Belajar Akuntansi Perusahaan dengan Cara yang Mudah

Secara garis besar, akuntansi merupakan seni dan proses pencatatan transaksi keuangan untuk kepentingan laporan kepada pemilik atau investor. Sementara menurut para ahli, akuntansi didefinisikan sebagai suatu pengukuran, pemrosesan, komunikasi informasi kepada perusahaan. Hal tersebut merupakan dasar dari konsep akuntansi. Akuntansi telah digunakan di semua perusahaan jenis apapun, karena akuntansi memiliki manfaat dalam mempermudah kerja operasional perusahaan. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk belajar dan memahami dasar-dasar akuntansi perusahaan.

Baca juga: Memahami Istilah Integrated Marketing Communication

 

Memahami Apa Itu Akuntansi

Agar Anda lebih mudah dalam mempelajari suatu ilmu, sebelumnya Anda harus memahami pengertian dan maksud dari ilmu tersebut. Termasuk juga dalam ilmu akuntansi, sangat penting diketahui dan dipahami apa itu akuntansi. Pengertian akuntansi terbagi menjadi 2 sudut pandang, yaitu dari sudut pemakai dan sudut proses kegiatan.

Jika dilihat dari sudut pemakai, akuntansi merupakan ilmu yang menyediakan informasi keuangan yang diperlukan oleh pihak-pihak berkepentingan dengan sebuah perusahaan. Sedangkan jika dilihat dari sudut pandang proses kegiatannya, akuntansi adalah kegiatan mencatat, menggolongkan, membuat ikhtisar, menyajikan, melaporkan serta melakukan analisa data transaksi keuangan sebuah perusahaan.

 

Memahami Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi berlaku umum yang menjadi dasar untuk membuat laporan keuangan, neraca, laporan laba gugi, serta laporan arus kas. Coba Anda perhatikan susunan persamaan dasar akuntansi berikut:

ASET = KEWAJIBAN + EKUITAS

Inilah persamaan dasar akuntansi yang benar, dimana dapat diketahui bahwa jumlah aset di sisi kiri sama dengan jumlah kewajiban dan ekuitas. Lalu apa sebenarnya fungsi persamaan dasar akuntansi? Pertama, semua transaksi bisnis dapat dinyatakan atau dicatat sebagai perubahan yang terjadi pada 3 elemen rumus persamaan dasar akuntansi atau persamaan akuntansi dasar.

Semua turunan dari berbagai macam transaksi bisnis dapat dimasukkan ke dalam persamaan akuntansi tersebut. Kedua adalah persamaan dasar akuntansi dapat menjadi accounting tools yang super powerful dalam melakukan analisa sebuah transaksi bisnis untuk kemudian menyusun laporan keuangan.

 

Mengenal Jurnal dalam Akuntansi

Ketika sebuah bisnis atau perusahaan melakukan transaksi keuangan, maka mereka mencatatnya di dalam jurnal akuntansi. Semua transaksi akan dicatat dalam jurnal umum atau salah satu jurnal khusus untuk akun paling aktif. Jurnal khusus yang paling umum adalah jurnal penjualan, jurnal pembelian, jurnal penerimaan kas, serta jurnal pengeluaran kas.

Salah satu hal paling sulit untuk dilakukan pada saat menyiapkan pembukuan adalah kapan harus menggunakan debit dan kapan harus menggunakan kredit. Berikut ini ada beberapa aturan sederhana yang dapat Anda ikuti:

  • Anda akan selalu menggunakan debit dan kredit untuk setiap entri jurnal. Itulah yang menjadi dasar dari sistem pembukuan entri ganda. Anda memiliki dua kolom dalam entri jurnal yang masing-masing akan memiliki entri yang sama yaitu satu untuk debit, dan satu untuk kredit. Ingat format persamaan akuntansi Aset= Kewajiban + Ekuitas.
  • Sisi Aset berada di sisi sebelah kiri, dan liabilitas (kewajiban) + ekuitas berada di sisi sebelah kanan. Saat Anda perlu membuat entri jurnal, coba perhatikan bagan akun Anda untuk melihat apakah akun yang perlu Anda gunakan berada di sisi sebelah kiri atau kanan  dalam persamaan akuntansi.
  • Jika akun berada di Aset atau sisi sebelah kiri, maka itu adalah sisi Debit. Debit akan menambahkan akun-akun tersebut, dan kredit akan menguranginya. Jika akun berada di sisi liabilitas dan ekuitas atau sisi sebelah kanan, maka itu adalah sisi Kredit. Kredit akan meningkatkan nilai akun tersebut, sementara debit akan menguranginya.

 

Laporan Keuangan Perusahaan

Komponen laporan keuangan perusahaan terdiri dari:

  • Neraca, yaitu laporan posisi keuangan dari entitas pada suatu tanggal tertentu, biasanya pada akhir tahun.
  • Laporan laba rugi, yaitu laporan hasil operasi sebuah entitas selama periode tertentu, misalnya satu bulan atau satu tahun.
  • Laporan ekuitas (modal) pemilik, yaitu laporan yang menyajikan ikhtisar perubahan yang terjadi dalam ekuitas pemilik pada suatu entitas untuk suatu periode tertentu.
  • Laporan arus kas, yaitu laporan yang menggambarkan jumlah kas masuk (penerimaan kas) dan jumlah kas keluar (pengeluaran kas) dalam suatu periode tertentu.

Baca juga: Kesalahan Pemasaran Online yang Harus Dihindari

 

Jika Anda sudah memahami dasar-dasar akuntansi perusahaan seperti yang telah dijelaskan di atas, maka saatnya Anda untuk mencoba menjalankan proses akuntansi dengan menggunakan aplikasi atau software. Ada berbagai macam aplikasi atau software akuntansi online yang dapat Anda pilih dan gunakan untuk bisnis atau perusahaan Anda, salah satunya adalah Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang akan memberikan Anda kemudahan dalam mengelola laporan keuangan secara instan dan real time. Selain itu, Jurnal juga dapat diakses di mana dan kapan saja dengan menggunakan koneksi internet.

Untuk menggunakan Jurnal, Anda dapat mendaftarkan perusahaan atau bisnis Anda sekarang. Dapatkan free trial selama 14 hari. Dan manfaatkan kesempatan yang ada sekarang ini, demi kemajuan bisnis yang sedang Anda jalankan.

 

[adrotate banner=”11″]


PUBLISHED02 Nov 2019
Rishna Maulina
Rishna Maulina


Kategori : Panduan Akuntansi