Belajar Akuntansi Perusahaan dengan Cara yang Mudah

Ketahui tips belajar akuntansi mulai dari memahami pengertian serta prinsip dasar akuntansi perusahaan yang akan dijelaskan oleh Blog Mekari Jurnal.

Secara garis besar, akuntansi merupakan seni dan proses pencatatan transaksi keuangan untuk kepentingan laporan kepada pemilik atau investor.

Sementara menurut para ahli, akuntansi adalah didefinisikan sebagai suatu pengukuran, pemrosesan, komunikasi informasi kepada perusahaan.

Hal tersebut merupakan dasar dari konsep akuntansi. Akuntansi telah digunakan di semua perusahaan jenis apapun, karena akuntansi memiliki manfaat dalam mempermudah kerja operasional perusahaan.

Itulah mengapa penting bagi Anda untuk belajar dan memahami dasar dasar akuntansi perusahaan.

Kenapa Anda Harus Belajar Akuntansi Perusahaan?

Kata akuntansi memang sudah tidak asing di telinga kita.

Penggunaan kata akuntansi banyak kita jumpai di beberapa media, seperti nama jurusan sekolah/kuliah, buku, terlebih dalam bidang keuangan atau pembukuan.

Ya, akuntansi merupakan ilmu yang dapat aplikasikan langsung pada kehidupan sehari-hari.

Selain itu ilmu akuntansi juga memiliki harapan yang sangat bagus untuk masa depan.

Hampir semua entitas atau perusahaan, baik yang profit oriented maupun non-profit oriented dalam skala besar maupun kecil membutuhkan ilmu akuntansi untuk membantu mereka dalam membuat laporan keuangan.

Karena itu, kesempatan untuk berkarir di dunia akuntansi juga sangat diminati.

Dengan belajar akuntansi dasar, Anda dapat bersaing di dunia industri atau perusahaan apapun.

Terlebih di era digital seperti sekarang ini, perusahaan akan mencari kandidat terbaik untuk bekerja di perusahaan mereka.

Karyawan yang dicari bukan hanya mereka yang memiliki keunggulan, tetapi juga mereka yang tanggap, peka terhadap perubahan yang dinamis.

Ada banyak tantangan besar yang harus dihadapi. Mulai dari konsep pemahaman umum, perubahan standar ataupun peraturan, dan juga penggunaan teknologi.

Namun itu bukan masalah yang besar, jika Anda menguasai akuntansi dan beberapa aplikasi internet yang berhubungan akuntansi.

Untuk membantu Anda, berikut ini kami berikan tips belajar akuntansi dasar perusahaan dengan cepat dan mudah.

Belajar Akuntansi Perusahaan dengan Cara yang Mudah

Baca juga: Contoh Pembukuan dalam Akuntansi, Temukan di Sini!

Belajar Memahami Apa Itu Akuntansi Dasar

Agar Anda lebih mudah dalam mempelajari suatu ilmu, sebelumnya Anda harus memahami pengertian dan maksud dari ilmu tersebut.

Termasuk juga dalam ilmu akuntansi, sangat penting bagaimana Anda perlu belajar apa itu akuntansi perusahaan.

Pengertian akuntansi terbagi menjadi 2 sudut pandang, yaitu dari sudut pemakai dan sudut proses kegiatan.

Jika dilihat dari sudut pemakai, akuntansi merupakan ilmu yang menyediakan informasi keuangan yang diperlukan oleh pihak-pihak berkepentingan dengan sebuah perusahaan.

Sedangkan jika dilihat dari sudut pandang proses kegiatannya, akuntansi adalah kegiatan mencatat, menggolongkan, membuat ikhtisar, menyajikan, melaporkan serta melakukan analisa data transaksi keuangan sebuah perusahaan.

Ada beberapa definisi akuntansi menurut para ahli tetapi jika simpulkan intinya sama.

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh stakeholder atau orang yang berkepentingan dalam pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Baca juga: 8 Manfaat Download Aplikasi Pembukuan Toko Excel

Belajar Memahami Persamaan Dasar Akuntansi Yang Sering Dipakai Di Perusahaan

Belajar Memahami Persamaan Dasar Akuntansi

Sebelum menyiapkan dalam membuat laporan akuntansi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami pengertian akuntansi dan konsep dasarnya.

Konsep dasar dari akuntansi sendiri itu simpel. Ada debit di sisi kiri dan kredit di sisi kanan. Saldo antara debit dan kredit ini harus sama atau seimbang.

Namun, perlu diingat, saldo yang seimbang belum tentu saldo yang benar, tapi saldo yang benar pasti seimbang. Selanjutnya, rumus persamaan akuntansi:

HARTA (Aset) = UTANG + MODAL

HARTA (ASET) + BEBAN = UTANG + MODAL + PENDAPATAN

Setelah itu, pahami proses belajar akuntansi dasar untuk kerja di perusahaan mulai dari membuat jurnal, posting ke buku besar, membuat neraca saldo sebelum penyesuaian, cara membuat jurnal penyesuaian, membuat neraca lajur setelah penyesuaian, membuat laporan keuangan, membuat jurnal penutup, dan jurnal pembalik.

Persamaan dasar akuntansi berlaku umum yang menjadi dasar untuk membuat laporan keuangan, neraca, laporan laba rugi, serta laporan arus kas.

Coba Anda perhatikan susunan persamaan dasar akuntansi berikut:

ASET = KEWAJIBAN + EKUITAS

Inilah persamaan dasar akuntansi yang benar, dimana dapat diketahui bahwa jumlah aset di sisi kiri sama dengan jumlah kewajiban dan ekuitas.

Lalu apa sebenarnya fungsi persamaan dasar akuntansi? Pertama, semua transaksi bisnis dapat dinyatakan atau dicatat sebagai perubahan yang terjadi pada 3 elemen rumus persamaan dasar akuntansi atau persamaan akuntansi dasar.

Semua turunan dari berbagai macam transaksi bisnis dapat dimasukkan ke dalam persamaan akuntansi tersebut.

Kedua adalah persamaan dasar akuntansi dapat menjadi accounting tools yang super powerful dalam melakukan analisa sebuah transaksi bisnis untuk kemudian menyusun laporan keuangan.

Mengenal Jurnal dalam Akuntansi

Ketika sebuah bisnis atau perusahaan melakukan transaksi keuangan, maka mereka mencatatnya di dalam jurnal akuntansi.

Semua transaksi akan dicatat dalam jurnal umum atau salah satu jurnal khusus untuk akun paling aktif.

Jurnal khusus yang paling umum adalah jurnal penjualan, jurnal pembelian, jurnal penerimaan kas, serta jurnal pengeluaran kas.

Salah satu hal paling sulit untuk dilakukan ketika belajar akuntansi dasar perusahaan adalah pada saat menyiapkan pembukuan adalah kapan harus menggunakan debit dan kapan harus menggunakan kredit.

Berikut ini ada beberapa aturan sederhana yang dapat Anda ikuti:

  • Anda akan selalu menggunakan debit dan kredit untuk setiap entri jurnal. Itulah yang menjadi dasar dari sistem pembukuan entri ganda. Anda memiliki dua kolom dalam entri jurnal yang masing-masing akan memiliki entri yang sama yaitu satu untuk debit, dan satu untuk kredit. Ingat format persamaan akuntansi Aset= Kewajiban + Ekuitas.
  • Sisi Aset berada di sisi sebelah kiri, dan liabilitas (kewajiban) + ekuitas berada di sisi sebelah kanan. Saat Anda perlu membuat entri jurnal, coba perhatikan bagan akun Anda untuk melihat apakah akun yang perlu Anda gunakan berada di sisi sebelah kiri atau kanan  dalam persamaan akuntansi.
  • Jika akun berada di Aset atau sisi sebelah kiri, maka itu adalah sisi Debit. Debit akan menambahkan akun-akun tersebut, dan kredit akan menguranginya. Jika akun berada di sisi liabilitas dan ekuitas atau sisi sebelah kanan, maka itu adalah sisi Kredit. Kredit akan meningkatkan nilai akun tersebut, sementara debit akan menguranginya.

Laporan Keuangan Perusahaan

Komponen laporan keuangan perusahaan terdiri dari:

  • Neraca, yaitu laporan posisi keuangan dari entitas pada suatu tanggal tertentu, biasanya pada akhir tahun.
  • Laporan laba rugi adalah laporan hasil operasi sebuah entitas selama periode tertentu, misalnya satu bulan atau satu tahun.
  • Laporan ekuitas (modal) pemilik, yaitu laporan yang menyajikan ikhtisar perubahan yang terjadi dalam ekuitas pemilik pada suatu entitas untuk suatu periode tertentu.
  • Laporan arus kas, yaitu laporan yang menggambarkan jumlah kas masuk (penerimaan kas) dan jumlah kas keluar (pengeluaran kas) dalam suatu periode tertentu.

Temukan Aplikasi atau Software Akuntansi Online

Jika Anda sudah belajar memahami pengertian akuntansi, konsep, persamaan dasar, dan proses dari akuntansi, maka saatnya mencoba menjalankan proses akuntansi perusahaan dengan menggunakan aplikasi atau software.

Ada berbagai macam aplikasi atau software akuntansi online yang bisa digunakan, salah satunya adalah Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang memberikan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan secara instan dan realtime.

Aplikasi keuangan perusahaan dari Jurnal dirancang khusus untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Jurnal juga dapat diakses di mana pun dan kapan pun dengan menggunakan koneksi Internet.

Oleh karena itu, Jurnal dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin melakukan proses akuntansi perusahaan dengan mudah, cepat, aman dan nyaman.

Untuk menggunakan Jurnal, Anda dapat mendaftarkan perusahaan atau bisnis Anda sekarang juga di sini dan dapatkan free trial selama 14 hari.

Manfaatkan kesempatan yang ada sekarang ini, demi majunya bisnis yang sedang Anda bangun.

Dan sebagai karyawan maupun calon karyawan, Anda dapat mencobanya untuk meningkatkan skill yang akan menjadi nilai tambah untuk diri Anda.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang akan memberikan Anda kemudahan dalam mengelola pembukuan keuangan dan laporan keuangan secara instan dan real time.

Selain itu, Jurnal juga dapat diakses di mana dan kapan saja dengan menggunakan koneksi internet.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Satu hal lagi yang perlu diingat, akuntansi adalah sebuah proses. Sehingga diperlukan banyak latihan, terlebih akuntansi merupakan praktik bukan hanya teori.

Sering membaca kasus-kasus akuntansi juga akan membuat Anda semakin paham tentang akuntansi. Dengan begitu Anda akan terbiasa menyelesaikan masalah akuntansi.

Jangan pernah menyerah untuk belajar akuntansi untuk bekerja di perusahaan, akuntansi merupakan hal yang mudah dan menyenangkan.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo