Mengelola keuangan bisnis Anda tidak harus seperti memakan sayur setiap hari – membosankan. Kuncinya tentu saja, adalah untuk membuat rencana keuangan yang realistis dengan anggaran yang disepakati, mencatat transaksi dengan benar, meninjau performa Anda secara teratur dan selalu menjaga catatan keuangan dengan baik. Tiga laporan dasar keuangan terpenting untuk mengevaluasi kesehatan fiskal bisnis Anda adalah: neraca, laporan laba rugi dan laporan arus kas.

Apa yang harus dilakukan dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya? Hal berikut dapat dijadikan rekomendasi untuk mengurus fungsi akuntansi. Guna membuat Anda terbiasa dengan keadaan bisnis Anda, serta akan sangat membantu dalam persiapan pajak bisnis.

Tugas Akuntansi Harian

Periksa Posisi Kas

Karena kas adalah bahan bakar untuk bisnis, tentu Anda tidak akan ingin menjalankan aktivitas bisnis dengan kas yang kosong. Mulailah hari Anda dengan memeriksa berapa banyak uang yang Anda miliki di tangan saat ini. Mengetahui berapa banyak pendapatan yang Anda harapkan untuk diterima dan berapa banyak pengeluaran yang Anda harapkan untuk minggu atau bulan mendatang tidak kalah penting, tetapi itu tidak akan menjadi gas untuk bisnis Anda.

Tugas Akuntansi Mingguan

Rekam Transaksi Keuangan

Merekam setiap transaksi (penagihan pelanggan, menerima uang tunai dari pelanggan, membayar vendor, dll) di akun yang tepat baik berkala secara harian atau mingguan, tergantung pada volume bisnis dan juga kebutuhan. Meskipun pencatatan transaksi secara manual atau dalam spreadsheet Excel dapat digunakan, mungkin lebih mudah untuk menggunakan software akuntansi seperti Jurnal. Manfaat dan kontrol akan rekam transaksi jauh lebih besar saat menggunakan software akuntansi.

Dokumen dan Berkas Penerimaan

Menyimpan semua salinan dari tagihan yang dikirim, penerimaan kas (uang tunai, cek dan kartu kredit deposito), serta semua pembayaran cash (tunai, cek, laporan kartu kredit, dll). Mulai mengajukan vendor, pengurutan sesuai abjad, ataupun berbagai teknik pengelolaan untuk memudahkan akses. Adalah sebuah kebiasaan untuk melemparkan semua faktur dan kwitansi penerimaan ke dalam kotak dan mencoba untuk menguraikannya pada saat ingin mempersiapkan pajak. Tetapi untuk Anda yang memiliki volume transaksi relatif kecil, disarankan untuk memiliki file terpisah untuk berbagai macam penerimaan. Di sisi lain, banyak sekali software akuntansi yang membiarkan Anda memindai penerimaan dan menghindari file fisik sama sekali.

Siapkan dan Kirim Faktur

Pastikan untuk menyertakan syarat pembayaran. Kebanyakan faktur jatuh tempo dalam waktu 30 hari, tercatat sebagai “30 Net” di bagian bawah faktur. Tanpa tenggat waktu, Anda akan memiliki lebih banyak pendapatan yang sulit diprediksi untuk setiap bulan. Untuk penerimaan pembayaran lebih cepat, pertimbangkan untuk menawarkan insentif/keringanan untuk pembayaran di awal.

Mengulas Proyeksi Arus Kas

Mengelola arus kas Anda sangat penting, terutama pada tahun pertama bisnis Anda. Prediksi berapa banyak uang yang Anda akan perlukan dalam beberapa minggu/bulan mendatang akan membantu Anda menyimpan cukup uang untuk membayar tagihan, termasuk karyawan dan pemasok. Ditambah, Anda dapat membuat keputusan bisnis yang lebih tentang bagaimana untuk menggunakan uang itu. Yang Anda butuhkan adalah pernyataan/laporan sederhana yang menunjukkan posisi kas Anda saat ini, serta penerimaan dan pembayaran kas yang diharapkan selama minggu / bulan mendatang.

Tugas Akuntansi Bulanan

Menyeimbangkan Buku Cek Bisnis Anda

Sama seperti saat Anda menyesuaikan rekening pribadi Anda, Anda perlu tahu bahwa transaksi bisnis Anda akurat setiap bulan dan Anda telah bekerja dengan posisi kas yang benar. Rekonsiliasi kas membuat Anda lebih mudah untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan atau kelalaian, baik yang dilakukan oleh Anda atau oleh bank sehingga Anda memiliki waktu untuk memperbaikinya.

Mengulas Piutang yang Belum Tertagih dan “Menua”

Pastikan untuk menyertakan sebuah kolom untuk memisahkan “faktur terbuka” dengan jumlah tagihan telah melewati batas pembayarannya. Ini memberi Anda tampilan lebih cepat dari pembayaran pelanggan yang telah melewati tenggat waktunya. Awal bulan adalah waktu yang baik untuk mengirimkan pengingat jatuh tempo kepada pelanggan, klien dan orang lain yang berutang pada bisnis Anda.

Menganalisa Kondisi Persediaan

Jika bisnis Anda memiliki persediaan, sisihkan waktu untuk memesan kembali produk yang cepat terjual dan mengidentifikasi produk lain yang berputar lamban, dan mungkin harus dihapuskan. Dengan memeriksa kondisis gudang secara teratur (dan membandingkan angkanya di bulan-bulan sebelumnya ), lebih mudah untuk melakukan penyesuaian sehingga Anda tidak kekurangan atau kelebihan beban.

Mengulas dan Membandingkan Realisasi Laba Rugi, Anggaran, dan Neraca Perusahaan dengan Periode Sebelumnya

Laporan laba rugi (juga dikenal sebagai profit and loss statement) mampu memberitahu Anda berapa banyak pendapatan dan pengeluaran yang Anda lakukan selama periode tertentu. Membandingkan angka yang sebenarnya Anda habiskan dengan apa yang Anda rencanakan mungkin saja tidak sesuai sehingga perlu dilakukan evaluasi. Kedepannya segala evaluasi dapat digunakan untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Ditambah, dengan membandingkan neraca Anda pada satu periode dengan periode sebelumnya. Ini akan membantu mendapatkan gambaran tentang bagaimana mengelola aset dan kewajiban Anda. Kuncinya adalah untuk mencari apa yang signifikan. Misalnya, jika piutang Anda naik, itu karena peningkatan penjualan baru atau untuk pembayaran lebih lambat dari pelanggan? Anda harus memahaminya.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang. Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.
Author