Sementara pemilik seni dan kerajinan bisnis bekerja di dunia kreatif mereka setiap hari, mereka juga harus memiliki berdiri teguh dalam sisi praktis untuk menjalankan bisnis. Cukup menyenangkan sebagai pebisnis untuk merancang dan sebuah seni dan kerajinan barang dan membuatnya laku besar, tetapi itu bukanlah hal yang mudah.

Pembukuan melibatkan pencatatan transaksi harian dalam sistem akuntansi, seperti memasukkan faktur pelanggan dan membayar tagihan penjual. Hal ini juga melibatkan tugas-tugas rutin dan perhitungan seperti menjalankan penggajian dan melakukan rekonsiliasi laporan bank. Artinya Anda memastikan uang yang diterima dan tercatat sama besar. Sebagai pemilik seni dan bisnis kerajinan, Anda dapat melakukan pembukuan secara mandiri. Menggunakan program software akuntansi seperti Jurnal, itu cukup mudah untuk mengelola transaksi.

Beberapa pemilik usaha menyewa seorang karyawan paruh waktu untuk mengerjakan pembukuan/akuntansi untuk mengurangi beban pemilik. Dalam beberapa bisnis seni dan kerajinan, pembukuan juga dapat melakukan tugas ganda sebagai resepsionis.

Laporan Finansial

Hasil akhir dari semua pekerjaan pembukuan ini adalah penyusunan laporan keuangan, termasuk laporan laba rugi, neraca dan laporan arus kas. Sebagai pemilik seni dan kerajinan bisnis, Anda harus menggunakan laporan keuangan untuk membuat keputusan tentang bagaimana menjalankan bisnis Anda – mungkin menemukan vendor baru jika biaya pokok penjualan terlalu tinggi, atau meningkatkan harga jual.

Jika Anda benar-benar bingung untuk memulai pembukuan dan proses akuntansi ini, Anda disarankan untuk mengenal sistem akuntansi secara mendasar. Langkah pertama dalam belajar bagaimana mempersiapkan laporan keuangan adalah memahami sistem akuntansi. Sistem akuntansi adalah bagaimana Anda mendapatkan transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda muncul di laporan keuangan Anda.

Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas

Jurnal akuntansi adalah rekaman transaksi sehari-hari. Jurnal pertama yang harus Anda jelajahi adalah jurnal kas. Anda akan memiliki dua jurnal kas: penerimaan kas dan pembayaran kas (beberapa mengacu pada jurnal pembayaran kas sebagai kas pengeluaran jurnal).

  • Pertama adalah jurnal penerimaan kas, yang mencatat kas yang Anda terima dari pelanggan, pembiayaan dari luar, penjualan aset atau uang investasi dalam bisnis yang mencatat pembayaran atas seni dan kerajinan bisnis Anda dalam bentuk uang tunai.
  • Jurnal kas kedua, jurnal pembayaran kas mencatat uang mengalir keluar dari bisnis seni dan kerajinan Anda. Beberapa contoh adalah ketika Anda membayar dengan cek, kartu kredit atau uang kertas baik ketika membeli perlengkapan atau membayar untuk jenis lain dari pengeluaran bisnis. Hal ini termasuk gaji yang mungkin Anda miliki untuk diri sendiri atau pun karyawan.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang. Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.
Author