Menjelang lebaran, biasanya banyak orang yang pergi untuk membeli baju lebaran. Di mana, membeli baju lebaran sudah menjadi tradisi, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, menjual baju lebaran bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan besar. Namun, menjual baju lebaran bukanlah hal mudah, di mana Anda akan menemukan banyak pesaing yang juga menjual baju lebaran. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk meraih keuntungan dengan menjual baju lebaran.

 

Tentukan Target Pasar

Sebelum memulai bisnis, Anda harus terlebih dulu menentukan target pasar yang ingin dituju. Setelah mengetahui siapa target pasar, Anda dapat lebih mudah dalam menentukan jenis baju lebaran apa yang ingin Anda jual. Misalnya, jika Anda menargetkan target pasar Ibu-Ibu usia di atas 40 Tahun, maka Anda harus menjual baju gamis. Atau jika Anda menargetkan anak-anak usia 4 Tahun, Anda harus menjual baju lebaran dengan gambar kartun.

 

Ikuti Tren Fashion

Ketika ingin menjual baju lebaran, Anda harus melihat beberapa model baju yang sedang tren saat itu. Dengan menjual baju yang sedang tren, Anda akan lebih mudah menawarkan dan menjual baju tersebut. Di mana, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli baju yang sedang tren dibanding baju yang sudah ketinggalan zaman.

 

Jual Baju dalam Satu Paket

Untuk menarik pembeli sekaligus meningkatkan penjualan, Anda dapat menjual baju dalam satu paket. Anda dapat menjual satu set baju lebaran yang terdiri dari baju dan kerudung, atau baju kokoh, sarung, sekaligus peci, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menjual baju paket lengkap keluarga. Untuk menarik pembeli paket baju lebaran, Anda bisa memberikan diskon atau harga yang lebih murah dibanding membeli satuan.

 

Buat Parcel Baju & Alat Shalat

Membuat parcel baju lebaran yang dilengkapi alat shalat adalah strategi lain yang bisa Anda lakukan dalam menjual baju lebaran. Untuk menjual parcel ini, Anda bisa menawarkannya ke perusahaan besar, karena biasanya perusahaan akan memberikan parcel sebagai hadiah lebaran bagi karyawannya. Menjual paket parcel ini akan sangat membantu perusahaan dalam menyediakan bonus hari raya bagi karyawannya. Jadi, cobalah yakinkan perusahaan bahwa membeli parcel Anda akan jauh lebih murah dibanding mereka membeli eceran, sehingga mereka atau perusahaan dapat menghemat biaya atau anggaran bisnis.

 

Jual Baju Lebaran Online

Beberapa orang akan malas menghabiskan waktu untuk mengantri lama di pasar atau swalayan. Untuk menyiasati masalah ini, Anda dapat menjual baju lebaran melalui online. Mulailah untuk foto baju lebaran yang ingin Anda jual, kemudian posting melalui social media Anda beserta deskripsi mengenai baju tersebut. Mulai dari harga, bahan yang digunakan, dan sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce atau market place untuk menawarkan bisnis Anda. Jika di online, target pasar tidak bisa melihat secara langsung produk yang Anda jual, maka Anda harus menomorsatukan pelayanan, sehingga mereka akan lebih mudah percaya bisnis Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meraih keuntungan besar dalam menjual baju lebaran menjelang Hari Raya. Setelah Anda meraih pendapatan dan keuntungan, hal lain yang harus Anda lakukan adalah mencatat seluruh penjualan Anda. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda mencatat seluruh transaksi bisnis hingga menjadikan seluruh transaksi tersebut menjadi laporan keuangan lengkap dan akurat. Baca selengkapnya mengenai Jurnal dan berbagai fiturnya di sini.

Author