Jurnal Enterpreneur

6 Ide Bisnis Kreatif Yang Menguntungkan Bagi Ibu Rumah Tangga

Menemukan sebuah ide bagus untuk memulai usaha terkadang membutuhkan banyak waktu untuk merealisasikannya, apalagi untuk seorang ibu rumah tangga.

Karena tidak mudah menemukan sebuah peluang usaha yang bisa menghasilkan banyak keuntungan. Banyak yang bepergian ke suatu tempat hanya untuk menemukan ide bisnis kreatif sebelum memulai bisnis.

Di bawah ini akan kita diskusikan beberapa ide kreatif yang bisa kita coba sebagai peluang bisnis ibu rumah tangga yang bisa dicoba.

Sayuran Siap Masak

Seorang ibu memiliki banyak tugas dalam mengurus rumah tangga.  Terkadang banyaknya kesibukan itu membuat mereka tidak sempat menyiapkan proses memasak dari awal dan lebih memilih sesuatu yang praktis, misalnya sayuran potong yang sudah siap dimasak.

Dengan adanya kenyataan tersebut, memulai ide bisnis kreatif dengan menjual sayuran siap masak adalah sebuah solusi tepat. Anda hanya perlu membeli banyak sayuran, mencuci, dan memotongnya kemudian dijual kembali.

Anda juga bisa sekaligus menyiapkan sayuran sesuai dengan bahan yang dibutuhkan seperti bahan membuat sop atau sayur asem.

Frozen Food

Frozen food merupakan jenis makanan yang bisa bertahan lama dan diminati banyak orang. Anda bisa memulai usaha dengan memproduksi frozen food homemade seperti sosis, nugget daging, nugget sayur, ataupun bakso.

Meskipun sudah banyak beredar di pasaran, tetapi biasanya ibu-ibu lebih suka produk rumahan tanpa bahan pengawet. Untuk memulai bisnis ini, tentukan produk mana yang akan Anda produksi dan Anda jual.

Jasa Tempat Curhat

Usaha jasa yang selama ini ditemui antara lain jasa salon, jasa tukang ojek, jasa pengetikan atau jasa lainnya yang sudah banyak. Bagaimana dengan jasa tempat curhat?

Di kota kota besar seperti Surabaya atau Jakarta sudah mulai ada jasa tempat curhat. Namun belum banyak yang menekuni bisnis kreatif ini, sehingga  peluang usahanya masih terbuka lebar.

Bisnis ini bisa dimulai dengan modal tempat yang nyaman dan minuman yang disediakan untuk para pengunjung serta waktu untuk mendengarkan keluh kesah mereka.

Makanan Duka Cita

Rangkaian bunga yang dikirimkan sebagai ucapan duka cita pada keluarga orang yang telah meninggal dunia terkadang justru merepotkan keluarga tersebut untuk membersihkannya. Karena itu, sekarang ini muncul ide untuk memberikan makanan sebagai ucapan duka cita pada orang yang ditinggalkan.

Belum ada restoran maupun usaha bakery yang menyediakan makanan khusus untuk mengungkapkan rasa duka cita ini. Anda bisa membuka bisnis kreatif yang lebih bermanfaat ini agar keluarga yang sedang berduka bisa mendapat manfaat dari pemberian tersebut.

Jasa Titip

Sudah bukan rahasia lagi kalau wanita memiliki hobi belanja. Jika Anda memiliki hobi ini, cobalah manfaatkan sebagai peluang bisnis.

Saat ini banyak orang yang terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan sehingga tidak memiliki waktu untuk membeli produk yang mereka inginkan. Jadikan hal ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

Anda bisa berlaku sebagai jasa pembeli yang bekerja untuk orang-orang tersebut. Cukup belikan produk yang mereka inginkan dan Anda akan mendapatkan uang dari  jasa titip beli tersebut.

Daur Ulang Produk Menjadi Aksesoris

Satu lagi ide bisnis kreatif yang bisa Anda jalankan di rumah adalah mendaur ulang produk menjadi aksesoris untuk mempercantik penampilan. Desainer sudah mulai membuat pakaian dari dari daur ulang produk yang tidak dipakai.

Anda juga bisa memulai mendaur ulang benang ataupun pernak-pernik yang tidak terpakai menjadi sebuah aksesoris yang cantik. Dengan menjalankan usaha ini secara tidak langsung, Anda juga mensukseskan program mengurangi limbah.

Itulah daftar ide bisnis kreatif yang bisa dilakukan oleh Ibu rumah tangga di rumah. Jalani usaha Anda dengan tekun agar berkembang dan menjadi bisnis yang besar.

Jika ingin usaha Anda berjalan lancar, aturlah semua keuangan bisnis dengan detail dan tercatat rapi. Anda bisa menggunakan Jurnal, sebuah software akuntansi online yang menyediakan berbagai fitur keuangan untuk mendukung bisnis Anda.

Jurnal  sangat mudah digunakan dan mampu memberikan laporan keuangan secara detail dan akurat. Untuk mengetahui fitur-fitur terbaik dari Jurnal termasuk aplikasi gudang berbasis web maka klik software invoice.

Kategori : BisnisInspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo