Jurnal Enterpreneur

Struktur Modal Perusahaan : Pengertian, Faktor dan Teori

Dalam sebuah bisnis, Anda pasti sudah sering mendengar tentang struktur modal.  Pengertian struktur modal berbeda dengan modal. Jika modal adalah hal umum yang merupakan bagian penting dari berjalannya perusahaan, maka struktur modal adalah bagian yang mengatur modal. Pengertian, faktor yang memeranguhi serta teori struktur modal perusahaan wajib dipahami oleh para pemilik usaha agar modal perusahaan tidak mengalami masalah.

Apa Itu Struktur Modal Perusahaan?

Struktur modal merupakan perimbangan atau perbandingan antara modal milik sendiri dengan modal asing. Dalam hal ini modal asing adalah hutang jangka pendek ataupun hutang jangka panjang. Sementara modal modal sendiri dibagi menjadi laba ditahan dan kepemilikan perusahaan.

Struktur modal sangat penting untuk dipahami, karena kondisi baik atau buruknya keuangan perusahaan ditentukan oleh struktur modal. Maka dari itu, memahami struktur modal adalah hal penting. Jika hutang jangka panjang perusahaan lebih banyak dibanding laba ditahan, maka perusahaan bisa mengalami kerugian yang serius. Struktur modal akan mengatur perimbangan tersebut di dalam perusahaan.

Ada beberapa pengertian struktur modal menurut para ahli, yaitu:

  • J. Fred Weston dan Thomas E Copeland (1996)

    Weston dan Copeland mengatakan bahwa struktur modal adalah pembiayaan permanen yang terdiri dari utang jangka panjang, saham preferen dan modal pemegang saham.

  • Frank J Fabozzi and Pamela Peterson (2000)

    Menurut Fabozzi dan Peterson, struktur modal adalah kombinasi dari hutang dan ekuitas yang digunakan untuk membiayai proyek perusahaan. Struktur modal suatu perusahaan adalah campuran hutang, ekuitas yang dihasilkan secara internal, dan ekuitas baru.

  • J Keown dkk (2000)

    Menurut Keown dkk struktur modal adalah paduan atau kombinasi sumber dana jangka panjang yang digunakan oleh perusahaan.

  • Farah Margaretha (2004)

    Menurut Margaretha struktur modal menggambarkan pembiayaan permanen perusahaan yang terdiri atas utang jangka panjang dan modal sendiri.

Struktur modal adalah bagian yang terpenting dari perusahaan. Baik buruknya sruktur modal akan sangat berpengaruh kepada kondisi keuangan perusahaan. Dengan adanya manajemen struktur modal, perusahaan dapat mengalokasikan dana-dana yang dimiliki untuk kegiatan yang sesuai dan berguna untuk kelangsungan perusahaan.

Faktor yang Memengaruhi Struktur Modal Perusahaan

Faktor yang Memengaruhi Struktur Modal Perusahaan

  • Struktur Aktiva (Tangibility)

    Semakin besar jumlah aktiva perusahaan terutama aktiva lancar, maka perusahaan cenderung mengoptimalkan terpenuhinya kebutuhan dana utang. Hal ini yang menunjukkan adanya pengaruh dari struktur aktiva pada struktur modal perusahaan.

  • Growth Opportunity

    Perusahaan cenderung melakukan investasi untuk mengembangkan perusahaan. Kesempatan mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik ini biasanya tidak semuanya menguntungkan. Hal tersebut juga mempengaruhi struktur modal perusahaan.

  • Ukuran Perusahaan (Form Size)

    Perusahaan besar lebih cenderung melakukan diversifikasi usaha lebih banyak dibanding perusahaan kecil. Hal inilah yang membuat perusahaan kecil lebih rentan bangkrut sedangkan perusahaan besar lebih siap menghadapi krisis karena memiliki ukuran perusahaan yang lebih besar.

  • Profitabilitas

    Perusahaan dengan profit yang tinggi pasti mempunyai dana internal lebih banyak dibanding dengan profit rendah. Dengan begini, perusahaan yang memiliki profit tinggi akan memiliki hutang yang lebih rendah karena memiliki dana internal yang cukup. Hal inilah yang mempengaruhi struktur modal perusahaan.

  • Risiko Bisnis

    Risiko bisnis bisa menjadi salah satu alasan kenapa perusahaan mengalami kesulitan untuk pendanaan eksternalnya. Hal ini berpengaruh kepada leverage perusahaan.

Setiap faktor mempengaruhi kondisi struktur modal perusahaan juga akan mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan. Misalnya saja posisi perpajakan. Perusahaan yang kondisi keuangannya sehat, tentunya rutin membayar pajak dan tidak mengalami masalah perpajakan. Sebaliknya, perusahaan yang tidak taat pajak atau memiliki kondisi keuangan tidak sehat, proses pajaknya bisa saja terhambat.

Baca juga : Pentingnya Biaya Modal dan Struktur Modal Bagi Pemula

Teori Struktur Modal Perusahaan

Teori Struktur Modal Perusahaan

  • Teori Pendekatan Tradisional

Teori Pendekatan tradisional menyatakan bahwa akan ada struktur modal dengan optimal. Dengan maksud, struktur modal mempunyai pengaruh pada nilai perusahaan, yang mana struktur modal bisa berubah-ubah supaya dapat didapatkan nilai perusahaan optimal.

  • Teori Pendekatan Modligiani dan Miller

Teori ini dibagi menjadi dua. Yaitu:

1. Teori MM Tanpa Pajak.

Pendapat Modligiani dan Miller mengenai struktur modal adalah tidak relevan atau tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Kemudian ia mengajukan asumsi guna membangun teori mereka, yakni :

  • Tanpa agency cost.
  • Tanpa pajak.
  • Investor bisa berhutang dengan suku bunga sama dari perusahaan.
  • Investor memiliki informasi serupa manajemen tentang prospek perusahaan pada masa depannya.
  • Tanpa biaya kebangkrutan.
  • EBIT tanpa pengaruh penggunaan utang.
  • Para investor merupakan price-takers.
  • Jika mengalami kebangkrutan, maka aset dijual harga pasar

2. Teori MM dengan Pajak.

Teori Modligiani dan Miller tanpa pajak dianggap tidak masuk akal. Lalu dimasukkan pajak ke dalam teori mereka. Pajak dibayarkan untuk pemerintah artinya menjadi aliran kas keluar perusahaan. Utang dapat dipakai untuk menghemat pajak sebab dapat digunakan menjadi pengurang pajak.

  • Teori Trade Off pada Struktur Modal

Menurut pendapat yang diungkapkan Myers (2001), perusahaan berhutang hingga dalam tingkat utang tertentu, yang mana penghematan pajak dari tambahan utang seperti biaya kesulitan keuangan”.
Teori struktur modal perusahaan trade off  ini, dalam struktur modal optimal menggunakan faktor antara biaya agen, pajak dan biaya kesulitan, namun tetap mempertahankan sebuah asumsi symmetric information dan efisiensi pasar menjadi imbangan serta manfaat untuk pemakaian utang.

  • Teori Pecking Order

Teori Pecking Order menjelaskan mengapa perusahaan yang mempunyai tingkat keuntungan yang lebih tinggi justru mempunyai tingkat utang yang lebih kecil. Secara spesifik, perusahaan memiliki ururtan untuk preferensi penggunaan dana perusahaan. Berikut urutannya:

  1. Pandangan internal perusahaan. Dana internal didapat dari laba yang dihasilkan perusahaan.
  2. Perusahaan menghitung target rasio pembayaran berdasarkan perkiraan kesempatan investasi.
  3. Adanya kebijakan konstan yang digabung dengan fluktuasi dan kesempatan berinvestasi tanpa prediksi sehingga aliran kas menjadi lebih besar daripada pengeluaran investasi.
  4. Jika pandangan eksternal diperlukan, maka perusahaan akan mengeluarkan surat berharga yang paling aman terlebih dahulu.
  • Teori Asimetri dan Signaling

Teori ini menyatakan bahwa pihak-pihak yang berhubungan dengan perusahaan tidak memiliki informasi yang sama tentang prospek maupun resiko bisnis.

  • Teori Keagenan (Agency Approach)

Dengan teori ini, strutur modal tersusun untuk mengurangi konflik dari kelompok yang berkepentingan saja.

Demikian penjelasan tentang pengertian, faktor dan teori struktur modal. Dalam sebuah perusahaan, manajemen struktur modal sangat diperlukan agar kondisi keuangan perusahaan tetap dalam kondisi yang baik dan aman. Serta agar tidak terjadi kerugian yang bisa membuat perusahaan mengalami masalah. Manajemen struktur modal yang baik menandakan bahwa perusahaan berada dalam manajemen keuangan yang baik juga.

Dengan banyaknya kemungkinan struktur modal optimal yang sesuai keperluan perusahaan, maka kehadiran sebuah software akuntansi online seperti Jurnal merupakan sebuah kebutuhan sekaligus investasi bisnis yang dapat memudahkan dan membantu perusahaan mendapat hasil  struktur modal yang cepat dan akurat. Jurnal juga merupakan software inventory Indonesia yang dapat diandalkan. Dapatkan semua informasi yang Anda butuhkan tentang Jurnal, di sini.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo