Munculnya ekonomi kreatif dalam perekonomian Indonesia mendatangkan perubahan yang cukup signifikan. Dengan adanya perubahan tersebut, tumbuhlah industri ekonomi yang dapat memenuhi tuntutan pasar. Sebenarnya apa ekonomi kreatif itu? Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep baru dalam ekonomi yang menjadikan ide dan kreativitas manusia sebagai faktor utama dalam menjalankan produktivitas kerja. Perubahan ekonomi ini bermanfaat untuk memunculkan inovasi baru yang tentunya dapat memenuhi permintaan pasar. Selain itu, masih ada banyak manfaat dari ekonomi kreatif, berikut beberapa manfaatnya.

 

Inovasi Baru Berkembang Cepat

Munculnya kreativitas dalam bidang ekonomi tidak memberikan batasan seseorang untuk menjalankan dunia bisnis. Banyak sekali ide-ide baru yang bermunculan dan tentunya membuat masyarakat semakin mudah dalam memenuhi kebutuhan. Seperti yang dapat dilihat saat ini, untuk makan pun Anda tidak perlu repot untuk memasak, cukup pesan melalui smartphone saja. Inovasi ini muncul sebagai akibat dari adanya ekonomi kreatif.

 

Membuka Lapangan Kerja

Jika inovasi baru bermunculan dalam dunia bisnis, maka secara langsung akan menciptakan produk baru yang dijual. Produk ini memerlukan ahli untuk memproduksi dan memasarkannya. Tidak masalah jika satu usaha hanya memerlukan beberapa karyawan saja karena di tempat lain juga tumbuh usaha baru. Hal inilah yang dapat membuka lapangan kerja baru dan secara otomatis mengurangi angka pegangguran. Dengan berkurangnya pengangguran, tingkat ekonomi masyarakat semakin meningkat.

 

Manusia Semakin Kreatif

Perkembangan ekonomi menuntut manusia sebagai pelaku ekonomi menjadi lebih kreatif dan inovatif. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang kreatif, manusia akan berusaha lebih keras menemukan ide baru yang lebih unik dan berbeda dengan yang lain. Sehingga, mereka dapat bersaing di dunia bisnis dengan produk yang mereka miliki. Dengan demikian manusia sekarang lebih kreatif untuk memenuhi kebutuhan dan tidak tertinggal dengan yang lain.

 

Persaingan yang Kompetitif

Semakin berkembangnya ekonomi, maka semakin banyak pula pebisnis baru yang terjun dalam dunia ekonomi. Mereka berlomba-lomba untuk menciptakan usaha agar bisa menjadi pengusaha sukses. Dengan lahirnya pebisnis baru ini, maka pesaing atau kompetitor semakin banyak pula. Sehingga persaingan usaha menjadi kompetitif secara alami.

 

Kualitas Produk Semakin Bagus

Manfaat lain dari perkembangan ekonomi kreatif adalah berubahnya kualitas produk. Produk yang sejak dahulu ada kini menjadi lebih berkualitas karena banyaknya persaingan produk yang sama dipasaran. Selain itu, kesadaran masyarakat yang tinggi tentang produk yang aman dan berkualitas daripada produk murah yang dapat merusak, membuat pelaku bisnis ekonomi kreatif berusaha mencari ide untuk memenuhi hal tersebut.

 

Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan bisnis di berbagai sektor selalu memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya ekonomi kreatif yang banyak memunculkan usaha baru, membuat pertumbuhan ekonomi juga semakin baik karena semua mata rantai ekonomi dapat terpenuhi. Sehingga, kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

 

Ekonomi kreatif tidak dapat berkembang dengan lancar jika Anda sebagai pelaku bisnis tidak mengelola keuangan Anda dengan baik. Oleh karena itu, selalu kelola keuangan dengan baik dengan mencatat semua transaksi pada bisnis yang Anda kelola agar usaha semakin berkembang dan pertumbuhan ekonomi lancar.

 

Untuk mengatur dan mengelola laporan keuangan, diperlukan sistem  pembukuan yang bisa dipalikasikan secara mudah dan cepat seperti software akuntansi online Jurnal. Jurnal dapat membantu Anda menhitung pembiayaan usaha, melakukan pengecekan stok barang, pembuatan faktur, dan terhubung secara langsung dengan Bank untuk mempermudah proses rekonsiliasi. Dengan Jurnal, kesuksesan usaha melalui pemberdayaan ekonomi kreatif akan menjadi milik Anda. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal, di sini.