Mekari Jurnal
Daftar Isi
11 min read

Inspirasi Peluang Bisnis Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Medan

Tayang 16 May 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Berikut ini adalah peluang usaha atau bisnis kuliner dan oleh-oleh khas Kota Medan yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi, apa saja itu?

Tidak mengherankan bahwa industri makanan dan bisnis kuliner adalah bisnis yang menarik bagi para pengusaha bisnis atau wirausahawan.

Lagipula, makanan merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat di dunia ini. Namun, beredar isu bahwa jenis bisnis ini telah menerima reputasi buruk dalam beberapa tahun terakhir.

Itu adalah “mitos” umum bahwa membuka restoran dan berkecimpung di dunia kuliner sangat berisiko bahkan untuk pengusaha startup.

Namun, seiring dengan fakta bahwa “mitos” ini telah terbantahkan, ada banyak peluang bagi wirausahawan yang berpikiran maju dan berpikiran kuat untuk berkecimpung di dunia bisnis kuliner.

Apalagi di Indonesia terdapat berbagai macam jenis makanan dari berbagai jenis suku dan budaya yang berbeda-beda dan bisa dijadikan peluang untuk membuka bisnis kuliner Anda.

Salah satunya adalah bisnis kuliner dari kota Medan. Medan adalah ibukota dari Sumatera Utara yang juga memiliki berbagai jenis makanan yang unik.

Namun sebelum menjelaskan kuliner apa saja yang menarik dari kota Medan, Anda perlu mengetahui alasan membuka bisnis kuliner khas Medan untuk menginspirasi Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kelola Bisnis Food And Beverage Lebih Efektif dengan Mekari Jurnal.

Alasan Kenapa Bisnis Kuliner Masih Menjadi Peluang Menarik

Berikut lima alasan kenapa bisnis kuliner masih menjadi peluang usaha yang menarik:

1. Kesehatan adalah Fokus Utama dari Bisnis Kuliner

Faktanya, tingkat obesitas orang dewasa di Indonesia meningkat sebanyak dua kali lipat selama dua dekade terakhir.

Hal ini tentu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilih hidup sehat dan menjaga kandungan gizi dari setiap makanan dan minuman yang mereka beli.

Pola kebiasaan ini penting untuk menjadi kebutuhan hidup kedepannya.

Maka dari itu, bisnis kuliner startup bisa membangun inovasi di bidang kesehatan – selain di bidang kuliner – dan mengambil hati masyarakat dengan menyajikan kuliner lezat dan bergizi.

Bahkan terdapat suatu perusahaan makanan yang memberikan layanan berupa bantuan membuat rencana diet dan kemudian mengirim mereka makanan yang sudah jadi berdasarkan pesanan dan kebutuhan mereka.

Bisa dibilang, ini adalah cara inovatif  untuk menyediakan makanan sehat dan meningkatkan gaya hidup pelanggan.

2. Sinergi dengan Jasa Ojek Online

Seperti yang Anda ketahui, jasa ojek online sekarang ini semakin marak dan menjamur.

Ditambah fitur pengantar makanan dari pihak ojek online yang berafiliasi dengan gerai-gerai restoran dan toko kuliner lainnya, contohnya kuliner khas medan, hal ini semakin membuat bisnis kuliner semakin menjanjikan.

Anda cukup membuatkan menu makanan yang dipesan oleh pelanggan melalui jasa ojek online tanpa perlu lagi merekrut pegawai untuk mengantar menu kuliner Anda.

Jelas hal ini akan lebih menghemat biaya dan meningkatkan penjualan toko atau restoran makanan Anda.

Diikuti dengan sentuhan foto makanan dari toko Anda yang nantinya terpampang di aplikasi ojek online, ini akan semakin menarik minat para konsumen untuk memesan makanan atau minuman kapan pun dan di mana pun.

3. Pelanggan Tidak Perlu Datang Langsung & Mengantre ke Toko

Poin ini masih terkait dengan poin sebelumnya. Sebenarnya, kita semua menginginkan kepuasan instan termasuk dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Tidak dipungkiri, karyawan atau pegawai perusahaan sudah cukup disibukkan dengan pekerjaan mereka.

Maka wajar ketika mereka mengharapkan atau bahkan membutuhkan sesuatu yang bisa mempermudah mereka mendapatkan makanan dan minuman yang mereka inginkan di sela-sela waktu kerja mereka.

Permasalahan tersebut terjawab dengan hadirnya jasa ojek online dan bisnis kuliner dengan menu makanan yang semakin berkembang.

Dengan hadirnya sistem baru tersebut, pelanggan tidak perlu lagi repot-repot datang dan mengantre untuk menunggu makanan mereka sampai di tangan mereka.

Ini merupakan win-win solution di mana pelanggan dan penjual makanan masing-masing mendapatkan kepuasan dan kebutuhannya.

Maka dari itu, Anda tidak perlu lagu untuk mulai terjun ke dunia bisnis kuliner di era sekarang ini!

4. Generasi Millennial: Membeli di Luar > Memasak Sendiri

Fakta ini juga hal yang tidak bisa dipungkiri kira-kira sejak dari tahun 2015 hingga sekarang.

Generasi millennial cenderung lebih suka untuk mengeluarkan sebagian besar uangnya untuk membeli di luar alih-alih membeli bahan makanan di supermarket untuk dimasak sendiri.

Ini menciptakan dua peluang tersendiri bagi Anda pengusaha bisnis kuliner.

Yang pertama, dengan fakta tersebut tentu Anda terbantu sekalipun Anda menyediakan menu makanan take away.

Sedangkan yang kedua, ini bisa menjadi peluang baru bagi retoran atau toko Anda membuka kursus memasak dengan pengemasan paket yang ramah bagi pelanggan millennial.

Selain mengedukasi, pilihan kedua juga akan menciptakan gaya hidup memasak sendiri dan menciptakan keuntungan sendiri bagi bisnis Anda.

5. Menjadi Peluang untuk Membantu Mereka yang Mebutuhkan

Sebagian besar bisnis kuliner saat ini masih lupa untuk mengontribusikan bisnisnya untuk tujuan sosial.

Ditambah tidak semua generasi millenial merasa mampu membuat dampak positif yang signifikan dan percaya bahwa bisnis harus berkontribusi pada tujuan sosial.

Industri makanan dan restoran startup bisa memanfaatkan hal ini.

Salah satu contohnya, Anda bisa bekerja sama dengan startup sociopreneur yang bekerja untuk membawa kelebihan makanan bagi mereka yang membutuhkan.

Lagi dan lagi, ini adalah peluang inovatif yang tidak hanya mendatangkan popularitas bisnis kuliner Anda, namun membantu mereka yang membutuhkan.

referensi kuliner medan mulai dari soto medan, mie gomak, hingga rujak kolam

5 Referensi Jenis Produk Makanan Khas Medan yang Patut Dicoba untuk Bisnis Kuliner

Berikut adalah lima jenis kuliner khas kota Medan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang hendak membuka bisnis kuliner di Indonesia maupun luar negeri:

1. Lontong Medan

Makanan yang terdiri dari lontong, sayur santan, dan sambal hijau/merah dengan tambahan berupa teri, tauco, dan bumbu kacang.

Jenis makanan bekuah dan gurih ini masih digemari oleh banyak orang dan bisa menjadi menu sarapan atau makan siang yang mengugah selera!

Oleh karena itu, Lontong Medan masih dapat menjadi rekomendasi bisnis kuliner khas Medan yang dapat Anda mulai kembangkan.

2. Soto Medan

Satu lagi makanan berkuah yang tidak kalah menarik dari Lontong Medan. Rata-rata sebagain besar orang Indonesia sangat menyukai makanan kuliner khas Medan ini.

Soto Medan ini tidak kalah lezatnya dengan jenis soto dari daerah lain. Ciri khas pada soto Medan yaitu memiliki ciri khas kuah berwarna agak kuning-kehijauan yang memberikan rasa gurih yang berbeda dari jenis soto lainnya.

3. Kolak Durian

Kota Medan juga terkenal dengan buah duriannya sampai-sampai dijuluki Kota Durian. Bagi para pelanggan yang menggilai durian, tentu jenis kuliner ini rasanya tidak bisa ditolak oleh mereka.

Kolak Durian merupakan makanan unik khas Medan yang disajikan dengan ketan putih yang sudah dikukus, pisang kepok, dan jagung manis rebus.

Untuk kuah kolaknya dibuat dari campuran santan kelapa dan gula aren atau gula merah. Anda bisa menyajikannya secara dingin maupun hangat.

4. Mie Gomak

Makanan ini biasa disebut sebagai Spaghetti khas Tanah Batak. Mie Gomak memiliki bentuk yang cukup besar dengan tekstur kenyal dan lebih panjang daripada pasta biasa.

Anda juga bisa menambah variasi dari Mie Gomak ini dengan menambahkan kuah lontong atau bumbu kacang untuk menambah kekuatan rasa dan kenikmatannya!

5. Rujak Kolam

Dinamakan Rujak Kolam karena dari dulu banyak penjual bisnis kuliner khas Medan ini di dekat Kolam Deli di Kota Medan.

Hal ini yang membuat Rujak Kolam berbeda dari rujak lainnya adalah bumbu kacang dengan tekstur kasar yang memberikan rasa unik dan khas.

Bayangkan kesegaran dari bumbu kacang dan sayur-sayuran yang bisa memanjakan lidah Anda!

Ide Menarik Oleh-oleh Khas Medan untuk Bisnis Kuliner

Ada beberapa inspirasi yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulai bisnis oleh-oleh kuliner khas Medan bagi Anda yang bertempat tinggi di wilayah Medan.

Oleh-oleh biasanya akan di bawa oleh wisatawan setelah pulang berlibur atau pemudik yang akan kembali bekerja di tempat asalnya.

Tentunya peluang tersebut cukup besar untuk Anda kembangkan. Berikut ide kuliner yang kreatif oleh-oleh khas Medan yang dapat Anda kembangkan:

1. Bika Ambon

Ide bisnis kuliner khas medan salah satunya yang favorit adalah bika ambon

Siapa yang tidak kenal dengan Bika Ambon? Ternyata, sebagian besar orang menganggap bahwa Bika Ambon berasal dari Ambon karena namanya.

Padahal, makanan yang banyak digemari ini berasal dari Kota Medan.

Bika Ambon memiliki tekstur berserat dengan rasa legit yang terbuat dari tepung tapioka, gula, santan, telur dan air nira.

Bagi Anda yang tertarik untuk merintis usaha oleh-oleh jenis ini, Anda bisa menambahkan kreasi dan inovasi baru agar lebih menarik.

Seperti membuat Bika Ambon dengan variasi rasa yang berbeda, atau membuat packing yang terlihat lebih eye catching.

2. Pancake Durian Medan

Buah Durian yang disukai banyak orang bisa menjadi peluang usaha oleh-oleh yang cukup menjanjikan, apalagi Kota Medan memang khas dengan buah Durian.

Namun kali ini buah Durian disajikan dengan cara yang berbeda, yaitu dalam bentuk pancake. Pancake Durian Medan ini berbentuk seperti dadar gulung yang terbuat dari kulit adonan tepung.

Lalu diisi dengan daging durian yang rasanya luar biasa. Pancake Durian memang sudah cukup terkenal di kota Medan, dan menjadi salah satu oleh-oleh favorit para pecinta durian.

Dengan berbagai varian rasa seperti mocca, coklat, pandan, dan lainnya, Pancake Durian sangatlah digemari.

3. Teri Medan

rekomendai oleh-oleh khas medan ikan teri medan

Teri Medan memiliki cita rasa yang berbeda dengan teri yang ada di daerah lain pada umumnya. Oleh-oleh khas Medan yang satu ini memiliki banyak penggemar.

Meskipun bentuknya kecil, teri medan yang satu ini biasanya dimasak dengan sambal kacang.

Rasanya sangat menggugah selera apalagi jika dinikmati bersama nasi putih hangat.

Oleh-oleh teri medan tidak hanya dijual dalam bentuk siap saji, tetapi juga  dijual mentah serta dikemas dalam berbagai ukuran dengan harga mulai dari Rp70.000 per kg.

Mudahnya mendapatkan teri ini membuat para pebisnis semakin ramai membuat olahan teri medan sebagai oleh-oleh.

4. Manisan Jambu Bangkok

Makanan khas Medan lain yang juga menjadi andalan banyak orang yaitu manisan jambu.

Jambu biji yang biasa dimakan secara langsung atau dengan cara di jus, ternyata bisa dibuat manisan yang rasanya nikmat.

Jenis jambu yang digunakan untuk membuat manisan ini adalah jambu bangkok yang berukuran besar.

Oleh-oleh yang satu ini dapat bertahan hingga 3 hari jika disimpan di dalam kulkas.

5. Sirup Buah Markisa

Jenis oleh-oleh khas Medan yang bisa bertahan lama adalah Sirup Buah Markisa.

Sirup Buah Markisa sangat cocok diminum di siang hari, di tengah udara kota Medan yang panas.

Sirup ini dipercaya mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang berkhasiat baik untuk tubuh.

6. Tempe Medan

Tempe Medan yang terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Medan ini ternyata berbeda dengan tempe pada umumnya.

Makanan khas Medan ini terbuat dari olahan kacang kedelai dan berbentuk lebih tebal dengan kedelai yang lebih besar serta warnanya yang kuning.

Karena sudah cukup populer, makanan yang satu ini bisa menjadi peluang usaha bagi Anda.

Anda bisa memproduksi Tempe Medan dan langsung menjualnya atau membuat olahan yang enak dan menarik berbahan dasar tempe ini.

7. Ikan Sale

Sebagian orang pasti mengira bahwa istilah sale biasanya berbahan dasar pisang.

Namun di Medan, ikan dapat diolah menjadi ikan sale.

Ikan Sale Medan adalah ikan yang dimasak dengan cara diasapi atau dijemur.

Jenis ikan yang digunakan adalah ikan lele limbat.

Ikan sale Medan bisa diolah menjadi makanan gulai khas Mandailing.

Selain itu, ikan sale juga dapat digoreng dengan irisan bawang dan cabai.

8. Lemang

ide bisnis oleh-oleh kuliner khas medan yaitu lemang medan

Lemang merupakan salah satu makanan khas kota Medan yang bentuknya seperti lontong.

Makanan ini terbuat dari dari santan, ketan putih, garam, serta daun pisang untuk membungkus, kemudian dibakar.

Lemang merupakan makanan tradisional khas Medan yang bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan hangat.

Di kota Medan, Lemang menjadi santapan wajib saat berbuka puasa dan sahur.

Karena, ketan yang menjadi bahan utamanya mengandung karboidrat sehingga sangat cocok untuk mengganjal perut.

Biasanya Lemang dihargai sekitar Rp25.000 per porsi dengan porsi yang cukup banyak.

Itulah berbagai peluang ide bisnis yang menjanjikan khususnya kuliner khas Medan.

Harapannya semoga melalui ulasan di atas dapat menginspirasi Anda dalam membangun suatu bisnis.

Perbanyak referensi terkait bagaimana membangun usaha kuliner agar Anda semakin siap untuk menghadapi berbagai kendala bisnis yang akan datang.

Kurangi Kendala Keuangan, Kelola Dengan Aplikasi Mekari Jurnal

Agar Anda dapat meminimalisir kendala yang muncul pada saat bisnis kuliner, pahami bagaimana mengelola keluar masuk keuangan bisnis kuliner.

Food cost adalah salah satu komponen yang harus dipahami oleh para pelaku pada dunia bisnis kuliner.

Ditambah dalam dunia bisnis Anda juga perlu memperdalam referensi bagaimana cara mengelola keuangan dan mencatat transaksi bisnis hingga menjadi Laporan Keuangan.

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

fitur paket barang dari software inventory dan aplikasi stock opname

Salah satu yang bisa menjadi opsi terbaik adalah Mekari Jurnal, software akuntansi online yang memiliki fitur akuntansi lengkap dan kemudahan-kemudahan lainnya.

Jika Anda menjalankan bisnis kuliner seperti makanan khas Medan, Anda tentunya membutuhkan data terkait Harga Pokok Penjualan dari gabungan persediaan bahan baku yang Anda beli sampai menjadi satu konversi produk yang akan dijual.

Di aplikasi nota dari Mekari Jurnal, semua bisa dilakukan secara mudah dan detail melalui fitur yang tersedia di dalam software inventory Indonesia tersebut.

Mekari Jurnal juga dapat menyesuaikan kebutuhan akuntansi perusahaan Anda, mulai dari software akuntansi perusahaan dagang, perusahaan jasa, hingga perusahaan manufaktur.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal