Ketahui Pengertian dan Cara Pembuatan Faktur Penjualan

Dalam sebuah transaksi bisnis, sudah sewajarnya jika penjual menerbitkan catatan bukti transaksi berupa nota atau faktur. Jika perusahaan Anda bergerak di bidang perdagangan, maka salah satu bukti transaksi yang sering dikeluarkan adalah faktur penjualan.

Beberapa orang mungkin masih kebingungan membedakan antara faktur penjualan dan pembelian sehingga sering keliru dalam penggunaannya. Artikel berikut ini akan menjelaskan tentang faktur ini dan cara pembuatannya. 

 

Definisi Faktur Penjualan

Faktur penjualan sering juga disebut dengan sales invoice, yaitu bukti transaksi berupa tagihan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Dokumen ini biasanya dikirimkan kepada pembeli bersamaan dengan pengiriman barang.

Seiring perkembangan teknologi, kini sales invoice tidak lagi berbentuk lembaran kertas. Saat ini sudah tersedia faktur digital yang bisa dikirimkan melalui email kapan saja dan di mana saja. 

Dalam kehidupan sehari-hari sales invoice sering sekali Anda temui. Misalnya saat membeli peralatan kantor, setelah membayar dan menerima barang, pihak penjual akan memberikan sales invoice. Faktur ini bisa digunakan sebagai bukti sah jika pembeli ingin komplain terhadap produk yang dibeli. 

Jurnal software akuntansi UKM

Fungsi Faktur Penjualan

Secara rinci, fungsi dari faktur penjualan atau sales invoice adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bukti tertulis atas transaksi jual beli yang terjadi.
  2. Informasi barang atau jasa yang sudah dibeli oleh pelanggan. Informasi ini biasanya memuat tentang deskripsi produk atas jasa, harga, dan kuantitas.
  3. Digunakan untuk memberikan informasi tagihan dan termin pembayaran yang harus dilakukan oleh pelanggan.
  4. Dapat digunakan sebagai bukti bahwa barang atau jasa telah selesai diberikan kepada pelanggan;
  5. Bagi pembeli atau pelanggan, faktur ini bisa digunakan sebagai alat komplain yang sah jika barang yang diterima tidak sesuai dengan kesepakatan awal.
  6. Digunakan sebagai dokumen rujukan yang sah jika barang atau jasa akan dijual kembali.
  7. Faktur adalah bukti valid yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan.
  8. Merupakan bukti yang sah untuk pelaporan pajak.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kelola Stock Opname untuk Bisnis Ritel

Cara Pembuatan Faktur Penjualan

Membuat faktur dapat dilakukan secara manual, menggunakan microsoft excel, atau software akuntansi online. Pada dasarnya tidak ada aturan baku dalam menyusun sales invoice.

Setidaknya, dalam satu faktur memuat kolom dengan informasi sebagai berikut:

  1. Identitas perusahaan yang berisi nama perusahaan, logo, alamat, dan nomor telepon.
  2. Identitas lengkap pembeli , seperti nama, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  3. Kode atau nomor transaksi, ini merupakan informasi sangat penting bagi penjual agar bisa membedakan dengan transaksi lainnya.
  4. Tanggal transaksi.
  5. Detail barang yang ditransaksikan. Biasanya tersedia kolom yang cukup besar untuk menuliskan deskripsi barang yang dijual, harga satuan, dan diskon jika ada.
  6. Nominal yang harus dibayar. Nominal ini mencakup sub total, PPN, dan total yang harus dibayarkan. Informasi tentang PPN harus dicantumkan karena konsumen berhak mengetahui besaran PPN yang harus mereka tanggung. 
  7. Nama dan tanda tangan kasir, serta tanda tangan konsumen. Dengan adanya tanda tangan ini berarti faktur yang dibuat berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak. Dan antara penjual dan pembeli telah sama-sama mengetahui. 

Baca Juga: Memahami Seluk Beluk dan Cara Kelola Bisnis Franchise

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal.

Di Bulan September ceria ini, Anda akan mendapat diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Banner Blog

Kategori : Accounting

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo