP yang satu ini, maka Anda akan dimudahkan dalam melakukan analytics secara cepat sehingga memperlancar arus transaksi Anda.

Proses inti bisnis juga telah terintegrasi secara real time menggunakan database umum yang diatur oleh manajemen sistem basis data.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk melacak sumber daya bisnis, bahan dasar, uang, kapasitas produksi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Menjalankan Bisnis Baru Dengan Mudah Menggunakan Aplikasi Toko

13. SAP Business One, Aplikasi ERP untuk Berbagai Bisnis di Indonesia

Kemudian yang selanjutnya adalah SAP Business One yang sangat cocok bagi Anda dengan bisnis berskala kecil maupun berskala besar.

Bahkan aplikasi ini dapat menjadi solusi bagi multi perusahaan, baik multi uang maupun multi bahasa.

Karena keduanya dapat digabungkan secara mulus dengan terintegrasi produktif desktop dan Microsoft Excel.

Dengan menerapkan aplikasi ini maka Anda akan bisa mengadopsi solusi terbaik untuk mengukur manfaat seperti memantau pertumbuhan bisnis lewat operasi konsolidasi, serta respon yang lebih cepat karena aksesnya yang bersifat real time kepada pelanggan.

14. SAP ERP ECC

Kemudian contoh aplikasi ERP yang selanjutnya adalah SAP ERP ECC yang mampu mengintegrasikan fungsi kunci bisnis secara spesifik pada kebutuhan industri perusahaan.

Misalnya seperti FI, SD (sales distribution), materials management, dan HCM ( human capital management ).

Selain itu, aplikasi ini dapat melakukan eliminasi terhadap kompleksitas IT serta menciptakan alur informasi secara real time.

15. SAP EWM, Contoh Aplikasi ERP untuk Supply Chain Management

SAP EWM telah menjadi bagian dari SAP SCM (Supply Chain Management System).

Aplikasi ini dapat dikatakan memiliki fungsi ERP yang kuat serta terbilang canggih dalam hal pengelolaan pendistribusian serta penyimpanan barang.

Aplikasi SAP EWM juga mampu mengelola penyimpanan serta penerimaan barang, sekaligus memberikan peringatan, tanggung jawab kepada tenaga kerja, tracking, dan masih banyak lagi.

Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi yang satu ini merupakan salah satu contoh produk ERP yang memiliki tingkat peminat yang sangat tinggi khususnya perusahaan di Indonesia.

Benefit yang bisa Anda dapatkan ialah pemaksimalan kontrol dan visibilitas pada gudang yang memiliki volume besar, serta mendukung dalam berbagai macam aktivitas pergudangan.

Nah itu dia beberapa contoh program aplikasi ERP yang banyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia.

Banyaknya perusahaan yang memilih aplikasi tersebut sebagian besar adalah karena kualitas yang berhasil ditawarkan di dalamnya.

Untuk dapat menentukan aplikasi mana yang akan Anda pilih, maka Anda perlu menyesuaikan dengan anggaran bisnis serta kebutuhan Anda. Semoga membantu!

Selain dari 15 aplikasi di atas, anda dapat menggunakan aplikasi stok gudang Mekari Jurnal!

Kategori : Other
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal