5 Aplikasi ERP Open Source, Recommended!

Kenali apa itu pengertian software ERP open source serta manfaat dan contoh aplikasi yang recommended untuk digunakan. Simak selengkapnya di Blog Mekari Jurnal!

Enterprise Resource Planning atau ERP system adalah rangkaian lengkap aplikasi yang berfungsi untuk mengelola berbagai proses bisnis.

ERP dirancang untuk mengintegrasikan berbagai sistem bisnis secara efektif sambil merampingkan proses untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Anda harus tahu apa saja contoh aplikasi ERP open source yang recommended untuk bisnis Anda.

Mengingat biayanya yang tinggi dan proses implementasi yang memakan waktu, Anda perlu memilih aplikasi ERP open source yang tepat.

Dengan demikian, Anda akan terbantu untuk memperoleh keuntungan bisnis yang lebih besar dengan mengotomatiskan proses dan meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

Apa Itu ERP Open Source?

ERP open source adalah sistem software perencanaan sumber daya perusahaan (Enterprise Resource Planning) yang kode sumbernya tersedia untuk umum.

Model open source memungkinkan perusahaan untuk mengakses kode sistem ERP dan menyesuaikannya menggunakan departemen TI mereka sendiri.

Ini lebih baik daripada harus mengeluarkan biaya lebih untuk layanan kustomisasi vendor dan lisensi, seperti yang biasanya terjadi pada program closed source.

Agar perangkat lunak ERP open source berfungsi sebagaimana mestinya, perusahaan harus memiliki staf TI dengan skill pengembangan dan pemrograman yang mumpuni.

Kemampuan dukungan ERP internal juga penting, karena kustomisasi sering kali tidak tercakup dalam dukungan software yang dioperasikan vendor.

ERP open source dapat menjadi solusi bagi usaha kecil hingga menengah (UKM) yang ingin meningkatkan atau menyesuaikan sistem ERP dengan menghemat biaya lisensi.

Hal ini memungkinkan pengguna aplikasi ERP open source dapat mengakses kode sumber secara gratis.

Namun, beberapa vendor sistem ERP open source yang lebih terkenal dan berpengalaman, umumnya akan menawarkan langganan berbayar untuk beberapa fitur tambahan.

Intinya, aplikasi ERP open source menawarkan peluang besar bagi bisnis Anda untuk mengintegrasikan fitur teknologi ke dalam proses bisnis dalam sumber daya yang terbatas.

Selain itu, sistem ini juga menawarkan fleksibilitas yang besar bagi bisnis Anda untuk mengubah atau menambahkan fungsionalitas sesuai kebutuhan.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Aplikasi ERP Open Source?

Ada beberapa alasan utama mengapa Anda harus menggunakan sistem ERP open source dalam bisnis Anda. Di antaranya:

  • Menghemat Biaya Jangka Panjang

Sekalipun sistem ERP mungkin memerlukan biaya implementasi yang besar, namun hal tersebut justru dapat secara signifikan dapat meningkatkan efisiensi biaya bisnis.

Dengan sistem yang efektif, fungsi TI dalam bisnis Anda tidak memerlukan staf khusus, infrastruktur besar, dan tim besar untuk mengelola banyak sistem.

Itu karena semua kebutuhan ini dapat ditangani oleh satu sistem ERP.

Sebagian besar sistem ERP open source bahkan dapat menggunakan database open source dan sistem operasi yang menawarkan opsi bebas lisensi.

  • Visibilitas Lebih Besar

Alasan lain mengapa Anda harus menggunakan sistem ERP adalah memungkinkan Anda untuk mendapatkan akses lengkap ke semua data dan informasi penting.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda dalam mengelola operasi bisnis sehari-hari, serta membuat keputusan bisnis yang yang lebih cerdas.

Misalnya, dengan sistem ERP yang efektif, Anda bisa lebih mudah untuk mengawasi tingkat inventaris atau menjaga stok inventaris agar tetap memadai.

  • Meningkatkan Efektivitas Pelaporan dan Perencanaan¬†

Selain visibilitas yang lebih besar, sistem ERP juga menawarkan solusi upgrade pelaporan dan perencanaan untuk bisnis Anda.

Dengan menerapkan rangkaian ERP dapat membantu Anda untuk mendapatkan pelaporan yang interaktif dan terperinci dari masing-masing fungsi bisnis melalui dasbor terpadu.

Ini tidak hanya membantu Anda mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan bisnis Anda, memudahkan Anda untuk membuat perencanaan yang tepat untuk mengurangi kelemahan.

  • Peningkatan Efisiensi Operasional Bisnis

Selanjutnya, implementasi ERP juga mampu meningkatkan efektivitas waktu dan upaya yang diperlukan untuk melakukan operasi bisnis sehari-hari.

Dengan mengotomatisasi berbagai operasi yang berlebihan, sistem ERP mampu meringkas beberapa pekerjaan sehingga karyawan Anda jadi fokus pada tugas-tugas inti.

  • Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Sistem ERP tidak hanya meningkatkan proses dan sistem bisnis Anda, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas customer service.

Dengan membuat repositori data terpusat dan efisien untuk semua klien, memungkinkan tim sales Anda untuk lebih objektif dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Fitur aplikasi ERP open source juga memungkinkan Anda untuk meningkatkan retensi dengan menawarkan pengalaman operasional yang dipersonalisasi kepada pelanggan.

Baca juga: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat dari Cloud ERP

Contoh Aplikasi ERP Open Source yang Recommended

Mengingat alasan pentingnya menggunakan sistem ini, berikut beberapa contoh aplikasi ERP open source yang recommended untuk bisnis Anda:

1. Mekari Jurnal

software erp open source indonesia

Mekari Jurnal adalah salah satu aplikasi ERP di Indonesia yang telah membantu banyak bisnis untuk berkembang.

Software ini bisa digunakan untuk semua jenis dan ukuran bisnis serta dilengkapi dengan beragam fitur misalnya di bidang akuntansi, pembukuan, penjualan, manajemen persediaan, pengelolaan pajak, dan lain sebagainya.

Tidak janya itu, Jurnal dilengkapi dengan sistem modern dengan online cloud dengan jaminan kemanan data yang tersertifikasi, tentunya dengan harga yang juga bersahabat.

Anda bisa memilih berbagai paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mulai dari paket Starter, paket Pro, paket Enterprise, dan Enterprise+.

Coba gratis Jurnal selama 14 hari dengan menekan tombol di bawah ini atau langsung hubungi sales kami untuk melakukan demo.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

2. Odoo

contoh aplikasi erp open source

Odoo adalah salah satu aplikasi ERP open source yang sangat populer dan terkenal.

Software ini menawarkan rangkaian aplikasi terintegrasi yang dilengkapi dengan beberapa modul untuk bisnis Anda.

Misalnya manufaktur, akuntansi, keuangan, manajemen proyek, penagihan, manajemen inventaris, penagihan, dan lainnya.

Tampilan antarmuka yang sederhana, membuat Odoo menjadi aplikasi ERP yang ramah untuk pemula.

3. Metasfresh

Metasfresh adalah software ERP open source populer lainnya karena dilengkapi paket yang interaktif dan intuitif.

Aplikasi ini bisa jadi solusi yang terjangkau untuk usaha kecil dan menengah guna memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

Sistem ini dapat dengan mudah di-host sendiri oleh pengguna dan digunakan secara gratis.

Selain itu, sistem ERP ini juga dirancang untuk semua sistem operasi utama termasuk Windows, Linux, iOS, dan Android.

Metafresh tersedia dalam berbagai bahasa pemrograman seperti SQL, Java, XML, dan JavaScript.

4. Apache OFBiz

Aplikasi ERP open source ini dikembangkan pada arsitektur umum, sehingga memudahkan pengguna untuk menyesuaikan sistem sesuai kebutuhan.

Sistem ini ditujukan untuk perusahaan menengah hingga besar dan dilengkapi dengan berbagai fungsi untuk mendukung sumber daya pengembangan dukungan internal.

Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya dengan infrastruktur dan proses bisnis yang ada.

5. Dolibarr

rekomendasi erp open source

Sistem ERP ini ditujukan untuk usaha kecil dan menengah karena menawarkan solusi manajemen end-to-end bagi penggunanya.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh sistem ini antara lain, faktur, pembayaran, manajemen dokumen, kontrak, dukungan untuk sistem POS, pesanan, inventaris, dan lain-lain.

Sebagai aplikasi ERP yang populer, Dolibarr hadir dengan antarmuka yang interaktif dan intuitif, sehingga memudahkan pengguna untuk memanfaatkan fungsionalitas lengkapnya.

Nah, itulah beberapa contoh aplikasi ERP open source yang recommended untuk bisnis Anda.

Kesimpulannya, dengan menerapkan sistem ERP secara tepat, akan membantu Anda untuk dapat memperoleh peningkatan yang signifikan dalam efisiensi dan produktivitas bisnis.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo