Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

Dampak Industri 4.0 terhadap Sektor Jasa Keuangan Indonesia

Tayang 10 Jul 2020
Diperbarui 09 November 2023

Kehadiran revolusi industri 4.0 adalah sebuah bentuk dorongan untuk terus berinovasi pada layanan keuangan digital. Misalnya pembayaran online, pinjaman digital, cryptocurrency, dan kegiatan keuangan lainnya yang mengandalkan dukungan internet dan software. 

Ciri dari revolusi industri 4.0 adalah penggunaan otomasi digital pada semua kegiatan bisnis. Masyarakat seringkali merasakan perubahan ini sebagai bentuk kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan. 

Melakukan inovasi dan mengikuti perubahan tidak selalu mudah. Industri 4.0 bisa diartikan sebuah peluang dan ancaman dalam satu waktu. Berikut ini adalah dampak dari industri 4.0 pada sektor jasa keuangan di Indonesia. 

Menghadirkan Fintech Sebagai Bentuk Transaksi Digital

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan

Fintech atau financial technology merupakan hasil dari revolusi industri 4.0 pada sektor jasa keuangan. Istilah fintech digunakan untuk merujuk pada inovasi digital di bidang keuangan dengan bantuan teknologi. 

Konsep fintech merupakan perpaduan antara sistem keuangan dengan perkembangan teknologi sehingga membuat transaksi keuangan jadi lebih praktis, aman, dan modern. Tidak heran jika saat ini budaya konvensional telah berubah menjadi budaya digital. 

Memangkas Produksi Layanan Jasa Keuangan

Revolusi industri 4.0 mampu memangkas biaya produksi pada layanan jasa keuangan.  Biaya transportasi, komunikasi, dan perdagangan akan terpangkas sehingga logistik dan rantai pasokan global menjadi lebih efektif. Inovasi ini membidik sisi penawaran konsumen dengan keuntungan efisiensi dan produktivitas jangka panjang. 

Layanan otomasi dalam bidang keuangan membuat semua proses transaksi yang panjang menjadi sangat sederhana dan efektif. 

Note: Bagaimana awal mula kedatangan revolusi industri 4.0? Apa perubahannya? Apa saja Peluang Bisnis Baru di Era Revolusi Industri 4.0?

Meningkatkan Layanan Jasa kepada Pelanggan 

Sebagai industri pelayanan jasa, kepuasan pelanggan merupakan fokus utama dalam berbisnis. Teknologi mampu memberikan layanan yang lebih baik pada pelanggan, proses yang lebih mudah, dan biaya yang lebih murah. 

Kepuasan pelanggan adalah titik temu antara harapan konsumen dan peningkatan layanan. Seiring dengan transparansi data keuangan dan keterlibatan konsumen, perilaku mereka akan lebih mudah dianalisa melalui akses internet dan data seluler. Maka peningkatan layanan dari penyedia jasa keuangan dapat dilakukan sesuai harapan pelanggan.

Memasarkan Penawaran Jasa dengan Tepat Sasaran

Teknologi internet memiliki peran yang sangat besar dalam memahami karakteristik pelanggan. Dikenal dengan nama internet marketing adalah sebuah sarana promosi yang tepat sasaran dengan mengetahui pola perilaku konsumen di pasar.

Melalui internet marketing, produk keuangan seperti reksa dana, asuransi, saham dan sejenisnya akan dipasarkan tepat sasaran.

Menjamin Keamanan Data

Cloud storage adalah salah satu bentuk nyata dari era industri 4.0 untuk menyimpan data digital yang memanfaatkan server virtual. Namun risiko pencurian data digital atau cyber crime memang bisa mengancam kapan saja. 

Dengan sistem keamanan yang tinggi, data pelanggan dapat dilindungi oleh penyedia jasa keuangan. Perusahaan bisa menggunakan layanan cyber security untuk melindungi data dan informasi dari ancaman penipuan maupun pencurian. 

Mengurangi Tenaga Kerja Manusia

Sistem dan teknologi mampu bekerja lebih cepat dibandingkan kemampuan SDM. Suatu pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh sistem dan teknologi, maka tidak akan lagi dibutuhkan tenaga manusia untuk menyelesaikannya. Langkah ini juga digunakan untuk mengurangi risiko human error

Pada umumnya, tenaga manusia masih dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh sistem. Seperti misalnya kegiatan input data. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa SDM yang tidak bisa beradaptasi dengan teknologi akan semakin tertinggal di era industri 4.0 saat ini.

Software keuangan adalah bagian dari revolusi industri 4.0 yang merupakan kolaborasi perangkat lunak komputer dan jaringan internet. Berbagai teknologi yang ada dalam software keuangan membantu mempermudah hingga mendukung keberhasilan aktivitas bisnis. 

Jurnal adalah sebuah software akuntansi online yang akan membuat Anda mampu bersaing di era industri 4.0. Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk membuat laporan keuangan bisnis, mengirimkan faktur, dan mengunjungi bank untuk melakukan rekonsiliasi.

Melalui Jurnal semua pengelolaan keuangan dapat dikerjakan secara otomatis.

Kunjungi website Jurnal untuk mengetahui produk unggulan Jurnal selengkapnya. Jangan lewatkan kesempatan untuk bisa mencoba gratis 14 hari layanan aplikasi ERP dari Jurnal!

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal