Mekari Jurnal
Daftar Isi

Cara Simple Pembukuan dan Akuntansi Bisnis Kreatif dan Seni

Tayang 22 Mar 2016
Diperbarui 27 Desember 2023

Sementara pemilik seni dan kerajinan bisnis bekerja di dunia kreatif mereka setiap hari, mereka juga harus memiliki berdiri teguh dalam sisi praktis untuk menjalankan ide bisnis yang kreatif dan berseni.

Cukup menyenangkan sebagai pebisnis untuk merancang sebuah seni dan kerajinan barang lalu membuatnya laku besar. Tetapi mencari ide kreatif untuk bisnis bukanlah hal yang mudah.

Pembukuan akuntansi melibatkan pencatatan transaksi harian dalam sistem akuntansi, seperti memasukkan faktur pelanggan dan membayar tagihan penjual. Hal ini juga melibatkan tugas-tugas rutin dan perhitungan seperti menjalankan penggajian dan melakukan rekonsiliasi laporan bank.

Artinya Anda memastikan uang yang diterima dan tercatat sama besar. Sebagai pemilik seni dan bisnis kerajinan, Anda dapat melakukan pembukuan secara mandiri. Menggunakan program software akuntansi seperti Jurnal, itu cukup mudah untuk mengelola transaksi.

Beberapa pemilik usaha menyewa seorang karyawan paruh waktu untuk mengerjakan pembukuan/akuntansi untuk mengurangi beban pemilik. Dalam beberapa bisnis seni dan kerajinan, pembukuan juga dapat melakukan tugas ganda sebagai resepsionis.

Laporan Finansial kreatif dan seni

Hasil akhir dari semua pekerjaan pembukuan ini adalah penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa, termasuk laporan laba rugi, laporan neraca keuangan, dan laporan arus kas. Sebagai pemilik seni dan kerajinan bisnis, Anda harus menggunakan laporan keuangan untuk membuat keputusan tentang bagaimana menjalankan bisnis Anda.

Mungkin menemukan vendor baru jika biaya pokok penjualan terlalu tinggi, atau meningkatkan harga jual kreatif dan seni.

Jika Anda benar-benar bingung untuk memulai pembukuan dan proses akuntansi ini, Anda disarankan untuk mengenal sistem akuntansi secara mendasar kreatif dan seni.

Langkah pertama dalam belajar bagaimana mempersiapkan laporan keuangan adalah memahami sistem akuntansi. Sistem akuntansi adalah bagaimana Anda mendapatkan transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda muncul di laporan keuangan Anda.

Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas

Jurnal akuntansi adalah rekaman transaksi sehari-hari. Adanya jurnal pertama yang harus Anda jelajahi adalah jurnal kas. Anda akan memiliki dua jurnal kas: penerimaan kas dan pembayaran kas (beberapa mengacu pada jurnal pembayaran kas sebagai kas pengeluaran jurnal).

  • Pertama adalah jurnal penerimaan kas, yang mencatat kas yang Anda terima dari pelanggan, pembiayaan dari luar, penjualan aset atau uang investasi dalam bisnis yang mencatat pembayaran atas seni dan kerajinan bisnis Anda dalam bentuk uang tunai.
  • Jurnal kas kedua, jurnal pembayaran kas mencatat uang mengalir keluar dari bisnis seni dan kerajinan Anda. Beberapa contoh adalah ketika Anda membayar dengan cek, kartu kredit atau uang kertas baik ketika membeli perlengkapan atau membayar untuk jenis lain dari pengeluaran bisnis. Hal ini termasuk gaji yang mungkin Anda miliki untuk diri sendiri atau pun karyawan.

Aplikasi pembukuan keuangan akan memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang.

Dapatkan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal