Bukan hanya menjual produk, seorang pengusaha juga harus memperhatikan berbagai hal demi perkembangan bisnisnya, salah satunya proses akuntansi. Namun, banyak pengusaha yang belum memperhatikan masalah tersebut dengan alasan bisnisnya masih tergolong kecil. Padahal, dengan sistem akuntansi yang benar, pengusaha dapat melihat seluruh data keuangan yang penting sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan. Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengelola akuntansi pada bisnis kecil dan menengah.

 

Pisahkan Rekening Pribadi & Bisnis

Selain membantu mengelola arus kas perusahaan, memisahkan rekening pribadi dan bisnis juga dapat memudahkan Anda dalam menganalisa laporan. Sebelum membuka rekening bank untuk bisnis Anda, cobalah lakukan riset kecil untuk membandingkan kebijakan Bank, karena mayoritas rekening bisnis memiliki biaya yang lebih besar dari rekening pribadi.

 

Gunakan Sistem yang Tepat

Walau bisnis Anda masih tergolong kecil, sistem yang benar dan tepat sangat dibutuhkan dalam mengelola bisnis. Dengan sistem yang tepat, Anda akan lebih mudah mengelola akuntansi bisnis. Sistem yang harus diperhatikan untuk megelola akuntansi adalah sistem produksi, karyawan, flow kerja, sistem manajemen, penggajian karyawan, hingga pengelolaan modal.

 

Tagih Pembayaran Secara Rutin

Setelah transaksi penjualan, Anda harus mengirimkan invoice kepada pelanggan untuk penagihan pembayaran dan bukti transaksi yang dijadilkan laporan keuangan. Jika pelanggan melakukan pembayaran dengan metode utang dan Anda tidak melakukan pengecekan laporan keuangan secara benar, mungkin pembayaran akan tertunda. Jadi, Anda harus pastikan untuk selalu memeriksa tanggal jatuh tempo pembayaran secara rutin.

 

Buatlah Pembukuan yang Jelas

Pembukuan adalah proses pencatatan transaksi keuangan yang meliputi penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran. Dengan adanya pembukuan, Anda dapat mengetahui pengeluaran dan pendapatan secara jelas sehingga memudahkan Anda dalam mengontrol berapa banyak pengeluaran dan pendapatan perusahaan.

 

Simpan Pendapatan untuk Modal

Jika berharap bisnis Anda ingin berkembang, jangan pernah menghabiskan seluruh pendapatan yang Anda terima. Cobalah gunakan sebagai pendapatan tersebut untuk modal mengembangkan bisnis. Dengan semakin besarnya modal bisnis, maka Anda akan lebih mudah mengembangkan bisnis.

 

Pertimbangkan Perekrutan Karyawan

Karyawan adalah salah satu pengeluaran terbesar bagi perusahaan. Jika bisnis Anda masih tergolong kecil, coba pertimbangkan dalam masalah perekrutan dan pekerjakan karyawan sesuai kebutuhan perusahaan. Jangan sampai hak mereka tidak dipenuhi karena keuangan perusahaan belum stabil.

 

Itulah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengelola akuntasi bisnis kecil dan menengah. Untuk memudahkan dalam mengelola akuntansi, Jurnal datang dengan berbagai solusinya. Jurnal adalah software akuntansi online yang memberikan kemudahan dalam mengelola akuntansi bisnis. Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengelola akuntansi bisnis di mana pun dan kapan pun secara real-time. Untuk info lebih lanjut tentang Jurnal dapat Anda lihat di www.jurnal.id.

Author